Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rqocAvatar border
TS
rqoc
[Rejeki Ngaskus] Dari nganggur, jadi subur.
[Rejeki Ngaskus] Dari nganggur, jadi subur.



\tKenalin dulu, nama gue Ricky, sekarang masih kuliah di Binus, semester 6. disini gue mau ceritain gimana asal mula bisa jualan online di kaskus n lumayan menghasilkan buat gue. Sebenernya bukan lumayan sih, menurut gue ini lebih dari cukup buat membekali keseharian gue di kampus n dirumah, hehe.
\tAwal mula gue kenal kaskus itu sekitaran pas SMA kelas 2 gitu kalau ga salah inget. Gue inget, dulu pernah ngobrol sama temen gue, yang kebetulan rumahnya deket sama rumah gue. Waktu itu lagi main kerumah dia, dirumahnya banyak baju2 dingin (maksudnya baju buat winter gitu gan, bukan bajunya yg dingin emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin). lanjut ngobrol ngobrol sama dia, dia bilang kalo kokonya die jualan di kaskus. Pas itu gue blom tau banyak kaskus itu kayak apaan. Sampe akhirnya dirumah gue punya koneksi internet, gue coba search google tentang kaskus. Mulai dari situ akhirnya gue bikin ID n join di septermber 2008. setelah bikin ID, ga banyak yg gue lakuin di kaskus, selain ke lounge pic emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin, dulu jaman jamannya kaksus masih ada BB17 gan... emoticon-Cape d...wkwkkw. Mulai bosen dengan lounge, gue pindah main2 ke FJB, disana ternyata rame, nyari barang apa juga ada emoticon-2 Jempol. Gue mulai dengan FJB jaket, karena gue demen pake jaket. Trus gue ketemu seller yang lapaknya cukup rapi n terpercaya. Gue mulai belanja online dengan minjem rekening siapa gitu, lupa, soalnya waktu itu blon punya rekening buat transfer emoticon-Big Grin. Begitulah taun pertama gue ngaskus, tiap hari buka lounge, posting, sesekali berbelanja emoticon-Big Grin.

\tLanjut taun kedua, disini gue udah kelas SMA 3 n udah mau lulus lulusan SMA. Setelah lulus, agan2 tau dong, masa peralihan dari SMA ke kuliahan itu lama banget. Kurang lebih ada 5-6 bulanan gitu deh kalo ga salah, pokoknya lama gan. Gue bingung mau ngapain pas liburan itu, duit pas pasan,mau kluyuran tiap hari juga butuh duit kan,hehe. Sehari harinya cuman ngaskus, maen ke rumah cewe gue, gitu gitu terus. Sampe akhirnya gue kepikiran, kenapa ga coba buka lapak di kaskus. Gue pikirrrr terus, barang apa yang bisa gue jual di kaskus. Nah kebetulan, ortu cewe gue itu punya usaha produksi sarung jok buat mobil. Terus gue bilang ke bokapnya,”om, boleh nggak jual jualin joknya om?, soalnya ngga ada kerjaan nih,liburannya lama banget”. Kata si om, “ya boleh aja”. Akhirnya gue dikasih tau macem macem info yang gue butuhin buat jualan. Skip skip akhirnya gue bikin thread juga di kaksus. Pada tanggal 24 mei 2009, thread gue secara resmi launching (cieelahh loncingggg,kaya apaan aja emoticon-Cape d...).

\t Dua sampai tiga minggu setelah thread dibuka, pembeli belum kunjung datang emoticon-Cape d.... Gue sempet berpikiran, ni jualan kaga bakalan maju. Gue liat2 banyak lapak orang di kaskus, sehari langsung laku, sehari langsung rame,banyak yg posting, serius gue iri. Mungkin lapak gue blom ada testi dari buyer, karena memang blon ada yg beli, jadi buyer ngga percaya, ditambah lagi gue blom lama join di kaskus (masih teritung nubilah istilahnya). Tidak putus asa, tiap hari thread gue bump emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up, gue nitip thread di FJB roda 4, tiap thread gue titipin (note : jangan meniru cara ini ya, dulu gue blon tau aturan2 dagang di FJB soalnya, hehe emoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammer). akhirnya order pertamapun datang, gue inget banget, order pertama itu adalah orang dari luar kota, dari Kendari n order pertama itu untuk mobil k*j*ng LGX,nama buyernya juga gue inget banget, Bpk Gatot. Bpk Gatot ini orangnya baik banget, terlihat dari kata2 yang dipake pas smsan order sama gue. Urusan transferpun Bpk Gatot mempercayai gue dan langsung mentransfer dana berserta ongkirnya. Order ini dateng di bulan Juni, sebulan setelah gue buka thread. Setelah menyelesaikan order pertama ini, gue punya resi pengiriman, waktu itu resi ini gue foto dan gue post di kaskus, dgn pikiran bahwa resi ini bisa menjadi bukti buat user lainnya bahwa gue disini beneran jualan, bukan nipu nipu. Hari demi hari, viewer gue semakin rame, orderpun makin banyak, dan hasil penjualan yg tadinya dikit, lama lama bisa gue pake buat belanja emoticon-Big Grin.

\tSegala sesuatu pasti ada suka dukanya, begitu juga jualan di kaskus. Gue mulai dari sukanya aja ya. Kalo gue sendiri, suka jualan di kaskus karena beberapa hal. Satu, jualan online, berarti pembeli bisa dari luar kota (sampe saat ini sih blom keluar negri gan, tapi doain aja ya emoticon-Big Grin), kita bisa bertransaksi di pasar yang luas. Dua, kaskus menurut gue itu salah satu forum terbesar yang populer di Indonesia, meskipun sekarang mulai bermunculan FJB lainnya, tapi gue tetep mengandalkan kaskus sebagai tempat gue mengais rejeki. Tiga, jualan di kaskus cukup nyantai gan, jadi gue bisa kuliah sambil tetep jualan juga. Empat, jumlah user kaskus yang terus berkembang dari hari ke hari, selain itu sering kali orang yang search sesuatu di google, nongolnya itu kebanyakan link ke thread kaskus. Dah, gue rasa itu aja sih, sebenernya banyak lagi cuman itu aja deh, ntar kepanjangan emoticon-Big Grin. Nah sekarang kita ngomongin dukanya nih gan. Satu, karena ini jualan online, brati lapak kita bisa diliat siapa aja dan kapan aja, nah yang sering gue alami itu gini gan, gue lagi nonton bioskop, trus ada calon pembeli yang nanya2 via sms or bbm, otomatis gue kudu jawab itu pertanyaan, hehe. Kadang2 gue uda ntn tu film di bioskop, besoknya beli DVDnya lagi, soalnya ketinggalan cerita emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin. Tapi gue juga ga bisa nyalahin calon buyer dong, buat gue, itu udah resikonya jualan online. Trus kadang2 ada juga buyer yang “kurang sabar” menunggu balasan sms/bbm dari gue. nge”ping” terus2an tiap menit, kadang gue ga tahan di”ping” terus2an, lagi mandipun gue sempet2in bales bbm mereka sampe2 BB gue juga ikutan mandi, lagi ngikutin kuliah dengan dosen yang ga memperbolehkan kita sms/bbm pas pelajaran dia juga gue ngumpet ngumpet balesin, lagi nyetir jg kadang gue bales2in, beberapa mobil dibelakang gue pasti kesel liat gue nyetir bagai siput (hehe,maap yah gan emoticon-Big Grin), tapi kalo naek motor, gue ga pernah jwb telp ato bales sms ato bbm, soalnya ribet, blon lagi bahayanya kejambret,dll. Pokoknya lucu deh gan kalo diinget inget suka n dukanya. Tapi akhirnya lama kelamaan gue terbiasa dengan itu semua. Sebenernya masih banyak yang mau gue ceritain, thread gue pernah diclosed juga ama momod, thread gue gue jadiin tugas kuliah, gimana lapak mempengaruhi perkuliahan gue,dll tapi itu nanti aja gue ceritain,kalo kalo ntar diundang ke acara kaskus...wahahah (ngarep emoticon-Hammer) emoticon-Big Grin.

\tDan sekarang, disinilah gue, thread yang tadinya sepi, tanpa testimonial, sekarang udah lumayan banyak testi, pages ,replies, dan viewersnya udah 200ribuan,n dari catetan gue penjualan udah mendekati 1000 unit, gue yang tadinya nggak menyangka bahwa bisnis yang dimulai dengan iseng2, tanpa pengetahuan khusus, dan tanpa modal ini bisa memberi gue rejeki yang menurut gue lebih dari cukup.

\tParagraf ini mungkin ga ada hubungannya dengan FJB, tapi gue tetep pengen selipin, soalnya ini juga memberi sisi positif buat gue. Selain dari FJB, gue juga mendapat pengalaman lainnya dari ngaskus. Kebetulan gue demen mainan motor, meskipun sampe sekarang tetep aja bloon, hahah. Dari seni, gue coba2 main ke forum roda 2, dan akhirnya masuk di salah satu komunitas sebuah motor yang cukup jadul (motor gue jadul gan,masi berasep punya emoticon-Big Grin). Menurut gue FR2 ini orangnya2 bae2, kalo kita nanya apa, dijawab dengan bener. Nubitol kayak gue juga tetep disambut bae sama mereka. Kliatan banget brotherhoodnya. Kadang gue mikir, kalo aja semua orang di Indonesia itu ngaskus, mungkin Indonesia pasti keamanannya meningkatlah, haha lebay ga sih?? Tapi ini beneran gan, salah satu customer gue pernah cerita ke gue, dia mobilnya pernah mogok,terus dia posting di kaskus,nanya2 apa masalahnya kenapa mobilnya mogok, terus ga berapa lama, salah satu user ada yang bales postingan dia nanyain lokasinya, n apa yg terjadi? Itu user nyamperin buat bantuin derek mobil yg mogok tadi. Luar biasa kan? emoticon-Big Grin Selain menghemat biaya derek (ini yg paling penting gan,emoticon-Big Grin), kita jadi punya temen baru(ga deh, punya temen baru lbh penting gan emoticon-Big Grin). Begitu juga gue, berkat ngaskus d FR2, gue jadi dapet banyak temen baru, dan asiknya lagi, temen2 ini ga seperti temen yang gue dapatkan di lingkungan sekolah atau kuliah. Temen yang gue dapet ini dari berbagai umur, ada yang lbh muda, ada juga yg lbh tua dari gue, ada yang masih sekolah, ada yang udah kerja, bahkan ada yg udah punya anak, tapi gue blom dapet temen dari kaskus yang udah bercucu sih, hehe emoticon-Big Grin. Dengan gini, gue bisa nambah2 pengalaman juga, soalnya gue demen bergaul dengan siapa aja,kan nambah2 pengetahuan juga.
0
4K
41
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan