KASKUS

Quote:Original Posted By cwex_endut86
mau tanya yah.. kalo puasa daud itu seharian full alias 24jam atau hanya sampe maghrib aja ?


Ngga gan, puasa daud hanya sampai maghrib seperti biasa

Quote:Original Posted By in.ter.val
nice thread gan.. makasih ilmunya
ternyata di supranatural banyak thread bagus ya


Iya gan sama-sama

Quote:Original Posted By biondje14
baru yang nomer lapan aja yang alhamdulillah jalan.
yang terikat penanggalan kalender hijriyah belum sepenuhnya dilaksanakan.


Alhamdulillah tingkatin gan, biar dapet ridhonya Allah

Quote:Original Posted By TS_nya_HOAX!
tujuan ane puasa dawud buat diet gan

semoga Allah merahmati hamba-hambanya yang berpuasa Dawud.. aminnnn


Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda:
"Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan."

Sebaiknya agan niat berpuasa karena ibadah kepada Allah, bukan karena mau diet

Quote:Original Posted By holmes.1412
Alhmdllh,...
mksh atas share nya gan,..jdi nambah ilmu ane neh...


Iya gan sama-sama


Buat agan-agan semua, maaf TS baru bisa buka kaskus lagi, abis ulangan harap dimaklum
Quote:Original Posted By Faltazhar


Sebenarnya dasar dari islam itu sama, yaitu Al-Qur'an dan diperinci dengan Hadits.
Namun yang berbeda adalah penafsirannya. Dan mungkin penafsiran dari saudara baihaq sedikit berbeda dengan saya. Karena saya tidak menerapkan yg baihaq terapkan.
Saya berpuasa dawud seperti halnya puasa biasa, sahur sebelum shubuh, berbuka ketika maghrib. Hanya niat dan waktu pelaksanaannya yg berbeda.

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda:
"Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan."

Puasa dawud itu bisa dilakukan di bulan apa saja. Dan hari apa saja, kecuali hari raya Idul Fitri, Idul Adha, 3 hari setelah Idul Adha, dan hari Jum'at.

Jika saat berpuasa dawud bertemu dengan bulan Ramadhan, maka berpuasalah seperti biasa di bulan Ramadhan. Tundalah puasa dawud hingga bulan Ramadhan selesai. Karena puasa dawud itu sunnah, sedangkan puasa di bulan Ramadhan itu wajib.


Quote:Original Posted By sakka


[TANYA]
maaf gan Falthazar, bukannya klo hari Jumat itu pada saat memulainya sj?
gini, misal, ane smntara laksanakan puasa Daud (sehari YA; sehari TIDAK),
= hari RABU (YA), Kamis (TIDAK), nah hari Jumatnya gmana, apa tidak puasa lagi sprti Kamis atau gmna gan?, mohon dcerahkan lagi ya..


Menurut ilmu yg saya miliki, kita dilarang berpuasa di hari Jum'at dengan niat mengkhususkan hari tersebut.
Puasa di hari Jum'at hanya diperbolehkan jika; bulan ramadhan, bertepatan dengan hari asyuro', bertepatan dengan hari-hari putih, dan saat berpuasa daud dengan puasa pada hari sebelum2nya.

Jadi jika hendak memulai puasa daud, mulailah pada hari lain selain hari Jum'at
mau tanya nih klo puasa wajib kita makan /minum dalam keadaan lupa bisa diteruskan puasanya dan sah puasanya
tapi klo buat puasa sunah gimana hukum nya?
Mantab Gan dpt ilmu baru lage hehehehhe.....
Quote:Original Posted By ahfaz
mau tanya nih klo puasa wajib kita makan /minum dalam keadaan lupa bisa diteruskan puasanya dan sah puasanya
tapi klo buat puasa sunah gimana hukum nya?


Sama seperti puasa wajib gan
mo nanya nih gan.. yang puasa tanggal 13, 14, 15 tu ada dalilnya ga?
Barakallahu fiik , Jazakillah khairan katsiron sharingnya
rasakan cendol seger dari ane, posting yg ginian terus gan, biar kaskus tambah adem, ingat jangan salah kamar biar gak di del momod.

Quote:Original Posted By TS_nya_HOAX!
tujuan ane puasa dawud buat diet gan

semoga Allah merahmati hamba-hambanya yang berpuasa Dawud.. aminnnn


Amin....

ane baru ada keinginan, semoga ane bisa..

Dalil Puasa Tiga Hari Setiap Bulan

Quote:Original Posted By maul11991
mo nanya nih gan.. yang puasa tanggal 13, 14, 15 tu ada dalilnya ga?


Muadzah bertanya pada ‘Aisyah;

“Apakah Rasulullah saw berpuasa tiga hari setiap bulannya?”

Aisyah menjawab; “Iya”

Muadzah lalu bertanya,”Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?”

Aisyah menjawab;”Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).”

(HR. Tirmidzi no 763 dan Ibnu Majah no 1709. Shahih.)

Dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata “Rasulullah saw biasa berpuasa pada “ayyamul biidh” ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar”

(HR An Nasai no 2345. Hasan)

Buletin At Tauhid menuliskan bahwa disebut sebagai “ayyamul biid” (ayyamul = hari, biid = putih) karena pada malam ke 13, 14 dan 15 bulan bersinar putih karena bulan purnama muncul pada waktu itu.

Dari Abu Dzar, Rasullah saw bersabda padanya, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriyah).”

(HR. Tirmidzi no 761 dan AnNasai no 2424. Hasan)
Quote:Original Posted By Hachi28
Barakallahu fiik , Jazakillah khairan katsiron sharingnya


Iya gan sama-sama
senang bisa berbagi

Quote:Original Posted By himzafath
rasakan cendol seger dari ane, posting yg ginian terus gan, biar kaskus tambah adem, ingat jangan salah kamar biar gak di del momod.



Wah gan terima kasih banyak ya hehe okedeh siaap
alhamdulillah...
Quote:Original Posted By Faltazhar
Muadzah bertanya pada ‘Aisyah;

“Apakah Rasulullah saw berpuasa tiga hari setiap bulannya?”

Aisyah menjawab; “Iya”

Muadzah lalu bertanya,”Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?”

Aisyah menjawab;”Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).”

(HR. Tirmidzi no 763 dan Ibnu Majah no 1709. Shahih.)

Dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata “Rasulullah saw biasa berpuasa pada “ayyamul biidh” ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar”

(HR An Nasai no 2345. Hasan)

Buletin At Tauhid menuliskan bahwa disebut sebagai “ayyamul biid” (ayyamul = hari, biid = putih) karena pada malam ke 13, 14 dan 15 bulan bersinar putih karena bulan purnama muncul pada waktu itu.

Dari Abu Dzar, Rasullah saw bersabda padanya, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriyah).”

(HR. Tirmidzi no 761 dan AnNasai no 2424. Hasan)




gan TS mau tanya nih itu yg tanggal 13,14,15 apa tiap bulan apa bulan tertentu aja ,thanks gan
Quote:Original Posted By maul11991
mo nanya nih gan.. yang puasa tanggal 13, 14, 15 tu ada dalilnya ga?



Quote:Original Posted By Faltazhar


Muadzah bertanya pada ‘Aisyah;

“Apakah Rasulullah saw berpuasa tiga hari setiap bulannya?”

Aisyah menjawab; “Iya”

Muadzah lalu bertanya,”Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?”

Aisyah menjawab;”Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).”

(HR. Tirmidzi no 763 dan Ibnu Majah no 1709. Shahih.)

Dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata “Rasulullah saw biasa berpuasa pada “ayyamul biidh” ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar”

(HR An Nasai no 2345. Hasan)

Buletin At Tauhid menuliskan bahwa disebut sebagai “ayyamul biid” (ayyamul = hari, biid = putih) karena pada malam ke 13, 14 dan 15 bulan bersinar putih karena bulan purnama muncul pada waktu itu.

Dari Abu Dzar, Rasullah saw bersabda padanya, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriyah).”

(HR. Tirmidzi no 761 dan AnNasai no 2424. Hasan)

nambahin dalil puasa 3 hari gan

Abu Hurairah r.a berkata: “kekasihku Rasulullah SAW berpesan kepada saya supaya berpuasa tiga hari tiap-tiap bulan (puasa ayyaaamul biidh tgl 13, 14 dan 15 di bulan-bulan Hijriyah), dan Shalat Dhuha dua raka’at dan Shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari dan Muslim).
Quote:Original Posted By maul11991
mo nanya nih gan.. yang puasa tanggal 13, 14, 15 tu ada dalilnya ga?


Quote:Original Posted By Faltazhar


Muadzah bertanya pada ‘Aisyah;

“Apakah Rasulullah saw berpuasa tiga hari setiap bulannya?”

Aisyah menjawab; “Iya”

Muadzah lalu bertanya,”Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?”

Aisyah menjawab;”Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).”

(HR. Tirmidzi no 763 dan Ibnu Majah no 1709. Shahih.)

Dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata “Rasulullah saw biasa berpuasa pada “ayyamul biidh” ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar”

(HR An Nasai no 2345. Hasan)

Buletin At Tauhid menuliskan bahwa disebut sebagai “ayyamul biid” (ayyamul = hari, biid = putih) karena pada malam ke 13, 14 dan 15 bulan bersinar putih karena bulan purnama muncul pada waktu itu.

Dari Abu Dzar, Rasullah saw bersabda padanya, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriyah).”

(HR. Tirmidzi no 761 dan AnNasai no 2424. Hasan)


Quote:Original Posted By black_




nambahin dalil puasa 3 hari gan

Abu Hurairah r.a berkata: “kekasihku Rasulullah SAW berpesan kepada saya supaya berpuasa tiga hari tiap-tiap bulan (puasa ayyaaamul biidh tgl 13, 14 dan 15 di bulan-bulan Hijriyah), dan Shalat Dhuha dua raka’at dan Shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari dan Muslim).


Terima kasih banyak ya gan udah nambahin dalilnya
Quote:Original Posted By TS_nya_HOAX!
tujuan ane puasa dawud buat diet gan

semoga Allah merahmati hamba-hambanya yang berpuasa Dawud.. aminnnn


oya,klo niat puasa kita itu untuk diet gmn gan? atau secara umum untuk kesehatan gtu?
masih dapet pahala yang sama g ya..
baru tau saya gan tentang puasa,,maklum agak kafir
nice inpo gan..
di dalam hati dh niat puasa senen kmis..tp kdang lupa
Quote:Original Posted By arscience


oya,klo niat puasa kita itu untuk diet gmn gan? atau secara umum untuk kesehatan gtu?
masih dapet pahala yang sama g ya..


Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda:
"Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan."

Jadi kalo niatnya cuma untuk diet, bukan karena Allah SWT. Ya dapetnya manfaat dari diet aja.

Quote:Original Posted By miya.pus
nice inpo gan..
di dalam hati dh niat puasa senen kmis..tp kdang lupa


Niatnya aja dah dicatet ko gan
nice thread gan. bagus untuk selalu saling mengingatkan