mheheAvatar border
TS
mhehe
apa perbedaan sirloin & tenderloin?
saat kita memesan steak di sebuah rumah makan, kadang-kadang timbul beberapa pertanyaan, "apa bedanya sirloin & tenderloin?", "harganya tidak terlalu berbeda jauh, jadi saya harus pesan yang mana?" , atau "saya tidak ingin menkomsumsi lemak terlalu banyak, mana yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit?" pertanyaan-pertanyaan ini biasanya muncul terutama bagi orang yang baru pertama kali memesan steak. jadi apa jawaban dari pertanyaan tadi?

biasanya jawaban yang umum kita dapat adalah perbedaan sirloin dan tenderloin terdapat pada lemaknya, benar atau tidak? untuk mengetahui jawabannya ada baiknya kita bahas definisi dari kedua macam steak tersebut satu-persatu.

1. Sirloin

Spoiler for "sirloin":



sirloin, yang di indonesia sering disebut daging has luar adalah daging yang terdapat di bagian bawah dari daging iga, sirloin bisa dibilang memiliki daging yang sedikit keras karena pada bagian inilah otot sapi banyak bekerja. hal inilah yang membuat sirloin memiliki harga yang relatif lebih murah dari daging steak lainnya. karena itu pula sirlon hampir tidak memiliki kandungan lemak.

Sirloin berasal dari kata ‘Sir’ dan ‘loin’. ‘Sir’ adalah panggilan untuk laki-laki dalam bahasa inggris. laki-laki merupakan simbol dari keras yang menggambarkan tekstur keras yang dimiliki oleh sirloin tersebut.

2. Tenderloin

Spoiler for "tenderloin":


di indonesia tenderloin disebut daging has dalam, berada di antara bahu dan tulang panggul. berkebalikan dengan sirloin, tenderloin justru memiliki tekstur yang sangat lunak karena bagian ini jarang sekali digunakan untuk beraktivitas. akibat jarang digunakan untuk bekerja, tenderloin memiliki kadar lemak yang lebih tinggi dari sirloin

tenderloin berasal dari kata "tender dan loin". "tender" berarti lunak yang menggambarkan tekstur lunak yang dimiliki oleh daging tenderloin tersebut.

pada umumnya tenderloin memang memiliki harga yang lebih mahal dari sirloin, namun biasanya harganya tidak berbeda jauh, bahkan beberapa rumah makan ada yang memberi harga yang sama pada 2 jenis daging tersebut.



pilihan pada akhirnya memang tergantung pada selera, ingin memilih sirloin yang bebas lemak tapi memiliki tekstur sedikit keras atau tenderloin yang empuk tapi memiliki kadar lemak yang lebih tinggi? semuanya kembali pada anda

*sumber :

http://saatnyamakan.blogspot.com/201...enderloin.html

kunjungin thread ane yang lain gan:

Quote:
Diubah oleh mhehe 30-12-2012 14:22
0
12.8K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan