Quote:Original Posted By matakseuhah
Yak betul gan, alternatif lantai memang bisa juga dengan menggunakan konstruksi yang agan sebut di atas. Tapi sepengetahuan ane selagi liat temen ane bikin konstruksi dak itu (lantai atas) bukannya pake baja ringan seperti konstruksi atap gitu, tapi menggunakan komposit baja C dengan besi Hollow, kemudian alas lantai doi make multipleks dan penyelesaian akhirnya adalah menggunakan parket.
Sebetulnya menurut ane bisa aja penyelesaian akhir lantai itu pake keramik sehingga nampak kayak lantai beton. Hanya saja "kekurangannya" masih terdengar suara dug-dug manakala ada orang lewat di atas lantai tersebut. Musti diakalin dengan plafon yang rigid agar bisa meredam suara itu gan.

At lease mmg lantai dengan konstruksi seperti itu juga bisa dikatakan konstruksi alternatif untuk membuat dak, namun tentunya jangan/tidak disarankan untuk dak kamar mandi/daerah basah bukan ?


Boleh minta refrensi ukuran profil C & Hollow yang digunakan teman agan..skalian sama jarak2nya. Rencana mau ngedak untuk kamar tidur saja.
kalo untuk dak dengan beton keraton udah ada yang pake blom ?
mungkin bisa dishare pengalamannya disini.

thanks
Quote:Original Posted By faridism
kalo untuk dak dengan beton keraton udah ada yang pake blom ?
mungkin bisa dishare pengalamannya disini.

thanks


ane dah pernah liat rumah tetangga ane pake dak keraton
agan coba browsing2 aja kelebihan sama kekurangan keraton tsb.
ane pernah ngobrol ma aplikatornya juga, waktu itu harga dak keraton sekitar 300ribu/M2 sedangkan untuk dak konvensional sekitar 450ribu/M2 (ketebalan 12cm)

setau ane pake dak keraton tu bisa ngirit waktu, lebih murah, karena ringan bisa tahan gempa.

tetangga ane dah lebih dari 4taun ga ada komplain apa2. malah ada bagian yg diatas dak keraton dijadiin kamarmandi (ga bocor).
ane juga mau ngedak rumah ukuran 6 x 3,5.
setelah nyari2 info, kayaknya ane tertarik dengan dak keraton.
yang mo ane tanyain :
1. apakah bisa dek keraton dipakai untuk dak outdoor? maksudnya daknya gak pakai atap, soalnya untuk tempat cuci,jemur dan tandon air. apakah bisa rembes/bocor?
2. rencananya mau setahun kemudian dak tersebut mau ane bangun kamar. apakah bisa dengan selang waktu tersebut, diatas dak keraton dibangun kamar? ?
3. apakah yang menawarkan jasa pemasangan dak keraton bersedia sekalian memperkuat struktur bangunan yang akan di dak?
Quote:Original Posted By jorgandson


ane dah pernah liat rumah tetangga ane pake dak keraton
agan coba browsing2 aja kelebihan sama kekurangan keraton tsb.
ane pernah ngobrol ma aplikatornya juga, waktu itu harga dak keraton sekitar 300ribu/M2 sedangkan untuk dak konvensional sekitar 450ribu/M2 (ketebalan 12cm)

setau ane pake dak keraton tu bisa ngirit waktu, lebih murah, karena ringan bisa tahan gempa.

tetangga ane dah lebih dari 4taun ga ada komplain apa2. malah ada bagian yg diatas dak keraton dijadiin kamarmandi (ga bocor).

boleh dishare gak ttg kamar mandi diatas dak keraton...
bagaimana pipa2 plambing yg terpaksa menembus pelat daknya?
apakah tdk mengurangi kekuatan dak keraton?
Quote:Original Posted By oziefa
Dear para master...

Mohon sarannya gan, rumah ane bagian belakang rencana mau di dak ne... luasnya sekitar 30 an m2.

Ada beberapa pemborong yang ngasih kisaran harga:
pemborong 1: 1 juta per m3
pemborong 2: 600rb per m3
pemborong 3: 400rb per m3

Ane jadi was was untuk milih yang mana. kalau yang paling mahal mah uangnya kagak nutut.

Mohon saran dari agan2, kira2 range biaya buat ngedak yang speknya bagus dan udah menuhi standar berapa ya gan...

tq

penilaian saya,

Pemborong 1, wah kemahalan...
Pemborong 2 Pasaran
Pemborong 3 murah bangeeeet.

beberapa faktor yg membuat pemborong3 bisa murah
1. perancah/scaffolding mereka punya sendiri, jadi ga perlu nyewa.
2. ada sisa material dari proyek lain sehingga mereka ga perlu beli lagi material

kebetulan saya estimator proyek dan harga yg biasa saya lempar ke pemborong ya ngga jauh2 dr harga pemborong 2
Quote:Original Posted By oziefa
Dear para master...

Mohon sarannya gan, rumah ane bagian belakang rencana mau di dak ne... luasnya sekitar 30 an m2.

Ada beberapa pemborong yang ngasih kisaran harga:
pemborong 1: 1 juta per m3
pemborong 2: 600rb per m3
pemborong 3: 400rb per m3

Ane jadi was was untuk milih yang mana. kalau yang paling mahal mah uangnya kagak nutut.

Mohon saran dari agan2, kira2 range biaya buat ngedak yang speknya bagus dan udah menuhi standar berapa ya gan...

tq


wah, ane bakal ngedak nih bulan depan.... luasnya 6x6 = 36m2.
ane udah nitip bahan di material.... dari besi, pasir, sampe semen.
masih bingung antara jayamix atau pake mesin molen kecil ...
ada yg bilang kalo pake jayamix, semprotan pertama dari truk bakal ada tekanan yg besar ke triplek atau papan penopang alas dak nya... sehingga dikuatirkan bakal ada yg bocor bila tidak kuat pasangannya. Kalo udah begitu, gak akan bisa distop deh. Lain dengan yg pake mesin molen kecil, bisa dipaused bila ada seperti itu.

Tp kalo emang lebih murah pake jayamix, ane bakal ganti aja tuh material ke bahan yg lain, misalnya jadi keramik atau yg lain...

kudu pake arsitek kayaknya nih...
Gan, ane ditawarin nge dak beton 3.2 jt per m3 di daerah bintaro, itu mahal atau normal?

Ada 2 bagian yg mau di dak, depan 2x2, dan belakang 5x3, itu kira2 biaya kolomnya brp ya normalnya?
kebetulan ada rencana mau ngedak juga gan buat referensi
Mau Tanya juga NIH sekalian Kalo mau ngedag gitu untuk itungan sloop,kolom dllnya Bagaimana?
Quote:Original Posted By BANGUNAMANAH
dak konvensional untuk lantai 2 ketebalan 12 cm dibutuhkan per m3 nya sebagai berikut :

total cor dak konvensional per m3 = +/- 5.908.000
jadi biaya cor dak konvensional per m2 = 5.908.000 dibagi 10m2 = Rp. 590.000 perm2 dak tebal 12 cm

semoga bermanfaat,
harga berlaku u/ jadebotabek


GAN, HArusnya kan dibagi 8 karena tebal 12cm bukan 10cm
Quote:Original Posted By matakseuhah
Yak betul gan, alternatif lantai memang bisa juga dengan menggunakan konstruksi yang agan sebut di atas. Tapi sepengetahuan ane selagi liat temen ane bikin konstruksi dak itu (lantai atas) bukannya pake baja ringan seperti konstruksi atap gitu, tapi menggunakan komposit baja C dengan besi Hollow, kemudian alas lantai doi make multipleks dan penyelesaian akhirnya adalah menggunakan parket.
Sebetulnya menurut ane bisa aja penyelesaian akhir lantai itu pake keramik sehingga nampak kayak lantai beton. Hanya saja "kekurangannya" masih terdengar suara dug-dug manakala ada orang lewat di atas lantai tersebut. Musti diakalin dengan plafon yang rigid agar bisa meredam suara itu gan.

At lease mmg lantai dengan konstruksi seperti itu juga bisa dikatakan konstruksi alternatif untuk membuat dak, namun tentunya jangan/tidak disarankan untuk dak kamar mandi/daerah basah bukan ?


Gan, saya juga lagi mau ngedak pakai cara ini, tapi kamar mandinya. Bagaimana kalau pakai GRC super panel, kemudian di pasang keramik. Apakah cara ini bisa lebih murah dari pada dak konvesional?
Kira2 berapa biaya untuk luas 65 m2 ?
Thanks
Quote:Original Posted By kaekong
Gan, saya juga lagi mau ngedak pakai cara ini, tapi kamar mandinya. Bagaimana kalau pakai GRC super panel, kemudian di pasang keramik. Apakah cara ini bisa lebih murah dari pada dak konvesional?
Kira2 berapa biaya untuk luas 65 m2 ?
Thanks


Klo untuk KM jangan ambil resiko dengan mengganti lantainya dengan produk/bahan lain selain beton gan. Sebab nat dari keramik ga bisa rigid 100 % yg bisa menjadikan masalah bocor dikemudian hari. Apalagi GRC adalah kombinasi semen dgn gypsum yang masih bersifat serapan.

Sayang gan ane sampe hari ini blm dapet harga bahan konstruksi utamanya yakni harga besi C tuh brp ya? Shingga blm bisa mengkalkulasi biayanya brp?
Kebeneran banget nih...
Ane lg kesel soal renovasi ruma.
Emank ada unsur kesalahan pihak ane jg sih...
Coz yg pertama deal itu ortu ane ke tmnnya > dia oper lg ke pemborong. (bilangnya aja bantuin tp malah jd kebaca dia jg ada mau untung gede jg)

Kondisi ruma ane itu luas 100m2 n dulu lt 2 itu sekitar 30m2 ditingkat kayu n ada kamar mandi jg.
N skrg didak full 100m2, deal nya 340jt.
Deal via pembicaraan aja yaitu dak 100m2 n lt 1 ganti granit keramik...
Kaga ada RAB sampe gambar desain jg... Ini yg bikin kesel n suudon ma org yg kerjainnya...

N kondisi sekarang suda didak n pake semen padang semuanya dr tembok sampe plester...
Pintu dr 2kamar n pintu ke luar aka ada 4pintu cuma diganti 2biji...
Granit keramik 60x60cm merk d euro gress sekitar 140m2...
Gipsum kraft 1cm(klo ga salah itu jg)
Pakai genteng beton yg ga jelas merknya n rangka besi baja ringan yg ga tau jg merk nya...
Kamar mandi lt2 yg dulu kaga dirubah2...
Sempet kamar mandi didlm kamar utama ukuran cuma 2x1.2mtr, ini bikin ane naek darah jg...

Gimana pandangan agan2 disini...
Apa perlu ane teken buat keluar RAB???

Jd klo bole direkap itu 340jt:
-Ganti granit keramik lt 1 100m2(walo ga smua coz ada garasi yg pake keramik biasa
-Lt 1 dicat ulang n plafon gipsum(ya secara diancurin masa pake yg lama n ga dicat ulang)
-Lt 2 dibeton 100m2 n atap rangka baja ringan + genteng beton
-Lt 2 granit keramik sekitar 60m2( coz kamar pake parket n ada buat tempat jemuran)
-Lt 2 cat n gipsum seluruhnya
-Lt 2 pintu 2buah(1kayu n 1alumunium) + jendela kusen alumunium
-Lt 2 kamar mandi 1set
Quote:Original Posted By liauwafat
Kebeneran banget nih...
Ane lg kesel soal renovasi ruma.
Emank ada unsur kesalahan pihak ane jg sih...
Coz yg pertama deal itu ortu ane ke tmnnya > dia oper lg ke pemborong. (bilangnya aja bantuin tp malah jd kebaca dia jg ada mau untung gede jg)

Kondisi ruma ane itu luas 100m2 n dulu lt 2 itu sekitar 30m2 ditingkat kayu n ada kamar mandi jg.
N skrg didak full 100m2, deal nya 340jt.
Deal via pembicaraan aja yaitu dak 100m2 n lt 1 ganti granit keramik...
Kaga ada RAB sampe gambar desain jg... Ini yg bikin kesel n suudon ma org yg kerjainnya...

N kondisi sekarang suda didak n pake semen padang semuanya dr tembok sampe plester...
Pintu dr 2kamar n pintu ke luar aka ada 4pintu cuma diganti 2biji...
Granit keramik 60x60cm merk d euro gress sekitar 140m2...
Gipsum kraft 1cm(klo ga salah itu jg)
Pakai genteng beton yg ga jelas merknya n rangka besi baja ringan yg ga tau jg merk nya...
Kamar mandi lt2 yg dulu kaga dirubah2...
Sempet kamar mandi didlm kamar utama ukuran cuma 2x1.2mtr, ini bikin ane naek darah jg...

Gimana pandangan agan2 disini...
Apa perlu ane teken buat keluar RAB???

Jd klo bole direkap itu 340jt:
-Ganti granit keramik lt 1 100m2(walo ga smua coz ada garasi yg pake keramik biasa
-Lt 1 dicat ulang n plafon gipsum(ya secara diancurin masa pake yg lama n ga dicat ulang)
-Lt 2 dibeton 100m2 n atap rangka baja ringan + genteng beton
-Lt 2 granit keramik sekitar 60m2( coz kamar pake parket n ada buat tempat jemuran)
-Lt 2 cat n gipsum seluruhnya
-Lt 2 pintu 2buah(1kayu n 1alumunium) + jendela kusen alumunium
-Lt 2 kamar mandi 1set


Wah ini khas terjadi di tengah masyarakat kita yg awam soal borongan membangun rumah. Kejadian begini amat sering gan terjadi, bukan pada agan sendiri. Ane ikut prihatin.

Kalo sudah begini sulit untuk dicari jalan tengahnya, pada umumnya pemilik rumah/owner pemberi tugas pada pemborong biasanya jadi korban dan bisa akan berbuntut masalah hukum dengan pemborong.

Ya kalau agan bisa menekan pemborong untuk membuatkan rincian biaya yang selama ini dikerjakan, itu baik. Namun akan sangat sulit ditemukan objektivitasnya. Masing-masing pihak akan mengajukan argumennya masing-masing karena tidak ada acuan sama sekali (Gambar Rencana dan RAB)

Ada penyelesaian yag ekstrim yakni pihak owner berani memutuskan stop pekerjaan sampai senilai biaya yg telah dikeluarkan. Kemudian owner akan menyelesaikan sendiri

Begitu gambaran dari ane gan
gan, ane mau bangun ruko nich.. rencana lantai 2 itu akan di pake buat kosan beberapa kamar +- 7 klo dapet. kira2 tebal dak nya berap cm ya? pake tulang ukuran berapa?
wah saya ngedak kena 1 juta per meter udah semua skalian ama tiang2nya (dak carport, 3 sisi jepit.

kemahalan gak ya?

dak nya konvensional karena di atasnya saya mau taruh bak air dengan tekanan 500kg/m2

dan kalo misalnya 600rb dibilang harga wajar, masalahnya nyari pemborong yg ngasih harga segitu susah gan klo ada yg kenal pemborong2 kecil2an di daerah surabaya kasih tau dong

Rancang bangun, renov, dak konvensional, baja ringan, las teralis, kanopi

Quote:Original Posted By anakmeonk
gan, ane mau bangun ruko nich.. rencana lantai 2 itu akan di pake buat kosan beberapa kamar +- 7 klo dapet. kira2 tebal dak nya berap cm ya? pake tulang ukuran berapa?


tebal dak standar 12 cm gan , pembesian teraman untuk fungsi kost2an yaitu : besi 2 lapis atas & bawah D.10mm - jarak renggang 15cm x 15 cm. yang perlu diperhatikan juga adalah kolom struktur lt.1 nya dan balok struktur agar tahan mendukung beban di lantai 2 tersebut yang katanya untuk kost2 an.

ane siap survey, desain gambar + rab sampai pelaksanaan gan.

kira2 lokasi dimana gan ? jabodetabek ?

dak

Quote:Original Posted By BANGUNAMANAH
dak konvensional untuk lantai 2 ketebalan 12 cm dibutuhkan per m3 nya sebagai berikut :
- besi lapis bawah 10mm (15x15) = 20 btg x 80.000 = 1.600.000
- besi lapis atas 8mm (15x15) = 20 btg x 55.000 = 1.100.000
- pasir = 0.7m3 x 250.000 = 175.000
- kerikil = 1 m3 x 200.000 = 200.000
- semen = 8,75 sak x 61.000 = 533.750
- bekisting triplek 9mm + kaso 4/6 + bambu = 1500.000
- upah tenaga kerja = 800.000

total cor dak konvensional per m3 = +/- 5.908.000
jadi biaya cor dak konvensional per m2 = 5.908.000 dibagi 10m2 = Rp. 590.000 perm2 dak tebal 12 cm

semoga bermanfaat,
harga berlaku u/ jadebotabek


saya setuju dengan pendapat agan ini untuk pengatahuan konsumen yang langsung detail gini baru transparan jika konsumen menuntut kualitas. soalnya terkadang diposisi kontraktor sulit untuk memberikan win win solution

terakhir ane ngedak abis 500rb / m2 >>