KASKUS

masih blm faham

Quote:Original Posted By yonathansahlie
Kemaren sabtu-minggu, saya mengantar anak² kecil untuk acara keagamaan (gereja) ke Lembang... Ternyata, ngalamin "penyakit umum" si carry... Mesin brebet-brebet lagi seperti tekor bensin. Dikirain over heat karena saya pasang AC dan mesin saya push di rpm tinggi karena jalannya nanjak.

Ternyata yang jadi maslaah rotaknya alias pompa bensin. Kontak platina di dalam rotaknya nempel terus dan kabel di dalamnya ada yg lepas (karena memang cuma solderan aja).

Menurut temen² saya, memang salah satu penyakit carry ya itu tadi. Pompa bensin bermasalah. Solusinya ga susah. Bisa dikerjain di tempat. Cukup lepasin rotak, lalu bongkar bagian atasnya. Kontak platinan digosokin pake amplas dan kabelnya disambung lagi. Kalo memang darurat, ga usah disolder. Cukup ditempeli/dijepit aja. Yang penting ada kontak listrik spy pompa bensin jalan lagi. Kalo platinanya sudah habis, lebih baik diganti. Bisa beli kontakplatina nya saja....

Sekian cerpen pengalaman saya dengan si unyu-unyu....

Mau tanya neh, berarti rotax nya di bongkar atau gimana? yang di maksud platina maksud nya gimana? bukanya platina diluar rotax?
maaf banyak tanya.... sebelum nya terima kasih atas berbagi ilmu yang share...

masih blm faham

Quote:Original Posted By yonathansahlie
Kemaren sabtu-minggu, saya mengantar anak² kecil untuk acara keagamaan (gereja) ke Lembang... Ternyata, ngalamin "penyakit umum" si carry... Mesin brebet-brebet lagi seperti tekor bensin. Dikirain over heat karena saya pasang AC dan mesin saya push di rpm tinggi karena jalannya nanjak.

Ternyata yang jadi maslaah rotaknya alias pompa bensin. Kontak platina di dalam rotaknya nempel terus dan kabel di dalamnya ada yg lepas (karena memang cuma solderan aja).

Menurut temen² saya, memang salah satu penyakit carry ya itu tadi. Pompa bensin bermasalah. Solusinya ga susah. Bisa dikerjain di tempat. Cukup lepasin rotak, lalu bongkar bagian atasnya. Kontak platinan digosokin pake amplas dan kabelnya disambung lagi. Kalo memang darurat, ga usah disolder. Cukup ditempeli/dijepit aja. Yang penting ada kontak listrik spy pompa bensin jalan lagi. Kalo platinanya sudah habis, lebih baik diganti. Bisa beli kontakplatina nya saja....

Sekian cerpen pengalaman saya dengan si unyu-unyu....

Mau tanya neh, berarti rotax nya di bongkar atau gimana? yang di maksud platina maksud nya gimana? bukanya platina diluar rotax?
maaf banyak tanya.... sebelum nya terima kasih atas berbagi ilmu yang share...

masih blm faham

Quote:Original Posted By yonathansahlie
Kemaren sabtu-minggu, saya mengantar anak² kecil untuk acara keagamaan (gereja) ke Lembang... Ternyata, ngalamin "penyakit umum" si carry... Mesin brebet-brebet lagi seperti tekor bensin. Dikirain over heat karena saya pasang AC dan mesin saya push di rpm tinggi karena jalannya nanjak.

Ternyata yang jadi maslaah rotaknya alias pompa bensin. Kontak platina di dalam rotaknya nempel terus dan kabel di dalamnya ada yg lepas (karena memang cuma solderan aja).

Menurut temen² saya, memang salah satu penyakit carry ya itu tadi. Pompa bensin bermasalah. Solusinya ga susah. Bisa dikerjain di tempat. Cukup lepasin rotak, lalu bongkar bagian atasnya. Kontak platinan digosokin pake amplas dan kabelnya disambung lagi. Kalo memang darurat, ga usah disolder. Cukup ditempeli/dijepit aja. Yang penting ada kontak listrik spy pompa bensin jalan lagi. Kalo platinanya sudah habis, lebih baik diganti. Bisa beli kontakplatina nya saja....

Sekian cerpen pengalaman saya dengan si unyu-unyu....

Mau tanya neh, berarti rotax nya di bongkar atau gimana? yang di maksud platina maksud nya gimana? bukanya platina diluar rotax?
maaf banyak tanya.... sebelum nya terima kasih atas berbagi ilmu yang share...
Quote:Original Posted By voncos
Mau tanya neh, berarti rotax nya di bongkar atau gimana? yang di maksud platina maksud nya gimana? bukanya platina diluar rotax?
maaf banyak tanya.... sebelum nya terima kasih atas berbagi ilmu yang share...


Bagian atas rotax dibongkar.. itu ada semacam kontak platina. bukan kontak platina untuk pengapian ya... nah, itu suka macet atau rusak.... fungsinya dan bentuknya mirip dengan otomatis pompa air...

Star Newbie baru gabung

Salam buat semua..

Baru gabung neh, sebelumnya muter2 nyari for diskusi pngguna carry akhirnya nyangkut di sini. Info2 di sini manfaat sekali buat ane.

Mau tanya neh gan, klo kopling berasa berat saat dilepas itu yang rusak apa ya? mobil ane carry extra van 1.5 th 2003. Klo mesin bru dinyalain sih ga masalah tp klo udah pake jalan lama/mesin panas, pas ngelepas kopling berasa ada yang ga beres di koplingnya (ada bunyi grkk..grkk..). sekalian harga itu parts brpa ya? (ane newbie banget dalam dunia per-mobilan sebelumnya bikers, karena angkut barang pake motor udah ga sanggup lgi, beraniin diri ambil carry)

Maksih bnyak sebelumnya..
Quote:Original Posted By yonathansahlie
Coba,gan... bagian yang masih ada nodanya digosok dengan "sepenuh hati, waktu dan tenaga"... Dijamin ilang deh....


bener juga gan...

Masalah jamur kaca beres.. Tinggal masalah body belum ane coba..

Sama ini nie yang paling boros yaitu nambal ban belakang kiri.. Tiap 2 hari sekali carry ane itu ane pake setiap mau dipake udah kempes duluan tu ban pdhal masih tebel + ban tubeless.. Kenapa ya? Pas di tambalin ga ada paku atau apapun masuk jadi lobang... Tau2 tu ban bolong kecil.. jadi boros duit nie..
Quote:Original Posted By nicebaby
Salam buat semua..

Baru gabung neh, sebelumnya muter2 nyari for diskusi pngguna carry akhirnya nyangkut di sini. Info2 di sini manfaat sekali buat ane.

Mau tanya neh gan, klo kopling berasa berat saat dilepas itu yang rusak apa ya? mobil ane carry extra van 1.5 th 2003. Klo mesin bru dinyalain sih ga masalah tp klo udah pake jalan lama/mesin panas, pas ngelepas kopling berasa ada yang ga beres di koplingnya (ada bunyi grkk..grkk..). sekalian harga itu parts brpa ya? (ane newbie banget dalam dunia per-mobilan sebelumnya bikers, karena angkut barang pake motor udah ga sanggup lgi, beraniin diri ambil carry)

Maksih bnyak sebelumnya..


kalau bunyi kerr kerr setelah kopling di lepas/di injak itu di pastikan laher kopling yang kering, kalau berat jika di injak itu biasanya kabel ada yang bocor dan berkarat. bisa juga landasan tempat laher kopling yang kering.

Spoiler for landasan laher:
Quote:Original Posted By yonathansahlie
Betul, kang..... kalo bisa, jangan ke yang di jalan Moh Toha/tegal lega itu..... Ampun dah harganya...
Di sudirman aja sebelum jembatan penyebranagan.. ke toko KA*I J**A....


pengalaman ya gan. dulu ane jarang belanja sih jadi ga tahu harga. tau cuma tokonya doang

ane juga sering ke toko yang agan sebut, baik untuk beli wiper dan perintilan lain. belum pernah sampai beli sparepart sih. buat mitsubishi, suzuki dan beberapa merk lain.

Quote:Original Posted By shadowgauci
ok gan nanti ane coba cari kayunya deh, mumpung lg gak ngantor gan


penasaran juga c pake sendok, nanti klo kayunya gak ketemu ane coba pake sendok deh, gak enak banget diliatnya gan penyok gitu, klo yg baret putih nanti ane coba compund deh gan, klo pake compound yg merah bata gak masalah yah gan?btw, yah gan, mudah2an gak ada yg perlu dibawa ke bengkel.

dapet ide pakai sendok karena sepupu baru" ini mobilnya penyok trus ane lihat koq bentuknya jadi aneh dan ternyata diteken" pake sendok. mungkin mobil sepupu platnya agak tipis kali ya jadi bisa pakai sendok diteken".

warnanya merah bata itu yang kae kit bukan? pake di lokasi baretnya saja gan.

Quote:Original Posted By Bd_ely
wah kalo ane dulu belajar paling dag dig dug kalo stop pas di tanjakan.. soalnya jarang pake rem tangan.. main kopling doang.. pernah saking loncatnya.. pintu belakang ampe kebuka kemudian ketutup lagi untung gak kena orang yang parkir di belakang
tapi ya paling aman pake rem tangan lah.. gas dikit, lepas kopling.. lepas rem tangan pelan2

dulu ane belajar bawa mobil setelah kursus malah sengaja cari jalan nanjak. kalau mau belajar sebelum tanjakan liat spion belakang dulu. biar ga nubruk waktu mau main 1/2 kopling di tanjakan. tapi karena dipikir" main kopling di tanjakan bakal bikin kopling cepet dudul, jadi sekarang kalau berhenti lama pasti pasang rem tangan. belajar pelan" pasti lancar jaya.

Quote:Original Posted By nicebaby
Salam buat semua..

Baru gabung neh, sebelumnya muter2 nyari for diskusi pngguna carry akhirnya nyangkut di sini. Info2 di sini manfaat sekali buat ane.

Mau tanya neh gan, klo kopling berasa berat saat dilepas itu yang rusak apa ya? mobil ane carry extra van 1.5 th 2003. Klo mesin bru dinyalain sih ga masalah tp klo udah pake jalan lama/mesin panas, pas ngelepas kopling berasa ada yang ga beres di koplingnya (ada bunyi grkk..grkk..). sekalian harga itu parts brpa ya? (ane newbie banget dalam dunia per-mobilan sebelumnya bikers, karena angkut barang pake motor udah ga sanggup lgi, beraniin diri ambil carry)

Maksih bnyak sebelumnya..

tunggu yang mengerti jawab ya gan.

Quote:Original Posted By Bagonx_Ganteng
bener juga gan...

Masalah jamur kaca beres.. Tinggal masalah body belum ane coba..

Sama ini nie yang paling boros yaitu nambal ban belakang kiri.. Tiap 2 hari sekali carry ane itu ane pake setiap mau dipake udah kempes duluan tu ban pdhal masih tebel + ban tubeless.. Kenapa ya? Pas di tambalin ga ada paku atau apapun masuk jadi lobang... Tau2 tu ban bolong kecil.. jadi boros duit nie..

mungkin ada bocor tipis gan, coba cek ke tukang tambal ban. minta ban keseluruhan beserta velg diisi angin agak keras kemudian suruh berenang sampe tenggelam di air biar kelihatan kalau ada yang bocor. atau biasanya suka diolesin sama sabun colek campur air biar kelihatan apakah ada yang bocor atau tidak

mungkin bannya sudah getas gan, jadi karet ban belah" gitu karena faktor umur. walau kembangan ban masih tebal tapi kalau sudah berumur 5 tahun lebih pasti ada retak atau belah" tipis gitu.
Quote:Original Posted By yonathansahlie
Kemaren sabtu-minggu, saya mengantar anak² kecil untuk acara keagamaan (gereja) ke Lembang... Ternyata, ngalamin "penyakit umum" si carry... Mesin brebet-brebet lagi seperti tekor bensin. Dikirain over heat karena saya pasang AC dan mesin saya push di rpm tinggi karena jalannya nanjak.

Ternyata yang jadi maslaah rotaknya alias pompa bensin. Kontak platina di dalam rotaknya nempel terus dan kabel di dalamnya ada yg lepas (karena memang cuma solderan aja).

Menurut temen² saya, memang salah satu penyakit carry ya itu tadi. Pompa bensin bermasalah. Solusinya ga susah. Bisa dikerjain di tempat. Cukup lepasin rotak, lalu bongkar bagian atasnya. Kontak platinan digosokin pake amplas dan kabelnya disambung lagi. Kalo memang darurat, ga usah disolder. Cukup ditempeli/dijepit aja. Yang penting ada kontak listrik spy pompa bensin jalan lagi. Kalo platinanya sudah habis, lebih baik diganti. Bisa beli kontakplatina nya saja....

Sekian cerpen pengalaman saya dengan si unyu-unyu....


Sudah coba pakai rotak Zeb*ra punya DaihaT*su belum, harga kisaran 180rb. tidak ada platinanya suaranya juga tidak berisik.
Quote:Original Posted By r2g
kalau bunyi kerr kerr setelah kopling di lepas/di injak itu di pastikan laher kopling yang kering, kalau berat jika di injak itu biasanya kabel ada yang bocor dan berkarat. bisa juga landasan tempat laher kopling yang kering.

Spoiler for landasan laher:


Makasih jawabannya gan , klo pas diinjek sih ga berat gan cuma saat dilepas setelah diinjak ada bunyi kerr..kerr. jadi yang mesti diganti laher kopling aja ya gan? o ya laher kopling sama kampas kopling sama apa beda ya?

Makasih lagi gan..
Quote:Original Posted By Bagonx_Ganteng
bener juga gan...

Masalah jamur kaca beres.. Tinggal masalah body belum ane coba..

Sama ini nie yang paling boros yaitu nambal ban belakang kiri.. Tiap 2 hari sekali carry ane itu ane pake setiap mau dipake udah kempes duluan tu ban pdhal masih tebel + ban tubeless.. Kenapa ya? Pas di tambalin ga ada paku atau apapun masuk jadi lobang... Tau2 tu ban bolong kecil.. jadi boros duit nie..


Sebetulnya kalo ga ada lobang, berarti masalahnya ada di velg
Velg untuk tubeless harus bebas karat bener-bener... jadi angin ga akan bocor dari pinggiran ban
Quote:Original Posted By nicebaby
Makasih jawabannya gan , klo pas diinjek sih ga berat gan cuma saat dilepas setelah diinjak ada bunyi kerr..kerr. jadi yang mesti diganti laher kopling aja ya gan? o ya laher kopling sama kampas kopling sama apa beda ya?

Makasih lagi gan..

Ganti satu set saja,gan... plat kopling, deklaher sama matahari nya.... murah kok....
Quote:Original Posted By adityavalen


gan,pagi kemarin si carry ngadat ga mau hidup ,bisa distater tapi ga bisa hidup
lampu indikator accu nyala terus,sudah ditester masih 12v,cek busi masih bagus
kira2 apa masalahnya terus kalau sekring yg ke arah coil itu letaknya
bersama dengan sekring lampu,tape mobil dll yg ada di bawah setir carry extra
bukan,
carry saya jarang keluar tapi rutin dipanasin 3 hari sekali
mohon petunjuk dari agan agan,thanks

Lama dari pertapaan akhirnya kembali ke sini ,,.. kalau Si Ijo ane pernah ngalami nya gan, ternyata biarpun di panasi tiap hari, mending di buat jalan tuh mobil, sebab ane cek aki juga masih 12v, ternyata Ampere yang udah habis,,..jadi kalau sering "ngendon" siapkan aja cas cas -an gan.

Quote:Original Posted By r2g
Sudah coba pakai rotak Zeb*ra punya DaihaT*su belum, harga kisaran 180rb. tidak ada platinanya suaranya juga tidak berisik.


saya pake rotak merk mitsubishi gan... emang penyakit carry,salah satunya di rotak....
Quote:Original Posted By the.fury
ngecat bodi carry kira2 abis berapa ya ???
kondisi bodinya udah ada yg bendol2 nih ada yg tau gk biaya ganti warna di stnk ???

ama pasang ac abis berapa ya ???


Kalau mau rubah cat di STNK tanpa merubah kepemilikan (sama nama) di Jogja kena sekitar 200rb;
yang mesti dibawa
a. duit he he he ,,.. ya iya lah
b. STNK + BPKB + KTP Asli (ni mah biasa kan tiap perpanjangan jg)
c. berkas2 dari bengkel nih yg bikin rada mumet.
. 1. TDP (tanda daftar perusahaan)
. 2. NPWP (nomor pokok wajib pajak)
. 3. SKDP (surat keterangan domisili perusahaan)
. 4. kuitansi ngecat (asli, bermaterai)
. 5. Surat Keterangan ttg Pengecatannya dari bengkel.
Biaya cat di Jogja pakai cat paling 'ecek ecek' tanpa kerok bodi mulai harga 4-jt an, kalau cat bagus (macam shiken / blinken) plus kerok bodi bisa sampai 8-jt,,.. Kalau AC baru double blower full ND sekitar 5-jt, single 4-jt, kalau mau di oplos cuma Kompresornya doang yang ND sisanya Sanden atao refurb dari Singapur, bisa lebih mrah 2-3 jtan gan.
Quote:Original Posted By FaCa_Bdg


pengalaman ya gan. dulu ane jarang belanja sih jadi ga tahu harga. tau cuma tokonya doang

ane juga sering ke toko yang agan sebut, baik untuk beli wiper dan perintilan lain. belum pernah sampai beli sparepart sih. buat mitsubishi, suzuki dan beberapa merk lain.


dapet ide pakai sendok karena sepupu baru" ini mobilnya penyok trus ane lihat koq bentuknya jadi aneh dan ternyata diteken" pake sendok. mungkin mobil sepupu platnya agak tipis kali ya jadi bisa pakai sendok diteken".

warnanya merah bata itu yang kae kit bukan? pake di lokasi baretnya saja gan.


dulu ane belajar bawa mobil setelah kursus malah sengaja cari jalan nanjak. kalau mau belajar sebelum tanjakan liat spion belakang dulu. biar ga nubruk waktu mau main 1/2 kopling di tanjakan. tapi karena dipikir" main kopling di tanjakan bakal bikin kopling cepet dudul, jadi sekarang kalau berhenti lama pasti pasang rem tangan. belajar pelan" pasti lancar jaya.


tunggu yang mengerti jawab ya gan.


mungkin ada bocor tipis gan, coba cek ke tukang tambal ban. minta ban keseluruhan beserta velg diisi angin agak keras kemudian suruh berenang sampe tenggelam di air biar kelihatan kalau ada yang bocor. atau biasanya suka diolesin sama sabun colek campur air biar kelihatan apakah ada yang bocor atau tidak

mungkin bannya sudah getas gan, jadi karet ban belah" gitu karena faktor umur. walau kembangan ban masih tebal tapi kalau sudah berumur 5 tahun lebih pasti ada retak atau belah" tipis gitu.


mobil ane persis kaya ini gan kemarin,,.. ban tubeless masih tebel tapi kok kempes terus,,.. terus ane dongkrak tak rendem di air sabun, ternyata di bagian dop keluar gelembung air kecil2,,.. ternyata bagian dop udah keropos, saya kasih potongan ban dalem motor tetep nggak mempan,,.. satu2 nya cara ganti pelek,,. namun karena kantong lagi cekak (alias Kere) saya belikan aja ban dalam bekas, jadi tubeless tapi pakai ban dalam ha ha ha
alhamdulilah sampai sekarang aman sentosa
Quote:Original Posted By yonathansahlie




Di toko sparepart mobil banyak kang. beli aja rel jok untuk katana. itu bisa dipasangin, tinggal bawa ke tukang jok. Kalo jok terpisah sih memang joknya yang sudah misah dari sononya.


kalau mau dikasih jok tengah 3 yang macam APV itu ada yang pernah nyoba, mobil ane jok tengahnya gandeng2, Futura Laksana '91,,.. terima kasih.
Spoiler for jok:

Quote:Original Posted By yonathansahlie
saya pake rotak merk mitsubishi gan... emang penyakit carry,salah satunya di rotak....


saran saja rotaxnya di tambahkan relay, jadi beban ke relay untuk memperingan kerja platina rotak.
bisa juga untuk dinamo stater di tambahkan relay juga.
Quote:Original Posted By beruang kutub
Lama dari pertapaan akhirnya kembali ke sini ,,.. kalau Si Ijo ane pernah ngalami nya gan, ternyata biarpun di panasi tiap hari, mending di buat jalan tuh mobil, sebab ane cek aki juga masih 12v, ternyata Ampere yang udah habis,,..jadi kalau sering "ngendon" siapkan aja cas cas -an gan.


si carry ahirnya minta di pangilkan mekaniknya gan,setelah mencoba sendiri perbaikan tidak ada hasil,
padahal perbaikan saya sudah meliputi yang kerusakanya
seperti bersihkan platina,busi,mungkin karena masih newbi jadi kurang maksimal
permasalahanya cuma di busi sama platinanya yang kotor,
jadi intinya si carry minta ditune up.
Quote:Original Posted By nicebaby
Makasih jawabannya gan , klo pas diinjek sih ga berat gan cuma saat dilepas setelah diinjak ada bunyi kerr..kerr. jadi yang mesti diganti laher kopling aja ya gan? o ya laher kopling sama kampas kopling sama apa beda ya?

Makasih lagi gan..


Bisa ganti satu set sekalian atau cek ketebalan kampas kopling, jika di ukur ketebalan kurang dari 1 mm lebih baik di ganti (di kampas ada garis ukiran/got seperti kembang ban).
untuk matahari cek keausannya (ini bisa mempengaruhi perpindahan gigi).
(kalau bisa bongkar sendiri) laher kopling coba di buka dan gemukin, di putar ada masih ada bunyi tidak kalau masih terpaksa ganti. (saya biasa model ini)

Spoiler for lher kopling:
go go