KASKUS

ilasik ifs ,Z-lasik Lebih Baik Dimana

momod atau mimin maf nih kalo saya salah tempat atau ,kalo tidak berkenan silhakan di close aja,

Teman-teman kaskuser ,mohon pencerahan nya dong ,saya rencana mau oprasi ilasik ifs ( Advanced Femtosecond Laser ) atau Z-lasik ,teteapi saya bingung memilih kelinik yang terbaik sekaligus Dokter yang menangani nya ,apakah di klinik mata nusantara (KMN) ,iCare atau Jakarta Eye Center (JEC) .Saya sendiri asal nya dari luar jakarta ,jadi saya tidak tau tentang ke tiga kelinik tersebut apa lagi dengan dokter yang menangani nya ,jadi saya mohon pencerah nya dong

Oo ia ,sekalian review nya dong yang pernah menggunakn teknologi ilasik ifs ( Advanced Femtosecond Laser ) atau Z-lasik ini ,lebih baik pilih yang mana ya
luar jakartanya dimana gan? femto mah di bandung juga ada

btw, dianggap ts udah tau teknik, komplikasi dan keterbatasan lasik ya....
jadi tinggal milih..
Quote:Original Posted By forcefollow
luar jakartanya dimana gan? femto mah di bandung juga ada

btw, dianggap ts udah tau teknik, komplikasi dan keterbatasan lasik ya....
jadi tinggal milih..

saya dari sumedang gan,
komplikasi dan keterbatasan akibat lasik saya sih baca-baca di bah google aja ,semacam kalo melihat lampu di malam hari suka silau, kalo menurut agan sendiri gimana,
saya pernah ke c*c*n*o hany buat periksa-periksa mata saja, terusterang pelayanan nya tidak memuaskan
halah.. gan.. disebut aja... instansi pemerintah ini.. dah jamak itu

agan ngga masuk yang paviliun atau ga milih dr.? ke poli rakyat mesti ya? sama aja nih pengalaman

dimaklum aja kalu yang periksa residen mah

agan langsun aja ke SpM nya

pilih aja yang agan mau / punya rekomendasi dari sekitar agan

kalu masi ngga puas juga.. well, secara mesin mah itu dah mentok2 aja gan kalu buat lasik (ada sih.. ga bermakna manfaatnya kalu buat kelainan refraksi sedang aja mah).. jadi terserah agan yang nyamannya.. mu ke jiran ya ke SNEC aja
Quote:Original Posted By forcefollow
halah.. gan.. disebut aja... instansi pemerintah ini.. dah jamak itu

agan ngga masuk yang paviliun atau ga milih dr.? ke poli rakyat mesti ya? sama aja nih pengalaman

dimaklum aja kalu yang periksa residen mah

agan langsun aja ke SpM nya

pilih aja yang agan mau / punya rekomendasi dari sekitar agan

kalu masi ngga puas juga.. well, secara mesin mah itu dah mentok2 aja gan kalu buat lasik (ada sih.. ga bermakna manfaatnya kalu buat kelainan refraksi sedang aja mah).. jadi terserah agan yang nyamannya.. mu ke jiran ya ke SNEC aja

oww ya udah saya sebutin instansi pemerintah yang di maksud cicendo bandung
kalo engga salah waktu itu ke paviliun atau poli rakyat ,saya engga ngerti sih istilah nya yang pasti waktu itu pas mau pemeriksaan banyak sekali orang yang mau di periksa satu ruangan bisa di masuki banyak pasien ,yang meriksa nya juga sadis-sadis gan ,soal nya waktu itu udah lama banget ada kali 5 taun dan pertama kali periksa mata kesituh waktu itu mau masuk nya juga bingung , kalo saya ke cicendo lagi takut nya kaya dulu ,pasien di bikin jadi bahan peraktek ,untung bukan tindakan oprasi yang di jadiin perktek,

ke SNEC ogah gan yang di indo aja

agan sendiri pernah di lasik..?
Quote:Original Posted By lexarpro
oww ya udah saya sebutin instansi pemerintah yang di maksud cicendo bandung
kalo engga salah waktu itu ke paviliun atau poli rakyat ,saya engga ngerti sih istilah nya yang pasti waktu itu pas mau pemeriksaan banyak sekali orang yang mau di periksa satu ruangan bisa di masuki banyak pasien ,yang meriksa nya juga sadis-sadis gan ,soal nya waktu itu udah lama banget ada kali 5 taun dan pertama kali periksa mata kesituh waktu itu mau masuk nya juga bingung , kalo saya ke cicendo lagi takut nya kaya dulu ,pasien di bikin jadi bahan peraktek ,untung bukan tindakan oprasi yang di jadiin perktek,

ke SNEC ogah gan yang di indo aja

agan sendiri pernah di lasik..?


jelas banget itu orang link nya saya taro ke sana gan


saya kandidat lasik dari 10 taon yang lalu gan, cuma blum brani aja, baru sekarang2 kepikiran lagi karena minus+silindris makin lama makin berat sampe mulai ngeganggu stereoskopik mata nih

makanya dari kmaren2 dah cari2 info kemana2, pas kebeneran ada temen yang senasib.. makin banyak cari info.. pas kebeneran liat trit agan, sapa tau bisa bantu.

em, anu itu kayaknya agan waktu itu ke poli rakyat ya soalnya dijadiin bahan praktek.. dimana2 pasti ada aja yang gitu gan (di luar juga sama) mu gimana lagi.. model pendidikan global ya kayak gitu itu dari jaman baheula
di SNEC juga idem kok gan.. asal punya negara + pusat pendidikan, pasti ya begitulah..cuma kalu disana pasiennya ga sebanyak disini jadi pelayanannya masih bisa dibilang lebih... manusiawi

singkatnya, ada layanan yang agan langsung dipegang sama spesialisnya, bukan sama dr. yang lagi pendidikan spesialis, atau mahasiswa yang lagi pendidikan dokter..

nah kalu JEC/KMN itu swasta gan, jadi ga trima pendidikan, pasti langsung ke spesialisnya. Sebenernya di rumah sakit negeri model cicendo juga gitu, tinggal ngomong mu ke poli spesialis.. dr.nya agan yang pilih. Kalu dah gitu hampir sama kayak swasta (minus harganya yang masih jauh lebih murah untuk layanan yang sama karena ga pake profit)


kemungkinan besar dalam waktu dekat ini saya mu lasik atau coba pake metode lain (implan..) buat koreksi minus+silindris saya.. barangkali agan mu tunggu hasil saya (meski blum mutusin dimananya)?
Quote:Original Posted By forcefollow
jelas banget itu orang link nya saya taro ke sana gan


saya kandidat lasik dari 10 taon yang lalu gan, cuma blum brani aja, baru sekarang2 kepikiran lagi karena minus+silindris makin lama makin berat sampe mulai ngeganggu stereoskopik mata nih

makanya dari kmaren2 dah cari2 info kemana2, pas kebeneran ada temen yang senasib.. makin banyak cari info.. pas kebeneran liat trit agan, sapa tau bisa bantu.

em, anu itu kayaknya agan waktu itu ke poli rakyat ya soalnya dijadiin bahan praktek.. dimana2 pasti ada aja yang gitu gan (di luar juga sama) mu gimana lagi.. model pendidikan global ya kayak gitu itu dari jaman baheula
di SNEC juga idem kok gan.. asal punya negara + pusat pendidikan, pasti ya begitulah..cuma kalu disana pasiennya ga sebanyak disini jadi pelayanannya masih bisa dibilang lebih... manusiawi

singkatnya, ada layanan yang agan langsung dipegang sama spesialisnya, bukan sama dr. yang lagi pendidikan spesialis, atau mahasiswa yang lagi pendidikan dokter..

nah kalu JEC/KMN itu swasta gan, jadi ga trima pendidikan, pasti langsung ke spesialisnya. Sebenernya di rumah sakit negeri model cicendo juga gitu, tinggal ngomong mu ke poli spesialis.. dr.nya agan yang pilih. Kalu dah gitu hampir sama kayak swasta (minus harganya yang masih jauh lebih murah untuk layanan yang sama karena ga pake profit)


kemungkinan besar dalam waktu dekat ini saya mu lasik atau coba pake metode lain (implan..) buat koreksi minus+silindris saya.. barangkali agan mu tunggu hasil saya (meski blum mutusin dimananya)?


sama dengan saya gan, niat pengen oprasi lasik dari dulu banget ,ada kali kira-kira 4-5 tahun yang lalu jaman nya lasik masih menggunakan metode semacam pisau cutter gitu ,tetapi entah kenapa niat lasik itu terlupakan.Timbulnya kembali niat mau lasik udah ada dari seminggu ke belakang ini ,tetapi saya masi mencari-cari review ,yang hasil nya saya mendapatkan kalo lasik sekarang engga seseram lasik dulu yang menggunakan semacam pisau cutter ,apa lagi sekarang alat lasik udah ada yang lebih baik semacam ilasik ifs dan Z-lasik

kemungkinan besar dulu masuk ke poli rakyat ,yang jelas pemeriksaan awal sampai akhir kualitas pelayanan nya nya jelek abissss ,waktu ke cicendo saya bingung harus kemana dulu karena saya maupun keluarga belum pernah berpengalaman ketempat seperti rumah sakit ataupun cemacam sepialis mata kaya gini

malahan saya sekarang lagi tergoda sama KMN karena ada geransi seumur hidup kebanyakan artis pun masuk KMN tetapi harganya pun 25 jt belum biaya pemeriksaan awal sekitar 2 jt, alat yang di pake KMN mengunakan ilasik ifs ,kalo z-lasik adanya di icare dan jec harga di icare lebih murah dari pada di JEC

metode lain maksud nya pengobatan alternatif gan..? ia sih kalo bisa engga usah pake oprasi-oprasian gitu yang memakan dana semahal oprasi lasik ,watu tahun lalu saya mau coba menggunakan pengobatan alternatif di Kelinik Mata AGRA di kota bandung ,di situ mereka menggunakan garansi tertulis ,saya mendapatkan info ini di TV TVRI ,tayangannya pun saya record ,recordan nya pun sekarang masih ada ,tetapi lagi-lagi saya lupa rencana ke situ karena kesibukan saya

rencana agan waktu dekat ini mau di lasik ,saya doakan mudah-mudah lancar dan puas dengan hasil yang agan inginkan tetapi agan kira-kira kapan mau di lasik nya ,apa engga nunggu dulu sesudah bulan puasa
wah.. mirip bener gan... kalu ane dulu nunggu angka komplikasinya turun dulu gan, soalnya ane ga percaya ada yang namanya 'garansi' di dunia medis (ini pendapat pribadi lho).. apes mah ada aja gan.

wkwkwk.. sebagai praktisi.. ane bersimpati lah pada agan yang masuk ke poli rakyat.. sulit dah disini mah meratakan kualitas pelayanan dengan sumber daya dan terutama, waktu pelayanan yang ada... mu kasi pelayanan baik, waktu ngga ada, pasien luber mana sempat.. akhirnya seadanya aja deh, jadinya pertanyaan pasien banyak yang ga kejawab. Karunya sih.

KMN ya... ane mah mending ke SNEC / mayo sekalian gan 25 juta pake alat gitu mah keciri banget profitnya (ane bisa ngitung maintenance / overhead + jasa medis yang masuk soalnya). Lagian makin banyak artis ane makin ngeri..publisitas makin ga jelas itu ah.

buat klinik mata AGRA itu gan.. anu, no offense ah, ane mah ngga bakal mercayain nasib penglihatan ane ke instansi yang masang iklan baris gratis kayak gitu deh.. mu dipromosiin Discovery Channel juga ogah
serem (lagi2 pendapat pribadi)

Oya sebenernya kalo dari riset kecil2an ane mah, z-plasty itu ya teknik femtosecond laser itu gan.. bukan murni 2 prosedur yang beda

dan alat yang di SNEC itu + beberapa eye center di negara2 maju yang dianggep kiblatnya oftalmologi juga ada di Cicendo ternyata.. mayan lah rada maju negara kita ini.

metode lain yang ane maksud, ane mau metode yang reversibel ngga pake ribet, misalnya ini.. sekalian siap2 kalo kornea ane uda bukan kandidat yang baik buat LASIK.

abis bulan puasa kok rencananya gan... ngumpulin niatnya dulu (rada ngeri maen2 sama mata nih)

makasih doanya ya gan.. tar ane share lagi kalu jadi prosedurnya apa.. sementara bulan puasa ini ane mu periksa lagi ane paling cocok buat prosedur apa.

Quote:Original Posted By forcefollow
wah.. mirip bener gan... kalu ane dulu nunggu angka komplikasinya turun dulu gan, soalnya ane ga percaya ada yang namanya 'garansi' di dunia medis (ini pendapat pribadi lho).. apes mah ada aja gan.

wkwkwk.. sebagai praktisi.. ane bersimpati lah pada agan yang masuk ke poli rakyat.. sulit dah disini mah meratakan kualitas pelayanan dengan sumber daya dan terutama, waktu pelayanan yang ada... mu kasi pelayanan baik, waktu ngga ada, pasien luber mana sempat.. akhirnya seadanya aja deh, jadinya pertanyaan pasien banyak yang ga kejawab. Karunya sih.

KMN ya... ane mah mending ke SNEC / mayo sekalian gan 25 juta pake alat gitu mah keciri banget profitnya (ane bisa ngitung maintenance / overhead + jasa medis yang masuk soalnya). Lagian makin banyak artis ane makin ngeri..publisitas makin ga jelas itu ah.

buat klinik mata AGRA itu gan.. anu, no offense ah, ane mah ngga bakal mercayain nasib penglihatan ane ke instansi yang masang iklan baris gratis kayak gitu deh.. mu dipromosiin Discovery Channel juga ogah
serem (lagi2 pendapat pribadi)

Oya sebenernya kalo dari riset kecil2an ane mah, z-plasty itu ya teknik femtosecond laser itu gan.. bukan murni 2 prosedur yang beda

dan alat yang di SNEC itu + beberapa eye center di negara2 maju yang dianggep kiblatnya oftalmologi juga ada di Cicendo ternyata.. mayan lah rada maju negara kita ini.

metode lain yang ane maksud, ane mau metode yang reversibel ngga pake ribet, misalnya ini.. sekalian siap2 kalo kornea ane uda bukan kandidat yang baik buat LASIK.

abis bulan puasa kok rencananya gan... ngumpulin niatnya dulu (rada ngeri maen2 sama mata nih)

makasih doanya ya gan.. tar ane share lagi kalu jadi prosedurnya apa.. sementara bulan puasa ini ane mu periksa lagi ane paling cocok buat prosedur apa.


KMN saya sih masih tergoda-goda gan kalau ngitung maintenance / overhead profit KMN gimana cara nya gan ,

ke SNEC maunya saya kalo bisa ke situh ,tetapi dana saya masih terbatas buat ke SG

ia z-lasik menggunakan sinar laser berbasis teknologi Femtosecond juga cuman beda merek doang ,

oww metode lain yang di maksud agan itu ICL ya ,itu semacam cairan yang di masukan kedalam kornea ya ,kira-kira ICL ini udah ada belum ya di indo..? tapi saya rasa tindakan pengoprasian nya agak lebih riskan ya soalnya tindaka nya kaya ditojos-tojos ke kornea gitu,kalo kornea agan termasuk kandidat bisa di lasik mungkin pilih lasik aja kali ya gan

minus mata agan sendiri berapa gan..?

sebelum nya terimakasih gan udah mau berbagi dan saya doakan lagi keputusan agan nanti akan melakukan tindakan lasik semoga lancar,
anu.. itu.. dipm aja kalu serius urusan itu mah.. ngga enak suka dibilang buka rahasia dapur orang

mau mempertimbangkan ICL (sebenernya nanti terserah SpM nya sih) karena ingin prosedur yang reversibel gan.. sama ini minus+silindrisnya ngga stabil..umur segini masi nambah2 terus tapi ngga ada kelainan saraf yang terdeteksi

minusnya:
kiri 1.. kanan 3 + silindris 5


ok gan.. sukses juga buat agan..
Quote:Original Posted By forcefollow
anu.. itu.. dipm aja kalu serius urusan itu mah.. ngga enak suka dibilang buka rahasia dapur orang

mau mempertimbangkan ICL (sebenernya nanti terserah SpM nya sih) karena ingin prosedur yang reversibel gan.. sama ini minus+silindrisnya ngga stabil..umur segini masi nambah2 terus tapi ngga ada kelainan saraf yang terdeteksi

minusnya:
kiri 1.. kanan 3 + silindris 5


ok gan.. sukses juga buat agan..




minus agan masih mendingan ,
gejala minus saya dari kecil ,waktu kecil kalo saya keluar rumah saya ogah memakai kacamata kecuali di dalam rumah karena malu menggunakan kacamata yang tebal ,beraninya saya pake kacamata keluar rumah setelah selesai sekolah smu ,sewaktu kecil juga saya ogah buat di ajak ke dokter mata, minus saya kiri 11 kanan 12 gan

dengan kondisi minus saya ini saya juga ada ketakutan kalo dilakukan tindakan lasik tidak memenuhi keteria ,dan kalo engga salah batas minus buat tindakan lasik itu hanya nyampe 12 sampe 13, mangkanya dari itu saya lagi nyari-nyari review ICL,

mungkin agan ada pencerahan atau solusi buat saya ,kelihatanya agan ini udah mengerti tentang problem kesehatan mata
ikut nyimak kawan2,sy juga rencana mau di lasik nih,
spm tu apa y gan...edit udah tau jawaban ny Setandar Pelayanan Minimal ,
+1 yang menyimak .... hehehe.

ane kaga ngarti dah metodanya tapi ini lagi melahap ilmu dari agan2 sekalian plus googling dan baca2 web dr rumahsakit.

Kmaren ini gegabah langsung plan mau ke KL ISEC situ... tp pikir2 ane mending di jakarta, dijkt ada keluarga abis lasik bisa istirahat kaga usa naek pesawat dulu. Gitu duh

*sdikit curhat* hhehehe.

jadi gan untuk yang terbaik kira2 RS mana tuh?
*lanjut menyimak*

Quote:Original Posted By forcefollow
anu.. itu.. dipm aja kalu serius urusan itu mah.. ngga enak suka dibilang buka rahasia dapur orang

mau mempertimbangkan ICL (sebenernya nanti terserah SpM nya sih) karena ingin prosedur yang reversibel gan.. sama ini minus+silindrisnya ngga stabil..umur segini masi nambah2 terus tapi ngga ada kelainan saraf yang terdeteksi

minusnya:
kiri 1.. kanan 3 + silindris 5


ok gan.. sukses juga buat agan..


Gan silindrisnya dalem ... btw umur situ berapa? kabarnya umur makin muda % keberhasilannya makin tinggi kan


Quote:Original Posted By lexarpro




minus agan masih mendingan ,
gejala minus saya dari kecil ,waktu kecil kalo saya keluar rumah saya ogah memakai kacamata kecuali di dalam rumah karena malu menggunakan kacamata yang tebal ,beraninya saya pake kacamata keluar rumah setelah selesai sekolah smu ,sewaktu kecil juga saya ogah buat di ajak ke dokter mata, minus saya kiri 11 kanan 12 gan

...

Saya senasib sama agan nih, kanan & kiri 12, silindris sptnya cuma 1 ato separoh.

btw klo lasik di JEC bisa brapaan ya?
sekilas inpo, yg bikin ane gegabah dan langsung pengen lasik ntu krn ane tanya di KL biayanya RM 2500 /mata. langsung luluh deh saya

Sekilas inpo copas tentang lasik dgn pisau & tanpa pisau

RALAT~

barusan nemu hasil debat pakar mata tentang asik tanpa pisau/ full laser dengan lasik dengan "pisau" (microkeratome blade)

Ane copas asli bahasa londo nya....
ini link nya disini => sini
Quote:Blade Vs. Bladeless LASIK: Scientific Findings
Just as eye surgeon opinions differ about the merits of blade or bladeless LASIK, clinical studies and research also produce varied observations.
A study published in the November 2007 issue of the Journal of Refractive Surgery assessed visual aberrations after LASIK. Investigators found that people who had undergone bladeless surgery had better visual quality than those who had undergone LASIK with either of the two microkeratomes used in the study.

Certain flap complications are more likely to occur depending on which approach is used, according to a retrospective study published in the November 2010 issue of the Journal of Cataract and Refractive Surgery.
People undergoing bladeless LASIK were more likely to have a complication known as DLK (diffuse lamellar keratitis), an inflammation underneath the flap. But microkeratome-created flaps were more likely to create epithelial defects on the eye's surface.

Study results showed that both methods had about the same rate of total flap complications.

In early 2005, the U.S. Navy Medical Center reported preliminary results of a study comparing microkeratome (blade) with IntraLase (bladeless) LASIK for vision correction.

Although IntraLase was more likely to produce initial vision problems with light sensitivity and discomfort in the first day postoperatively, these same patients reportedly also had better long-term visual outcomes and ability to see contrasting images. Reports from the U.S. Navy research also indicated quicker healing times for pilots (WallStreetReporter.com, June 2005).
However, Mayo Clinic investigators in Rochester, Minn. found no statistically significant differences in vision quality between blade and bladeless LASIK procedures in a small study reported in May 2006. The study compared six-month outcomes in 20 eyes of patients. Risk factors were not assessed.
A follow-up report related to the same study, published in the May 2010 issue of American Journal of Ophthalmology, again found no significant differences in outcomes between the two methods of flap-making after a three-year interval.
Researchers concluded that the configuration of the femtosecond laser flap did not appear to offer advantages over microkeratome flaps in terms of fewer corneal high-order aberrations or better visual acuity.

"I'd say the short-term outcomes are equal and the risks are, in theory, less with the bladeless technique, although our study was not designed to compare risks," study investigator and ophthalmologist Sanjay Patel, MD, said following the first report in 2006. "Bladeless LASIK is potentially safer because of its computer-controlled precision, the ability to visualize the flap being created and to stop the procedure whenever necessary."

But Patel also said risks of complications associated with traditional microkeratome blades are extremely small, considerably less than 1 percent of all cases.

No doubt, the blade versus bladeless LASIK debate will continue. — M.H. and D.A.

Hasil kesimpulannya :
mengenai resiko & komplikasi antara kedua tehnik tidak ada perbedaan yang signifikan, walau laser lasik ada sedikit komplikasi setelah hasib operasi (hanya sementara) bahwa ada pasien yang merasakan cahaya yang terbiaskan..

Secara teori, laser lasik lebih aman (krn tdk pake piso gan) walau pada perbandingannya lasik konvensional (dengan microkearatome blade) memberikan waktu penyembuhan yg lebih cepat ( setela bukaan pada kornea bla bla bla .. cuma perlu pake alat suction 3 detik, sementara i-lasik paling cepat membutuhkan waktu 15- 20 detik dan selama itu pula alat suction tadi nempel dimata)

dan perdebatan mengenai 2 metoda in akan berlanjut .... eng ing eng ...
To Be continued....

Mohon KOREKSInya gan kalo saya salah mengartikan <(_ _)>

Mengenai I-Lasik & Z lasik

hanya beda merk mesin aja.
1.i-lasik dibuat oleh AMO . For info http://www.usaeyes.org/lasik/faq/iLasik.htm
2. z-lasik dibuat ole Ziemer
For info http://www.usaeyes.org/lasik/faq/zLasik.htm

mengenai prosedur laser lasik, di youtube ada animasinya dalam bentuk 3D yg cukup jelas

Sekian hasil berenang di google
Quote:Original Posted By junn2

btw klo lasik di JEC bisa brapaan ya?
sekilas inpo, yg bikin ane gegabah dan langsung pengen lasik ntu krn ane tanya di KL biayanya RM 2500 /mata. langsung luluh deh saya

de JEC kalo engga salah 11 jt per mata gan ,belum biaya pemeriksaan awal ,icare lebih murah lagi ,
Quote:Original Posted By junn2
RALAT~

barusan nemu hasil debat pakar mata tentang asik tanpa pisau/ full laser dengan lasik dengan "pisau" (microkeratome blade)

Ane copas asli bahasa londo nya....
ini link nya disini => sini

Hasil kesimpulannya :
mengenai resiko & komplikasi antara kedua tehnik tidak ada perbedaan yang signifikan, walau laser lasik ada sedikit komplikasi setelah hasib operasi (hanya sementara) bahwa ada pasien yang merasakan cahaya yang terbiaskan..

Secara teori, laser lasik lebih aman (krn tdk pake piso gan) walau pada perbandingannya lasik konvensional (dengan microkearatome blade) memberikan waktu penyembuhan yg lebih cepat ( setela bukaan pada kornea bla bla bla .. cuma perlu pake alat suction 3 detik, sementara i-lasik paling cepat membutuhkan waktu 15- 20 detik dan selama itu pula alat suction tadi nempel dimata)

dan perdebatan mengenai 2 metoda in akan berlanjut .... eng ing eng ...
To Be continued....

Mohon KOREKSInya gan kalo saya salah mengartikan <(_ _)>

Mengenai I-Lasik & Z lasik

hanya beda merk mesin aja.
1.i-lasik dibuat oleh AMO . For info http://www.usaeyes.org/lasik/faq/iLasik.htm
2. z-lasik dibuat ole Ziemer
For info http://www.usaeyes.org/lasik/faq/zLasik.htm

mengenai prosedur laser lasik, di youtube ada animasinya dalam bentuk 3D yg cukup jelas

Sekian hasil berenang di google


ahh b.inggris jadi saya engga ngerti ,harus tanyain sodara saya dulu yang jago b.inggris
di tunggu kelanjutan nya gan
Quote:Original Posted By lexarpro

de JEC kalo engga salah 11 jt per mata gan ,belum biaya pemeriksaan awal ,icare lebih murah lagi ,


so kira2 mana yg lbh recommended bro? sbnrnya ane takut ... mau & lagi cari2 dokter yg recomended & berkompeten -______-"
or agan ada sdikit pencerahan buat ane
Quote:Original Posted By junn2
so kira2 mana yg lbh recommended bro? sbnrnya ane takut ... mau & lagi cari2 dokter yg recomended & berkompeten -______-"
or agan ada sdikit pencerahan buat ane

saya luga masih cari-cari dokter yang recomended gan,
Quote:Original Posted By lexarpro

saya luga masih cari-cari dokter yang recomended gan,


Senasib gan.... ane lagi consider mo di jakarta ato di jiran. klo yg di KMN sptnya sebanding biayanya dengan yg di singapur ..

ah iya btw, tolong quote ane yg diatas (yg di quote ole agan) di edit dunk, ada sdikit salah inpo mengenai i & z lasik diatas hehe. & udah ane update
kalo sy lagi milih di antara :
Visumax
z-lasil
ilasik ifs advenced
tetapi kaya'ny yg Visumax lebih moderen ,
×