Poll: Siapakah yang bersalah dalam pertikaian ini?

Kristen (Protestan / Katolik) 63% (1176 votes)
Islam 37% (698 votes)
Voter: 1874 Back to polling
Quote:Original Posted By the.D.roger
berarti pertanyaan anda yg tidak jelas


Quote:Original Posted By Cailean_Black
Misalnya, bisa dibuktikan bahwa ternyata Islam lah yang menyerang duluan, bagaimana sikap anda?



Quote:kan anda menanyakan tanggapan saya...ya begitu saya menanggapinya, baru disimpulkan lalu apa yg harus saya lakukan. salah?

Terlambat selangkah.
Kondisi yang saya berikan kan "BISA DIBUKTIKAN"
Kok, anda baru akan menyimpulkan apa yang harus anda lakukan.


Quote:menarik
memangnya perbuatan apa sih sampe gereja katolik minta maaf??


OOT, dilanjutkan belakangan.


Quote:ya..lantas?:
saya harus bilang wah atau harus bagaimana


:

Coba anda runut sendiri deh.

Capek juga kalau menanggapi orang tidak nyambung.
Gak ada sejarahnya Islam nyerang duluan....

Islam disebarkan lewat perdagangan dan silaturahmi, bukan dgn MISI PENJAJAHAN ala GOSPEL....


ISLAM jelas, BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU.

dan kalau Allah berkehendak, dengan sangat mudah seluruh manusia jadi muslim semua....


GOBLOK dipiara!


BEDAkan juga mana OKNUM dan mana INTI AJARAN.
Buat TS, tolong bwt polling yg se-objektif mungkin, itu pollingny subjektif bgt, ane gk mw ngisi pollingnya. bwt opsi ketiga atw keempat

debat itu bukan bwt cari musuh, bukan cari lawan, tp cari pengetahuan

sedikit melirik format debatny sih udah bner ,soalny dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang saya pelajari, Debat tidak akan mencapai kesepakatan karena mempertahankan argumen masing2, kecuali diskusi ,karena tujuanny adalah mencapai kata mufakat.

Tapi tlong sekali lagi, BERTINDAKLAH OBJEKTIF, jgn subjektif, karena jikalau anda bertindak subjektif, akan menimbulkan pro & kontra yg semakin besar
Quote:Original Posted By jurusel1
Gak ada sejarahnya Islam nyerang duluan....

Islam disebarkan lewat perdagangan dan silaturahmi, bukan dgn MISI PENJAJAHAN ala GOSPEL....


ISLAM jelas, BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU.

dan kalau Allah berkehendak, dengan sangat mudah seluruh manusia jadi muslim semua.
...


GOBLOK dipiara!


BEDAkan juga mana OKNUM dan mana INTI AJARAN.


Ga heran creation nya modelnya kayak gini!

Allahnya ente tinggal ciptain segerombolan Transformer atau robot yg seluruhnya siap sedia jd islam n nurut aja apa mau Tuhannya!

Namun , mahluk mahluk yg demikian nyaris tidak layak diciptakan atau dipelihara!
Quote:Original Posted By jurusel1
Gak ada sejarahnya Islam nyerang duluan....

Islam disebarkan lewat perdagangan dan silaturahmi, bukan dgn MISI PENJAJAHAN ala GOSPEL....


ISLAM jelas, BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU.

dan kalau Allah berkehendak, dengan sangat mudah seluruh manusia jadi muslim semua....


GOBLOK dipiara!


BEDAkan juga mana OKNUM dan mana INTI AJARAN.


kenapa konstatinopel di serang?
knp gereja" disana di jadikan mesjid?
...

kroco...
Quote:Original Posted By gembelatoz
kenapa konstatinopel di serang?
knp gereja" disana di jadikan mesjid?
...

kroco...


MAU tw knapa gan ???? karena pada zaman tersebut, Dunia Keagamaan sudah terkotori oleh tangan2 politikus2 dari masing2 pihak yg menginginkan kekuasaan dan penjajahan atas negara lain, alhasil AGAMA pun menjadi tameng dan sbg alat pengadu dombanya (gk jauh lah ama masyarakat jaman skrg yg berpikiran kolot dan gampang d adu domba ama spekulan dan isu2 hoax), coba dah ente Klarifikasi kembali mengenai sejarah erang salib" jelas koq kisah2 sejarahnya yg ane baca.

kalau ente Intelek, pasti ente mengerti koq mksud "perang salib" tersebut setelah membacanya
Quote:Original Posted By Cailean_Black
Benar-benar terjadi atau tidak.
Maklum, gan. Sumbernya pasti tidak jauh-jauh dari website Islam.
sepertinya mengenai ibu aminah asilmi ada di youtube malah
ya mohon maaf klo saya tidak tahu bahwa pemilik youtube adalah muslim

Quote:Tentu saja saya tidak keberatan
ah masa'
klo anda tidak keberatan ya seharusnya tema diatas sudah anda sudahi dari kemaren, anda ini bagaimana


Quote:
Bukan salah Ali Sina kalau anda tidak mengerti apa itu sarkasme, gan
hah??? jadi menanggapi orang yg keyakinannya makin tebal karna ulahnya dgn sarkasme



Quote::

Sudah saya sanggah, gan. Anda menyimak tidak?
memangnya kurangnya dimana sih dialog model bgitu??
seolah2 anonimitas unggul 100%


Quote:Anda ini terlalu naif...
Coba anda perhatikan, anda sendiri melakukan debat tertulis di sela-sela kesibukan anda toh?
Bayangkan jika anda diharuskan melakukan debat terbuka.
Anda harus menyediakan waktu khusus, dan harus menyesuaikannya dengan jadwal lawan debat anda.
kok naif?
debater arimatea bisa kok mengatur waktu mereka.
entah sudah berapa debat yg bisa dilihat diyoutube..apakah mereka pengangguran?? apakah mereka gak punya perkjaan? apakah mereka punya banyak waktu luang???
kenapa harus dibuat seolah2 sulit bin ribet sih:


Quote:Pernah dengar ucapan "Yang waras ngalah" ?
Menurut anda, kenapa sampai ada ucapan semacam itu?
Karena yang namanya orang gila/ngotot itu tidak bisa disadarkan menggunakan logika.
lah??:
kan kita audiencenya, klo kosong ya bakal terlihat kosong kalo isi ya bakal terlihat isinya..dari wawasan dan pengetahuannya kita bisa nilai kok mana yg berbobot...
anda pernah melihat debat pak insan ls mokoginta dengan Rudy yohanes??
menurut anda itu "yang waras ngalah" apa "yang belum siap tau dirilah"?
ayolah


Quote:Jangan jadikan waktu sebagai alasan? Kalau begitu anda juga tolong jangan OFF dari debat ini naah anda malah kemana2 ini
bisa juga anda OOT


Quote:
Mana yang lebih praktis? Membaca transkrip atau menyimak video 3gp?
hoho menyimak 3gp juga praktis..anda bisa sambil tiduran bahkan

keunggulannya jelas kok:
-anda bisa melihat kemampuan dan bobot debater
-bisa nonton sambil ngemil
-dari situs si "A" katanya dia menang..aahh, dengan 3gp anda bisa menyimpulkan sendiri kok
-ah debat terbuka sering "yang waras ngalah"...aahh, liat dan buktikan sendirilah..
jangan slalu denger kata si "A" kata si "B" gak jelas itu..ayo cari tau sendiri, punya pendirian
Quote:Original Posted By mamadpedopil
Trus... kenapa allah loe nyuruh2 berperang????? .....



dan mengapa pula loe nolongi allah??? hahhahhaha





Tuh loe Tau..... tapi loe copas2 punya orang...

Jangan2 udah geser nih otak loe... Periksa gih...

Makanya kalau Debat, gunakan ayat2 yg dari ajaran.. bukan COPASAN!!!! Think!


tong boleh nanya gak tong???

1. umpamanya keluarga lo diserang, kira-kira lo dan keluarga lo, kasih pipi apa lo berusaha bertahan dan melawan? atau umpamanya negara ini (Indonesia) diserang/diperangi trus rakyatnya gak ngelawan dengan berperang tapi dengan ngasih pipi kanan & kiri

2. Lo sadar apa dlm keadaan pingsan klo lo itu lagi belain tuhan lo mati2an yg die sendiri gak bisa nolong diri sendiri

3. lo yakin klo kroni2 lo yg disini ayat2nya hasil salinan ketikan sendiri bukan copasan

thx
Quote:Original Posted By Cailean_Black
Terlambat selangkah.
Kondisi yang saya berikan kan "BISA DIBUKTIKAN"
Kok, anda baru akan menyimpulkan apa yang harus anda lakukan.
terlambat selangkah? cuma karna baru belakangan saya perjelas jawaban saya


Quote:OOT, dilanjutkan belakangan.kok OOT, apa susahnya sih dijawab.
pertanyaannya simple kok
memangnya perbuatan apa sih sampe gereja katolik minta maaf??

dan apakah sudah sewajarnya karna perbuatannya itu pihak gereja katolik meminta maaf?


Quote:
:
Coba anda runut sendiri deh.
Capek juga kalau menanggapi orang tidak nyambung.

apanya yg tidak nyambung.

Quote:Dan jangan sampai debat ini berujung ke siapa yang memulai deh.

Toh Gereja Katolik sendiri dengan besar hati tidak mempersoalkan siapa yang memulai langsung meminta maaf.
yang dimulai itu apa sih? kok kayaknya susah untuk diutarakan

saya hanya bertanya loh
atas permintaan maaf gereja katolik trus saya harus bilang "baik sekali gereja katolik"? atau harus bagaimana sikap saya?

di pej2 blakang trit ini (klo tidak salah) saya pernah meminta maaf kepada id nonmuslim yg berkeluh dia merasa pernah mendapat perlakuan tidak nyaman dari sodara2 saya di RL..saya sampaikan sekiranya itu benar, saya meminta maaf atas tindakan sodara2 saya itu...
lantas?? harus anda tahu? harus sepuh2 ABMM bilang "waw"? harus saya bikin tret nya biar semua tahu?? harus saya lapor ke ABKM?, ayolah





===============================
izinkan saya off dulu sepuh cai, time to mulak...mpe besok klo ane masih hidup haha
see ya
Quote:Original Posted By the.D.roger
sepertinya mengenai ibu aminah asilmi ada di youtube malah
ya mohon maaf klo saya tidak tahu bahwa pemilik youtube adalah muslim


Youtube itu situs hosting, gan.
Mengerti kan apa artinya situs hosting?


Quote:ah masa'
klo anda tidak keberatan ya seharusnya tema diatas sudah anda sudahi dari kemaren, anda ini bagaimana


Kok lucu?
Hayo coba dicek kebelakang, kenapa sampai ada tema ini.
Saya memang sedikit terbawa arus sih, tapi anda sendiri yang capek sia-sia sebenarnya.

Kalau yang anda ingin buktikan adalah pindah keyakinan / mengkritik keyakinan itu memang akan menimbulkan unrest bukankah ini menguatkan argumen saya tentang debat tertulis dibalik anonimitas forum internet?


Quote:hah??? jadi menanggapi orang yg keyakinannya makin tebal karna ulahnya dgn sarkasme

Anda punya masalah di bidang reading and comprehension, gan

Coba anda baca lagi deh kalimat Ali Sina itu kok. Tidak begitu rumit kok, saya rasa anda pasti bisa asal anda meluangkan sedikit waktu.


Quote:memangnya kurangnya dimana sih dialog model bgitu??
seolah2 anonimitas unggul 100%


Banyak, gan.
Kan agan sendiri sudah mengetahui apa akibatnya bila masalah keyakinan yang disinggung?


Quote:kok naif?
debater arimatea bisa kok mengatur waktu mereka.
entah sudah berapa debat yg bisa dilihat diyoutube..apakah mereka pengangguran?? apakah mereka gak punya perkjaan? apakah mereka punya banyak waktu luang???
kenapa harus dibuat seolah2 sulit bin ribet sih:


Coba anda perhatikan, anda sendiri melakukan debat tertulis di sela-sela kesibukan anda toh?
Bayangkan jika anda diharuskan melakukan debat terbuka.
Anda harus menyediakan waktu khusus, dan harus menyesuaikannya dengan jadwal lawan debat anda.




Quote:lah??:
kan kita audiencenya, klo kosong ya bakal terlihat kosong kalo isi ya bakal terlihat isinya..dari wawasan dan pengetahuannya kita bisa nilai kok mana yg berbobot...
anda pernah melihat debat pak insan ls mokoginta dengan Rudy yohanes??
menurut anda itu "yang waras ngalah" apa "yang belum siap tau dirilah"?
ayolah


Insan Mokoginta, Irena Handono, Arimatea, aduh... saya mulai prihatin nih dengan kemampuan anda menilai argumen.

Nama-nama di atas itu para penggemar fallacy, gan.

Itu jelas yang waras ngalah, gan. Supaya bisa pulang dengan selamat.

Quote:naah anda malah kemana2 ini
bisa juga anda OOT


Coba diresai makna yang tersirat, gan.
Anda saja untuk debat tertulis harus on off disela-sela kesibukan, bayangkan jika debat kita ini dilaksanakan secara tatap-muka.
Belum lagi masalah biaya


Quote:hoho menyimak 3gp juga praktis..anda bisa sambil tiduran bahkan

keunggulannya jelas kok:
-anda bisa melihat kemampuan dan bobot debater
-bisa nonton sambil ngemil
-dari situs si "A" katanya dia menang..aahh, dengan 3gp anda bisa menyimpulkan sendiri kok
-ah debat terbuka sering "yang waras ngalah"...aahh, liat dan buktikan sendirilah..
jangan slalu denger kata si "A" kata si "B" gak jelas itu..ayo cari tau sendiri, punya pendirian


Anda menggunakan kata-kata JUGA PRAKTIS, tandanya dalam hati anda sudah tahu, bahwa membaca transkrip adalah paling praktis
Quote:Original Posted By the.D.roger
terlambat selangkah? cuma karna baru belakangan saya perjelas jawaban saya


Perjelas jawaban anda? Jawaban anda saja belum ada loh! :

Quote:kok OOT, apa susahnya sih dijawab.
pertanyaannya simple kok
memangnya perbuatan apa sih sampe gereja katolik minta maaf??

dan apakah sudah sewajarnya karna perbuatannya itu pihak gereja katolik meminta maaf?


Memangnya buat apa dijawab? Pertanyaan saya saja belum di jawab, ini mau melebar-lebarkan bahasan lagi? :

Untung ini debat tertulis, debat tertulis memang The Best lah


Quote:apanya yg tidak nyambung.

Memangnya saya bilang Paus meminta maaf itu untuk menjawab pertanyaan siapa sih?
Sudah dijawab pertanyaannya kok malah bilang; lantas?? sudah sewajarnya toh pihak yg memulai untuk meminta maaf

Lucu, anda betanya, saya jawab, kok malah anda betanya LANTAS???


Quote:yang dimulai itu apa sih? kok kayaknya susah untuk diutarakan

saya hanya bertanya loh
atas permintaan maaf gereja katolik trus saya harus bilang "baik sekali gereja katolik"? atau harus bagaimana sikap saya?

di pej2 blakang trit ini (klo tidak salah) saya pernah meminta maaf kepada id nonmuslim yg berkeluh dia merasa pernah mendapat perlakuan tidak nyaman dari sodara2 saya di RL..saya sampaikan sekiranya itu benar, saya meminta maaf atas tindakan sodara2 saya itu...
lantas?? harus anda tahu? harus sepuh2 ABMM bilang "waw"? harus saya bikin tret nya biar semua tahu?? harus saya lapor ke ABKM?, ayolah




Bukan masalah baik sekali atau bagaimana

Anda kan betanya sikap saya bagaimana, ya saya jawab demikian.

Jangankan saya seorang Kristen biasa, Paus pemimpin Gereja Katolik sendiri pun tidak segan-segan meminta maaf atas Crusade.

Haduh, anda kehilangan arah ini tampaknya


Quote:===============================
izinkan saya off dulu sepuh cai, time to mulak...mpe besok klo ane masih hidup haha
see ya



Besok-besok balasnya kalau lagi segar ya pikirannya.
Nampaknya kelelahan nih
Quote:Original Posted By jurusel1
yang begini JELAS bukan dr web islam:



























http://www.youtube.com/watch?v=IYMKQ...eature=related

http://www.youtube.com/watch?v=r5yTPLVmuLA

Old Bible prove Quran is right

Jewish rabbi proves that Muhamed is a prophet.wmv













pendeta masuk Islam

ketakutan barat









BLACK JESUS

surah terkait jembatan neraka

[


waha gua tidak berkulit hitam, dan bermata sipit, rambut kriting. wuhuu
Quote:Original Posted By yesthol
waha gua tidak berkulit hitam, dan bermata sipit, rambut kriting. wuhuu


jual kecap nomor 1....

liatin paste se abreg2 dari jursel.........




ada ribut2 apa ini nak :
pada doyan yahh bawa youtube disini
seru juga debat antara roger ama caeilian
nanti keliatan mana yang pintar mana yang bodoh
Quote:Original Posted By kepalawortel
nanti keliatan mana yang pintar mana yang bodoh


Udah kelihatan kok Gan....

Liat aja pertanyaan dan jawaban banyak yang gak sinkron...

Ada yang nanya, jawabnya pake youtube yang gak ada hubungannya dengan pertanyaan...

Ajarin dulu Arti DEBATE gan.. biar pada ngerti apa itu Debate..

ane nyimak aja dulu sitolol nge Junk disini...


Quote:Original Posted By kepalawortel
nanti keliatan mana yang pintar mana yang bodoh
klamaan klo nanti..sekarang aja,
mana yang pintar dan mana yang bodoh?

Quote:Original Posted By Banned1x
pada doyan yahh bawa youtube disini
seru juga debat antara roger ama caeilian

seru???: , klo gitu cendolin ane

Quote:Quote:Original Posted By Redeyed
Udah kelihatan kok Gan....
Liat aja pertanyaan dan jawaban banyak yang gak sinkron...
Ada yang nanya, jawabnya pake youtube yang gak ada hubungannya dengan pertanyaan...
Ajarin dulu Arti DEBATE gan.. biar pada ngerti apa itu Debate..
ane nyimak aja dulu sitolol nge Junk disini...


Quote:Original Posted By yesthol
sebarkanlah tai yang keluar dari mulutku dengan pedang, aku datang bukan untuk membawa damai, aku datang untuk memisahkan anak dengan orangtuanya, lelaki dengan wanitanya, supaya lelaki kimpoi dengan lelaki jiiiihai haleluuu yea

sudah2 makan dulu sana...jangan bertengkar terus, dame dulu klean..dah mo puasanya ini
Quote:Original Posted By Cailean_Black
Youtube itu situs hosting, gan.
Mengerti kan apa artinya situs hosting?
ya saya tau..
lantas masih diragukankah validasinya?wajahnya ada lho..dan saya rasa klo kita meragukan valid atau tidaknya..dan benar2 ingin mengkritisi demi sebuah bukti valid/tidak bukankah kita bisa contact person di situs terkait? ya klo ibu aminah kejauhan..ali akbar masih diindonesia kok.


Quote:Kok lucu?
Hayo coba dicek kebelakang, kenapa sampai ada tema ini.
Saya memang sedikit terbawa arus sih, tapi anda sendiri yang capek sia-sia sebenarnya.
sapa yg bilang lucu? (jgn2 gara enih emot )
prasaan malah saya yang terbawa arus..
itu jelas karna anda tidak bisa membaca pikiran saya dan bgitu juga sebaliknya.


Quote:Kalau yang anda ingin buktikan adalah pindah keyakinan / mengkritik keyakinan itu memang akan menimbulkan unrest bukankah ini menguatkan argumen saya tentang debat tertulis dibalik anonimitas forum internet?
(emang ane yg dibawa muter2 )
baru pindah sudah terancam apalagi mengkritik.
apa itu bermakna anonimitas internet hanya diperuntukan bagi orang2 yg tidak bernyali? bernyali tidak selalu martir toh


Quote:Anda punya masalah di bidang reading and comprehension, gan

Coba anda baca lagi deh kalimat Ali Sina itu kok. Tidak begitu rumit kok, saya rasa anda pasti bisa asal anda meluangkan sedikit waktu.
bukan bukan gan..saya paham maksud anda memang cara pandang kita banyak berbeda.
bgini..ali sina adalah orang yg mengaku slalu menang debat, tentu dia adalah tipikal seseorang yg memiliki antusias bgitu besar untuk menunjukan apa yg disampaikannya(sesuai pengakuan/klaimnya).
logikanya..apa yg terjadi oleh user itu seharusnya menjadi tantangan terbesar buat seorang debater 'sejati' seorang alisina.
sarkasme justru menunjukan:
-alisina memang tidak ada apa2nya
-alisina memang seseorang yg penuh omong kosong
-apakah alisina hanya mampu menghujat nabi muhammad sahaja?
-ketidak sanggupan alisina untuk meyakinkan bahwa ali sina benar dalam kebenaran


Quote:Banyak, gan.
Kan agan sendiri sudah mengetahui apa akibatnya bila masalah keyakinan yang disinggung?
tapi apakah selalu begitu?
jangan menutup matalah


Quote:Coba anda perhatikan, anda sendiri melakukan debat tertulis di sela-sela kesibukan anda toh?
Bayangkan jika anda diharuskan melakukan debat terbuka.
Anda harus menyediakan waktu khusus, dan harus menyesuaikannya dengan jadwal lawan debat anda.

bold...hal yg tidak mungkin ya?? hal yang sangat mustahilkah?


Quote:Insan Mokoginta, Irena Handono, Arimatea, aduh... saya mulai prihatin nih dengan kemampuan anda menilai argumen.
Nama-nama di atas itu para penggemar fallacy, gan.
Itu jelas yang waras ngalah, gan. Supaya bisa pulang dengan selamat.
wah brarti anda tidak nyimak gan
sengaja saya hanya menyebut pak mokoginta dan bg rudi yohanes, hanya ingin menunjukan dan membuka mata anda..itu saja, tidak banyak kok.
tinggal anda buktikan/tunjukan saja jika ada yg fallacy..
dan ingat bukan fallacy tema kita yg ini, "yg waras ngalah" atau "yg belum siap tau diri"


Quote:Coba diresai makna yang tersirat, gan.
Anda saja untuk debat tertulis harus on off disela-sela kesibukan, bayangkan jika debat kita ini dilaksanakan secara tatap-muka.
Belum lagi masalah biaya
tuh kan..lagi2 anda membuatnya seolah2 ini hal yg mustahil/ sesuatu yg sangat sulit, jangan memberatkan gitulah..gak mustahil kok.
jelas saja anda mentok, perbandingannya ya jangan kitalah


Quote:Anda menggunakan kata-kata JUGA PRAKTIS, tandanya dalam hati anda sudah tahu, bahwa membaca transkrip adalah paling praktis
anda mempertanyakan kepraktisannya toh? adalah bohong klo saya bilang transkip tidak praktis
namun perlu anda ketahui JUGA PRAKTIS bukan berarti urutan kedua, tapi juga berarti memiliki kedudukan yg sama

bagaimana jika kita bandingkan dan saling mematahkan keunggulan mereka

3Gp :
Quote:-anda bisa melihat kemampuan dan bobot debater
-bisa nonton sambil ngemil
-dari situs si "A" katanya dia menang..aahh, dengan 3gp anda bisa menyimpulkan sendiri kok
-ah debat terbuka sering "yang waras ngalah"...aahh,lagi2 kata orang.. jgn pukul rata gitulah, sempit sekali sih..liat dan buktikan sendiri jangan slalu denger kata si "A" kata si "B" gak jelas itu..ayo cari tau sendiri, punya pendirian
-Quote:Besok-besok balasnya kalau lagi segar ya pikirannya.
Nampaknya kelelahan nih
tampaknya ini bisa menjadi kelemahan yg fatal dalam debat tertulis , karna TIDAK adanya waktu yg SENGAJA/BISA dipersiapkan dan Kondisi/situasi kerja yg juga mempengaruhi fisik tidak bisa dipungkiri ..
-faktor keamanan dan keselamatan bukan perkara mustahil
-hanya untuk orang2 yg bernyali
-anda jurinya…pengakuan sepihak atas kemenangan pun bisa anda patahkan jika itu bohong
-hasil akhir tidak jelas?? Bisa anda perjelas sendiri dari bobot personal2 debater

mohon maaf bahasanya seperti itu


transkip :

silahkan diisi
Quote:Original Posted By Cailean_Black
Perjelas jawaban anda? Jawaban anda saja belum ada loh! :
kritis juga, tapi kadang anda seperti sulit menerima untuk dikritisi

apakah contoh “kisah” saya dipost sebelumnya bisa dijadikan jawaban yg jelas dan lugas? sepertinya cukuplah


Quote:Memangnya buat apa dijawab? Pertanyaan saya saja belum di jawab, ini mau melebar-lebarkan bahasan lagi? :
Untung ini debat tertulis, debat tertulis memang The Best lah
sudah saya jawab..pointnya saya meminta maaf.
sekarang gantian, saya rasa anda tidak keberatan untuk menjawab sebuah pertanyaan sederhana dgn sedikit ditambah:
-memangnya perbuatan apa sih sampe gereja katolik minta maaf??
-dan apakah sudah sewajarnya karna perbuatannya itu pihak gereja katolik meminta maaf?

-dan perlukah saya dan seluruh manusia dibumi ini tau? atau sebaiknya cukup tuhan saja yg tau sebuah permintaan maaf yg tulus?
Dijawab satu2 gan.

Quote:Memangnya saya bilang Paus meminta maaf itu untuk menjawab pertanyaan siapa sih?
Sudah dijawab pertanyaannya kok malah bilang; lantas?? sudah sewajarnya toh pihak yg memulai untuk meminta maaf


Lucu, anda betanya, saya jawab, kok malah anda betanya LANTAS???
duh
gini loh...anda berstate gereja katolik meminta maaf, dan saya memperjelas "bukannya wajar orang yg bersalah meminta maaf?", tinggal anda luruskan saja kalo pertanyaan saya salah


Quote:Bukan masalah baik sekali atau bagaimana
Anda kan betanya sikap saya bagaimana, ya saya jawab demikian.

Jangankan saya seorang Kristen biasa, Paus pemimpin Gereja Katolik sendiri pun tidak segan-segan meminta maaf atas Crusade.
Haduh, anda kehilangan arah ini tampaknya
se "wah" apapun paus dimata anda, dimata saya beliau hanya manusia biasa yg sama dengan anda...maka sikap anda yg saya pertanyakan bukan paus

jadi mnimbulkan pertanyaan buat anda:
-apakah paus lebih baik dari anda dalam banyak hal? dan dalam keimanan?
-anda bisa berdosa(perbuatan), apakah paus selamat dari dosa?

ya tauu anda bukan katolik , tidak ada salahnya toh anda jawab


Quote:Besok-besok balasnya kalau lagi segar ya pikirannya.
Nampaknya kelelahan nih

mohon maklum..ane maen dimari klo sempet/senggang dari kerjaan
klo tidak percaya lihat saja jam respon saya
(maklum bukan OP warnet gan, OL cuman dikantor)


=====================================
ane pamit off dulu (biasa...kelemahan debat tertulis ) debat terbuka emang the bestlah