lama ga nongkrong dimari makin rame aja nih trit

Quote:Original Posted By lorddonald
slamat malem para suhu newbe numpang tanya dong....

1.kalo bikin fw terus system pengapian ya di rubah juga ga...?soal nya tadi tanya2 orang bengkel katanya kalo mo dibikin full dc harus ganti cdi yang dc juga...?apa orang bengkel nya yang ga ngerti...
2.klo fw buat supra x 100 cc sama fw buat supra 125r jalur nya dah beda ya suhu...?
ane sekarang pake supri 2002 rencana supri ini mo pensiunin mo buat pejengan aja...mo ganti supri x 125r rencana nya supri x 125 nya mo dibikin fw juga...

sebelum dan sesudah nya newbe ucapkan terimakasih....
sekalian izin subcrib suhu


nubi bantu jawab yak,
1. modifikasi fw tidak harus merubah sistem pengapian. pada sistem pengapian ac, spul pengisian terpisah dengan spul pengapian, yang dimodif spul pengisiannya aja, spul pengapiannya jangan diutak atik. cdi masih bisa pake cdi ac
2. pass, ane belum pernah liat spul supri 125
cmiiw, mungkin suhu dibawah mo nambahin. monggo....
Quote:Original Posted By lorddonald
slamat malem para suhu newbe numpang tanya dong....

1.kalo bikin fw terus system pengapian ya di rubah juga ga...?soal nya tadi tanya2 orang bengkel katanya kalo mo dibikin full dc harus ganti cdi yang dc juga...?apa orang bengkel nya yang ga ngerti...
2.klo fw buat supra x 100 cc sama fw buat supra 125r jalur nya dah beda ya suhu...?
ane sekarang pake supri 2002 rencana supri ini mo pensiunin mo buat pejengan aja...mo ganti supri x 125r rencana nya supri x 125 nya mo dibikin fw juga...

sebelum dan sesudah nya newbe ucapkan terimakasih....
sekalian izin subcrib suhu


sesama nubi cb bantu jawab, dikoreksi ya suhu" klo ane salah...

1. sebenernya maksud FW itu jalur pengisian nya aja yg diubah, yg tadinya Half Wave jadi FW..
jadi ga ngefek ke pengapian mah.. klo pengapiannya AC, kan uda ada spul pengapiannya sendiri, klo pun DC, kan ikut ke aki...
contohnya tiger, udah FW, tapi pengapian masih AC..

2. kalo cara ngubah pengisiannya jadi FW, sepertinya teorinya sama" aja... ground spull dilepas, supaya jd floating..
tinggal cari tau aja, jalur kabelnya, yg mana buat +aki, -aki, output kontak, lampu.
Quote:Original Posted By pipit.kecil
lama ga nongkrong dimari makin rame aja nih trit

nubi bantu jawab yak,
1. modifikasi fw tidak harus merubah sistem pengapian. pada sistem pengapian ac, spul pengisian terpisah dengan spul pengapian, yang dimodif spul pengisiannya aja, spul pengapiannya jangan diutak atik. cdi masih bisa pake cdi ac
2. pass, ane belum pernah liat spul supri 125
cmiiw, mungkin suhu dibawah mo nambahin. monggo....


Quote:Original Posted By jay3009AO


sesama nubi cb bantu jawab, dikoreksi ya suhu" klo ane salah...

1. sebenernya maksud FW itu jalur pengisian nya aja yg diubah, yg tadinya Half Wave jadi FW..
jadi ga ngefek ke pengapian mah.. klo pengapiannya AC, kan uda ada spul pengapiannya sendiri, klo pun DC, kan ikut ke aki...
contohnya tiger, udah FW, tapi pengapian masih AC..

2. kalo cara ngubah pengisiannya jadi FW, sepertinya teorinya sama" aja... ground spull dilepas, supaya jd floating..
tinggal cari tau aja, jalur kabelnya, yg mana buat +aki, -aki, output kontak, lampu.


makasih suhu atas penjelasanya....

1 lagi suhu...kaki no 3 pada kuprok tigi kan ngambil nya ke kontak kalo supri x 2002 ambil nya kabel ijo ya benerga suhu...?
Quote:Original Posted By lorddonald
slamat malem para suhu newbe numpang tanya dong....

1.kalo bikin fw terus system pengapian ya di rubah juga ga...?soal nya tadi tanya2 orang bengkel katanya kalo mo dibikin full dc harus ganti cdi yang dc juga...?apa orang bengkel nya yang ga ngerti...
2.klo fw buat supra x 100 cc sama fw buat supra 125r jalur nya dah beda ya suhu...?
ane sekarang pake supri 2002 rencana supri ini mo pensiunin mo buat pejengan aja...mo ganti supri x 125r rencana nya supri x 125 nya mo dibikin fw juga...

sebelum dan sesudah nya newbe ucapkan terimakasih....
sekalian izin subcrib suhu


Pahami dulu skema fullwave...yg d maksud fullwave adalah melepas ground spull.
Kl dah paham nanti ketemu motor apapun pasti gak bakal bingung.
malam para suhu.
mau tanya, motor ane tiger 2009.
nah masalahnya ane kan pake lampu kedap kedip di ke 4 sein2.
terus lampu depan juga nyala + lampu di handguard dan klakson denso.
nah kalo pas semuanya nyala terus di pijit klakson si lampu kedap kedip sen2nya mati gan, tapi lama kelamaan nyala lagi. itu kenapa yahgan??
Quote:Original Posted By aliez2011
malam para suhu.
mau tanya, motor ane tiger 2009.
nah masalahnya ane kan pake lampu kedap kedip di ke 4 sein2.
terus lampu depan juga nyala + lampu di handguard dan klakson denso.
nah kalo pas semuanya nyala terus di pijit klakson si lampu kedap kedip sen2nya mati gan, tapi lama kelamaan nyala lagi. itu kenapa yahgan??


voltase ente sempat drop kesedot klakson ...
biasanya ini langsung colok di kabel bawaan klakson lama ... gak pake direlay ke aki, cmiiw?

coba relay klaksonnya ke aki ..
kalo masih ngeblank, add kapasitor 3300uF 25V nge-bridge plus & minus klakson ...
sebelumnya salam kenal dulu,gan..ane Sandy dr malang..
tutorial nya dari part1 smp skrg lengkap banget gan..terima kasih banyak..cmn ada bbrp pertanyaan simpel dan mendasar yg pgn ane tanyain..
1. untuk buka box kiri tempat spull,ap jg harus keluarin oli dulu?
2. ciri2 spul perlu d ganti/d lilit ulang sprti apa ya?
3. untuk regulator/kiprok FW (cth tiger) kisaran harganya brp ya?

mohon maklum gan..ane rencana bongkar sendiri karena keterbatasan dana..motor ane smash lama th 2002..masalah utama karena lampu sering tidak terang.ap lg ane sering pulang malam.. aki jg sering tekor... udah ane ganti baru, kiprok jg baru tp tetap sering tekor...bahkan untuk starter saja sering rewel...
Quote:Original Posted By saosholic
tanya suhu, habis di fw koq sekarang klakson ane suaranya jadi suka putus putus ya? harus dipencet 2-3x baru normal.. klakson ane standar.


nge upp masalah ane..
ane sudah masang relay sesuai yang ada di blog suhu nov. tapi klakson ane koq masih suka putus putus suaranya. Sambungan sambungan sudah ane bersihkan, cek kabel oke semua.. Mohon bimbingannya..
soryy banget.. dopost lagi
Quote:Original Posted By saosholic


nge upp masalah ane..
ane sudah masang relay sesuai yang ada di blog suhu nov. tapi klakson ane koq masih suka putus putus suaranya. Sambungan sambungan sudah ane bersihkan, cek kabel oke semua.. Mohon bimbingannya..


cek plus & minus kabel klakson ori-nya.
pake multimeter, set ke volt range 20V.
pencet saklarnya (kontak ON) ...
brp yg terukur? apa 12V?
lebih enak pake 2 multimeter ... 1 di pasang di aki.
jd bisa cek apa ada drop voltase antara aki & klakson.

bisa jd kabel aslinya bermasalah, getas, putus bbrp serabutnya.
bisa jd ground-nya gak bagus.
bisa jd saklarnya korosi, dll ...
Quote:Original Posted By KoTsKiNoVa


[1] coba buka "tempat ngintip titik TMA" magnet ... kalo magnetnya keliatan mengkilap terpoles oli, berarti perlu kuras oli mesin

[2] musti ngukur output vs beban listrik

[3] 60~100an


[3] Tentunya dg harga segitu dpt yg kw.
Quote:Original Posted By vic_option


mohon maklum gan..ane rencana bongkar sendiri karena keterbatasan dana..motor ane smash lama th 2002..masalah utama karena lampu sering tidak terang.ap lg ane sering pulang malam.. aki jg sering tekor... udah ane ganti baru, kiprok jg baru tp tetap sering tekor...bahkan untuk starter saja sering rewel...


Mas bro, sebelum di FW, pastikan dulu spul nya masih bagus. Dari diagnosa ciri2 msalah yg ada, sy kok jd curiga spul nya yg udah ga bagus - dgn catatan kelistrikan motor masih sutandar, ga ada beban2 extra yg aneh2.

Tp AFAIK Smash lama mmg terkenal kelistrikannya ga gitu bagus, terutama kabel bodi yg jelek kualitasnya, kayaknya motor sampeyan mmg mesti dicek lebih teliti kelistrikannya ya, mungkin d beres Suzuki oleh teknisi yg senior.

Cek apakah:
- Vac output spul masih sesuai spek
- Vdrop di jalur2 kelistrikan masih dlm batas toleransi

Sy khawatir, dibikin FW klo ternyata spul nya bermasalah ndak akan mnyelesaikan masalah yg situ hadapi. Apalagi klo jalur kelistrikan kabel bodi nya udah bermasalah juga.

Quote:Original Posted By didikjepara


[3] Tentunya dg harga segitu dpt yg kw.


Yupz, termasuk kiprok FW yg ngaku2 original Tiger & barang baru, klo harganya jauh dari harga di beres/toko spareparts H3, spt yg banyak didagangkan di FJB, sangat diragukan orisinalitasnya.

Masih menunggu klarifikasi ttg kasus kiprok wallahualam kemarin yg ternyata smpai hari ini ga kedengeran suaranya lagi, termasuk dari suporternya.
Quote:Original Posted By didikjepara


[3] Tentunya dg harga segitu dpt yg kw.


si-penanya emang nanya kisaran kiprok kawe om
Quote:Original Posted By didikjepara


[3] Tentunya dg harga segitu dpt yg kw.


"yg nanya" emang nanya kisaran kiprok kawe om
Quote:Original Posted By KoTsKiNoVa
cek plus & minus kabel klakson ori-nya.
pake multimeter, set ke volt range 20V.
pencet saklarnya (kontak ON) ...
brp yg terukur? apa 12V?
lebih enak pake 2 multimeter ... 1 di pasang di aki.
jd bisa cek apa ada drop voltase antara aki & klakson.

bisa jd kabel aslinya bermasalah, getas, putus bbrp serabutnya.
bisa jd ground-nya gak bagus.
bisa jd saklarnya korosi, dll ...


sudah dilaksanakan komandan. hasilnya 12v bahkan kadang lebih. yg aneh saat saklar lampu off, tuh klakson normal waktu dipencet2 terus, tp begitu saklar lampu on nah mulai deh suka ngadat2. klakson gak ane pasangin relay coz masih standar ting ting, cuma lampu yang ane kasih relay. wire klakson juga gak ane utak atik.
Sekalian tanya suhu, serelah lampu ane pasangin relay kenapa tegangan input koq cuma main di 13 koma kecil saat idle tanpa beban. beban penuh dapet 12,4an. waktu sebelum pake relay input lebih tinggi.
Bagi para yang udah pake FW, bisa dicoba pake klakson ori mobil avanza..ada 2 biji klakson, per klaksonnya tertulis butuh arus 4Ampere...ane udah coba di fu..., suaranya mantep loo...berani gak dicoba...hihihi...
Quote:Original Posted By gunawanspurs
Bajaj XCD 125 sudah DC full wave bro, klo masih kurang puas dgn output kelistrikannya, solusi terbaik adalah gulung ulang spul dgn kawat yg lebih tebal & berkualitas + ganti kiprok full wave orisinal dgn produk lain yg lebih baik (spt kiprok Tiger ori).


maaf kalo salah gan,pemikiran ane blm fullwafe karena terangnya lampu sesuai dengan rpm, makin tinggi rpm makin terang lampunya, maaf kalo salah, bukannya kalo d fW lampu dari aki yah?sory masih oot maklum newbie
Kiprok CP udah keluar lg ga ya ??

Kok ga kedengeran lg suaranya !?

Smile 

Vixion rasa jadul/karbu udah ganti aki n mesin udah modif siap di ajak sparing tapi dynamo starter gx kuat nahan panas n lilitannya amburadul brantakan ... kenapa ya suhu....? n solusinya........ sekali sampai empat kali bisa n mulus starter jalan tpi yg berikutnya kyak nyangkut di lihat lilitannya dah mulai mo brantakan n panas.........Starter standar vixion n udah dicoba tambah lilitannya tetep githu......apa lilitannya kudu ukuran besar ? ...... MOHON PeNCERAHAN dan SOLUSI PARA SUHU...................
Quote:Original Posted By red_tiara


maaf kalo salah gan,pemikiran ane blm fullwafe karena terangnya lampu sesuai dengan rpm, makin tinggi rpm makin terang lampunya, maaf kalo salah, bukannya kalo d fW lampu dari aki yah?sory masih oot maklum newbie


Sudah full wave om, tp dari info rekan Xtreme Infokus, mmg lemah kiproknya shg output nya kecil. Klo kasus bro RPM makin tinggi makin terang, apa klo RPM idle lampunya kedip2 ? atau sekedar redup ? Starter electric nya masih bagus/gampang ?

Biasanya sih solusi utk XCD rider yg ingin memperbaiki kelistrikan motorna:

1. Ganti kiprok full wave yg bagusan, spt Tiger ori atau KW/aftermarket yg recommended. Tentunya jalur kelistrikan mesti disesuaikan dgn soket kiprok yg baru, and mungkin mesti bikin jalur Vreference k stop kontak.
2. Bila dicurigai spul bermasalah, atau mmg ingin mendapatkan output yg optimal, spul bisa digulung ulang dgn kawat yg lebih tebal.