KASKUS

Poll: Pilihan Oli Mesin Motor Matic Agan2

BM1 PC 1100 Matic Motorcycle 4% (70 votes)
CASTROL POWER1 SCOOTER 4T 9% (162 votes)
FEDERAL OIL SUPREME FLICK /PRIME 1 BLUE/SUPERMATIK 5% (97 votes)
Motul Scooter Expert 4T 10W40 11% (200 votes)
Motul Scooter 4T 10W40 2% (36 votes)
Pertamina Enduro matic 23% (417 votes)
PETRONAS Syntium Moto Scooter 0% (8 votes)
Repsol Moto Scooter 4T 5W40 4% (70 votes)
Shell Advance 4T AX7 Scooter 27% (472 votes)
TOP 1 Action Matic 3% (51 votes)
YAMALUBE MATIC 5% (88 votes)
YAMALUBE POWER MATIC 6% (107 votes)
Voter: 1778 Back to polling
Quote:Original Posted By ristiantodweey
wahh kenapa ane gak nemu2 yah??
bilangnya "oli BM one" gtu kan gan..?


iya bilangnya bm one.masa sih gan ?agan bisa tanya distributor resminya di daerah agan .nih link fb nya pasti di bls ko http://www.facebook.com/pages/BM1-Oi...43329332381147

Join obrolan gan

Halo Agan-agan,

baru tau kalau ada forum polling ini.
Ane sih pilih Shell Advance AX7 Scooter, udah JASO MB, 10W40 harganya sebanding sama yang didapat / dirasain.
Sebelumnya pake A*M:
- geter karena getaran mesin berasa, apalagi buat yg dibonceng
- suaranya "sumbang"
- tarikan oke awalnya tapi cuma buat sampe sekitaran 1000 km, abis itu performanya mulai turun

baru pake Shell 2 kali (Maret trus Mei akhir kemarin), yg dirasain:
- getaran mesin berkurang, kirain ane aja yang ngerasain, tapi pas tanya orang-orang yang diboncengin ya berasa bedanya.
- suaranya lebih alus
- tarikan ok dari awal ganti oli sampe ganti oli berikutnya (ya sekitar 2000km) gak mau lama-lama takut kenapa-kenapa mesin, lebih baik maen aman aja.
- Agak susah sih dapetnya, tapi ternyata dapet di bengkel khusus Shell Advance itu (kebetulan di Pondok Pinang ada tuh)

Oiya, ternyata pas ane beli, dapat pulsa gan. Lagi ada promosi tuh katanya "Punya Ducati bukan mimpi lagi"
Jadi beli Shell, dapet pulsa hadiah langsung register via sms, trus nanti bisa ikut undian dapet motor bulanan, sama berangkat nonton MotoGP di Valencia sama Motor Ducati. Bikin ngiler banget dahhh..


Siapa tau, ane menang Motor Ducati. Ane ajak bonceng deh..

bagi pengalaman dan pendapat

Quote:Original Posted By hai2lp





=== PILIHAN TERBAIK Menurut TS ====
1.Motul Scooter Expert (Rp. 200.000)
2. Motul Scooter biasa (Rp. 150.000)
3. Shell AX7 Scooter (RP. 42.000)
4. Castrol POWER1 SCOOTER 4T
5. Repsol Moto Scooter 4T 5W40
6. BM1 PC 1100 (Rp. 50.000)
7.Pertamina Enduro matic





ane pake Castrol Power1 Scooter 4T untuk Suzuki Spin ane, gan

pertimbangan ane:
ane ga mau pke oli pabrikan - ga tau napa - ga suka aja
ane ga mau pke pertamina - ga tau napa - ga suka aja
ane cuma ngebandingin (segi harga dan kualitas):
- castrol
- shell
- repsol
- BM1

dari segi harga keempat oli diatas; repsol paling murah, tapi yang disebut di thread ini soal Repsol Moto Scooter 4T 5W40, ane ga nemu di pasaran. Ane ketemunya Repsol Moto Scooter 4T 10W30. jadi walopun murah, ane ga mau ambil karena terlalu encer. ane agak parno, soalnya ane suka geber2.

jadi pilihannya tinggal castrol, shell, sama BM1. dari segi standard JASO dan kekentalannya; sama semua. JASO MB dan 10W40.

Shell paling mahal, jadi ane ga ambil, walopun ane yakin pasti bagus tuh.

BM1 dibawah Shell harganya. tapi masih lebih mahal dari Castrol. Kelebihannya BM1, dia ngeluarin yang 1L (dengan harga yang lebih mahal tentunya). Jadi untuk yang punya motor Suzuki matic (kecuali Nex); yang kapasitas olinya 1L, praktis pake BM1 ini.

Tapi pilihan ane jatuh pada Castrol. soalnya harganya paling bersahabat dan ane percaya sama kualitas Castrol. Terbukti, Suzuki Spin ane lancar2 aja.

Sekedar info (bukan promosi lo), ane waktu itu nyari2 oli di Kebon Jeruk III (Jakarta). Ane waktu itu berniat ke Immax Speed Shop, tapi tutup

Jadi ane ngubek2 ke toko laen, sampe akhirnya hinggap di Sumber Rejeki (lupa nomor berapa, tapi yang pasti ada di Kebon Jeruk III). Yang punya nya baek. Ane minta dia ngeluarin semua oli matic yang ane minta untuk ane bandingin. Dijejerin tuh sama dia, semua olinya. Ane sampe pusing milihnya.
Trus dia juga bilang, ada 3 merek yang ngeluarin oli matic yang kapasitas nya 1L: BM1, Idemitsu, sama satu lagi ane lupa gan. Jadi lagi2 yang punya motor matic yang kapasitas oli nya diatas 800ml, bisa pake BM1 atau Idemitsu kalau mau praktis.

Trus, waktu ane ke BeRes Suzuki di Duri Kosambi (Jakarta Barat) - menurut ane, BeRes Suzi yang ini; THE BEST BeRes Suzi, bukan promosi lo - kepala mekaniknya (namanya Dani), ngasi liat ane katalog tentang SGO4T matic (oli matic pabrikan nya suzuki yang belom lama keluar setelah peluncuran nex). Di katalog itu tertulis bahwa SGO4T matic itu diproduksi oleh PT. Idemitsu Lube Indonesia. Nah, ane ga tau deh, apakah kualitas SGO4T matic itu sama dengan Idemitsu matic yang dijual di pasaran.

Soal harga oli2 matic yang ane inget waktu ane berburu:
- Shell 45 ribu (sumber rejeki), 48.500 (di pom bensin shell)
- Castrol 35 ribu
- Repsol 32 ribu (10W30 - menurut ane terlalu encer)
- BM1 ... ane lupa yang 800ml ... tapi yang 1L ane inget 50 ribu
- SGO4T matic 32 ribu
ane enggak nanya harga idemitsu waktu itu.

Sori ya kepanjangan, ane cuma mau berbagi pengalaman and pendapat
halo agan2....ane ada pertanyaan tentang kemasan shell ax7 scooter...soalnya ane sendiri juga pake oli ini...

klo tutup botolnya dibuka pasti ada segelnya tuh...nah, segelnya itu emang putih polos atau bukan ya? takut dapet oli palsu...
oli ax7 scooter ini udah ada palsunya blm ya?
Shell Advance 4T AX7 Scooter yang mantep mah :
ane dah coba enduro matic

olinya wangi bonbon karet
Pertamina Enduro Matic

cukup pake elf moto.. harga 65.000.. encer .. tarikan nyosss.. 10-40w
sekarng pake enduro wangii.,.
pengen ganti shell ax7.,
shell olinya pake aroma jg g ya??
Quote:Original Posted By prodigy88
sekarng pake enduro wangii.,.
pengen ganti shell ax7.,
shell olinya pake aroma jg g ya??


Setau ane sih olinya shell ga wangi, karena mungkin perusahaan dunia yang mendukung lingkungan dan kesehatan.

Tapi kalo menurut ane gan, ga ngaruh mau wangi ato kaga. Kan ini oli bukan parfum :P

Dan kalo wangi malah ngebahayain orang-orang lain. Kenapa?
Soalnya kalo asap itu wangi, otomatis otak akan menyuruh hidung untuk tetap mencium / menghisap asap itu, sementara kalau bauuu maka otak akan menyuruh idung buat ga mencium / menghisap lama-lama asap / aroma itu.
Ya contohnya aja parfum sama bau ketekk...pasti agan-agan bakalan mau nyium / menghirup lama-lama aroma parfum daripada aroma ketek

Jadi mending sih kalo milih oli bukan dari wanginya ato aromanya..
Quote:Original Posted By peaceday2day
halo agan2....ane ada pertanyaan tentang kemasan shell ax7 scooter...soalnya ane sendiri juga pake oli ini...

klo tutup botolnya dibuka pasti ada segelnya tuh...nah, segelnya itu emang putih polos atau bukan ya? takut dapet oli palsu...
oli ax7 scooter ini udah ada palsunya blm ya?


Ada pic nya gan? biar kebayang
Quote:Original Posted By sabar123
Aloowww gan

permisi mau nanya nih gan

misalkan kita beli beberapa botol OLI buat stock..itu ada jangka waktu / kadaluarsa nya ga ya klo ga di pake (di STOCK aja gitu) bisa buat ganti oli bulan berikut nya

Thanks


Alo Gan Sabar123, salam kenal..

Sepengalaman ane sih, oli itu emang ada kadaluarsanya, lama tidaknya tergantung kualitas base oil-nya. Porsi oli tuh biasanya 80 persen base oil, 20 persen aditif.

Kalau lama kadaluwarsanya sih lama, gak kaya makanan yang cuma itungan hari ato bulan.

Yang bikin oli kadaluwarsa (istilah pinternya Oksidasi) adalah panas, air, udara. Jadi selama ga ditaro panas-panasan, ga dibuka segel tutupnya (ga kena udara luar) dan gak kena air, akan kejaga kualitas olinya.

Makanya itu Ane gak pernah ganti oli sampe kilometer lebih dari 2500, walopun katanya bisa, tapi kan kita gak tau gimana si bengkel nyimpennya..
klo ane pake buat matic ane
shell helix hx7
yg buat mobil
knp pake nya mobil?soale kan mesin matik..sama aja sm mesin mobil
lebh enak dan enteng seh mnrt ane gan
Quote:Original Posted By mikedalittle
Setau ane sih olinya shell ga wangi, karena mungkin perusahaan dunia yang mendukung lingkungan dan kesehatan.

Tapi kalo menurut ane gan, ga ngaruh mau wangi ato kaga. Kan ini oli bukan parfum :P

Dan kalo wangi malah ngebahayain orang-orang lain. Kenapa?
Soalnya kalo asap itu wangi, otomatis otak akan menyuruh hidung untuk tetap mencium / menghisap asap itu, sementara kalau bauuu maka otak akan menyuruh idung buat ga mencium / menghisap lama-lama asap / aroma itu.
Ya contohnya aja parfum sama bau ketekk...pasti agan-agan bakalan mau nyium / menghirup lama-lama aroma parfum daripada aroma ketek

Jadi mending sih kalo milih oli bukan dari wanginya ato aromanya..


oli motul aja wangi gan hehehe,,
apa pngaruh nya pada kesehatan gan??
yang wangi kan aroma nya yg keluar dr slng pernafasan dimesn bkn asep nya.,
ane pake enduro matic gan
lumayan enak juga
ane pake castrol P1 scooter gan...... ane rasa cocok buat kondisi n kebutuhan motor ane sebagai orang yang kerjanye setiap hari muterin jalanan jakarta....pernah ane ampe 2 bulan ga ganti + dipake touring jakarta anyer masih enjoy aje gan
kalo ane sih pake fuchs silkolene gan, 1 liter 125 ribu sekarang.

ane pake NOUVO Z, enak-enak aja ko mesin lemes dan maknyus
Quote:Original Posted By baiim
ane pake ahm oil matic buat vario,,slama ini fine2 aja,cuma tarikanmenurut ane kurdang


setuju....
kalo oli ane pake shell yg buat matic motor ane vario tapi ane rasain mesinya alus ,tarikan ringan,kurangin kerak di jeroan gan heheh

tapi ane mau coba oli petro canada yg supreme katanya sih lebi bagus agan" heheh
Quote:Original Posted By prodigy88
oli motul aja wangi gan hehehe,,
apa pngaruh nya pada kesehatan gan??
yang wangi kan aroma nya yg keluar dr slng pernafasan dimesn bkn asep nya.,


CMIIW, wangi atau tidak, biasanya karena ada zat tambahan di olinya, jadi ketika oli itu terbakar, aroma wangi akan muncul karena proses pembakaran di ruang bakar mesin, terus otomatis gas buangan knalpot juga akan wangi (dengan atau tanpa asap).
Kalau wangi, bahayanya adalah kalau orang menghirup. Otak kita pasti akan memerintahkan otomatis untuk menghirup aroma atau tidak, kalau wangi otomatis otak akan perintahin untuk tetap mengendus (karena wangi), tapi kalau tidak maka otak gak akan perintahin untuk mengendus (karena bau / gak wangi).
Dan yang diendus itu kan gas buang kendaraan bermotor gan (dengan atau tanpa asap), jadi tetap berbahaya.

http://health.detik.com/read/2009/11...enyakit-mental
go go