dina84Avatar border
TS
dina84
Jalan-Jalan ke Pulau Sumbawa Yuk Gan :)
Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat (memisalahkan dengan Pulau Lombok), Selat Sape di sebelah timur (memisahkan dengan Pulau Komodo), Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Laut Flores di sebelah utara. Kota terbesarnya adalah Bima, yang berada di bagian timur pulau ini.

Pulau ini memiliki luas 14.386 km2, dan merupakan pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat, serta salah satu dari dua pulau utama di provinsi tersebut. Titik tertingginya adalah Gunung Tambora (2.824 m), yang juga merupakan gunung api aktif. Keunikan yang dimiliki Sumbawa yaitu pulau Bungin yang termasuk dalam wilayah kecamatan alas, kabupaten sumbawa. Pulau Bungin merupakan pulau terpadat di dunia yang memiliki kepadatan 15000 jiwa/km persegi.Hal ini terjadi karena luas Pulau Bungin tidak sampai 8 hektar dan ditempati sekitar 3000 jiwa.

Secara administratif, pulau ini terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota, yakni:

- Kabupaten Sumbawa Barat
- Kabupaten Sumbawa
- Kabupaten Dompu
- Kabupaten Bima
- Kota Bima

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Sumbawa

Pulau sumbawa juga memiliki daya tarik alam yang begitu indah loh gan, ane sering banget kesumbawa jika musim liburan, ya karena keluarga besar ane menetap dipulau sumbawa.

Disini ane mo share beberapa tempat yang pernah ane kunjungi gan, jika agan mau kesumbawa agan saya sarankan naik ferry - penyebrangan laut dari pelabuhan kayangan ke pelabuhan pototano karena sepanjang perjalanan agan akan disuguhi pemandangan alam yang masih alami.

Yang bikin ane takjub gan.. bukit-bukit yang ada dipelabuhan pototano jika musim kemarau warna bukit itu coklat seperti tidak ada satupun tanaman yang bisa tumbuh disana, tetapi jika agan kebetulan berkunjung kesumbawa dimusim penghujan, bukit-bukit disana berubah jadi warna hijau.. pohon-pohon persik khas tumbuhan bukit pesisir pantai mulai muncul tunas hijau dibatangnya.


Spoiler for Penampakan Pelabuhan Poto Tano:


Spoiler for Penampakan Bukit Coklat Kala Musim Kemarau:


Sampainya dipototano, pertama kita akan kearah barat gan, kita akan melihat indahnya pantai-pantai yang ada di kabupaten sumbawa barat. Kabupaten Sumbawa Barat adalah Kabupaten termuda dipulau ini yang merupakan pemekaran dari kabupaten Sumbawa.

PAD terbesar dari kabupaten ini adalah retribusi pertambangan emas yakni Tambang Emas PT. Newmont Nusa Tenggara. Salah satu pantai terindah yang ada dikabupaten Sumbawa Barat ini gan, yaitu Pantai Maluk.

Spoiler for Penampakan Pantai Maluk:


Spoiler for Pantai maluk:


Spoiler for Salah satu resort yang ada dimaluk beach.:


Puas agan menikmati indahnya pantai maluk, sekarang agan ane ajak melihat ketimur pulau sumbawa, pertama kita akan melihat keunikan sebuah pulau yang konon katanya PULAU TERPADAT DIDUNIA, menurut cerita yang sering ane dengar ya gan.. Jika penduduk pulau bungin menikah dia harus menumpuk batu karang dipesisir pulau bungin untuk jadi pijakan bangunan rumah baru bagi pasangan yang menikah itu gan.

Spoiler for Ini gan penampakan photo dari atas pulau bungin.:


Spoiler for pulau bungin:


Pulau Bungin di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa NTB, merupakan pulau kecil buatan terpadat didunia melebihi kepadatan pulau Jawa dengan kepadatan 36000 jiwa/km2 sedangkan kepadatan pulau jawa hanya sekitar 813 jiwa/km2 atau kepadatan pulau Bungin sama dengan 44 kali kepadatan pulau Jawa. Pulau yang hanya seluas 8 hektar ini mempunyai jumlah penduduk sebanyak 2.800 Jiwa dan dapat diakses di koordinat 8°28'37.69"S 116°59'43.25"

Dengan luas 8 hektare dihuni lebih dari 2.800 penduduk, Bungin bisa jadi pulau terpadat di dunia. Sejarah penghuni, etos kerja penduduknya yang nelayan, dan cerita kambing makan kertas melengkapi keunikan di pulau karang tersebut.

“Agan pasti tertarik ke sana karena cerita Kambing makan kertas?. Hanya di Bungin agan bisa melihatnya langsung, dan percaya,”

Spoiler for Penampakan kambing makan kertas:


Selanjutnya gan, beberapa kilometer dari pulau bungin ini kita berlayar kembali ke pulau sumbawa, sekarang kita sedikit lagi ketimur kita akan menikmati serunya wisata air Dipantai LAPADE.

Pantai ini dikelola swadaya oleh seorang warga lokal disana yang bernama "Daeng Baso" dulu Pantai Lapade adalah pantai dengan pasir putihnya yang kurang terurus disulap jadi sebuah Obyek Wisata yang wajib dikunjungi diPulau Sumbawa.

Spoiler for Serunya Wisata Air di Pantai Lapade.:


Sekarang kita makin ketimur gan, kita akan melihat wisata alam menikmati indahnya air terjun yang terletak di Moyo Hulu.

Moyo Hulu dikenal oleh penduduk sebagai tempat yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Brang Rea adalah desa kecil yang berjarak 28 Km sebelah Selatan kota Sumbawa Besar. di desa yang berada di wilayah Kecamatan Moyo Hulu ini terdapat air terjun indah yang bernama Ai Beling diantara hijaunya hutan tropis. Disebut Ai Beling karena warga desa dapat mendengar suara gemuruhnya lebih dari 5 km bila musim penghujan telah tiba. "Air Bicara" begitulah artinya jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, adalah sebuah air terjun yang cukup besar, airnya mengalir diantara tebing bebatuan.

Untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh dengan sepeda motor dari desa Berang Rea dengan menyusuri hutan hijau selama kurang lebih 30 menit. Anda akan takjub oleh fenomena alam Ai Beling yang bertingkat-tingkat dengan dua air terjun utama dikedua sudutnya. Dibagian tengah tebing yang bertingkat- tingkat terdapat beberapa air terjun kecil yang semuanya mengalir ke sungai yang berada di bawahnya.

Spoiler for Penampakan Air Terjun Ai Beling.:


Spoiler for Penampakan Air Terjun Ai Beling.:


Spoiler for Penampakan Air Terjun Ai Beling.:


Sekedar info gan, disumbawa itu ada yang namanya MOYO HULU, MOYO HILIR dan ada yang namanya PULAU MOYO yang tentunya agan pernah dengar, dipulau ini terdapat resort yang sangat mahal yakni AMANWANA RESORT.

Spoiler for moyo island:


Spoiler for amanwana resort di pulau moyo:


Spoiler for amanwana resort - simple tapi rate semalamnya mahal euy:


Spoiler for hutan tropis dipulau moyo:



Oh ya gan, kalo di Sumbawa agan belum nonton pacuan kuda khas Sumbawa kayaknya belum afdol deh rasanya gan.. Pacuan Kuda Tradisional ini jokinya masih anak-anak kecil loh gan, badan mereka begitu melekatnya pada punggung kuda yang tidak berpelana.

Spoiler for Ini gan penampakan JOKI CILIK pacuan kuda sumbawa.:


Dan sebenarnya banyak objek-objek wisata lainnya yang belum sempat ane review disini gan. Sekian dulu ya gan.. jangan lupa cendolnya gan emoticon-Smilie

Request dari agan :

Quote:


Spoiler for pantai rantung -sumbawa barat:


Spoiler for penampakan pantai rantung:
Diubah oleh dina84 09-11-2012 07:32
0
3.3K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan