KASKUS

Quote:Original Posted By rantanplanz
Kalo padal jadi lebih enteng sih menurut Ane ( yg Ane rasain di Kuda Ane loh ya ) gak sih Gan..biasa aja...
Cuma pas tiap akselerasi kalo abis over gigi jadi terasa lebih joss..juga pas di jalan tanjakan...

Apa mungkin waktu Ane ganti Clutch Set, Kampas Koplingnya belom terlalu parah ya ausnya ???
Krn Ane liat Kampas Koplingnya masih agak tebal sih & kalo di jalan datar gak terlalu terasa, tapi bakal terasa banget pas lagi di jalan tanjakan Gan...

Ane pilih segera ganti biar Kudanya ready & ga khawatir kalo sewaktu 2x mo jalan jauh...
Maklum Gan, Kuda Ane kan lebih banyak buat dipake jalan jauh luar kota daripada dipake jalan deket dalem kotanya...



Apa kabar Gan Rantan... Lama gak ada beritanya. Sepertinya habis berburu segenggam berlian ya?

Sy ikut share pengalaman ya.
Biasanya yg bikin keras di pedal tu release bearing ke as-nya. Lazimnya disebabkan debu kampas kopling yang mengotori pelumas di antara keduanya. Nah, setelah bongkar kopling, sebelum pemasangan kembali biasanya antara as ke release dibersihkan terus dikasih gemuk lagi. Gesekan as ke release kemudian jadi lancar lagi. Pedal menjadi ringan.
Tapi kalau sebelum dibongkar gesekan as ke release memang masih lancar, debu kampas kopling belum terlalu mengganggu, perbedaan sebelum dan sesudah pembongkaran gak begitu terasa di pedal.

Sejauh penggantian kopling set disebabkan keausan yg wajar, bukan karena per kampas kopling rontok atau matahari di dekrup terkikis release, kampas kopling dan dekrup tidak akan mempengaruhi keras atau tidaknya pedal kopling saat ditekan.
CMIIW

Quote:Original Posted By tanto81
Agan2, forum ini pernah bahas tentang battery (aki) gak ya ??

Indikator battery di kuda ane tadi pagi merah

keterangan di batterynya kalo merah : "contact distributor"

sebelum kontak distributor, pengen tau apa yg terjadi sebenarnya

mungkin agan2 disini ada yg tau, mohon pencerahannya

thanks


Indikator battery menyala artinya pengisian strum dari alternator ke battery gagal Gan. Penyebab yg paling umum carbon brush di alternator habis. Kalo Kuda Agan diesel, penyebab lain sil alternator bocor, oli membasahi sistem di dalam alternator.
Kemungkinan penyebab yg lain, segera ditambahkan pengalaman temen2 joki kuda
Quote:Original Posted By rantanplanz
Malem Agan 2x...

Wahhhh, udah lama gak sempet maen kesini gara 2x urusan tugas...
Makin rame aja nih & banyak penghuni baru..sekalian salam kenal deh...




Eitttsss...
Udah ada acara Kopdar lagi nih...mantapppsss !!!
Ayooo, yg laennya pada kemana nih ???




Kreatif...
Cakep juga Gan...!!!



Welcome Home gan.....

Kemaren Kuben ane habis jajan kecil2an di Shop&Drive sekalian cek aki...

1. Kuras Radiator ganti pake prestone Rp. 77.000
2. Jasa 11.000
3. Minyak Rem STP 31.000
4. Minyak Power Stering 31.000

Terus sama montir nya mobil ane di sarankan untuk ganti shock karena yang sekarang berfungsi hanya per nya doang katanya. ganti dengan KYB nitrogen, ane tanya harganya 449.000 sudah sama jasa.

Yang jadi pertanyaan

1. Cirinya apa yang bisa membuat kalo shock nya udah gak berfungsi? (*maklum gan hanya bisa make gak tau mesin

2. Seberapa penting shock tersebut? karena yang ane rasain kayaknya mobil enak2 aja kalo di pake....

3. Harga segitu untuk shock kemahalan gak yah.....???

TQ ya All...........

Mesin + Velg

Agan agan senior, ane baru dapet lungsuran Kuda Diamond Diesel 2002 dari abang ane nih..

Setelah 1 minggu ini ane coba, kayaknya mesin ane kurang OK (dibandingkan dengan temen yg pake kuda 2001)..
Ane tanya ke abang ane, apakah sudah pernah service/kalibrasi injector atau lainnya? dia bilang belum pernah, jadi sejak beli th 2002, itu kuda ditunggangin terus, ga pernah disegerin gitu...

Nah ane mau tanya ama senior disini, utk sektor mesin, apa aja yang harus dilakuin selain kalibrasi/service injector berikut bengkel rekomendasi para senior di daerah tangerang..

Untuk velg, ane tadinya mau ganti velg OEM xtrail atau sx-4, pake BS Dueler 689T (215/65/16), tp kata bengkelnya centre hole nya gak bisa masuk dan offsetnya selisihnya jauh, sehingga harus pake spacer/adaptor...
Ane agak serem juga neh kalo ban depan pake spacer/adaptor..

Ada solusinya gak agan agan?

makasih ya...
Quote:Original Posted By rantanplanz
Akhirnya jadi juga beresin PR Kuda Diesel Ane yg sempet lama tertunda...

Sekitar 2 Minggu lalu, gak lama setelah Ane balik dari tugas, akhirnya sempet juga ganti Clutch ( Kopling ) Set...

Buat parts-nya, Ane beli sendiri di toko spare parts Mitsubishi langganan setempat, masing 2x :
  1. Clutch Disc ( Kampas / Plat Kopling ) - ori Mitsubishi Kuda Diesel by PT KTB : Rp 520.000 ,-
    Spoiler for Clutch Disc ( Kampas / Plat Kopling ):


  2. Clutch Cover ( Dekrup / Matahari ) - ori Mitsubishi Kuda Diesel by PT KTB : Rp 420.000 ,-
    Spoiler for Clutch Cover ( Dekrup / Matahari ):


  3. Release Bearing ( Dek Laher ) - aftermarket by NTN : Rp 125.000 ,-
    Spoiler for Release Bearing ( Dek Laher ):


  4. Pilot Bearing ( Pilot Laher ) - aftermarket by NTN : Rp 35.000 ,-
    Spoiler for Pilot Bearing ( Pilot Laher ):

  • Ongkos / Jasa bongkar-pasang di bengkel : Rp 200.000 ,-


  • Jadi total biaya yg Ane keluarin : Rp 1.300.000 ,-


Kalo Ane liat dari Mitsubishi Parts Price Catalog, Ane beli parts-nya masih jauh lebih murah dari harga parts di BeRes..juga ongkos kerjanya sih...
Juga seluruhnya tanpa ditambah PPN 10% kayak di BeRes...


wah agan rantan sama ama ane niyh abis ganti kopling^^.. cuman ane lebih besr biayanya...hehehe
gan mau tanya niyh, klo misalnya mau balikin setelan kopling kaya awal gmn yah... semenjak di setel2 sama orang bengkel di puncak, kopling ane jadi jauh.

maksudnya gini, harus lepas kopling agak jauh baru mobil bergerak.klo dl kan begitu lpas kopling sedikit ajah udah bergerak...

klo bisa di share sama pict nya^^
Quote:Original Posted By rantanplanz
Akhirnya jadi juga beresin PR Kuda Diesel Ane yg sempet lama tertunda...

Sekitar 2 Minggu lalu, gak lama setelah Ane balik dari tugas, akhirnya sempet juga ganti Clutch ( Kopling ) Set...



Quote:Original Posted By MSO1512NVG
setelah ganti clutch set apa pedal jd lebih enteng gan?


wah ini kalo agan rantan yang ilang banyak yg pada nyari neh. hehe... ngomong2 maslah kopling kalo yang bikin enteng ato berat itu apa ada hubungan sama master kopling ya? soalnya ane pernah iseng2 mencet2 master kopling bawah (waktu itu karet bootnya kayak mlorot gt jadi ane benerin lagi) dan setelah itu kopling jadi ringan banget dan lebih responsif koplingnya. tapi cuma sebentar terus balik lagi kayak biasanya.

Quote:Original Posted By tanto81
Agan2, forum ini pernah bahas tentang battery (aki) gak ya ??

Indikator battery di kuda ane tadi pagi merah

keterangan di batterynya kalo merah : "contact distributor"

sebelum kontak distributor, pengen tau apa yg terjadi sebenarnya

mungkin agan2 disini ada yg tau, mohon pencerahannya

thanks

maksudnya tuh indikator aki yang di akinya ato yang ada di speedometer itu gan? kalo yang di akinya tuh mungkin aja airnya kurang gan,

kalo yang dimaksud yang ada di speedometer lampu yang gambar aki itu mungkin ada masalah di alternator/ dinamo isinya gan. coba kalo ini yang nyala di cek aja ke tukang dinamo, kali aja perlu diservis tuh dinamonya..

Quote:Original Posted By pang53luh
Welcome Home gan.....

Kemaren Kuben ane habis jajan kecil2an di Shop&Drive sekalian cek aki...

1. Kuras Radiator ganti pake prestone Rp. 77.000
2. Jasa 11.000
3. Minyak Rem STP 31.000
4. Minyak Power Stering 31.000

Terus sama montir nya mobil ane di sarankan untuk ganti shock karena yang sekarang berfungsi hanya per nya doang katanya. ganti dengan KYB nitrogen, ane tanya harganya 449.000 sudah sama jasa.

Yang jadi pertanyaan

1. Cirinya apa yang bisa membuat kalo shock nya udah gak berfungsi? (*maklum gan hanya bisa make gak tau mesin

2. Seberapa penting shock tersebut? karena yang ane rasain kayaknya mobil enak2 aja kalo di pake....

3. Harga segitu untuk shock kemahalan gak yah.....???

TQ ya All...........

sedikit yg ane tau aja ya gan..
1. biasanya sih kalo shockbreaker yg rusak tandanya kemudi seringkali membuang (kesamping) secara tidak terkendali, palagi kalo habis ketemu lubang, bisa juga kliatan dari ban yang aus secara tidak merata (ada yang kemakan ada yang tidak), cara yg gampang untuk mastikan kondisi shock breaker coba aja mobilnya diayunkan. Tekan kap mesin dan ayunkan beberapa kali, kemudian lepaskan. Apabila ayunan tidak segera berhenti, maka enerji tidak diredam dengan baik, atau dengan kata lain shock absorber sudah tidak berfungsi.
2. shock breaker ya penting lah gan, utamanya sih untuk menjaga kestabilan roda berinteraksi dengan jalan, jadi biar gampang dikendalikan boilnya gan
3. kalo kayaba yg nitrogen tuh yang warna kuning ya gan? kurang paham se kalo harganya gini. kalo yang kuning itu baru aja temen ane beli buat toyo rusa yg belakang kena 475 sak masangnya gan..
Quote:Original Posted By rantanplanz
Akhirnya jadi juga beresin PR Kuda Diesel Ane yg sempet lama tertunda...

Sekitar 2 Minggu lalu, gak lama setelah Ane balik dari tugas, akhirnya sempet juga ganti Clutch ( Kopling ) Set...

Spoiler for Buat parts-nya, Ane beli sendiri di toko spare parts Mitsubishi langganan setempat, masing 2x ::


Kalo Ane liat dari Mitsubishi Parts Price Catalog, Ane beli parts-nya masih jauh lebih murah dari harga parts di BeRes..juga ongkos kerjanya sih...
Juga seluruhnya tanpa ditambah PPN 10% kayak di BeRes...

di beres sih PPN 10% buat jasa dan sparepart juga gan. jadi memang lumayan nambahin biaya.

Quote:Original Posted By pang53luh
Welcome Home gan.....

Kemaren Kuben ane habis jajan kecil2an di Shop&Drive sekalian cek aki...

1. Kuras Radiator ganti pake prestone Rp. 77.000
2. Jasa 11.000
3. Minyak Rem STP 31.000
4. Minyak Power Stering 31.000

Terus sama montir nya mobil ane di sarankan untuk ganti shock karena yang sekarang berfungsi hanya per nya doang katanya. ganti dengan KYB nitrogen, ane tanya harganya 449.000 sudah sama jasa.

Yang jadi pertanyaan

1. Cirinya apa yang bisa membuat kalo shock nya udah gak berfungsi? (*maklum gan hanya bisa make gak tau mesin

2. Seberapa penting shock tersebut? karena yang ane rasain kayaknya mobil enak2 aja kalo di pake....

3. Harga segitu untuk shock kemahalan gak yah.....???

TQ ya All...........

pengalaman di motor ane waktu shock bocor sebelah berasa kalau lewat jalan gelombang dan jelek lebih ajrut"an karena shock tidak meredam. buat di mobil kalau digoyang" sampai posisi diam kembali lebih lama. yang masih bagus kalau digoyang cepet berhentinya.

penting biar nyaman ditungganginya gan. kalau sudah mati berasa bodynya lebih goyang kalau dibawa ke jalan gelombang atau jelek. yang tidak biasa (lebih sensi) bisa mual" > sepupu waktu naik mobil kakaknya yang shock belakang sudah bocor mual" karena berasa lebih goyang"

Quote:Original Posted By B1680Y
Agan agan senior, ane baru dapet lungsuran Kuda Diamond Diesel 2002 dari abang ane nih..

Setelah 1 minggu ini ane coba, kayaknya mesin ane kurang OK (dibandingkan dengan temen yg pake kuda 2001)..
Ane tanya ke abang ane, apakah sudah pernah service/kalibrasi injector atau lainnya? dia bilang belum pernah, jadi sejak beli th 2002, itu kuda ditunggangin terus, ga pernah disegerin gitu...

Nah ane mau tanya ama senior disini, utk sektor mesin, apa aja yang harus dilakuin selain kalibrasi/service injector berikut bengkel rekomendasi para senior di daerah tangerang..

Untuk velg, ane tadinya mau ganti velg OEM xtrail atau sx-4, pake BS Dueler 689T (215/65/16), tp kata bengkelnya centre hole nya gak bisa masuk dan offsetnya selisihnya jauh, sehingga harus pake spacer/adaptor...
Ane agak serem juga neh kalo ban depan pake spacer/adaptor..

Ada solusinya gak agan agan?

makasih ya...

coba di tune up dulu gan. bersih" mesin seperti yang agan bilang seperti kalibrasi injektor, purging dll.

kalau mau ganti velg bisa pakai velg apv, maven, carnival (pernah lihat tapi tidak tahu apakah pakai adaptor lagi atau tidak). tapi ini ukurannya standar ring 15an. untuk velg mobil lain kalau tidak salah dulu pernah ada yang pake velg kaleng taruna, velg kaleng L300 jg bisa.

velg OEM X-Over bisa dipakai di granmax tanpa perlu pasang spacer/adaptor > soalnya ada langganan ane yang pake blindvan velgnya X-over punya.
Quote:Original Posted By idoniz



maksudnya tuh indikator aki yang di akinya ato yang ada di speedometer itu gan? kalo yang di akinya tuh mungkin aja airnya kurang gan,

kalo yang dimaksud yang ada di speedometer lampu yang gambar aki itu mungkin ada masalah di alternator/ dinamo isinya gan. coba kalo ini yang nyala di cek aja ke tukang dinamo, kali aja perlu diservis tuh dinamonya..



agan2 sorry yg ane maksud indikator di batterynya yg jadi merah

battery type GS Calcium free maintenance

jadi kira2 apanya nih gan?
Quote:Original Posted By tanto81
agan2 sorry yg ane maksud indikator di batterynya yg jadi merah

battery type GS Calcium free maintenance

jadi kira2 apanya nih gan?


GS hybrid atau MF memang ada tanda seperti itu gan. baca di stiker yang ditempel di akinya itu kalau merah begitu kalau tidak salah kurang strum. coba di setrum ulang gan akinya.

ngomong" itu umur akinya sudah berapa lama? standar sih 2 tahunan, tapi kadang ada yang bisa sampai 3 tahun bahkan lebih.

tapi untuk aki hybrid atau biasa yang masih pakai air aki, harap diperhatikan apabila aki sudah berumur 2 tahun lebih harus rajin membersihkan kutub" aki yang mulai mengeluarkan serbuk putih karena lama kelamaan akan menyebabkan karat di sekitar dudukan aki.

Smile mau dong bro

Quote:Original Posted By Wuwungan
Bukan niat ngerusak rejeki orang...
Namun niat untuk berbagi aja...
Ane dapet dari bos-bos di milis KK (sekalian mohon ijin share bos....)

yang mau manual engine 4d56 silahkan daftar emailnya gans, udah dalam format pdf, silahkan...
1.........
2.........
3.........
4........


sjokop.purnama@yahoo.co.id
matur tengkyu..
Quote:Original Posted By idoniz
wah ini kalo agan rantan yang ilang banyak yg pada nyari neh. hehe... ngomong2 maslah kopling kalo yang bikin enteng ato berat itu apa ada hubungan sama master kopling ya? soalnya ane pernah iseng2 mencet2 master kopling bawah (waktu itu karet bootnya kayak mlorot gt jadi ane benerin lagi) dan setelah itu kopling jadi ringan banget dan lebih responsif koplingnya. tapi cuma sebentar terus balik lagi kayak biasanya.


maksudnya tuh indikator aki yang di akinya ato yang ada di speedometer itu gan? kalo yang di akinya tuh mungkin aja airnya kurang gan,

kalo yang dimaksud yang ada di speedometer lampu yang gambar aki itu mungkin ada masalah di alternator/ dinamo isinya gan. coba kalo ini yang nyala di cek aja ke tukang dinamo, kali aja perlu diservis tuh dinamonya..


sedikit yg ane tau aja ya gan..
1. biasanya sih kalo shockbreaker yg rusak tandanya kemudi seringkali membuang (kesamping) secara tidak terkendali, palagi kalo habis ketemu lubang, bisa juga kliatan dari ban yang aus secara tidak merata (ada yang kemakan ada yang tidak), cara yg gampang untuk mastikan kondisi shock breaker coba aja mobilnya diayunkan. Tekan kap mesin dan ayunkan beberapa kali, kemudian lepaskan. Apabila ayunan tidak segera berhenti, maka enerji tidak diredam dengan baik, atau dengan kata lain shock absorber sudah tidak berfungsi.
2. shock breaker ya penting lah gan, utamanya sih untuk menjaga kestabilan roda berinteraksi dengan jalan, jadi biar gampang dikendalikan boilnya gan
3. kalo kayaba yg nitrogen tuh yang warna kuning ya gan? kurang paham se kalo harganya gini. kalo yang kuning itu baru aja temen ane beli buat toyo rusa yg belakang kena 475 sak masangnya gan..




Nais Imfoh gan.....

So far seeh masih nyaman kalo jalan, mungkin nanti buat pe-er setelah ganti velg gan....

Matur TQ
Agan agan senior,

Ane mo tanya kuben 1.6 ane kalau pagi baru dihidupin kok keluar debu hitam dari knalpot, dan asap agak hitam ya..? tapi kalau udah dibawa jalan udah nggak ada lagi debu dan aspa hitamnya tinggal dikit. kemarin baru bersihin carburator sih, apa ada masalah dengan carburatornya ya..? lagian bensinnya pun agak boros dari biasanya. bahaya nggak gan,,, trus kalau oli mesin yg direkomdasikan apa ya...? biasanya ane pakai total Q5000. thanks.

up

Quote:Original Posted By rantanplanz


He..he..he...
Pertanyaannya ga ngaco koq Gan...

Kalo boleh tau, Agan ngegasnya secara spontan ato pelan 2x diurut gitu ?
Soalnya yg namanya kendaraan bermesin diesel, walau keluaran terbaru yg teknologinya udah maju pun pasti kalo digas secara spontan bakal ngebul asapnya..apalagi kalo solar yg dipake pun adalah solar yg umum dijual...

Juga Agan terakhir kali ganti Fuel Filter ( alias Filter Solar ) & ganti / bersihin Air Filter ( alias Filter Udara ) kapan ?
Krn kondisi Filter Solar & Filter Udara pun mempengaruhi kualitas asapnya Gan...

Trus Agan pernah setting posisi Injection Pump ga ?
Soalnya posisi Injection Pump bisa mempengaruhi asapnya juga...
Seringkali ada yg pengen tarikan Kuda dieselnya mantap, itu bisa disetting posisi Injection Pump-nya, cuma efek biasanya solar jadi lebih boros & asapnya ngebul...
Gitu juga sering ada yg pengen kalo Kuda dieselnya irit & asapnya lebih bersahabat, cuma biasanya tarikannya agak berkurang...

Terakhir, ada baiknya juga ruang dalem mesinnya dibersihin dari kerak sisa karbon, ato biasa dikenal dgn istilah Carbon Clean / Purging..maklum Kuda diesel yg sekarang beredar kan pasti udah lebih dari 5 th & sehari 2x minumnya solar busuk Gan.

Semoga membantu...



makasih juragan
besok ane cek dah klo kagak bisa y ane tnyain tetangga yg pnya bengkel
Quote:Original Posted By ajoparis71
Agan agan senior,

Ane mo tanya kuben 1.6 ane kalau pagi baru dihidupin kok keluar debu hitam dari knalpot, dan asap agak hitam ya..? tapi kalau udah dibawa jalan udah nggak ada lagi debu dan aspa hitamnya tinggal dikit. kemarin baru bersihin carburator sih, apa ada masalah dengan carburatornya ya..? lagian bensinnya pun agak boros dari biasanya. bahaya nggak gan,,, trus kalau oli mesin yg direkomdasikan apa ya...? biasanya ane pakai total Q5000. thanks.


baru carburator cleaner toh, normal koq gan. nanti lama" juga hilang. itu karena masih ada sisa cairan pembersih di karburator dan belum bersih betul. yang ane juga dulu waktu baru selesai carb cleaner dalam beberapa hari masih mengeluarkan asap hitam (kotoran) kalau dalam keadaan diam di gas kenceng.

bensin agak boros mungkin setelannya gan. kalau boros biasa diimbangi dengan tenaganya lebih dapet. kalau distel irit tenaganya agak boyo.

oli mesin yang penting rutin ganti saja gan. ane sih pakai primaXP nya pertamina.
Quote:Original Posted By FaCa_Bdg
baru carburator cleaner toh, normal koq gan. nanti lama" juga hilang. itu karena masih ada sisa cairan pembersih di karburator dan belum bersih betul. yang ane juga dulu waktu baru selesai carb cleaner dalam beberapa hari masih mengeluarkan asap hitam (kotoran) kalau dalam keadaan diam di gas kenceng.

bensin agak boros mungkin setelannya gan. kalau boros biasa diimbangi dengan tenaganya lebih dapet. kalau distel irit tenaganya agak boyo.

oli mesin yang penting rutin ganti saja gan. ane sih pakai primaXP nya pertamina.

Tks agan FaCa atas infonya Joki yg disekitaran Pkn Baru ada nggak ya..??
Sekedar share aja gan,

Hari Jumat kemarin abis ganti upper tank radiator, aku ganti pake tembaga, habis Rp. 350rb (udah sama nyogrok + ngecat tembaga). Hari Sabtu+Minggu aku pake puter2 dari pagi sampe malem. Minggu malemnya aku cek air radiator di tangki cadangan sekitar 1 cm diatas garis maximum (kondisi mesin hidup dan masih panas), setelah mesin aku matikan, ketinggian air turun jadi pas di garis maximum. Senin malem aku liat ada air netes di bagian depan sebelah tengah, di bawah karter oli, awalnya aku pikir itu air AC, tp biasanya kalo air AC netesnya di sebelah kiri, sudah mulai curiga nih. Selasanya aku liat lagi sudah tidak ada tetesan air, dan Rabu pagi ini (kondisi mesin mati dan dingin) aku cek air radiator di tangki cadangan tinggal setengah. Jadi sementara ini aku biarin dulu sambil tiap hari dikontrol.

Next project mau pasang thermostat, soalnya setelah radiator diservice, tuh temperatur kalo pagi selalu pas di garis C, kagak mau naik lagi, padahal udah dipake jalan sekitar 12km dan AC jg nyala (kondisi jalan lancar). Kalo pas siang atau sore baru temperaturnya mau naek dikit, itupun gak sampe seperempat (kondisi jalan padat merambat cenderung macet). Kalo AC belakang nyala baru tuh temperatur naek sampe seperempat (jalan di siang hari bolong dan kondisi jalan padat merambat cenderung macet).

Oli yg rembes dari karter oli sekarang sudah kagak ada, padahal belum diapa-apain, mungkin nanti pas waktunya ganti oli baru sekalian bongkar. Sekalian bersihin 'belalai' soalnya tuh indikator oli kadang2 butuh waktu 3-4 detik untuk mati (sesuai saran agan rantan).

Terus masih ada satu lagi yang aneh, si kudies ini starternya lebih enak kalo kondisi mesin masih dingin, kalo udah panas justru 'agak susah', kontak tidak boleh dibiarkan terlalu lama dalam posisi on, harus langsung start. Kenapa ya ?
^^ kalo bocor di sirip radiator & kepepet ada cairan (obat?) yg di campur ke air radiator buat nambal lubang yg kecil2 gan, rembesannya ntar mengeras nutup lubang2 itu. kalo udah di bilas terus di isi air radiator yg biasa lagi.
Quote:Original Posted By rahxepon

Oli yg rembes dari karter oli sekarang sudah kagak ada, padahal belum diapa-apain, mungkin nanti pas waktunya ganti oli baru sekalian bongkar. Sekalian bersihin 'belalai' soalnya tuh indikator oli kadang2 butuh waktu 3-4 detik untuk mati (sesuai saran agan rantan).

udah pernah ganti switch oli blm gan? ane juga indikator ga langsung mati. pernah nanya ama monitr katanya itu pengaruh dari switch oli bukan dari pompa oli. ane switch oli blm sampe 1 th ganti. make yg KW & punyanya T 120SS karena yg buat kudis ga ada disini. waktu itu ganti karena indikator oli ga nyala sama sekali.


Quote:Original Posted By rahxepon

Terus masih ada satu lagi yang aneh, si kudies ini starternya lebih enak kalo kondisi mesin masih dingin, kalo udah panas justru 'agak susah', kontak tidak boleh dibiarkan terlalu lama dalam posisi on, harus langsung start. Kenapa ya ?

hmm.. udah pernah coba cek ato service dinamo stater blm gan? kasusny mirip. kmrn2 ane juga susah stater klo kondisi mesin panas. bahkan ampe adem panas juga stater. ampe ane ngira dinamo amper ga ngisi. ga tahunya dinamo stater yg bermasalah tp cuma kotor doang. akhirnya cuma dibersihin aja.
Permisi rekan2 sekalian, numpang tanya...
Ada yang tahu toko yang rekomended jual sparepart mitsubishi kuda di daerah sawah besar? Apa garuda sakti motor rekomended?

Thank's

Susah starter di pagi hari

Salam kenal ya Gan,,,, KD Merah dari Sidoarjo

Agan senior,,,, mohon pencerahan dung,,,,

Beberapa hari ini timbul penyakit di KD saya. Akhir-2 ini kalau distarter pada pagi hari perlu 2-3 kali starter baru bunyi, padahal sebelumnya tidak seperti itu. Apa yang harus aku lakukan ya Gan,,,,,??? KD aku dapatkan bulan October 2011 dan sampai sekarang aku belum pernah tune up. Apakah dengan tune up kira-2 bisa sembuh ya,,,,,??

Salam
Sis - Sidoarjo
Quote:Original Posted By want70
Salam kenal ya Gan,,,, KD Merah dari Sidoarjo

Agan senior,,,, mohon pencerahan dung,,,,

Beberapa hari ini timbul penyakit di KD saya. Akhir-2 ini kalau distarter pada pagi hari perlu 2-3 kali starter baru bunyi, padahal sebelumnya tidak seperti itu. Apa yang harus aku lakukan ya Gan,,,,,??? KD aku dapatkan bulan October 2011 dan sampai sekarang aku belum pernah tune up. Apakah dengan tune up kira-2 bisa sembuh ya,,,,,??

Salam
Sis - Sidoarjo


cek busi pemanasnya om.....