Quote:Original Posted By dolananmobil
di luar jawa banyak kok gan yang jalannya curam sekali- mungkin berkisar 30 - 40 derajat dan masih berupa jalan tanah lagi. sudah gitu diapit tebing dan laut lepas tanpa pagar pengaman sama sekali. biasanya cuma SUV yang berani atau kalau gak mobil biasa tapi supirnya luar biasa lihai.


di selatan P. Jawa aj ad kok. Dan biasanya jalur itu yg ane pakai buat uji mobil br di keluarga ane.

Dl di Uluwatu mlh lbh gila lg. Cmn krn ngejar bonus sales (dan nafsu, pgn liat party aneh ) akhirnya terima po dr salah satu villa punya Bule.

Berdasarkan pengalaman dan pemahaman medan shipper, dan keterbatasan kendaraan, akhirnya barang dikirim pake T-120ss dan Karimun (smp sekarang kebodohan itu msh jd bhn crt saru ). Setelah sampe sana, ternyata medannya gila abis (g lg deh maen nekat ky gt). Beberapa kali si mumun dan tisu kudu ambil ancang-ancang yg pas buat naik tanjakan. Dan beberapa kali hrs engine break parah biar g bablas :. Sampe di sana, barang diturunin, ikutan enjoy dan nonton party bentar, akhirnya pulang (sca udah teriak-teriak mau input sales). Bgt sampe pd satu tanjakan, ternyata tisu g kuat nanjak. Ban belakang ilang traksi krn g ad muatan. Dicoba pk cr apa aj, tetep g bs. Akhirnya diputusin, Karimun dibw driver blk dl k markas buat panggil bantuan, dan ane nungguin tisu, blk k tuh villa (sengaja biar bs ikutan ajib-ajib lg ). Singkat cerita akhirnya tisu bs dievakuasi pk bantuan terrano atasan dan panther punya sca.

Blk dr markas, atasan ngajakin nongkrong di Teuku Umar sm bhs mslh mobil td (kebetulan bos demen otomotif). Apakah karimun mbl bagus krn kuat nanjak, dan tisu mobil jelek krn g kuat nanjak? Ternyata dr hasil pembahasan tsb, kesimpulannya 'ane tolol', krn make mobil ngawur, g pk mikir, dll :. Dan lesson of the day saat itu 'no pain, no gain', kl pgn ikut party aneh-aneh yg gratisan, kudu siap kerja keras dan dimaki-maki :.
Quote:Original Posted By AIM-1N
di selatan P. Jawa aj ad kok. Dan biasanya jalur itu yg ane pakai buat uji mobil br di keluarga ane.

Dl di Uluwatu mlh lbh gila lg. Cmn krn ngejar bonus sales (dan nafsu, pgn liat party aneh ) akhirnya terima po dr salah satu villa punya Bule.

Berdasarkan pengalaman dan pemahaman medan shipper, dan keterbatasan kendaraan, akhirnya barang dikirim pake T-120ss dan Karimun (smp sekarang kebodohan itu msh jd bhn crt saru ). Setelah sampe sana, ternyata medannya gila abis (g lg deh maen nekat ky gt). Beberapa kali si mumun dan tisu kudu ambil ancang-ancang yg pas buat naik tanjakan. Dan beberapa kali hrs engine break parah biar g bablas :. Sampe di sana, barang diturunin, ikutan enjoy dan nonton party bentar, akhirnya pulang (sca udah teriak-teriak mau input sales). Bgt sampe pd satu tanjakan, ternyata tisu g kuat nanjak. Ban belakang ilang traksi krn g ad muatan. Dicoba pk cr apa aj, tetep g bs. Akhirnya diputusin, Karimun dibw driver blk dl k markas buat panggil bantuan, dan ane nungguin tisu, blk k tuh villa (sengaja biar bs ikutan ajib-ajib lg ). Singkat cerita akhirnya tisu bs dievakuasi pk bantuan terrano atasan dan panther punya sca.

Blk dr markas, atasan ngajakin nongkrong di Teuku Umar sm bhs mslh mobil td (kebetulan bos demen otomotif). Apakah karimun mbl bagus krn kuat nanjak, dan tisu mobil jelek krn g kuat nanjak? Ternyata dr hasil pembahasan tsb, kesimpulannya 'ane tolol', krn make mobil ngawur, g pk mikir, dll :. Dan lesson of the day saat itu 'no pain, no gain', kl pgn ikut party aneh-aneh yg gratisan, kudu siap kerja keras dan dimaki-maki :.


Karimun FWD 1000cc
Tiso 1300-1500cc RWD..

tar tetap saja ada yg bilang FWD ga bisa nanjak..


kalo masih tetap ada yg mempermasalahkan FWD susah nanjak.. terlalu....

kaca film

Agan2, ane rencananya mw ganti kaca film r3 GL, scara dptnya cuma antigores. kemeren tanya2 ke toko kaca film trs ditawarin merek spectrum sm perfectgard, katanya sih oke punya. Krn ane ga ngerti ttg KF jd ane cek ke websitenya, ternyata spesifikasi dua merek itu ga beda jauh sm 3M tipe BB trutama tolak panasnya.
agan2 ada yg punya pengalaman pake KF spectrum atau perfectgard, gmn menurut agan2, bagus ngak?
ane rencananya mau pasang 80% utk samping2nya, klo malem bisa ngeliat spion ngak ya?
Quote:Original Posted By melu90
Agan2, ane rencananya mw ganti kaca film r3 GL, scara dptnya cuma antigores. kemeren tanya2 ke toko kaca film trs ditawarin merek spectrum sm perfectgard, katanya sih oke punya. Krn ane ga ngerti ttg KF jd ane cek ke websitenya, ternyata spesifikasi dua merek itu ga beda jauh sm 3M tipe BB trutama tolak panasnya.
agan2 ada yg punya pengalaman pake KF spectrum atau perfectgard, gmn menurut agan2, bagus ngak?
ane rencananya mau pasang 80% utk samping2nya, klo malem bisa ngeliat spion ngak ya?


klo cari yang tolak panasnya tinggi pake ini aja gan.
http://nextwindowfilm.com/product/

ambil yang ultimate black, enak dipake kalo siang.. tapi kalo utk merek ini yg samping mending pake 60% aja, dari luar muka orang dah ga keliatan.

kalo 80% pasti gelep bener dah, ntar malah kayak nyetirin blindvan kalo pas malem gara2 ga bisa liat selain ke arah depan..
Quote:Original Posted By andreart
klo ga salah di forum ini sebelumnya ada yang ngeluh tenaga kurang klo di tanjakan, kopling biasa aja, bawa 4 penumpang, barang sedikit.

make hand brake kok, nah ini yang lupa posteing kemaren.
bunyai ngelepasin handbrake kedengeran sampe ke kabin
suaranya kasar banget.

keluhan anepas r3 lewat di puncak)
1. tenaga gigi 1,2 kurang di tanjakan
2. tenaga gigi R kurang
3. suara ngelepasin hand brake kasar, kedengeran jelas di kabin

ada agan2 yang ngalamin ini ga? ane ke puncak baru 1 x ini,
ngalamin macet truss pas di tanjakan. jadi baru tau kelemahan r3.
biasanya di jalan tol, ga nanjak2 kaya puncak.

km ane 3.000, mungkin pas service 5.000 keluhan ini diberessin di bengkel resmi.


dikit nimbrung gan, jalur puncak ane kira tidak ekstrim walau padat merayap.
kalo keluhannya begitu bukan R3 dong, mungkin yang ....
pernah coba jalur dieng lewat banjarnegara yang kanan-kiri pohon pinus hanya kelihatan ujungnya....bisa-bisa itu mobil jalannya mundur....
coba lihat postingan ane ttg pak haji yg gak kenal komunitas, bawa R3 dari jogyakarta asik aje lewat dieng walau kanan, kiri, depan belakang nampak kabut....
[QUOTE=donnyfarid;724756056]mungkin yg bawa mobilnya ga kuat di tanjakan emang butuh kursus setir lagi.. atau kalo bikin SIM jangan nembak.. ikuti uji prakteknya.. ane yakin, kalo yg bawa mobil ga bisa main di tanjakan......

yang sabar
Quote:Original Posted By rinawatilendy
gak usah berdebat masalah mobil
dari pada habisin energi
percuma juga
kalau beli ya beli kalau tidak yang gak papa
kalau kepingin saran ya bilang minta saran

lebih baik ngomongin kopdar saja
sekalian program ke depan
kan enak bila dibaca siapa saja isinya
malu nih tread udah bagus kok kayak anak TK saja ributin barang yang bukan haknya
ayo yang udah dapet unit dan yang belum dapet unit silahkan gabung
di grup erci ya

dan mari kita jaga rasa persaudaraan dan kerukunan diantara kita semunya
amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin

semua pingin punya mobil
merek apapun ada kelebihan dan kekurangan
penggerak roda juga ada kelemahan dan kelebihan
bahan bakar apapun juga punya kelebihan dan kekurangan
llebih baik mari kita nikmati dan syukiri atas apa yang telah diberikan kepada kita
dan mari kita tunjukan bahwa kita pandai bersukur atas pemberiannya


bukan debat agan rinawatilendy
cuma bandingin yang dibandingkan bukan miliknya...
ato mungkin baru akan mobil punya mobil baru untuk isi garasi...
boleh dong teriak disini....
makanya kita harus bersukur tapi boleh pilih dengan akhiran AN atau IN
itu tergantung uang untuk mahar R3 kalo h***L , syukur boleh pake AN
Quote:Original Posted By aguswido
[QUOTE=donnyfarid;724756056]mungkin yg bawa mobilnya ga kuat di tanjakan emang butuh kursus setir lagi.. atau kalo bikin SIM jangan nembak.. ikuti uji prakteknya.. ane yakin, kalo yg bawa mobil ga bisa main di tanjakan......
yang sabar


ok gan, ane si pengennya sabar sabar saja, tapi.. ada aja oknum2 tak bertanggung jawab me politisi masalah, padahal beberapa orng saja yg bermasalah..

ente baca2 aja dech, post2 bbrp hal ke belakang...ane ga tau tujuannya apa, padahal sdh byk yg kasih penjelasan, tp masih aja, ngeyel...

salam kenal gan...
Quote:Original Posted By donnyfarid
[QUOTE=aguswido;725695441]

ok gan, ane si pengennya sabar sabar saja, tapi.. ada aja oknum2 tak bertanggung jawab me politisi masalah, padahal beberapa orng saja yg bermasalah..

ente baca2 aja dech, post2 bbrp hal ke belakang...ane ga tau tujuannya apa, padahal sdh byk yg kasih penjelasan, tp masih aja, ngeyel...

salam kenal gan...


itu masalahnya gan...
kalo baca setengah-setengah pasti jadi masalah...
salam kenal juga, kapan-kapan diadakan kopdar, tapi setelah R3 nongol... dibulan november
Quote:Original Posted By dolananmobil
di luar jawa banyak kok gan yang jalannya curam sekali- mungkin berkisar 30 - 40 derajat dan masih berupa jalan tanah lagi. sudah gitu diapit tebing dan laut lepas tanpa pagar pengaman sama sekali. biasanya cuma SUV yang berani atau kalau gak mobil biasa tapi supirnya luar biasa lihai.


kl mau dipake di jalan tanah plus tanjakan 40 derajat, jangan ngambil ertiga om....mending ngambil ini aja...
Spoiler for pics:

tanjakan 40 derajat enteng....
Quote:Original Posted By berliantrading
kl mau dipake di jalan tanah plus tanjakan 40 derajat, jangan ngambil ertiga om....mending ngambil ini aja...
Spoiler for pics:

tanjakan 40 derajat enteng....


kok penampakannya RWD...
Mestinya om cari FWD yang angkut batu dan sedang menanjak di jalan tanah dengan kemiringan 40 derajat ...
Tentang kasus T120 tak bisa menanjak di uluwatu- saya kira itu lebih bersifat kasuisitis dan perlu investigasi lebih lanjut.
peace yah...gak perlu main bata- toh sudah sama2 gede.
saya lebih cenderung wait and see dulu dengan R3. dan mohon maaf bila komentar saya mungkin kurang berkenan. sekali lagi selamat bagi para pemilik R3.

ERCI 403 Forbidden

Gan mau tanya forum erci nggak bisa dibuka yah...?
Quote:Original Posted By dolananmobil
kok penampakannya RWD...
Mestinya om cari FWD yang angkut batu dan sedang menanjak di jalan tanah dengan kemiringan 40 derajat ...
Tentang kasus T120 tak bisa menanjak di uluwatu- saya kira itu lebih bersifat kasuisitis dan perlu investigasi lebih lanjut.
peace yah...gak perlu main bata- toh sudah sama2 gede.
saya lebih cenderung wait and see dulu dengan R3. dan mohon maaf bila komentar saya mungkin kurang berkenan. sekali lagi selamat bagi para pemilik R3.

Jauh banget... ente cari mobil buat penumpang apa buat angkut batu... sdh di jelasin panjang lebar masih ga paham jg...
Wah forumnya ertiga rame gara gara FWD dan RWD nih..
hehe.., ngapain juga dirubutkan. semua kan ada kelemahan dan kelebihan masing-2..
Orang mau ambil FWD, pertimbangan ada sendiri
Orang mau ambil RWD, juga ada pertimbangan sendiri

Kalau diluar negeri ada tuh pilihan mobil yang bisa diubah dari FWD ke 4WD tinggal putar tombol aja.. Biasanya SUV. Enak tuh.. hehe Tapi sayang kalau diindonesia fasilitas itu ndak disertakan pada mobil ane, biasalah maen sunat

Mungkin fasilitas tombol itu yang dierlukan bagi yang ragu dengan FWD
Quote:Original Posted By dolananmobil
kok penampakannya RWD...
Mestinya om cari FWD yang angkut batu dan sedang menanjak di jalan tanah dengan kemiringan 40 derajat ...
Tentang kasus T120 tak bisa menanjak di uluwatu- saya kira itu lebih bersifat kasuisitis dan perlu investigasi lebih lanjut.
peace yah...gak perlu main bata- toh sudah sama2 gede.
saya lebih cenderung wait and see dulu dengan R3. dan mohon maaf bila komentar saya mungkin kurang berkenan. sekali lagi selamat bagi para pemilik R3.


FWD ga bisa nanjak juga kasuisitis dan perlu investigasi lebih lanjut. please juga d, klo masih mendewakan RWD, ga usa masuk ke mobil yg FWD. dan mohon maaf bila komentar saya mungkin kurang berkenan.
Masalah tanjakan, waktu TD di ciputra world surabaya udah coba naek parkiran naek gedung ga ada masalah sama sekali. tapi ga tau ya kalau tanjakan diatas 45 derajat.
Quote:Original Posted By osvan
tahun 60-70an semua mobil rwd. Kemudian tahun 80an sampai tahun 2000, mobil didominasi fwd. Gak ada alesan kenapa juga kita musti memilih kembali ke tahun 70an.

Kemudian belakangan rwd muncul kembali terutama di mobil2 sport setelah adanya sistem elektronik yang bisa mengurangi karakteristik handling yang buruk pada rwd. Adanya traction control dan stability control bisa mengurangi keburukan rwd. Sementara fwd pada mobil sport yang bertenaga besar cenderung kehilangan traksi roda depan karena akselerasi besar menyebabkan beban berpindah ke belakang. Fwd pada mobil sport juga sebabkan gejala understeer.
Setelah ditemukan traction control, mobil sport mengadopsi kembali rwd dan kemudian awd.

Itu sekilas untuk mobil bertenaga besar gan. Untuk ertiga?? Tidak ada justifikasinya ertiga harus kembali ke jaman kuda gigit besi menggunakan rwd.

Untuk mobil penumpang(bukan sport) kelebihan menggunakan fwd:
- berat total kendaraan lebih ringan karena gak ada as kopel dan gardan sehingga jelas fc lebih efisien.
- tidak ada beban berat untuk memutar as dan gardan menyebabkan kerja mesin lebih ringan dan fc tambah efisien.
- ruang kabin yang lebih lega dan flat.
- krn akselerasi ertiga tidak seperti mobil sport, traksi lebih baik karena roda penggerak berada persis dibawah beban mesin.
- kecenderungan bergerak lurus kedepan pada saat roda penggerak kehilangan traksi, krn roda penggerak berada dibawah berat mesin.
- tenaga yg disalurkan ke roda penggerak lebih banyak karena tidak ada yang hilang di as dan gardan. Otomatis tarikan lebih ringan, tanjakan lebih kuat.

Kekurangan fwd:
- cenderung kehilangan traksi (slip) saat berakselerasi tinggi. (masalah buat mobil sport. Buat ertiga? No problem. Ertiga bukan mobil sport yg akselerasinya bisa sebabkan slip.
- ruang mesin menjadi penuh dan rumit. Space buat sistem suspensi menjadi kecil sehingga design suspensi lebih sulit. Kaki2 biasanya lifecyclenya lebih singkat. Lebih sering ganti dah tu ball joint.
- distribusi beban pada kondisi normal tidak merata dimana beban mesin dan transmisi terpusat didepan. Untuk mobil sport distribusi beban yang merata lebih baik dalam hal handling. Berhubung ertiga bukan mobil bertenaga besar untuk di sirkuit. Distribusi beban gak jadi issue.


Mitos fwd gak kuat nanjak? Saya belum menemukan sumber referensinya gan. Yang jelas, narik ataupun dorong sama saja karena beban yang ditarik/didorong sama, sementara gaya dorong ataupun gaya tarik yang diperlukan dihasilkan dari horse power yang sama pula.

Jika agan memerlukan mobil sport, jangan ambil macam ertiga yg fwd gan. Cari yang awd dijamin cocok untuk menghandle tenaga besar. Tapi kalo agan cari mobil penumpang ringan, ertiga aja gan.... Karena udah fwd.
jangan mau kembali ke jaman bata.


mantab ini penjelasannya...tapi tetap ada yg ngeyel loe gan...

Ask : Bau sangit dari catalyc converter

Buat agan2 yg sudah punya R3, ane baca2 banyak yg mengeluhkan masalah bau sangit dari catalyc converter kalau mobil dibejek/ lari di atas 100 kpj. Apa sudah ada solusi utk mengatasi hal itu? Ane lagi pertimbangkan utk inden tapi masalah bau tsb bikin ane cukup galau..
Quote:Original Posted By donnyfarid
Karimun FWD 1000cc
Tiso 1300-1500cc RWD..

tar tetap saja ada yg bilang FWD ga bisa nanjak..


kalo masih tetap ada yg mempermasalahkan FWD susah nanjak.. terlalu....


moral of the story-nya sih sebenernya di situ.

Ada kondisi-kondisi dimana satu tipe kendaraan tertentu tidak dapat berfungsi optimal di area yang dianggap area spesialisasinya, tapi tipe kendaraan yang berbeda malah bisa berfungsi dengan baik. Tapi, bukan berarti kemudian kita langsung menjustifikasi bahwa tipe kendaraan tersebut lebih baik dari tipe kendaraan lainnya tanpa mempertimbangkan 'faktor apa yang membuat kendaraan tersebut bisa berfungsi dengan optimal'

Quote:Original Posted By dolananmobil
kok penampakannya RWD...
Mestinya om cari FWD yang angkut batu dan sedang menanjak di jalan tanah dengan kemiringan 40 derajat ...
Tentang kasus T120 tak bisa menanjak di uluwatu- saya kira itu lebih bersifat kasuisitis dan perlu investigasi lebih lanjut.
peace yah...gak perlu main bata- toh sudah sama2 gede.
saya lebih cenderung wait and see dulu dengan R3. dan mohon maaf bila komentar saya mungkin kurang berkenan. sekali lagi selamat bagi para pemilik R3.


Bener, sifatnya kasuistis. Karena penyebab utamanya adalah roda penggerakanya tidak memperoleh traksi yang cukup untuk mendorong mobil tersebut.

Tapi apakah kemudian kita akan menjustifikasi kalo si TISU adalah Disgrace bagi mobil-mobil RWD karena tidak kuat menanjak??? Dan itu tidak akan terjadi pada mobil penggerak RWD lainnya.

Sementara Karimun kebetulan aj pengemudinya taat beribadah dan banyak pahala sehingga kuat menanjak. Dan kejadian itu tidak akan terulang saat mobil dengan tipe yang sama melewati jalan tersebut.

Quote:Original Posted By ptcmania
Wah forumnya ertiga rame gara gara FWD dan RWD nih..
hehe.., ngapain juga dirubutkan. semua kan ada kelemahan dan kelebihan masing-2..
Orang mau ambil FWD, pertimbangan ada sendiri
Orang mau ambil RWD, juga ada pertimbangan sendiri

Kalau diluar negeri ada tuh pilihan mobil yang bisa diubah dari FWD ke 4WD tinggal putar tombol aja.. Biasanya SUV. Enak tuh.. hehe Tapi sayang kalau diindonesia fasilitas itu ndak disertakan pada mobil ane, biasalah maen sunat

Mungkin fasilitas tombol itu yang dierlukan bagi yang ragu dengan FWD


Sebenernya, masalah kuat g kuat nanjak antara FWD dan RWD g pernah jadi permasalahan, sampai ada bagian marketing salah satu produsen yang dengan bancinya membuat kampanye.

Intinya, lebih baik kita menjadi konsumen yang cerdas, memilih tipe kendaraan sesuasi dengan kebutuhan dan memahami dengan baik karakter-karakter teknis kendaraan yang akan kita beli.

Kalo bisa, jangan sampe terjebak stereotipe konsumen Indonesia yang kaya gini deh:
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4437569
-------------------------------------------------

BTW kemaren ane ada janji sama salah satu kaskuser. Ane mohon maaf karena punya ane sendiri masalahnya belum terselesaikan.

Tadi hasil servis, problemnya masih ada. Saat mobil dipakai pada posisi 2nd gear, saat pedal gas dilepas, desecending dan putaran mesin turun. Saat di posisi 1500 rpm, masih terasa engine break tersebut.

Sekalian, ane mau nanya. Bengkel Resmi yang recommended di sekitar Jakarta Timur dan Jakarta Selatan di mana? Karena ane sendiri merasa memperoleh pelayanan yg kurang baik di bengkel tersebut. G ada diskusi antara Mekanik dengan ane terkait keluhan ane di awal pendaftaran.

Quote:Original Posted By denden123
Buat agan2 yg sudah punya R3, ane baca2 banyak yg mengeluhkan masalah bau sangit dari catalyc converter kalau mobil dibejek/ lari di atas 100 kpj. Apa sudah ada solusi utk mengatasi hal itu? Ane lagi pertimbangkan utk inden tapi masalah bau tsb bikin ane cukup galau..


Pasang filter AC, cukup membantu menyelesaikan masalah tersebut.
Quote:Original Posted By AIM1N.Mk.II
BTW kemaren ane ada janji sama salah satu kaskuser. Ane mohon maaf karena punya ane sendiri masalahnya belum terselesaikan.

Tadi hasil servis, problemnya masih ada. Saat mobil dipakai pada posisi 2nd gear, saat pedal gas dilepas, desecending dan putaran mesin turun. Saat di posisi 1500 rpm, masih terasa engine break tersebut.

Sekalian, ane mau nanya. Bengkel Resmi yang recommended di sekitar Jakarta Timur dan Jakarta Selatan di mana? Karena ane sendiri merasa memperoleh pelayanan yg kurang baik di bengkel tersebut. G ada diskusi antara Mekanik dengan ane terkait keluhan ane di awal pendaftaran.


Td ada yg share di Milis Erci problem sama ndut2an dan permasalahan solve. Dia serv di beres Pondok indah.
btw, skrg lg byk keluhan ttg ertiga ndut2an nih.. berarti QCnya nggak maksimal nih ya suzuki krn kejar target kali ya?
jd ngeri ane ntr dpt mslh ky gitu di ertiga ane yg blm dtg..
biasanya gejala ndut2an ini munculnya pas awal2 apa setelah serv 1000km?