KASKUS

Segerrr Masuk Gan!!! 11 Wisata Pantai Gunungkidul yang Sangat Menakjubkan !!

Mudah mudahan gk gan...
Ane mau share tentang Wisata Pantai yg ada di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta....


Kebetulan ane org sana gan tapi sekarang tinggal di Tangerang..

Yang merasa terhibur saya berharap , jangan dikasih ya gan....
Klo enggk ya , boleh banget gan.....


Inilah 11 pantai dari Gunungkidul, Yogyakarta... Yang perlu agan tahu ini belum semua gan... Masih banyak pantai-pantai lainnya di sana..
Monggo gan.......

1. Pantai Nguyahan



Pantai Nguyahan merupakan sebuah pantai unik yang terletak di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Saptosari, Desa Kanigoro. Untuk dapat mencapai pantai ini, anda harus menaiki dan menuruni sebuah bukit karang yang terletak di kawasan Pantai Ngobaran.

Pantai ini dulunya merupakan pusat pembuatan garam bagi warga sekitar, oleh karena itu diberinama Nguyahan yang diambil dari kata Uyah, yang berarti garam dalam bahasa Jawa.

2. Pantai Ngobaran



Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.
api yang tak terdapat di pantai lain adalah pesona budayanya, mulai dari bangunan hingga makanan penduduk setempat. Satu diantaranya yang menarik adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan. Apakah itu bentuk multikulturalisme? Siapa tahu.

3. Pantai Ngrenehan




Terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

4. Pantai Baron



Pantai Baron, pantai paling populer di Gunungkidul, karena pantai ini adalah pantai pertama yang akan ditemui jika mengunjungi gugusan kecup mesra laut dan daratan, simbol keelokan wisata pantai Gunungkidul.

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 20 km arah selatan kota Wonosari (40 km dari kota Yogyakarta). Pantai yang menjadi saksi pertemuan antara air laut dan air tawar, yang merupakan hasil dari sungai yang bermuara di satu sudut pantai baron, sebagai perlambang berpadunya dua hati meski dengan perbedaan latar belakang.

Para wisatawan akan dimanjakan dengan keelokan desir angin yang mengantarkan ombak tuk bercumbu dengan hamparan pasir, begitu sabar menunggu datangnya sang kekasih. Hasil kekayaan Baron seperti udang besar (lobster), ikan bawal putih, kakap, tongkol pun siap memanjakan pengunjung, baik yang masih segar ataupun yang siap saji. Sebagai Rekomendasi, menu andalan di sini adalah Sop Kakap.

5. Pantai Kukup



Pantai Kukup berada sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari. Jika dari Jogja menuju ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Jalanan menuju pantai ini berkelok-kelok dan naik-turun. Jadi harap berhati-hati jika menggunakan kendaraan menuju kesini.

Di pantai ini terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Dari atas pulau karang ini kita bisa melihat indahnya hamparan pantai yang sangat luas disertai deburan ombak yang cukup besar. Meskipun siang hari, jika berada di pula


Setelah puas menikmati indahnya pantai dari atas pulau karang, kita bisa turun untuk menikmati indahnya pasir putih yang ada di pantai ini. Pada sore hari air laut mulai surut, sehingga kita dapat dengan bebas untuk sekedar berjalan-jalan di tepi pantai ataupun bermain dengan pasir putih yang ada disini.

6. Pantai Drini



Perjalanan dari yogyakarta ke Pantai Drini memakan waktu sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 40km, yang kami tempuh dengan menaiki kendaraan bermotor. Perjalanan terasa lama sekali, karena untuk mencapai ke Pantai Drini kita harus menyelusuri perbukitan yang berkelok kelok. tetapi didalam perjalanan kami disuguhi pemandangan perbukitan-perbukitan karang yang sangat indah. Selama perjalanan ditepi kiri kanan jalan terdapat bukit karang yang sangat besar membentuk gua alami mirip seperti gua stalaktit, kita dapat menikmati keindahan gua tersebut dengan masuk kedalam dan melihat keindahan karang dengan corak yang sangat menarik.

7. Pantai Krakal


Pasir putih, batu karang, dan ombaknya yang kencang, membuat pantai ini bagai surga di Gunungkidul.
Pantai di pesisir selatan Pulau Jawa memang dikenal dengan ombaknya yang ganas. Namun, sepertinya tidak semua pantai tersebut memiliki pemandangan yang indah.

Pantai Krakal berada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak jauh dari Wonosari, ibu kota Gunungkidul. Letaknya bersebelahan dengan Pantai Sundak yang terkenal dengan keindahan batu karangnya.

Pantai ini memberikan semua hal tentang apa yang dibayangkan sebagai panorama pantai yang indah. Di sepanjang pantai tersaji pemandangan yang luar biasa.

8. Pantai Sundak



Sundak, sebuah pantai di wilayah kabupaten Gunungkidul, tepatnya di desa sidoharjo kecamatan tepus. Berada di jajaran pantai selatan berderet dengan pantai Kukup, Krakal, Drini, Sepanjang dan Pantai Baron.

Lembaran pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai, menunggu kecup mesra sang Ombak yang berlarian memendam rindu yang teramat dalam, memberikan kenyamanan mata yang memandang. Semilir angin membelai dedaunan melambai di ujung dahan-dahan yang tumbuh mengitari pantai menyejukkan hati para pencari kedamaian.

Hamparan bibir pantai bergincu karang-karang mungil tempat bermain biota laut nan menggemaskan. Karang yang berdiri kokoh seolah penjaga Pantai Sundak nan kokoh dan pemberani. Perbukitan kapur di latar belakang pantai yang menjulang menambah keelokan pertemuan laut dan daratan pesisir selatan pulau Jawa.

Sundak, perpaduan nama antara ASU dan LANDAK. Bermula dari pertarungan antara ASU (anjing) dan Landak. Pergelutan yang meninggalkan jejak bagi penduduk sekitar akan adanya sebuah gua dengan sumber air tawar di dalamnya.

9. Pantai Siung



Pantai Siung kaya akan karang-karang raksasa. Tebing karangnya memiliki 250 jalur pemanjatan, juga tempat tepat untuk menikmati panorama pantai. Ada pula karang menyerupai siung wanara yang menjadi dasar penamaan pantai.

Pantai Siung, Memiliki 250 Jalur Panjat Tebing

Satu pesona yang menonjol dari Pantai Siung adalah batu karangnya. Karang-karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai memiliki peran penting, tak cuma menjadi penambah keindahan dan pembatas dengan pantai lain. Karang itu juga yang menjadi dasar penamaan pantai, saksi kejayaan wilayah pantai di masa lampau dan pesona yang membuat pantai ini semakin dikenal, setidaknya di wilayah Asia.

10. Pantai Wedi Ombo



Sebuah imajinasi tentang pasir putih maha luas yang memungkinkan mata untuk leluasa meneropong ke berbagai sudut mungkin akan muncul bila mendengar pantai bernama Wediombo (wedi=pasir, ombo=lebar). Namun, sebenarnya pantai Wediombo tak mempunyai hamparan pasir yang luas itu. Bagian barat dan timur pantai diapit oleh bukit karang, membuat hamparan pasir pantai ini tak seluas Parangtritis, Glagah, atau mungkin Kuta.

11. Pantai Sadeng




Pantai Sadeng sebenarnya merupakan pantai yang sudah sejak lama dijadikan sebagai tujuan wisata di Kabupaten Gunungkidul. Tidak hanya tempat tujuan wisata saja tetapi Pantai Sadeng merupakan tempat pertemuan para nelayan dari beberapa daerah setelah mencari ikan di laut. Potensi Wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul sudah cukup lama terkenal di kalangan wisatawan baik di wilayah Yogyakarta maupun wilayah lainnya. Pada tulisan terdahulu pernah dituliskan mengenai Pesona Gunungkidul, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit rekaman perjalanan menikmati perjalanan Wisata di Pantai Sadeng dan Baron. Sengaja dua pantai tersebut yang dikunjungi untuk melihat “Potensi Belanja Ikan” di kedua Pantai Tersebut. Karena di dua pantai tersebut merupakan lokasi berlabuhnya kapal-kapal nelayan dan Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Gunungkidul. Bahkan Pantai Sadeng Konon merupakan Pelabuhan Ikan Terbesar di Yogyakarta.Selain keindahan alam yang mempesona. Pantai Sadeng dan Baron merupakan alternatif bagi yang ingin memilih ikan laut segar kesukannya.

Sekian Thread dari ane, terimakasih semoga bermanfaat..
Bagi yg tidak keberatan diharap . . . . .
ane belum pernah satu pun ke sana gan
padahal lumayan deket loch
pantai di gunung kidul emang keren keren gan

wah ni ts kek nya anak gunung kidul ni tw bener pantai2 nya.. kapan2 ajakin donk ke semua pantainya biar bisa nikmati keindahan gak cuman lewat gambar saja.
emang indonesia ga ade dua nye gan....

beda sama negara tetangga ....
Ane anak juga Gunung Kidul Gan (bukan roro kidul )
walaupun di utara kec.Ngawen
wisata pegunungannya juga gak kalah gan

kalo orang2 taunya GK tuh gersang padahal gak semuanya

Bangga juga jadi anak GK walaupn sekarang di ibukota

titip lapak ya gan
Quote:
T-SHIRT/ KAOS ANDROID
T-SHIRT/ KAOS DORAEMON
T-SHIRT/ KAOS ANGRY BIRD
TAS RANSEL WARNA WARNI
TAS SELEMPANG SERUT
TAS RANSEL BAHAN LEVIS KEREN
nice infonya gan
ane tambahin gan,ada satu lagi,pantai Indrayanti,lokasinya habis pantai sundak,masih baruu

jangan kesana pas hari minggu/libur,krna bagus dan baru jadi rame banget,ane udah 2 kali kesana,

tapi kalo ga hari libur,ini hasilnya

Spoiler for Indrayanti:


kalo ini ane,hehe

Spoiler for Indrayanti:
Quote:Original Posted By toufanbass
ane tambahin gan,ada satu lagi,pantai Indrayanti,lokasinya habis pantai sundak,masih baruu

jangan kesana pas hari minggu/libur,krna bagus dan baru jadi rame banget,ane udah 2 kali kesana,

tapi kalo ga hari libur,ini hasilnya

Spoiler for Indrayanti:


kalo ini ane,hehe

Spoiler for Indrayanti:


Iya gan bener bgt.... Ada pantai baru..
kelewatan deh gan... he he. . . . .
Widih mantap juga ya gan...
iya gan....emg top pantainya..
cpa tau agan tetarik maen ke Gunugkidul,,
keren2 gan pantainya,

pengen deh sekali2 liburan kesono,
itu pantai nya,,
bikin ngiler aja
apalagi klo maen kpantai nya ama cewek nya, istri, apa kluarga...........
wahh,, dijamin gan puass. . .
enak bgt tmpatnya buat santai.......
ayo gan bantu
Quote:Original Posted By Befry99
apalagi klo maen kpantai nya ama cewek nya, istri, apa kluarga...........
wahh,, dijamin gan puass. . .
enak bgt tmpatnya buat santai.......
ayo gan bantu


kayaknya keren tu gan sayang ane belum pernah...
gambarnya kurang jelas gan...gedein lgi..mantap tu...bantu biar semangat TS nya...
wwawawaaaa.....so beatiful place!
tapi kudu extra hati2 kesana Gan. jalannya bisa bikin muntah!!!
#serius
Selama ini beberapa kali ke Jogja gak pernah ngeh sm pantainya..
Boleh nih buat refrensi liburan
ane yg deket dr sana malah ga pernah kesana
ane yg deket dr sana malah ga pernah kesana
×