andre.geimAvatar border
TS
andre.geim
Pantai Sawarna (Banten) - The Hidden Paradise yang dekat Jakarta






(gambar diambil dari sini)


koordinat
-6.976, 106.300


Ingin mencari suasana pantai yang tenang, alami, dan dekat dari Jakarta? Dengan jarak 170 km kearah selatan Jakarta atau hanya 6 jam perjalanan, anda bisa mendapatkan sebuah sensasi pantai milik pribadi di Pantai Sawarna. Pantai pribadi atau “the hidden paradise” sering disematkan kepada Sawarna, karena lokasinya yang belum banyak dikenal, tapi memiliki pemandangan yang tak terlupakan. Bagi saya, pantai yang indah adalah pantai yang tidak terdapat sampah berserakan dan penuh dengan pemandangan manusia lain yang berpotensi mengalahkan keindahan pantainya sendiri emoticon-Stick Out Tongue

Pantai Sawarna secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Sawarna, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Daerah wisata yang pada awalnya justru dipopulerkan oleh peselancar mancanegara ini lebih tepat disebut Desa Sawarna. Desa Sawarna memiliki banyak pantai, beberapa yang popular antara lain Pantai Ciantir, Tanjung Layar, Laguna Pari, dan Pasir Putih.

Nuansa alami pedesaan begitu terasa saat memasuki wilayah Sawarna. Setelah perjalanan melewati hutan, pengunjung akan tiba di pintu gerbang Desa Sawarna. Pintu gerbang yang berupa jembatan gantung selebar 1 m ini menghubungkan Kampung Cikaung, Desa Sawarna yang merupakan lokasi pantai pantai Sawarna dengan jalanan umum, sehingga disebut Jembatan Cikaung. Jembatan ini hanya bisa dilalui sepeda motor, sehingga bagi yang membawa mobil bisa diparkir sebelum Jembatan Cikaung ini. Pengunjung membayar 3000 rupiah untuk retribusi masuk ke area pantai Sawarna. Sedangkan mobil yang diparkir di luar Jembatan Cikaung cukup membayar 20.000 untuk tarif parkir menginap. Sedangkan sepeda motor yang masuk ke Area Sawarna tidak perlu membayar biaya parkir.

Nuansa alami desa Sawarna diabadikan oleh salah satu boyband papan atas Indonesia dengan membuat video klip lagu remake nya dengan berlatar belakang Desa Sawarna.


Jembatan Cikaung, Pintu Masuk Pantai Sawarna dan Kp. Cikaung


Di seberang jembatan Cikaung terdapat hamparan sawah yang menguning, dan rumah-rumah warga yang beralih fungsi sebagai homestay penginapan bagi pengunjung. Tidak ada hotel di Sawarna, sehingga homestay merupakan satu satunya pilihan tempat untuk menginap di Sawarna, selain berkemah di tepi pantai.
Peselancar biasanya mengunjungi Pantai Ciantir untuk berselancar pada pagi hari karena ombaknya yang bagus. Menurut situs [URL="http://www.wannasurf.com/spot/Asia/ Indonesia/West_Java/suwarna/"]wannasurf.com[/URL], ombak di Pantai Sawarna hanya untuk peselancar yang berpengalaman. Namun bagi yang lebih menikmati ketenangan, Pantai Tanjung Layar yang juga merupakan icon Sawarna memberi pemandangan yang lebih indah.


Persawahan di Desa Sawarna setelah melalui Jembatan Cikaung. Sawah di tepian pantai.



Trek menuju pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar mudah dikenali oleh pengunjung, karena adanya dua batu karang besar yang menyerupai bentukan layar. Disekeliling “layar” tersebut terdapat batu karang kompak yang membelah ombak, seakan akan berfungsi sebagai penjaga Tanjung Layar agar tidak terkena abrasi. Pantai Tanjung Layar bersama dengan Pantai Ciantir adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunset di Sawarna.

Berbeda dengan pantai lain di Indonesia, Sawarna menawarkan paket komplit. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan tidak hanya wisata pantai, tetapi juga trekking hutan-pantai, dan penjelajahan gua. Trekking dilakukan dengan menjelajahi pantai. Pantai terjauh yaitu Laguna Pari lokasinya sekitar 2 km dari kampong Cikaung. Pantai Pasir Putih, Pantai tanjung layar jaraknya tidak sampai 1 km dari gerbang Sawarna, sehingga pengunjung bisa berjalan kaki. Bagi pengunjung yang tidak ingin repot, juga tersedia ojek dengan tarif 5000-20.000 tergantung negosiasi dan jarak tempuh ke pantai yang dituju. Wisatawan sering berenang di Pantai Pasir putih dan Laguna Pari karena ombaknya yang relatif tenang. Menurut salah seorang wisatawan (lupa nanya namanya ? ), pantai Laguna Pari merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise atau matahari terbit.





Pantai Tanjung Layar



Bagi penggemar penjelajahan gua/caving juga dapet menyalurkan hasrat hobinya. Di sawarna terdapat puluhan gua alami yang dapat memuaskan para penggemar caving, sehingga Sawarna juga bisa disebut desa seribu gua. Tips yang perlu diingat tentunya pengunjung harus membawa perlengkapan sendiri, seperti senter, sepatu boot, headlamp dsb. Gua yang paling dikenal di Desa Sawarna bernama Gua Lalay, bisa ditempuh dengan 20 menit berjalan kaki dari gerbang masuk Sawarna. Gua Lalay merupakan gua batu gamping (karst) yang memiliki stalagmit (susunan batu kapur berbentuk kerucut berdiri tegak di lantai gua) dan stalaktit (batangan kapur yang terdapat pada langit-langit gua dengan ujung yang meruncing ke bawah) yang cantik terbentuk akibat tetesan air dalam kurun waktu yang lama. Panjang gua diperkirakan sampai 1000 meter. Bagi penjelajah gua yang tidak membawa peralatan lengkap, sebaiknya cukup menjelajah 100-200 meter saja dari mulut gua. Dengan retribusi sekitar 3000, pengunjung dapat menjelajahi gua yang merupakan tempat tinggal kelelawar tersebut.


Goa Lalay
(foto diambil dari [url]http://tyashardjanti.multiply.com/photos/photo/189/7)
[/url]

Berhubung lokasi antar pantai dan gua agak tricky dan relatif jauh, dan juga papan petunjuk lokasi wisata yang belum lengkap, pengunjung disarankan menyewa guide yang banyak disediakan penginapan. Menurut salah seorang wisatawan, guide Sawarna cukup total menemani pengunjung mengelilingi objek wisata seluruh Desa Sawarna. Pengunjung cukup membayar 100.000 per hari per rombongan, atau tergantung negosiasi.

Desa Sawarna saat ini belum memiliki fasilitas hotel. Wisatawan yang ingin menginap dapat memilih beberapa penginapan homestay yang dikelola swadaya oleh warga. Jangan khawatir, kondisi homestay nya relatif bagus dan pelayanannya baik. Homestay terdekat dari Pantai terdapat di Kampung Cikaung (seberang jembatan masuk Sawarna. Di luar area Kampung Cikaung juga terdapat beberapa Homestay lain apabila homestay disekitar kampung Cikaung penuh.

Homestay umumnya menyediakan paket menginap termasuk 3x makan bagi pengunjung. Hal ini karena di Desa Sawarna belum terdapat rumah makan yang memadai, hanya ada beberapa warung kecil yang menjual minuman atau mie instan di pinggir pantai. Namun menurut penuturan salah satu wisatawan yang berkunjung, menu makanan tradisional di homestay Sawarna tidak mengecewakan. Biasanya paket makanan terdiri dari ikan bakar, sayur, lauk lain yang dirota setiap hari, sehingga pengunjung tidak bosan. Tarif yang dikenakan bervariasi antara 75.000 – 200.000 per orang per hari, tergantung kemampuan menawar dan fasilitas yang disediakan. Menurut salah seorang pengelola homestay, pada musim liburan okupansi selalu penuh, sehingga direkomendasikan untuk booking terlebih dahulu. Namun begitu, dalam kondisi penuh terkadang beberapa rumah warga bisa digunakan sebagai homestay dadakan.

Perjalanan ke Sawarna yang menempuh waktu 6-7 jam dengan rute yang cukup berat dipastikan akan terbayar lunas dengan pemandangannya yang indah setibanya anda di Sawarna. Bahkan, menurut saya kelelahan anda sudah lunas terbayar sebelum mencapai Sawarna, karena apabila anda melewati jalur Malimping-Bayah untuk menuju Sawarna, di sepanjang perjalanan anda akan ditemani bentangan pantai laut selatan Pulau Jawa yang indah sepanjang 30 km.

Sawarna memang sampai saat ini masih merupakan objek wisata yang dikelola oleh masyarakat. Fasilitas pendukung seperti wahana rekreasi air juga belum tersedia, seperti banana boat, jetski, penyewaan papan surf dsb. Wisatawan asing yang berselancar disini kebanyakan membawa sendiri perlengkapan surfing. Fasilitas olahraga air seperti jetski bisa didapatkan dari sekitar pantai Pelabuhan Ratu, yang jaraknya sekitar 2 jam melalui jalur laut. Walaupun demikian, Sawarna menawarkan kelebihan yang mungkin tidak banyak dimiliki oleh pantai pantai padat pengunjung lain : romantisme, ketenangan, dan kesunyian. Pilihan paling tepat buat warga ibukota yang sudah jenuh dengan rutinitas sehari hari.
0
27.8K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan