bowogendutAvatar border
TS
bowogendut
Menkominfo: Penjualan BB Anjlok, Perlukah Pabrik di Indonesia?
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah sebenarnya masih kecewa atas keputusan produsen BlackBerry, Research In Motion (RIM), yang lebih memilih Malaysia sebagai basis produksinya ketimbang di Indonesia.

Namun, saat ini penjualan BlackBerry di seluruh dunia mengalami penurunan, masih perlukah membangun pabriknya di Indonesia?

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring sangat setuju dengan ide Kementerian Perdagangan untuk meminta produsen BlackBerry membangun pabrik di Indonesia dibanding di Malaysia. Alasannya, sebagian besar jumlah pengguna BlackBerry di Asia dikontribusikan dari Indonesia.

"Sebenarnya ide itu bagus-bagus saja. Tapi, dengan penjualan BlackBerry di seluruh dunia yang merosot 75 persen selama 8 bulan terakhir, perlukah mengalihkan pabriknya di Indonesia?" kata Tifatul selepas memberikan sambutan acara Indonesia Open Source Awards di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (4/7/2012).

Sekadar catatan, kondisi produsen BlackBerry ini memang dalam posisi kurang menggembirakan dan grafiknya terus menurun. Selain dilanda kerugian keuangan, pengiriman unit ponselnya menurun hingga harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada sejumlah karyawannya.

Namun, Tifatul menyarankan, sebenarnya tidak hanya RIM yang harus membangun pabriknya di Indonesia. Jika perlu, perusahaan asing dan besar di dunia mau membangun pabriknya di Indonesia.

Selain akan menambah lapangan pekerjaan baru, perusahaan asing ini bisa diajak kerja sama untuk membuat sebuah produk asli Indonesia, tetapi dirakit oleh vendor ternama.

"Contohnya bisa membuat tablet seharga kurang dari Rp 1 juta. Selama ini kan kita selalu membeli dari asing," tambahnya.

Dengan bisa membuat produk dalam negeri, kata Tifatul, maka devisa negara juga akan bertambah, bukan lari ke luar negeri.

sumber : http://tekno.kompas.com/read/2012/07...k.di.Indonesia

cie...cie....Tifatul... dulu ngerengek... sekarang..??

sebenernya perlu ngak sih gan indonesia di jadikan basis produksinya RIM... untuk saat ini loh...?????
0
9.7K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan