Quote:Original Posted By arlara
TS bengkelnya didaerah mana?? sapa tau deket & ane bisa jd pelanggan,

intinya biar bisa dpt diskon ala kaskus gitu

dibabarin disini boleh, PM juga boleh


Hehehehe... Berhubung ini forum diskusi jadi tidak boleh jualan gan... tar by Pm aja yah..... THX
evaporator kotor penyebab ac bau dan angin kecil



Star 

mau nanya gan
mobil accord prestige 89
kalo ac nyala, kenapa ya pas lagi jalan mesin kadang-kadang terasa tersendat sendat, dalam satu perjalanan, kadang2nya bisa sering, tapi di perjalanan yang laen, kadang2nya bisa jarang
gak nyaman banget(+agak serem mesin jadi goyang2)
udah kena masalah ini sekitar 4 taunan, kemaren baru aja ganti kompresor, tapi masalah belum ilang juga
perasaan bunyi kipas ac juga gak stabil, naik turun, terutama kalo udah dipake jalan, trus denger suara kipas ac,( misalnya pas lagi turun buka pager rumah, kedengaran suara kipas ac nya )
apa ini masalah idle up nya ya? kalo ac nyala, suka berubah2 rpmnya naik turun 100 rpm an, tapi bukan pas proses ac on of
trus kalo idle up ac, kerjanya dibutuhin pas mesin keadaan idle diem di tempat aja, apa pas lagi jalan juga kerjanya dibutuhin?
idle up sih maen, kalo ac dinyalain, rpm naik,tapi gimana ya tau idle up nya kondisi normal apa nggak ( bukan mati atau hidup )
banyak nanya
sebelumnya makasih gan jawabannya
Quote:Original Posted By orang.bingung
mau nanya gan
mobil accord prestige 89
kalo ac nyala, kenapa ya pas lagi jalan mesin kadang-kadang terasa tersendat sendat, dalam satu perjalanan, kadang2nya bisa sering, tapi di perjalanan yang laen, kadang2nya bisa jarang
gak nyaman banget(+agak serem mesin jadi goyang2)
udah kena masalah ini sekitar 4 taunan, kemaren baru aja ganti kompresor, tapi masalah belum ilang juga
perasaan bunyi kipas ac juga gak stabil, naik turun, terutama kalo udah dipake jalan, trus denger suara kipas ac,( misalnya pas lagi turun buka pager rumah, kedengaran suara kipas ac nya )
apa ini masalah idle up nya ya? kalo ac nyala, suka berubah2 rpmnya naik turun 100 rpm an, tapi bukan pas proses ac on of
trus kalo idle up ac, kerjanya dibutuhin pas mesin keadaan idle diem di tempat aja, apa pas lagi jalan juga kerjanya dibutuhin?
idle up sih maen, kalo ac dinyalain, rpm naik,tapi gimana ya tau idle up nya kondisi normal apa nggak ( bukan mati atau hidup )
banyak nanya
sebelumnya makasih gan jawabannya


Coba agan cek dulu kondisi mesin agan... bunyi naik turun itu serta rpm naik turun bisa dibilang sepertinya mesin tidak stabil karena menggunakn ac menambah beban mesin jadi kalo mesin kurang sehat gejala seperti yg agan raskan..

vacum idle up sepertinya normal terlihat ketika ac nyala rpm naik...


mo nanya om, mbil ane aerio. AC sy koq mati idup sendiri ya??
Waktu brgkat dr rumah dingin, stelah berhenti sbentar, ane nyalain cm keluar angin doang.cm kl liat rpm nya naik/asumsi kompressor jg jalan. Fan jg nyala. Setelah jalan kira2 1 km tiba2 nyala lagi sendiri dan masih dingin. Hari berikutnya terulang lagi sperti itu. terahir mlh masih panas/hanya angin aja. Kira2 apa ya om??
ac saya dingin sekali gan
Quote:Original Posted By Frogfoot
mo nanya om, mbil ane aerio. AC sy koq mati idup sendiri ya??
Waktu brgkat dr rumah dingin, stelah berhenti sbentar, ane nyalain cm keluar angin doang.cm kl liat rpm nya naik/asumsi kompressor jg jalan. Fan jg nyala. Setelah jalan kira2 1 km tiba2 nyala lagi sendiri dan masih dingin. Hari berikutnya terulang lagi sperti itu. terahir mlh masih panas/hanya angin aja. Kira2 apa ya om??


kemungkinan magnet clutch atau kelistrikannya gan.... kalo magnet clutch lemah seperti itu jadi komp kadang hidup kadang mati... kalo panas biasanya kambuh..

Quote:Original Posted By neadsbryan
ac saya dingin sekali gan


mantap donk gan.. hehe.. pake jaket aja
Walah, baru aja sabtu lalu ac ane rusak
Gak dingin sama sekali, yg keluar cuman angin doang x_x Klo tau ada trit ini, ane main deh

Penyebabnya ada yg bocor dan rusak dimana2. Maklum, mobil 5 taun belm pernah kejadian kek gini sebelumnya, mungkin emg udah waktunya kali ya. Trus ane langsung ke bengkel terpercaya ane, abis 3 jutaan

Tp bengkel yg ane mampir kemaren oke punya, orangnya berpengalaman banget dan lihai. Bokap ane dulu sering main kesitu , bahkan dengan mobil yg beda2. Tempatnya di Utankayu Jakarta Timur, deket Jalan Nanas sebelah restoran (lupa namanya x_x).

Sekedar share info
Quote:Original Posted By dummy2dum
Walah, baru aja sabtu lalu ac ane rusak
Gak dingin sama sekali, yg keluar cuman angin doang x_x Klo tau ada trit ini, ane main deh

Penyebabnya ada yg bocor dan rusak dimana2. Maklum, mobil 5 taun belm pernah kejadian kek gini sebelumnya, mungkin emg udah waktunya kali ya. Trus ane langsung ke bengkel terpercaya ane, abis 3 jutaan

Tp bengkel yg ane mampir kemaren oke punya, orangnya berpengalaman banget dan lihai. Bokap ane dulu sering main kesitu , bahkan dengan mobil yg beda2. Tempatnya di Utankayu Jakarta Timur, deket Jalan Nanas sebelah restoran (lupa namanya x_x).

Sekedar share info


share kurang lengkap gan.. hehe

djelasin donk mobilnya apa.. trus perbaikannya apa aja... biar ada ilmu nya
Quote:Original Posted By reindysuwandi
Coba agan cek dulu kondisi mesin agan... bunyi naik turun itu serta rpm naik turun bisa dibilang sepertinya mesin tidak stabil karena menggunakn ac menambah beban mesin jadi kalo mesin kurang sehat gejala seperti yg agan raskan..

vacum idle up sepertinya normal terlihat ketika ac nyala rpm naik...


makasih gan,,
kalo dari pengalaman agan, pernah gak ada kasus mesin tersendat gitu yang dateng ke tempat agan?
akhirnya ketemu masalahnya bagian apa ya?
ini mobil masih karburator, kemaren udah overhaul karburator juga masalah belum ilang,soalnya dulu masalahnya munculnya tiba tiba aja abis tune up rutin, sampe sekarang dicari2 belum ketemu juga
gan klo ac saya idup trus pas macet ampere suhu nya naik smmpe separoh lebih.,. itu knpa ya??
Quote:Original Posted By prodigy88
gan klo ac saya idup trus pas macet ampere suhu nya naik smmpe separoh lebih.,. itu knpa ya??


Cek sistem pendinginan mesin atau mmng sistem ac ny yg ga beres... Jd msn pns... Krn ac mmbri beban buat mesin

Quote:Original Posted By tamanbiofir
mhn pcerahannya gan.... gerobak ane MR90, acnya klo mlm lumayan dingin tp klo siang hari g brasa gan hny anginnya doang. kr2 knp tuh gan? bnyk yg hrs dgantikah? tq b4


Kmungkinan kotor blower evapnya bisa atau kompresi kompresor ygbermasalah gan....
Quote:Original Posted By reindysuwandi
hMM service total itu tergantung kondisi sekarang.. tidak setiap service ac harus semua dibongkar.. yang sudah biasa service blower evaporatornya.... untuk harga bervariatif tergantung bengkel dan hasil pekerjaannya....


trims inponya ya gan... gan tanya lg ya.. klau ac ga bs on/off apanya gan..klau ac d nyalakan rpm msn bs naik tp ga bs turun.. apanya yg rusak ya gan.. ac ferosa sy pkai sanden.. kyaknya ac ori nya bkn sanden ya gan... tp denso... tp ga pa2 kn gan.. maklum br dpt ni boil.. sblmnys mksih ya gan...
Quote:Original Posted By reindysuwandi
Cek sistem pendinginan mesin atau mmng sistem ac ny yg ga beres... Jd msn pns... Krn ac mmbri beban buat mesin


klo bagian acnya yg g beres apanya biasa nya om??
mau numpang tanya gan, mobil ane Xenia Xi 2008.

kalo nyalain AC di 1 kurang dingin, trus kl di 2 baru dingin, tp pas di 3 keluar ACnya jd kecil, nah ntu knape ya? blom ane bawa ke bengekl AC sih, soale bingung bengkel mana yang rekomen, kebetulan ada Trit ttg AC jd ane tanya2 dulu deh disini... oh ya tiap nyalain AC pasti pbunyi decit kyk tikus, tp abis itu mobil dah mulai panas ilang deh tuh bunyi...
Quote:Original Posted By duatujuh
mau numpang tanya gan, mobil ane Xenia Xi 2008.

kalo nyalain AC di 1 kurang dingin, trus kl di 2 baru dingin, tp pas di 3 keluar ACnya jd kecil, nah ntu knape ya? blom ane bawa ke bengekl AC sih, soale bingung bengkel mana yang rekomen, kebetulan ada Trit ttg AC jd ane tanya2 dulu deh disini... oh ya tiap nyalain AC pasti pbunyi decit kyk tikus, tp abis itu mobil dah mulai panas ilang deh tuh bunyi...


Itu gejala ac kotor gan... Jadi angin kehalang kotoran yang menempel di evap.. Kemudian lama2 evap beku jd angin mkin kecil...

Kl decit mngkn fanbelt kering aja gan....
Quote:Original Posted By boymens


trims inponya ya gan... gan tanya lg ya.. klau ac ga bs on/off apanya gan..klau ac d nyalakan rpm msn bs naik tp ga bs turun.. apanya yg rusak ya gan.. ac ferosa sy pkai sanden.. kyaknya ac ori nya bkn sanden ya gan... tp denso... tp ga pa2 kn gan.. maklum br dpt ni boil.. sblmnys mksih ya gan...


Coba cek vacum idle up nygan... Iya aslinya denso.. Tidak mslh slma mmng kondisi ny baik.. Sama2 om..

Quote:Original Posted By prodigy88


klo bagian acnya yg g beres apanya biasa nya om??


Dcek saja satu2... Semua punya kmungkinan yg sama untuk bermasalh karena ac msng2 part slng berhubungan di 1 sistem sirkulasi ac
Quote:Original Posted By reindysuwandi
Coba cek vacum idle up nygan... Iya aslinya denso.. Tidak mslh slma mmng kondisi ny baik.. Sama2 om..



Dcek saja satu2... Semua punya kmungkinan yg sama untuk bermasalh karena ac msng2 part slng berhubungan di 1 sistem sirkulasi ac


klo kompresor nya kbykan isi oli nya kemungkinan berat g gan?

AC timor dohc

gan, kalo AC tiba-2 mati itu karena apa yah?

baru kejadian tadi pdhl kemrin dar bogor fine-2 aja... btw lokasi agan dimana? bsk bisa gak dicek in mslh saya?