KASKUS

[INFO] Barang Bawaan yang diperbolehkan di Kabin Pesawat

Spoiler for pertama-tama:




Bagi yang belum pernah ke luar negeri, perlu diketahui bahwa aturan tentang bawaan kabin penerbangan internasional lebih ketat ketimbang penerbangan domestik. Sebenarnya aturan semacam ini berlaku internasional dan sering terpampang di bandara atau di tiket, namun seringkali penumpang mengabaikannya — bahkan tersadar setelah barang disita oleh petugas.

Jadi, daripada bermasalah di bandara, perhatikan aturan barang bawaan di kabin sebagai berikut:

Quote:
Berat bawaan



Aturan umum yang berlaku di dunia penerbangan internasional adalah 7 kg sebagai batas maksimum berat barang bawaan yang diizinkan dibawa ke kabin. Sebagian maskapai akan meminta penumpang untuk menimbang bawaan kabin pada saat check-in di konter.

Awas, kelebihan beban atau tidak jadi berangkat. (AFP News)Bahkan beberapa maskapai menyediakan wadah khusus berukuran tertentu (sekitar 56cm x 36cm x 23cm) dimana setiap penumpang wajib memasukkan tas yang akan dibawa ke kabin ke wadah tersebut. Jika tas Anda tidak dapat masuk ke wadah itu alias terlalu besar, maskapai tidak akan mengizinkan dibawa ke kabin dan menganjurkan untuk dimasukkan ke bagasi atau tidak dibawa.

Di Indonesia aturan ini jarang diberlakukan secara ketat, namun lolos dari bandara Indonesia belum tentu berhasil di negara lain.


Quote:
Benda cair



Segala jenis benda cair yang diperbolehkan dibawa ke kabin maksimum volumenya hanya 100 ml per botol (sebagai patokan, air kemasan dalam gelas volumenya 250 ml). Umumnya, total cairan yang boleh dibawa di kabin sejumlah 1 liter yang bisa terbagi ke dalam 10 botol kecil berukuran masing-masing 100 ml.

Benda cair yang dimaksud bukan semata-mata benda yang benar-benar cair, tetapi juga termasuk gel, spray, odol, dan saus.

Pengecualian hanya berlaku untuk obat dan susu bayi, itu pun dalam batas yang wajar untuk sebuah perjalanan dalam satu kali penerbangan, tergantung lamanya penerbangan. Kalau yang harus dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah obat, sebaiknya membawa surat keterangan dari dokter. Ingat, membawa produk makanan dan minuman bayi berarti si bayi harus turut serta dalam penerbangan tersebut.

Benda cair lain yang tidak perlu mengikuti aturan maksimum 100 ml adalah yang dibeli di toko-toko bebas cukai (duty free) dalam bandara, contohnya parfum atau alkohol. Biasanya toko menggunakan kantong khusus yang transparan agar diketahui petugas.


Quote:
Benda tajam



Apapun alasannya, benda tajam dalam bawaan kabin pasti langsung disita petugas. Yang dimaksud benda tajam adalah barang yang berpotensi dapat digunakan sebagai benda tajam dalam ukuran apa pun, seperti aneka jenis pisau, gunting dan cutter. Pastikan juga Anda tidak membawa barang apapun yang ada fasilitas pisau atau gunting, misalnya gunting kuku yang ada gunting lipatnya, gantungan kunci dengan pisau lipat, penggaris besi, dan lain-lain. Bahkan peniti pun kalau dalam jumlah banyak ada kemungkinan disita.


Quote:
Benda berbahaya



Benda terlarang lainnya adalah yang dapat menimbulkan api atau ledakan. Contohnya korek api (baik kayu maupun gas), petasan, kembang api, oksigen, cat, thinner, cairan pemutih, pembersih toilet, baterai lithium dan sebagainya.

Sedangkan senjata dan peluru termasuk ke dalam daftar terlarang. Bila Anda seorang polisi dan ingin membawa pistol, maka Anda harus mengurus izin khusus ke maskapainya.


Quote:
Lain-lain
Ada lagi aturan tentang membawa alat musik ke kabin. Umumnya, asalkan dikemas dengan baik dan bisa masuk ke kompartemen di atas tempat duduk, alat musik apa pun boleh dibawa.

Sebagian jenis bola untuk berolahraga, seperti bola voli, bola sepak, bola basket yang berisi angin juga dilarang masuk ke kabin. Begitu juga segala jenis balon.

Hal lain yang tidak tercantum dalam peraturan tapi perlu diperhatikan demi etika terhadap penumpang lain adalah makanan berbau tajam yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain, seperti durian dan terasi.


Spoiler for terakhir:


Spoiler for pengalaman kaskuser:
bawa makanan kedalam kabin juga ga boleh gan..

Quote:Original Posted By Diorama27


gilaaaa... ga nyampe 1 detik gan!!
ckckck..
bener gann
ane inget korek api ane ditahan pihak keamanan bandara waktu pemeriksaan dulu heheheh
btw nice inpoh gann
[pelajaran buat bersama]
semoga ni impoh berguna... buat keselamatan penerbangan kususnya di negara kita...
pertamax habis terpaksa makan pejawan aja dah gan...
Quote:Original Posted By ghalang
bener gann
ane inget korek api ane ditahan pihak keamanan bandara waktu pemeriksaan dulu heheheh
btw nice inpoh gann
[pelajaran buat bersama]


iya... tapi ane jg pernah pengalaman bawa korek, diperiksa sama petugas, tapi malah dibolehin...
aneh jg sih
yang gak boleh bawa truck gandeng ke dalem pesawat
ane waktu ke dubai & frankfurt bawa barang luggage hand carry ampe 12 kg masuk kabin aman2 saja baik saat berangkat & pulang ke Indonesia, walau sempat deg2an sih buat barang keperluan pameran Paper Worl*

Karena CEO ane mau irit cost kelebihan biaya bagasi.

Untungnya *mirates termasuk maskapai yang kaga pelit beban bagasi, per penumpang ekonomi saja diberi 30kg. :

coba banding dengan maskapai lain yg hanya berkisar 25 kg saja.


saran ane drpd nyolong-2 space bobot bagasi ampe ngeratin kabin, mending cek dulu maskapai yg bisa berikan bagasi terbesar.

kan demi keselamatan penrebangan
wew..baru tau ane,prasaan ane bawa minuman ok.ok aja tuh
wah nais info gan :-bd
btw kalo penerbangan di indo kayanya belum seketat itu tuh
Quote:Original Posted By fabric
wew..baru tau ane,prasaan ane bawa minuman ok.ok aja tuh


iya emang ga papa gan.. tapi ada ketentuannya juga
minuman yang bagaimana dan takarannya brp
wahh ketat banget ya ternyata peraturannya gan,,
maklum kaga pernah naik pesawat jadi kaga tau,,
Quote:Original Posted By dresthaaa
wah nais info gan :-bd
btw kalo penerbangan di indo kayanya belum seketat itu tuh


tapi kalo utk benda cair lumayan ketat lho gan, ane ke Jogja aja sempat diperiksa disuruh buang tuh Aqu* atau dihabisin minumnya di pabean
Quote:Original Posted By NightBikers
wahh ketat banget ya ternyata peraturannya gan,,
maklum kaga pernah naik pesawat jadi kaga tau,,


iya gan emang harus ketat
soalnya skali bawa ratusan nyawa
ane belom pernah naek pesawat
hmpp baru tau ane gan ,nice deh
nice inpoh gan,klo ane sih biasannya klo naik pesawat ane naik di bagasinnya gan
kalau penerbangan dalam negeri masih bebas gan...korek api ane selalu lewat kok gan selama kagak di taruh disaku celana....
Jarang naek pesawat gan.

Ntar kalo naek pesawat ane dah tau apa yang gak boleh dibawa gan.


Gan Nih ane juga punya thread gak kalah menarik gan.
juga ya gan ke THREAD ANE GAN

BY SeptiajiAS

maklum lah pengawasannya ketat, resikonya nyawa gan
×