Quote:Original Posted By odevipa
Makanya di tambahan page one aku tulis, joran kudu kuat, dan kenur kuat juga. Aku pake 40-50lb.
Dalamnya tambak di depan pintu air paling kan sekitar 1m. Situasi gelap, dan kita mainin udangnya naik turun.
Satu hal yang paling penting saat nutul di depan pintu air, kita harus jongkok, dan sebisa mungkin meredam gerakan2 yang mendadak. Rokok jelas tidak bagus untuk situasi seperti ini.
Sudah berpuluh2 kalo berhasil. Kenur besar kelihatan kalau kita main ulur umpan.



Yang kita ulas disini khusus Kakap Putih Gan, dimana habitatnya sudah dijelaskan di page one....hehehe

wah thnks info nya suhu..
nanti ane praktekin ahh kbetulan lg belajar mancing
keluarga bini ane punya tambak udang/bandeng di belacan muara gembong.. predatornya yg plg ganas yah itu gan kakap..
dpancing br satu org yg dpt gan..
kl ane dl prnh ikt ngejaring dpt 3ekor tp lepas 1, itu jg ngakalin nya minta ampun gan.. sktr 7-8kg/ekor katanya ada yg lbh gede lg :
Quote:Original Posted By treonin
hemmm mantap gan infonya...
btw ane kurang ahli dan ngerti soal memancing....
tapi ane juga lumayan sering mancing ma cowo ane, ane dari cilacap gan...
wah pengen juga seh nyobain mancing di luar cilacap.....
nanti lah klo ada libur panjang coba ajak cowo ane mancing ke tempat asal TS nya....
tar TS nya ikut y jadi guide nya kita ..he...he....


Monggo. Saya siap mengantar.
Just info, ini Barra sedang menggila di Semarang. Semalam naik monster nya 9 kg oleh rekan Kaipang di breakwater.

Smile 

tks info nya gan....bisa langsung dipraktekin nih
gan tempat mancing bara didaerah tangerang dimana gan... agan-agan ada yg tahu, mohon pencerahannya gan
tanya sama suhu2. 2 minggu kmaren mancing kakap di empang tanjung burung. sebenarnya pengaruh ngak ya pake starlit (gid) di kumbul? (mancing malam) sama sekali kaga dapet. tenggakan banyak. kalo starlitnya dicabut setengah modar ngeliat kumbul. apa kakap sensitif ama cahaya terang?
Quote:Original Posted By kobelko
tanya sama suhu2. 2 minggu kmaren mancing kakap di empang tanjung burung. sebenarnya pengaruh ngak ya pake starlit (gid) di kumbul? (mancing malam) sama sekali kaga dapet. tenggakan banyak. kalo starlitnya dicabut setengah modar ngeliat kumbul. apa kakap sensitif ama cahaya terang?


Kakap Putih adalah salah satu ikan yang aktifnya di malam hari ( Nocturnal ). Sebagai hewan yang aktif di malam hari, matanya sangat peka terhadap cahaya biar sekecil apapun.
Di tempat yang luas seperti laut, dia hanya waspada terhadap cahaya2 yang tidak biasanya ada ( misal senter, api, dll )
Tapi kalau di tempat yang tidak begitu luas, dia akan lebih sensitif lagi terhadap cahaya. Kalau anda mancing memakai kumbul, tidak perlu harus melihat kumbulnya. Kencangkan sedikit kenurnya, dan rasakan gerakan kumbul dengan telunjuk. Saat ikan makan, pasti kenur agak bergerak terulur.
Satu lagi, kalau Kakap sering sekali nenggak, itu tandanya banyak baitfish di permukaan. Saya prefer mengcasting, atau gunakan baitfish untuk ngoncer.
thank suhu. kendalanya tuh empang ngak boleh dikesting pake lure. trus satu lg nyamuknya satu kompie. sari puspa ama autan kaga mempan. tangan sibuk ngusir nyamuk. kalo diglosor bisa ngak ya? tanda2 dimakan gimana sih ya waktu pake kumbul ama glosor? banyak tanya neh suhu
Quote:Original Posted By kobelko
thank suhu. kendalanya tuh empang ngak boleh dikesting pake lure. trus satu lg nyamuknya satu kompie. sari puspa ama autan kaga mempan. tangan sibuk ngusir nyamuk. kalo diglosor bisa ngak ya? tanda2 dimakan gimana sih ya waktu pake kumbul ama glosor? banyak tanya neh suhu


Diglosor pakai timah ? Sebaiknya pakai system running sinker. Timah yang tengahnya lobang, dan dibikin bebas. Jadi saat ikan makan umpan, dia tidak terbebani timah. Tapi lebih bagus ngoncer saja, tanpa timah. Barkan udang berenang, ulur saja jenurnya saat udang menjauh. Tanda2 dimakan, ada di page one.
Ane Putra Semarang Asli gan... Mau bagi info dikit lokasi yg mantap dan banyak CEPLEKNYA , agan2 ke Senik aja gan. daerah Sayung Demak. disitu ada sungai dkt muara...Baranya gan Ciaaaaabanget dahh sehari bs naik smpai 15 ekor kalo pas rame.... atw mau yg jumbo2 coba di dermaga tanjung mas umpan yg sip pake ikan mujahir mas bro... ga jarang ikan naik di atas 4kg.biasanya di bulan 8,9 sampai 10......

htyzar claim

Quote:Original Posted By odevipa
Diglosor pakai timah ? Sebaiknya pakai system running sinker. Timah yang tengahnya lobang, dan dibikin bebas. Jadi saat ikan makan umpan, dia tidak terbebani timah. Tapi lebih bagus ngoncer saja, tanpa timah. Barkan udang berenang, ulur saja jenurnya saat udang menjauh. Tanda2 dimakan, ada di page one.


kmaren dah di test suhu. cuma agak ribet jg ngebedain gerakan kumbul antara dimakan ikan sama udang yg bergerak. sering pas digentak eehhh kosong padahal tuh kumbul dah muter2 trus jleb silem. ada ciri2 lbh khusus ngak suhu tanda2 kumbul dihajar ikan. cuma dapet 1 kemaren prakteknya. sering pas digentak kepala udangnya udah kaga ada. justru pas dapet kemaren kumbul cuma ndul2an aja dikit eh malah ada ikannya. cendol sent suhu
Quote:Original Posted By boykeker
gan tempat mancing bara didaerah tangerang dimana gan... agan-agan ada yg tahu, mohon pencerahannya gan


mao nyang gratis ape bayar kiloan bang?
kalo bayar di tanjung pasir banyak..tanya aje same tukang udang daerah sane.


salembaran- muara kurus cuma bayar bagan 5000 dan ojek perahu ceban bolak balik.
tanjung burung-ditambak2 bandeng ( biasanya cuma malem hari kalo nyang punya/jaga empangnya ngizinin )
di bagan2 pinggir laut tanjung kait,keramat,salembaran.

ane kasih contohnye ye...
tanjung burung/kohod. nyang boleh di pancingin
tambak bang bodong. kakapnye ada nyang sampe 10 kiloan ,cuma susah aje di pancinginnye.kalo malem minggu biasanye banyak nyang mancing kakap.
tambak bang uci.kakapnye ukuran sekiloan. cume agak ribet aje banyak tunggak pohonnye..
en masi banyak nyang laen.
Quote:Original Posted By kobelko
tanya sama suhu2. 2 minggu kmaren mancing kakap di empang tanjung burung. sebenarnya pengaruh ngak ya pake starlit (gid) di kumbul? (mancing malam) sama sekali kaga dapet. tenggakan banyak. kalo starlitnya dicabut setengah modar ngeliat kumbul. apa kakap sensitif ama cahaya terang?


kalo boleh tau di empang siape gan ?thx
Quote:Original Posted By tkgbknmbk
mao nyang gratis ape bayar kiloan bang?
kalo bayar di tanjung pasir banyak..tanya aje same tukang udang daerah sane.


salembaran- muara kurus cuma bayar bagan 5000 dan ojek perahu ceban bolak balik.
tanjung burung-ditambak2 bandeng ( biasanya cuma malem hari kalo nyang punya/jaga empangnya ngizinin )
di bagan2 pinggir laut tanjung kait,keramat,salembaran.

ane kasih contohnye ye...
tanjung burung/kohod. nyang boleh di pancingin
tambak bang bodong. kakapnye ada nyang sampe 10 kiloan ,cuma susah aje di pancinginnye.kalo malem minggu biasanye banyak nyang mancing kakap.
tambak bang uci.kakapnye ukuran sekiloan. cume agak ribet aje banyak tunggak pohonnye..
en masi banyak nyang laen.


Cendol nyusul.

Kapan kita bisa mancing bareng nih Bang ketempat itu?
Quote:Original Posted By tkgbknmbk
kalo boleh tau di empang siape gan ?thx


empang bang buang gan. emang kalo ngak kenal deket mah kaga boleh sama kaga boleh di kesting. info buat momod air lagi limbah sekarang2 ni. kalo limbah mending bobo di rmh enak kaga dikerubungin nyamuk
Quote:Original Posted By kedot
Cendol nyusul.

Kapan kita bisa mancing bareng nih Bang ketempat itu?


kapan aja bole bang ..asal ane ada waktu en jangan terang bulan aje kalo mao mancing malem.
Quote:Original Posted By kobelko
empang bang buang gan. emang kalo ngak kenal deket mah kaga boleh sama kaga boleh di kesting. info buat momod air lagi limbah sekarang2 ni. kalo limbah mending bobo di rmh enak kaga dikerubungin nyamuk


ooo empang bang buang toh..emang kalo ga kenal ga bakal di izinin ame nyang jage. sekalian koncerin aje gan empang2 sebelahnye..empang lanay, tari,en nyang laennye.
emang kalo limbah gini ikan aga suse makan . makanye ane lebih sering mancing aga jauhan dari kali tj.burung.
Quote:Original Posted By kobelko
empang bang buang gan. emang kalo ngak kenal deket mah kaga boleh sama kaga boleh di kesting. info buat momod air lagi limbah sekarang2 ni. kalo limbah mending bobo di rmh enak kaga dikerubungin nyamuk


Quote:Original Posted By tkgbknmbk
kapan aja bole bang ..asal ane ada waktu en jangan terang bulan aje kalo mao mancing malem.


Cari waktu yg tepat aja. Cari tempat yg bisa dicastingin.

Jangan malam,kalo bisa pagi aje kita castingin baranya.

Ane tunggu info ya.

Kobelko,cendol nyusul.

Thanks
Quote:Original Posted By tkgbknmbk
kapan aja bole bang ..asal ane ada waktu en jangan terang bulan aje kalo mao mancing malem.


Ngikut dong....
Quote:Original Posted By kedot
Cari waktu yg tepat aja. Cari tempat yg bisa dicastingin.

Jangan malam,kalo bisa pagi aje kita castingin baranya.

Ane tunggu info ya.

Kobelko,cendol nyusul.

Thanks


Quote:Original Posted By Nda poenya
Ngikut dong....


@om kedot. siap om..kalo siang mendingan kite ke empang bodong. koordinat lokasinye di wikimapia.....6.0243519S 106.6202153E ..silahkan di cek

FYI, luas empang 10 hektar, siang hari panas dan ga ada tempat neduh dan pohon kecuali gubuk nyang jaga, jarak warung terdekat 500 meter .
lokasi cuma bisa di capai dengan motor
buat info lanjut pm ane aje yee....thx

@om nda...siap om...
Quote:Original Posted By tkgbknmbk
ooo empang bang buang toh..emang kalo ga kenal ga bakal di izinin ame nyang jage. sekalian koncerin aje gan empang2 sebelahnye..empang lanay, tari,en nyang laennye.
emang kalo limbah gini ikan aga suse makan . makanye ane lebih sering mancing aga jauhan dari kali tj.burung.


up date, empang lanay dah dijokul ama bos nya gan. trus pintu airnya dibuka pas limbah. empang laen hitam, pada kobam ikan nya. yukk kapan2 mancing bareng gan bareng momod ama suhu nda poenya