KASKUS

Rambatan


Rambatan\t : Velvet-fronted Nuthatch (Sitta frontalis)
Kingdom\t :Animalia
Phylum : \tChordata
Class \t: \tAves
Order \t: \tPasseriformes
Family \t: \tSittidae
Genus \t: \tSitta
Species \t: \tS. frontalis
Ciri Fisik Secara Umum
Bulu bagian atas berwarna biru yg terdiri dari badan atas, mahkota dan ekor bagian atas.
Pada bagian pangkal paruh terdapat noktah/noda hitam
Warna bulu bagian perut cenderung putih kusam
Paruh berwarna orange kemerah2an
Pada bagian sayap terdapat bulu berwarna hitam yg tampak saat burung mengatupkan sayap
Panjang tubuh hanya mencapai 12.5cm
Berat 9-17gr
Habitat
burung rambatan merupakan burung yg dapat d jumpai di daerah asia selatan, asia tenggara, India, Srilanka dan pakistan, biasa hidup berkelompok dengan burung lainnya. Habitatnya berada di semua jenis hutan, meskipun habitat idealnya adalah di hutan cemara atau hutan dengan curah hujan cukup tinggi.
Sering terlihat pada hutan rendah, namun kadang-kadang dijumpai hingga ketinggian 1500-1800-2200 meter.
Membedakan sexing rambatan
sexing pada rambatan dewasa sangat mudah d lihat, pada betina tidak tampak alis hitam, sedangkan pada jantan warna alis hitam terlihat cukup jelas. Untuk sexing pada trotol cukup sulit, biasanya baru bisa d bedakan saat usia 1 bulan ke atas.CMIIW
Rambatan jantan

Rambatan betina

Ciri rambatan berdasarkan usia
rambatan yg sudah dewasa memiliki warna yg lebih jelas sementara untuk rambatan muda warna cenderung lebih kusam dan kurang mencolok
Kebiasaan
Rambatan cenderung berkelompok, biasanya terdiri dari 4-6 burung.
Kebiasaan paling unik adalah rambatan dapat memanjat pohon dalam posisi horisontal maupun vertikal, dapat memanjat ke atas maupun ke bawah(beda dengan pelatuk).
Rambatan meskipun berkelompok, pada saat musim kimpoi cenderung menjadi burung teritorial dengan menjaga wilayahnya dari rambatan lain, hal ini dilakukan biasanya dengan tujuan mempertahankan sumber makanan.
Sarang rambatan di habitat aslinya biasanya berupa lubang2 pohon dengan ketinggian medium, antara 3-7 meter
Sarang biasanya d bentuk oleh pasangan
Bentuk sarang rambatan biasanya berupa mangkuk kecil di dalam lubang pohon(cave) yg terdiri dari bulu halus maupun bulu besar induk rambatan.
Jumlah telur biasanya mencapai 3-6 telur
Pemberian makan bagi anakan biasanya d lakukan oleh kedua induk rambatan(jantan n betina)
Pakan
Pada habitat aslinya rambatan mencari serangga2 kecil, ulat, belalang, dan laba2 etc. Pada rambatan yang sudah d pelihara biasanya menggunakan kroto, ulat hongkong, ulat kandang maupun jangkrik kecil, voer menggunakan voer halus.
Suara
Rambatan cenderung bersuara sit-sit-sit, pada saat bertemu betina biasanya jantan akan membuka paruh dan menembakkan suara n cerecetan yg panjang. Pada betina tidak d temukan suara ini tapi umumnya hanya berupa suara cip-cip-cip
Fungsi
Rambatan biasanya di gunakan sebagai burung masteran, untuk mengisi murai batu, pleci, pentet, kc etc
Perawatan
Rambatan salah satu burung paling mudah dirawat
1. pakan hanya menggunakan voer halus yg d campur dengan kroto, UH, UK, jangkrik. porsi pemberian tidak perlu d takar layaknya setelan. berikan saja satu sendok tiap pagi n sore.
2. mandi 2 hari sekali
3. penjemuran cukup 1 jam, karena mengingat burung ini adalah burung yg suka udara dingin
4. ukuran sangkar minimum cukup 30x30x60
5. start pengkrodongan bisa d mulai saat pukul 16.30 sore hari
6. menggacorkan rambatan sangat sederhana, cukup mendekatkan rambatan jantan dengan betina.
7. harga rambatan cenderung murah, untuk jantan dan betina biasanya sama harganya antara 20k-50k(harga ideal bakalan), untuk yg sudah jadi biasanya hanya mencapai 150k-200k
8. berikan batang kayu dalam posisi vertikal dalam sangkar atau dengan kemiringan tertentu mengingat burung ini gemar memanjat/merambat d pohon
Spoiler for youtube rambatan:

untuk contoh suara bisa cari di google
-reserved-
ini to yang namanya rambatan. baru tau saya gan. tq infonya gan. rambatan dari daerah mana ya gan?
kok di PB jarang ada?
Quote:Original Posted By AdyMarket
ini to yang namanya rambatan. baru tau saya gan. tq infonya gan. rambatan dari daerah mana ya gan?
kok di PB jarang ada?


ga pake daerah2an om. keknya ada beberapa jenis rambatan. cuma kebanyakan ini yg dipakai
Nice info mas Hidayat...Belum pernah liat burung spt ini, sejenis sama srindit mas, rambatan itu...?
Quote:Original Posted By antyk1602
Nice info mas Hidayat...Belum pernah liat burung spt ini, sejenis sama srindit mas, rambatan itu...?


bukan om, jauh kl sama serindit. cuma melengkapi index biar lengkap
keluarga sehat semua om? (moga2 sehat selalu. amiin)
Quote:Original Posted By setelkendow
bukan om, jauh kl sama serindit. cuma melengkapi index biar lengkap
keluarga sehat semua om? (moga2 sehat selalu. amiin)


Almdllh sehat mas...Disana sehat semua mas...?
btw, cari burung rambatan ada ya mas di PB gitu...?Kalau di kios2 burung spt nya jarang ada yg jual mas...
Warna bulunya yang bikin menarik
jarang liat di PB
Quote:Original Posted By antyk1602
Almdllh sehat mas...Disana sehat semua mas...?
btw, cari burung rambatan ada ya mas di PB gitu...?Kalau di kios2 burung spt nya jarang ada yg jual mas...

alhmdlh sehat semua nih
ada d pasar om, cuma biasanya nih burung kl pas ada banyak di pasar ya banyak bgt, kl kosong ya kosong beneran. kek musiman gt datangnya
Quote:Original Posted By knk.online
Warna bulunya yang bikin menarik
jarang liat di PB

suaranya juga cakep kok om
Ane pernah punya yang paruh merah gan, beli karena di kios baru datang nih burung dah jerit-jerit aja. Akhirnya ane beli dah, mpe rumah langsung jerit-jerit terus, pas punya TL jadi tandemnya gan... TL ane kemasukan suara ini, mantab gan pas nembak... Tapi sekarang dah RIP...Hick
Quote:Original Posted By DenXeno
Ane pernah punya yang paruh merah gan, beli karena di kios baru datang nih burung dah jerit-jerit aja. Akhirnya ane beli dah, mpe rumah langsung jerit-jerit terus, pas punya TL jadi tandemnya gan... TL ane kemasukan suara ini, mantab gan pas nembak... Tapi sekarang dah RIP...Hick


iya om, beberapa orang mengatakan ini masteran pahe(paket hemat) tp suaranya juga ga kalah kok sama burung masteran yg lain
wah manuk ini mah cucok buat master tledekan, AM, AK...besetannya ga nahan....
Quote:Original Posted By cepotmendem
wah manuk ini mah cucok buat master tledekan, AM, AK...besetannya ga nahan....


ngertinan ik simbah siji iki
burung rambatan ini apa sejenis sama burung yang pemakan buah kemladean atau benalu itu gan?
Quote:Original Posted By elparangi
burung rambatan ini apa sejenis sama burung yang pemakan buah kemladean atau benalu itu gan?


bukan om, beda
Belum pernah ngerti saya.. di PB Madiun ada gak ya..
Quote:Original Posted By Hanif.pj
Belum pernah ngerti saya.. di PB Madiun ada gak ya..


ada om, burungnya musiman. kl lg musim bnyak bgt n d jual murah, kl lg ga musim yah sebijipun susah d dapet
Quote:Original Posted By setelkendow
ngertinan ik simbah siji iki


bisa aja nih c agan...

Cuma agak susah miara ni manuk, ane punya beberapa kali mokat teruusss.....

klo orang sunda bilang mah manuk casper, tw dah asal muasal namanya dr mana.....
Quote:Original Posted By cepotmendem
bisa aja nih c agan...

Cuma agak susah miara ni manuk, ane punya beberapa kali mokat teruusss.....

klo orang sunda bilang mah manuk casper, tw dah asal muasal namanya dr mana.....


kl menurut saya gampang tuh om, belom pernah modar/mokat. biasanya mokat karena belom ngevoer atau telat pakan. cmiiw
Quote:Original Posted By setelkendow
kl menurut saya gampang tuh om, belom pernah modar/mokat. biasanya mokat karena belom ngevoer atau telat pakan. cmiiw



nah entu dia masalahnya, ane belinya sering yang MH atw ombyokan gtu gan....

(ceritanye pengen nyobain dr bakalan ehh mokat terusss)