galaxymaya.comAvatar border
TS
galaxymaya.com
Hah, Fisikawan Eropa Klaim Temukan Partikel Tuhan


ZURICH-Entah benar atau tidak apa yang diklaim lima fisikiawan Eropa ini. Yang jelas mereka mengaku telah menemukan sebuah zat yang diyakini mengandung 99,95 persen unsur alam semesta. Zat itu disebut Sigma tingkat empat. Partikel itu disebut juga Higgs Boson atau 'partikel Tuhan'.

Seperti dinukil The Daily Mail melaporkan, Ahad (1/7), hal itu disampaikan dari Periset Nuklir Eropa (CERN). Higgs Boson sub-atomik pertama kali ditemukan pada 48 tahun silam. Nama itu didapat dari Peter Higgs, profesor dari Universitas Edinburgh, Skotlandia, yang menemukan partikel ini. Dan kelima ilmuwan yang menemukan 'partikel Tuhan' itu mengundangnya menghadiri konferensi pers CERN.

CERN menyatakan berambisi mencapai sigma tingkat lima. Bagian ini diyakini telah mencapai 99,99 persen menguak tabir semesta. Dan hasilnya, diklaim penting demi kelangsungan hidup manusia di alam semesta.

Tugas utama Higgs Boson memberikan atom ke partikel lain untuk membentuk massa. Tanpa massa, tenaga partikel tidak bisa saling mengikat dan membentuk mulai dari planet sampai manusia. Para ilmuwan mengklaim, jika tingkatan sigma sudah menanjak, semesta bukan lagi rahasia, dan Tuhan' bisa jadi 'ditemukan'.


Sumber
0
3.6K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan