KASKUS

Tanya gan!!!!!!!

Gan, Tanya..

mobil ane kan abisnya agustus 2012,
kalo balik nama selama masa program ini bisa gak ya?

makasihhh
klo metro jaya ga gratis ya gan?
nice info gan...

cuman berlaku untuk jawa barat aja y gan.. kalo banten gan?
mudah mudahan selanjutnya semua provinsi di indonesia bisa kayak gini.. [removed]void(0);




ini ane ngepost komen pertama gan, hihi, masih nyubi ane gan...
[removed]void(0);


























mundur 1 langkah untuk maju 10 langkah
perfectoooo
lumayan klo gini, bisa beli motor second..
mantap juga nih
boleh juga ditangerang
tapi masih ada aja yak selipannya

Grin 

mantapzzz, mudah2an provinsi laen ngikut jg, hahahahahaha..

kalo TE ES jeli harusnya te es cari info daerah laen sehingga bisa di informasikan juga bahwa selain Jabar, Jatim (jawa timur) ternyata juga sudah melaksanakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor bahkan sejak tahun 2009

http://www.jatimprov.go.id/index.php...=4871&Itemid=1

bahkan tiap tahun insya allah ada, tinggal googling aja dach, nach te es berani tidak memasukkan informasi ini ......

kalo tidak yach cukup mengherankan aja info seperti ini bisa jadi HT, apa pihak momod memet mimin ndak isa mengecek keabsahan info disini
ane mau balik nama ah..
tapi mau urus stnk yg ilang dulu deh
Wah.. ane setuju banget.. gan..
klo semua propinsi gitu.. bayar pajak kendaraan jadi lebih mudah..
semoga prakteknya ga banyak penyelewengan oknum2...
alhamdulillaah digratiskan yaah gan...
selain dipermudah juga harusnya pajak digunakan sbagaimana mestinya, jangan malah masuk kantong sendiri


balik nama emang gratis gan
tp pajak nya yg gede
kek ini buat bayar hutang si gayus yg di culik nih
Nice info Gan. Ada yang tahu proses balik nama di kota Tangerang gak Gan, butuh info nih biar gak dikerjain oknum. Thanks before.
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Kabar gembira buat pemilik kendaraan bermotor baik R2 maupun R4 yg berdomisili di lingkup dispenda jawa barat karena pertanggal 2 januari-30 juni 2012 dispenda jawa barat akan membebaskan biaya balik nama/bbn untuk kendaraan R2/R4

Berikut screen shoot pengumumannya di samsat depok:



Berikut biaya tambahan resmi untuk bbn kendaraan sesuai PP no.50 th.2010:



Jadi sekarang waktunya buat balik nama kendaraan agan2 semua terutama buat yg berdomisili di area dispenda jawa barat & buat yg menjual kendaraanya ke orang lain kalo bisa gak usah dikasih pinjam KTP karena nanti kita akan dikenakan pajak progresif

Berikut tata cara balik nama yg hemat & mudah (contoh yg udah ane praktekin di samsat depok-jawa barat):

1.Datanglah ke samsat bersama kendaraan yg akan di balik nama, sampai samsat janganlah agan banyak bertanya di pintu masuk karena disitulah banyak calo2 berkeliaran (langsung masuk aja gan nyelonong & jangan lupa ambil karcis parkir yah )

2.Langsung saja menuju area cek fisik kendaraan & tunjukan berkas agan STNK & BPKB asli ke petugas & minta langsung digesek2 kendaraan anda (disini GRATIS yah gan)

3.Selesai gesek2 parkirkanlah kendaraan agan diarea parkir yg tersedia di dalam area samsat,pastikan terkunci dengan rapih yah gan

4.Menuju area fotocopy berkas di bagian belakang samsat,serahkan saja BPKB,STNK,KTP asli yg akan dibalik nama & siapkan kwitansi+materai jual beli kendaraan yg akan dibalik nama (biasanya biaya sekitar 10 rb-an sudah termasuk map & si tukang fotocopy sudah paham betul susunan berkas yg dibutuhkan,jd agan terima beres saja...tp kalo menurut agan ini mahal agan bisa fotocopy dr rumah dengan biaya 1000 rupiah asal tau ajah susunannya & punya map merah tentunya )

5.Lengkap berkas silahkan agan menuju ke loket cek fisik (kalo di samsat depok posisinya di samping loket pengambilan plat no)…silahkan agan serahkan berkasnya ke loket (maksimal 30-45 menit berkas beres gan asal motor gak bermasalah)

6.Selesai dr loket cek fisik silahkan agan menuju loket pendaftaran BBN,mutasi,ganti warna,dsb…serahkan berkas dalam map ke petugas gan (kalo kata temen ane buat yg buru2 selipin ajah duit 30-50rb biar lebih cepet....tp kalo kita gak ngasih juga ngak apa2 gan paling kalo lg rame jd lamaan ajah)

7.Selesai dari loket pendaftaran agan tinggal tunggu ajah sampai nama agan dipanggil oleh pihak kasir,untuk melakukan pembayaran. Kalo udah dipanggil agan silahkan menuju kasir BJB untuk membayar pajak kendaraan+SWDKLLJ sebesar 35rb (buat R2)+biaya adm STNK sebesar 50rb (R2)+biaya adm TNKB sebesar 30rb(R2)+denda kalo agan telat yah….biasanya sih buat sepeda motor yg umum2 ajah sekitar 290rb-an abis totalnya gan

8. Setelah membayar dikasir BJB akan mendapatkan semacam kwitansi pembayaran & no.urut pengambilan STNK….abis itu agan tinggal tunggu ajah deh sampai dipanggil melalui pengeras suara & serahkan kwitansi dr kasir+no.urut buat ditukarkan dengan STNK yg sudah jadi

9.Setelah jadi STNK agan tinggal mengambil di loket plat no.sembari menunjukan stnk yg berlaku

10.Proses balik nama telah selesai & agan tinggal menunggu ganti buku BPKB agan jd dr polda terdekat sekitar 7-10 hari kemudian (area depok-bekasi-tanggerang mengambilnya di Komdak/Polda metro jaya Jakarta,are lainnya di jawa barat berarti mengambil di Polda jawa barat)….biasanya biaya ganti buku sekitar 150rb via biro jasa gan (denger2 resminya 100rb-an)…kalo yg ini ane pake biro jasa aja gan soalnya ke komdak lumayan jauh

Komen TS: Andai ajah semua provinsi menetapkan penggratisan balik nama,bakalan lancar nih orang bayar pajak…..karena memang sudah seharusnya orang bayar pajak itu dipermudah & dipermurah kalo perlu

Ini semua dilakukan dispenda jawa barat karena mulai th.2012 ini akan diberlakukan pajak progresif bagi kendaraan R2 & R4 sesuai dengan keputusan link ini:

http://dispenda.jabarprov.go.id/index.php/artikel


gan kalo cabut bekas perkara di samsat terdahulu sebelum balik nama biayanya gratis ga ?

kata kaka ane yang 6 bulan kemaren udah balik nama, katanya untuk balik nama (motor) biaya yang dikeluarin :
1. Cabut berkas perkara Rp 250.000 (estimasi waktu 2 bulan baru beres)
2. BBN + BPKB baru Rp 100.000
3. Pajak, dlll Rp 350.000
Gubernur n wakil gubernur nya emang HaDe euy!!
sekarang bayar pajak kendaraan mudah dan cepat koq
bye bye calo
Ini nih yg patut dicontoh
Kapan Jatim bisa bebas biaya balik nama juga :
×