KASKUS

Poll: Apakah menurut anda biaya yang anda keluarkan sudah jelas peruntukkannya ?

Mengerti setiap dana saya keluarkan untuk apa. 9% (20 votes)
Mengeti untuk bererapa item saja 26% (56 votes)
Tidak Mengerti sama sekali 26% (56 votes)
Dia cuma bilang "SEKIAN - BAYAR - SEKIAN - BAYAR" 22% (49 votes)
Ga ngerti gan, pokonya bawa duit yang banyak aja. 17% (38 votes)
Quote:Original Posted By Abe483
gan mo nanya nih... klo tempat bikin BPKB tuh semua daerah indo di PMJ komdak?
atau tiap daerah ada?

misal ane mutasi dari JKT ke BANDUNG trus ambil BPKB nya bisa di bandung engga?


setahu ane sih, kalo utk Bandung ya di Bandung jg gan. kalo ngambil BPKB aja kudu ke Jkt ngga efisien donk.
mantap..akhirny dpt thread ini..,ane lg bingung bgt ni gan..,stnk ane ud telat pajakny 11 bulan ,itu kira2 dendanya berapa y gan?motor ane plat B jaksel..mw ane pindahin ke bekasi..lbh enakan mutasi apa balik nama y gan? sebelumnya thx bgt atas bantuan infonya buat agan2 sekalian..

cabut berkas motor jupe 2008

buat agan yg penah cabut berkas di samsat bekasi, biayanya berapa ya??
Tolong share infonya!

Surat rekomendasi ke polda jabar untuk mutasi masuk ke bogor

mau tnya nih gan??
siapa yaa yg dsni udh pernah mutasi dari bekasi ke bogor??

ane mau tnya nih
kbtulan smpe saat ini ane msh ngurusin mutasi nih

singkt cerita ane udh cabut berkas dari bekasi nih
udh beres deh ngurusin surat berita acra smpe surat pengganti arsip (arsip terselip)

ane bawa ke samsat bogor d cibonong, setelah d proses d loket mutasi masuk ane d panggil sma polisiny k dalem nih ceritany
mutasi masuk ane mst d sertkan sam SURAT REKOMENDASI POLDA JABAR.
ane bingung stngh mati..ap hub.ny mutasi masuk k bogor sma surat rekomendasi dri polda jabar???
akhirny ane tnya deh nih sma petugasny, ane tnya klo mnt d bantu dripihak samsat..doi bilang untuk mnt surat rekomendasi dia mnt Rp 250.000 .
yg mau ane tnyain itu
1. apkah ad biaya untuk membuat surat rekomendasi dari polda jabar??
2. ap fungsi dan hub.ny surat rekomendasi dari polda jabar??
3. apakah prosesny lama atau cepet??

rencanany senen ini ane mau brngkt k bdg wd ngurusin tuh surat.
klo agan2 ad yg tau boleh d share ksni...
ane butuh info lbh jls dn jgn smpe ane d bohongin smpe polda bdg..
trims
sangat bermanfaat,
saya juga ada rencana mutasi,
pakai biro jasa maharnya selangit... mungkin akan saya urus sendiri saja lah...
thanks agan TS... maaf ane belum bisa kasih
agan2 sekalian numpang nanya dong, kalo beli motor seken itu prosedur balik nama nya ato apa2 gitu gimana ya gan?

soalnya ane rencana mau beli motor seken, plat nya sih B tapi tanggerang, ane domisili tebet, jakarta selatan, itu harus ngapain aja ya dan syarat2 nya apa aja?
Quote:Original Posted By mbaht
buat agan yg penah cabut berkas di samsat bekasi, biayanya berapa ya??
Tolong share infonya!


ane terakhir tanggal 24 Maret 2012, harganya 100 rb gan

Thumbs up 

Mantap Gan...
Informasinya berguna dan bermanfaat buat mengurangi tindak percaloan...

Sekalian mau tanya gan :
1. Kalo plat ane sekarang Jakut trus ane mau BBN ke alamat KTP ane yg di Jak-Bar kena mutasi juga gak gan..? Ato cuma kena BBN aja..?
2. Bisa gak gan pengurusan BBN dll langsung kita lakukan di Samsat Komdak, gak harus ke Samsat daerah (Jak-Ut / JakBar dll..)

beruntung baca thread ini, ane rencana jg mo mutasiin motor gan. dari jakarta ke jateng (klaten) ada agan2 yg pernah mutasiin dari jkt ke klaten ga?klo ada share dong.
motor ane ada bbrp yg ane pulangin ke kampung gan, dan rencana mau ane mutasi satu2. yang pertama ane mo mutasiin si pulsar, soalnya dia dah telat pajak 1 tahun 4 bulan. tahun 2007 gan. kira2 abis berapa ya. secara ini motor satu2nya yg belum atas nama ane. ane takut tar blm kelar proses mutasi duit kurang gara2 biaya diluar perkiraan.
Quote:Original Posted By ranggonk
mau tnya nih gan??
siapa yaa yg dsni udh pernah mutasi dari bekasi ke bogor??

ane mau tnya nih
kbtulan smpe saat ini ane msh ngurusin mutasi nih

singkt cerita ane udh cabut berkas dari bekasi nih
udh beres deh ngurusin surat berita acra smpe surat pengganti arsip (arsip terselip)

ane bawa ke samsat bogor d cibonong, setelah d proses d loket mutasi masuk ane d panggil sma polisiny k dalem nih ceritany
mutasi masuk ane mst d sertkan sam SURAT REKOMENDASI POLDA JABAR.
ane bingung stngh mati..ap hub.ny mutasi masuk k bogor sma surat rekomendasi dri polda jabar???
akhirny ane tnya deh nih sma petugasny, ane tnya klo mnt d bantu dripihak samsat..doi bilang untuk mnt surat rekomendasi dia mnt Rp 200.000 .
yg mau ane tnyain itu
1. apkah ad biaya untuk membuat surat rekomendasi dari polda jabar??
2. ap fungsi dan hub.ny surat rekomendasi dari polda jabar??
3. apakah prosesny lama atau cepet??



pertanyaan ane sama ama yg diatas ane,

ada agan2 yang tau mengenai hal ini?
ada yg punya pengalaman mutasi motor dr kabupaten tangerang ke jakbar??
tolong dong gan.......punya gw bulan ini harus balik nama.
trims Gan atas pencerahannya,
bisa untuk panduan nih rencana ane mau mutasi motor ane dari Jkt ke Jogja,

nah cocok nih ,.... sepupu ane baru beli motor tahun 2007 dari jakarta timurrr
gilanya sampe sekarang tuh pajak kaga pernah di bayar sama yang punya , kerja di arab yang punya nya gan ...

mau balik nama ke kabupaten bogor, kira kira prosedurnya gimana yah dan berapa duit abis nyaa??

denger denger sampe juni 2012 BBN jawabarat gratis yaa???
Ane mau berbagi pengalaman nih ttg mutasi motor ane dari bekasi (cikarang) ke bogor(cileungsi) semua ane proses sendri tnpa ad jasa ato calo
krn mungkin ane bru tau emg rada lama

tahap awal
ane dteng k samsat bogor pertamanya ane nnya gmna cara mutasi.
singkt cerita ane lgsng gesek no. mesin sma no. rangka
ane bayar Rp.30.000

ternyata ane bru tau klo mutasi itu mst cabut berkas
besokny ane lgsg cabut berkas..kebetulan yg ngurus sih bokap..
singkt cerita total cabut berkas Rp.400.000

ane bertnya dlm hti..ko gde bgt yaa cma cabut berkas doank..

okelah mungkin akal2an si po*isi ato mungkin ad biaya tmbhan..

stlah sebulan,ceritany udh bres deh nih proses cbut berkas brangktlah ane k samsat bogor lg..
setelah d periksa sma bagian mutasi eh ternyata ad dokumen yg kselip ane d sruh ke PMJ d komdak ane d sruh
1. bkin surat keterangan arsip terselip (3 hari
2. bkin surat berita acara (ane lupa..pokony gtu deh) jdiny itu 2 hari

stlh 3 hri ane blik lg dah tuh k PMJ wd ngmbil smuanya..dan semua proses bikin surat itu GRATIS!!!

udh beres ane lgsg deh brngkt k samsat bogor wd nyerahin berkas smuany..
singkt cerita setelah udh d priksa, dipanggilah nama ane..
ternyata dn ternyata ane mst mnt yg namanya SURAT REKOMENDASI POLDA JABAR..niatnya sih emg pgn k bdg sekalian jln2 jga tp ane braniin diri wd nnya sma petugas samsat.
Ane :"pak,klo misalnya di bantu buat ngurus surat rekomendasi gimana tuh?" petugas : "oohh..klo misal mau dibantu paling kena Rp250.000 mas itu pun petugas kita jlnnya seminggu sekali"
Ane : g bisa kurang lagi tuh pak??
petugas : wah ngg bisa mas..kalo mau mas yaa ke bandung
ane: makasi yaa pak
ane pulang sambil membawa berkas yg udh d priksa
wew..Rp.250.000???
ini sangat mencenangkan wd ane..secara ane msh pengangguran..
bayangkan klo misal 10 org bisa dpet brp tuh yahh??

akhirnya ane putuskn wd brangkt k bdg..
krna ane dulu sering bolak balik bdg jdi ane tau ongkos yg bkal kluar
ongkos bis pri*ma*asa ac ekonomi cma Rp26.000 (ane naek jakarta-tasik turun d cileunyi)
nymbung lgi naek cicaheum-cileunyi Rp.3.000(turun di cibiru) pesen dri ane yg blum tau bilang aj sma supirny trun di cibiru
dri cibiru naek angkot lgi cibiru-cicadas Rp.3.000
INGET YAA TURUNNYA JANGAN DI POLDA JABAR,krna urusan kendaraan bukan di POLDA JABAR..ente turun di SAMSAT BANDUNG TIMUR adanya persis di sebelah kiri lampu merah (patokannya klo ente udh liat carefour ente brenti..klo msh bingung jga tnya aj sma polisi)

masuklah ceritanya ane ke samsat..inilah bagusnya bandung..semua proses disana lebih rapi dan teratur beda bgt sama bogor.
setelah masuk samsat, agan langsung belok ke kiri loket pertama.tnya aja "mau bikin surat rekomendasi untuk mutasi" (polisi disana bilangnya kroscek) oh iya jangan lupa bawa berkas kendaraan agan yaa.
singkt cerita ane disuruh masuk langsung kedalem ketemu sama polisi bernama Tri Atmana (bagian kroscek).ane ksih berkas smuanya. saking penasarannya ane tnya deh
ane : pak,prosesnya lama ngg??
Polisi : sebentar ko ini jam 1 juga udah kelar. udah konfirmasi sama samsat bogor??
ane : udah pak
polisi : tunggu aja yaa nanti namanya di panggil
ane : makasi pak

kebetulan ane nyampenya pas jm 12 siang jdi kepotong wd mkn siang
dan sengaja juga ane ngg tnya biayanya berapa
singkt cerita udh jam 1
ternyata nma ane di panggil, trus ane disuruh fotocopy surat krosceknya. fotocopyannya di kasih ke petugas
dan yang lebih ane kaget lagi smua proses pembuatan surat rekomendasi itu GGRRAAAATTIISSSSS!!!! tidak dipungut biaya sepeserpun..
jadi sudah jelas ada unsur ketidak jujuran dan ane cukup tau
singkt cerita udh beres smuanya ane balik deh. dijalan ane aj..ternyata ngg ada yg terbuka untuk masalah kaya gini..

besoknya ane urus deh tuh smua ke samsat bogor
masukin lgi berkas k petugas mutasi stlh d proses kluarlah no. bogor ane. nahtrus daftar deh.. dikasih kwitansi gtu sma nomer urutan. trus d panggil nma ane ane bayar sekitar Rp.370.000 an lah
tunggu 15 menit lagi STNK turun trus ke bagian BPKB wd ganti BPKB yg baru biayanya Rp.80.000 trus menuju bagian plat, dicetak trus beres deh...

fungsi dari surat rekomendasi (ini sih IMHO lho yaa)
1. sebagai bukti data masuk kendaraan (untuk di pusat)
2. klo ane bilang sih jatohnya kn pindah provinsi jdi mst ada surat dari pusat klo kta sekolah mah pindah rayonlah walaupun ane pikir bekasi kn msh jawa barat juga tp ternyata perhitungannya msh masuk jakarta kyanya.

buat yg mau ngurus mutasi mending ngrus sendiri deh walaupun agak ribet tp biaya lbh murah trus kita juga dpt pngalaman jga
sekian crita dri ane
hehehe
oh iya lupa ngasih tau
otor ane SUPRA 125 th 2006
total biaya yg ane kluarin kurang lebih Rp.1 jtaan lah itu udah termasuk ongkos sma bolak balik bdg
slmt mencoba
Wah setelah mencari akhirnya dapet juga di kaskus soal mutasi..

Saya mau mutasi dari Bekasi ke Jakarta Selatan nih agan-agan. Tapi masalahnya KTP di Jakarta Selatan belom jadi. kemaren ngurus di Kelurahan ada masa tunggu 6 bulan, disuruh balik lagi bulan Oktober Sementara KTP Bekasi udah dicabut. Gimana ya gan?ada yang pernah ngalamin?
share gan, akhirnya selesai juga perjuangan ngurus sendiri mutasi motor pulsar 200CC dari depok ke bandung..

1. cek fisik bantuan di samsat bandung (soetta) gratiss..
2. cabut berkas di samsat depok dan polda metro jkt (tunggu 1bln) total biaya 175rb = (100rb di samsat depok (ada tanda terima), 75rb di polda metro bayar di loket BRI...
3. masuk berkas di samsat bandung / rekom minta nopol (tunggu 10hari) gratis..
4. setelah dapat nopol/rekom dari samsat soetta, langsung meluncur ke samsat pajajaran (sesuai KTP), total biaya 345rb sesuai di STNK bayar di loket BRI, 1hari selesai, dapat STNK baru + plat nomor... dikasih tanda terima pengambilan BPKB untuk balik 2minggu lagi..
5. tunggu 2minggu tinggal ambil BPKB..
6. total biaya 345rb + 75rb + 100rb = 520rb..

NB: pengalaman saya dalam proses pengurusan memang banyak di setiap loket minta uang gak jelas tanpa tanda terima, tipsnya kita harus minta TANDA TERIMA dgn di TTD petugas ybs. pengalaman saya ada 3loket minta uang gak jelas, setelah saya minta tanda terima petugasnya diam aja sambil suruh saya pergi tanpa bayar, alias gratis ! sepertinya management semua samsat untuk menghindari pungli, semua biaya yg memang harus dibayar telah disediakan loket BRI atau form berkas tsb ada tertera biaya yg harus dibayar atau gratis, CMIIW..
ketemu juga soal mutasi nih
ada yang mau ane tanyain nih gan
ane mau mutasi dari depok ke jakarta utara
ane msti cabut berkas di depok dlu kah
atau cabut berkas di jakarta aja udah bisa ???
motor ane BAJAJ PULSAR 135 LS
gan tanya, ane mau mutasi keluar sekarang lagi proses sih.. dari krian ke pasuruan ane disuruh bayar pnbp sebesar 100rb (ada tanda terimanya)

ini resmi atau gimana ya, tapi ada tanda terimanya

cek physic semuanya gratis cuman fotocopy ama beli map aja nunggu 2 mingguan baru bisa proses mutasi masuk ke pasuruan
Quote:Original Posted By ryuzakilua
ketemu juga soal mutasi nih
ada yang mau ane tanyain nih gan
ane mau mutasi dari depok ke jakarta utara
ane msti cabut berkas di depok dlu kah
atau cabut berkas di jakarta aja udah bisa ???
motor ane BAJAJ PULSAR 135 LS


ane bantu jawab ya gan.. yang namanya mutasi dari daerah asal itu ya harus mutasi keluar dulu dari depok gan.. baru setelah berkas lengkap agan ke jakarta utara untuk mutasi masuk.

(nanya) kalo cuma ada BPKB dan STNK fotokopian

permisi gan mau tanya nih, saya dapet vespa tahun 72, plat cilacap..
mau dimutasi ke jakarta, posisi saya dan motor ada dijakarta
surat BPKB dan STNK nya cuma ada fotokopianya,
itu bisa diurus ga ya gan?
go go