armutqAvatar border
TS
armutq
Indeks Negara Gagal 2012
Dalam Index Negara Gagal (Failed State Index (FSI) 2012 yang dipublikasikan organisasi Fund for Peace , Indonesia menduduki peringkat ke-63 dari 178 negara, turun satu peringkat dari tahun lalu. Semakin kecil peringkat negara di indeks tersebut berarti negara itu dalam perjalanan menjadi negara gagal. Dalam kategori tersebut, Indonesia masuk kategori negara-negara yang dalam bahaya (in danger) menuju negara gagal.


Indeks ini dilakukan kepada 178 negara menggunakan 12 indikator tekanan sosial, ekonomi, dan politik pada negara. Selain itu, Fund for Peace juga menggunakan lebih dari 100 subindikator termasuk isu-isu seperti legitimasi negara, pembangunan tidak merata, , protes kelompok masyarakat, dan penegakan hak asasi manusia.


Quote:


Dibandingkan negara tetangga, Indonesia masih jauh tertinggal. Singapura berada di posisi 157 dengan skor 35,6. Malaysia di peringkat 110, dan Thailand peringkat 84 dengan skor 77.

Dalam indeks ini, negara paling gagal dan berada di peringkat pertama adalah Somalia. Sementara Finlandia berada di posisi paling stabil dan bagus. Selain Finlandia, Swiss dan Denmark juga dikategorikan negara terstabil.


sumber


komentar:

Quote:
0
2.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan