Quote:Original Posted By entotanenag


naah ini ane share dah kunci rahasiah masang rotak...

1. rotak ga bole kena solar panas
2. rotak ga bole kena solar kotor...
3. rotak jgn perna di geletakin di deket ane... ane lengbet... wkwkkw... kidding..

gini masang rotak versi ane...

dari tangki bbm, filter solar dulu, hand pump rotak baru injektor...

kenapa si hand pump perlu? karena si hand pump menjaga tekanan selang bbm menuju injektor... hehehe kalo tekanan lemes, si rotak kerja lebi keras tiap pagi dan bikin cepet 'game'
ini uda di riset om... hehhe percaya aja dah...

nah ini cara ane masang karena uda ga std sistem ane... hehhee bole di tiru kog ga di patenin.... hehhe

tangki bbm --- filter solar --- hand pump yg built up jadi dobel filter --- rotak --- pemanas solar --- injektor

jadi hasilna solar jaminan bersih, tenaga kencheng, rotak lebi awet dah... gt...


kalo setup gw di panther :
tangki > sedimenter > rotax > filter solar > IP..
kira2 gmn tuh om?
alesan gw taro di tengah2 situ, karna kalo rotax ampe jebol, umpama ada partikel2 karet atau apa gak langsung masuk IP, tp kesaring di filter solar dulu.. sedimenter jg buat ngurangin kotoran yang tembus ke rotax.. dimana di panther sih minimal 3 bulan 1x turun sedimenter buat dibersihiin komplit bongkar kupas ampe akar2nya..
Quote:Original Posted By Mud.Terrain
ikut nimbrung yak gan.. mumpung lagi bahas soal rotax..

gw sih pake panther 2.3 gw.. beli rotax cuma 70rebu dibapuks..

http://katalog.tangomotor.com/web/Un...trical.html#59

awal2 sih OK.. cuma ni kemaren abis ganti nozzle.. lagi rada kurang enak larinya.. kayak kurang pressure gitu IPnya.. gw coba bypass dah akhirnya si rotax.. usut punya usut dari sedimenter udah parah ngempos bocornya.. jadi bypass filter solar langsung, tp masi kurang enak.. faktor setelan full-load jg kayaknya sih..

btw.. pompa manual itu bukannya sifatnya passive ya?
baru mompa kalo di teken, kalo gak di pompa kayak pipa biasa aja cuma ada fungsi tambahan nge-trap air?
apa ga takut rotaxnya cepet rusak kalo gak dikasi filter apa2.?
anak2 panther sih dikasi prefilter, punya bensin yang plastik bening..

oh iy satu lagi, kata anak2 panther pake Rotax agak mengurangi kemampuan di RPM atas, apa di gemini jg gitu?

thx..


ini masih dlm rangka uji coba kok om, sambil mengamati kekuatan rotaxnya tahan berapa lama, sengaja gak pake filter bensin, dan pompa solar manual, biar gak kebanyakan peralatan, mengingat ruang mesin gemini yg sempit, selain itu kl rotaxnya rusak, harganya jg murah kok, ane beli yg kw Rp 150rb.

ya emang pompa solar manual sifatnya pasif, tp kl di teken2 buat buang angin / ngisi solar ke selang2, menghasilkan tekanan yg cukup tinggi jg, sehingga menurutku tdk bagus utk input rotax.

selama aku pake, terutama buat pulang dr bekasi ke kebumen yg banyak tanjakannya, lewat jalur selatan, tenaganya ngisi terus, baik rpm rendah maupun tinggi, beda bgt dg sebelum dipasang rotax.

Quote:Original Posted By Mud.Terrain
posisi rotaxnya gak terbalik ya bos?
di VW kodok saya jg pake yang sama tuh modelnya.. bedanya pas beli kotaknya Mitsubishi Japan gitu tulisannya, trus harganya 400rebu.. nyesek harganya.. hahah.. tp masi idup ampe skrg.. pernah coba pasang dipanther bentar doank, tp batal karna dulu selangnya gak ada yang kecil.. jadi bocor terus..


yah emang sengaja dipasang begitu, alasannya biar gampang masang selang2nya , masalah colokan selang rotax yg bentuknya kecil, aku akalin dg diberi selang yg utk aquarium terlebih dulu, baru dipasang selang solarnya, shg pas dan tdk bocor.

Talking 

Quote:Original Posted By parjo1
becanda nih om zamza.... kl buat pantat, bukan rotax om, tp pake si botax....lebih tepatnya lg buat tetangganya si pantat.

kl tekanannya rotax futura, tdk besar kok om, wong disumbat pake jari, sdh kerja tuh otomatisnya, langsung off si rotax.

kl mobil om zamza... ancurnya krn over pressure dr turbo. bukan dr rotax kan?
kira2 30 psi = 2 bar = 2 kg/cm2.


over pressure g jelas om, katanya tu bengkel bospomnya yg bermaslah, akhirnya dia nyerah dibiarin gitu aja di bengkel same 5 bulan,

30 up seh waktu di cek om, menurut temen ane klo segitu cocoknya buat mesin yg c223 ato 4 JA, klo gemini kelebihan bgt ... ngowos sana sini, plus panaas mentok abis, kabel2 dasbord + sekring terbakar, alhasil ganti baru semua....

buat temen2 yg d jogja ati2 ja sama bengkel2 bospom disana, bnyak yg g bertanggung jawab, jadi kudu rajin2 ngecek, klo masih jelek langsung balikin ajah minta garansi, ngeyel aja, pokoknya sampe bener drpada nyesel di belakang.

Talking 

Quote:Original Posted By parjo1
ini masih dlm rangka uji coba kok om, sambil mengamati kekuatan rotaxnya tahan berapa lama, sengaja gak pake filter bensin, dan pompa solar manual, biar gak kebanyakan peralatan, mengingat ruang mesin gemini yg sempit, selain itu kl rotaxnya rusak, harganya jg murah kok, ane beli yg kw Rp 150rb.

ya emang pompa solar manual sifatnya pasif, tp kl di teken2 buat buang angin / ngisi solar ke selang2, menghasilkan tekanan yg cukup tinggi jg, sehingga menurutku tdk bagus utk input rotax.

selama aku pake, terutama buat pulang dr bekasi ke kebumen yg banyak tanjakannya, lewat jalur selatan, tenaganya ngisi terus, baik rpm rendah maupun tinggi, beda bgt dg sebelum dipasang rotax.



yah emang sengaja dipasang begitu, alasannya biar gampang masang selang2nya , masalah colokan selang rotax yg bentuknya kecil, aku akalin dg diberi selang yg utk aquarium terlebih dulu, baru dipasang selang solarnya, shg pas dan tdk bocor.


pengalaman waktu ngeliad rotaknya om martin plus pompa solarnya, tu pompa solar g bisa lagi diteken coz prssure udah besar, klo mobil ane ane pompa sampe pegel ko kaya g penuh2 ya....heran ane

bgaimana klo yg bgitu om???stater sih nga maslaah klo ada turbonya, langsung greng, pas rusak turbonya, agak rewel dia klo dingin, kaya solarnya g mau turun2, padahal mesin dah goyang. klo dah panas dikit aja, lancar dah tuh, tokcer...
Quote:Original Posted By parjo1
* hubungan temperatur mesin yg tinggi dg konsumsi bbm

pada mesin Diesel, AFR (air fuel ratio / perbandingan solar dg udara) makin Rich = mesin makin panas

AFR RICH = setelan solarnya dibikin boros, knalpot ngebul.

jd ada hubungannya jg, kl mesinnya overheat kemungkinan AFR nya terlalu RICH atau dg kata lain setelan solarnya emang dibikin boros.

kebanyakan orang banyak yang “cuek” jika knalpot ngebul, yang penting larinya enak, padahal knalpot ngebul adalah salah 1 tanda boros bbm, itu hasil baca2 ane yg newbie dr blog http://josephsetiawan.wordpress.com/...-mesin-diesel/

ini ada cara buat mengetahui paking silender head bocor
* mobil distarter (kondisi mesin dah dipanasin / abis dipake) dalam kondisi tutup radiator dibuka, aernya muncrat ke atas. (hasil baca2 di forum honda accord, blm ngalamin sendiri).


share pengalaman nih, mesin ane distel memang agak boros jadi agak ngebul tp g banget ngebulnya, BBM pas msh irit/ normal, mesin masiih adem ayem g pernah lebih 1/4, menurut om marten sama koh fifi asal ga lebih setengah masih aman,

panas mesin yg keterlaluan misal ga sampe 1 kilo jalan dah panas, tersangka utamanya cilinder head, positif dah....turunkan mesin ajah, ato ganti sekalian, hehehehe

klo tiba2 panas jangan panik, coba cek2 komponen apa saja yg terlalu membebani mesin, ane sih cuman maslah sepele pas overheat, AC...ane ga pasang otomatisnya...ane kasih yg universal, lancar jaya temperatur stabil

pengalaman dr mobil bengkel di jogja, mesin overheat, oli mesin pas dibuka bergolak, dipstick oli muncrat olinya, radiator muncrat juga, tersangkanya cil. head...alhasil turun mesin bongkar total, pecah mesin, trus ane ambilin tu turbo satu setnya...,hehehehe
Quote:Original Posted By parjo1
* hubungan temperatur mesin yg tinggi dg konsumsi bbm

pada mesin Diesel, AFR (air fuel ratio / perbandingan solar dg udara) makin Rich = mesin makin panas

AFR RICH = setelan solarnya dibikin boros, knalpot ngebul.

jd ada hubungannya jg, kl mesinnya overheat kemungkinan AFR nya terlalu RICH atau dg kata lain setelan solarnya emang dibikin boros.

kebanyakan orang banyak yang “cuek” jika knalpot ngebul, yang penting larinya enak, padahal knalpot ngebul adalah salah 1 tanda boros bbm, itu hasil baca2 ane yg newbie dr blog http://josephsetiawan.wordpress.com/...-mesin-diesel/

ini ada cara buat mengetahui paking silender head bocor
* mobil distarter (kondisi mesin dah dipanasin / abis dipake) dalam kondisi tutup radiator dibuka, aernya muncrat ke atas. (hasil baca2 di forum honda accord, blm ngalamin sendiri).


ada logikanya juga sih, makin besar suplai minyak dan udara berarti ledakan di ruang bakar juga otomatis makin besar, kalo ledakan di ruang bakar makin besar berarti panas mesin juga ikut meningkat........kesimpulannya berbanding luruslah....dan ini juga harus diimbangi dengan lancarnya gas buang......

tp, gemini kita kan bukan buat adu kebut sehingga suplai minyak dan udara harus ditambah, malahan kalo saya lebih memilih setel irit.......rit.......rit........
asapnya nyaris tak kelihatan dan suara mesin terdengar lembut di telinga...........he..he...he....

kalo saya buka tutup radiator saat mesin sudah mencapai temperatur optimum gak terlihat ada muncrat airnya, tp belum pernah saya lakukan sambil stater mesin, nanti malam coba saya periksa........

tq atas penjelsan mas parjo...


salam,



sitepujun
Quote:Original Posted By zamzatikta
share pengalaman nih, mesin ane distel memang agak boros jadi agak ngebul tp g banget ngebulnya, BBM pas msh irit/ normal, mesin masiih adem ayem g pernah lebih 1/4, menurut om marten sama koh fifi asal ga lebih setengah masih aman,

panas mesin yg keterlaluan misal ga sampe 1 kilo jalan dah panas, tersangka utamanya cilinder head, positif dah....turunkan mesin ajah, ato ganti sekalian, hehehehe

klo tiba2 panas jangan panik, coba cek2 komponen apa saja yg terlalu membebani mesin, ane sih cuman maslah sepele pas overheat, AC...ane ga pasang otomatisnya...ane kasih yg universal, lancar jaya temperatur stabil

pengalaman dr mobil bengkel di jogja, mesin overheat, oli mesin pas dibuka bergolak, dipstick oli muncrat olinya, radiator muncrat juga, tersangkanya cil. head...alhasil turun mesin bongkar total, pecah mesin, trus ane ambilin tu turbo satu setnya...,hehehehe


Kalo bro zz yang cerita masalah pergeminian, saya salut deh....kayaknya pengalaman bro zz bersama gemini lebih dahsyat dibanding saya...wkwkwwkk..................

Gini bro, Gemini saya panas hanya di jalan mendaki atau saat ngebut di jalan tol (air dalam tangki reservoir radiator sampai bergolak), kalo hanya di dalam kota saja gak ada masalah meskipun ac on. trus kalo malam, kalo sudah hidup lampu besar, panasnya juga ikut naik kisaran 100 - 108 celsius (alarm sdh berbunyi), tapi tdk sampai menyebabkan air dalam reservoir radiator bergolak

Saya menggunakan alat ini untuk mengetahui temperatur mesin secara digital dan dilengkapi dengan alarm : http://katalog.tangomotor.com/web/Up...f_Fame.html#12

Kalo oli muncrat dari dipstick oli itu saya rasa bukan pengaruh dari temperatur mesin yang tinggi, tp memang sudah ada kebocoran kompressi yang lumayan besar, solusinya ya turun mesin.......

Ada saya lihat yang menarik di : http://katalog.tangomotor.com/web/Up...mber_2011.html, dinamai high speed fan, cocok gak ya diaplikasikan ke Gemini kita?

salam,



sitepujun
Quote:Original Posted By sitepujun
Kalo bro zz yang cerita masalah pergeminian, saya salut deh....kayaknya pengalaman bro zz bersama gemini lebih dahsyat dibanding saya...wkwkwwkk..................

Gini bro, Gemini saya panas hanya di jalan mendaki atau saat ngebut di jalan tol (air dalam tangki reservoir radiator sampai bergolak), kalo hanya di dalam kota saja gak ada masalah meskipun ac on. trus kalo malam, kalo sudah hidup lampu besar, panasnya juga ikut naik kisaran 100 - 108 celsius (alarm sdh berbunyi), tapi tdk sampai menyebabkan air dalam reservoir radiator bergolak

Saya menggunakan alat ini untuk mengetahui temperatur mesin secara digital dan dilengkapi dengan alarm : http://katalog.tangomotor.com/web/Up...f_Fame.html#12

Kalo oli muncrat dari dipstick oli itu saya rasa bukan pengaruh dari temperatur mesin yang tinggi, tp memang sudah ada kebocoran kompressi yang lumayan besar, solusinya ya turun mesin.......

Ada saya lihat yang menarik di : http://katalog.tangomotor.com/web/Up...mber_2011.html, dinamai high speed fan, cocok gak ya diaplikasikan ke Gemini kita?

salam,



sitepujun



wah sama bung sitepu, gem saya klo nanjak n jalan kenceng ditol jg panas, kira 3/4 tp ya tetep saya pakai ga ga pakai brenti2 dulu, mungkin klo lama2 bs bikin head melengkung ya krn panas?
selain kompresi yg udah agak bocor tp saya rasa krn faktr metik jg sih, krn ibaratnya dia dipaksa naik/ kenceng dr rpm bawah, ga kyk manual yg bs diambil ancang2 shif up di rpm tinggi, n rasio gear 3 yang kecil jg agak berat klo buat nanjak,


skalian tanya klo setir goyang pas jalan 100kpj n lebih pa krn sudah waktunya buat spooring n balance velk ya? kira2 kejadian ini udah mulai 1 bln kemarin, ada yg saranin setel baut steer rack tp ga tau tempate dmn?

trims..............
Quote:Original Posted By zamzatikta
pengalaman waktu ngeliad rotaknya om martin plus pompa solarnya, tu pompa solar g bisa lagi diteken coz prssure udah besar, klo mobil ane ane pompa sampe pegel ko kaya g penuh2 ya....heran ane

bgaimana klo yg bgitu om???stater sih nga maslaah klo ada turbonya, langsung greng, pas rusak turbonya, agak rewel dia klo dingin, kaya solarnya g mau turun2, padahal mesin dah goyang. klo dah panas dikit aja, lancar dah tuh, tokcer...


pompa solar manualnya bro martin = masih bagus, jd kl tekanannya sdh tercapai, sdh gak bs diteken2 lg.

pompa solar manualnya bro zamza.... = sdh rusak / sdh bocor, jd diteken2 sampe pegel gak keras2, biasanya sih dibersihin bs bagus lg, tp gak lama, kumat lg.

pompa solar manualku jg rusak, kl diteken2 terus, solarnya merembes lewat sela2 tombol teken pompanya, makanya tak lepas sekalian.

kl ada turbo = gampang start, soalnya turbo menghasilkan tekanan udara yg tinggi, kl tekanannya tinggi berarti ruang bakarnya panas, ini yg bikin gampang start.

kl udah panas = starternya tokcer, karena kl mesin udah panas, berarti ruang bakarnya sdh sgt siap utk membakar solar yg masuk, jd pasti lebih mudah hidupnya, walaupun tanpa turbo. itu analisa ane yg newbie.
Quote:Original Posted By parjo1
kl di geminiku per yg nahan kap bagasinya aku iket pake kawat jemuran, cukup separuh panjang per nya.

ini aku kasih contoh gambar per, dan cara ngiket kawatnya.



aku ikutin cara om gak bisa bisa malah nutup lagi...gak ngrti saya...gmna yah om ajarin dong,...,itu di kasih kawat jemurannya 1 per doang apa dua"nya?
aduuuuhhh saya itu bosan sekali yah ke bengkel mulu dah kerjanya lama malah ngoceh mlu...jajan banyak hasil gk optimal...
ada gak sih caranya biar AC gemini saya itu dingin terus,hembusannya kenceng dan gk tiap bulan gk ganti rumah saklar krna kebakar mlu..
please sharingnya butuh bgt...mohon bantuannya...saya harus apa?
Quote:Original Posted By yosella
aku ikutin cara om gak bisa bisa malah nutup lagi...gak ngrti saya...gmna yah om ajarin dong,...,itu di kasih kawat jemurannya 1 per doang apa dua"nya?



ngiketnya bagasi kanan kiri / dua-duanya, kl masih blm oke, ngiket pernya agak dibanyakin, perhatikan gambarnya lebih teliti lg, siapa tau ada yg kurang.

Quote:Original Posted By yosella
aduuuuhhh saya itu bosan sekali yah ke bengkel mulu dah kerjanya lama malah ngoceh mlu...jajan banyak hasil gk optimal...
ada gak sih caranya biar AC gemini saya itu dingin terus,hembusannya kenceng dan gk tiap bulan gk ganti rumah saklar krna kebakar mlu..
please sharingnya butuh bgt...mohon bantuannya...saya harus apa?


kl rumah saklar kebakar terus, berarti arus listrik yg masuk ke saklar terlalu besar, cara spy rumah saklarnya gak kebakar lg.

*dr saklar jgn langsung menggerakan kipas blower / kipas kondensor ac / magnetic clutch ac, tapi dr saklar menggerakan relay kipas blower / relay kipas kondensor ac / relay magnetic clutch ac. dijamin aman tuh saklar, krn arus yg besar skrg diambil alih oleh relay.

Talking 

Quote:Original Posted By sitepujun
Kalo bro zz yang cerita masalah pergeminian, saya salut deh....kayaknya pengalaman bro zz bersama gemini lebih dahsyat dibanding saya...wkwkwwkk..................

Gini bro, Gemini saya panas hanya di jalan mendaki atau saat ngebut di jalan tol (air dalam tangki reservoir radiator sampai bergolak), kalo hanya di dalam kota saja gak ada masalah meskipun ac on. trus kalo malam, kalo sudah hidup lampu besar, panasnya juga ikut naik kisaran 100 - 108 celsius (alarm sdh berbunyi), tapi tdk sampai menyebabkan air dalam reservoir radiator bergolak

Saya menggunakan alat ini untuk mengetahui temperatur mesin secara digital dan dilengkapi dengan alarm : http://katalog.tangomotor.com/web/Up...f_Fame.html#12

Kalo oli muncrat dari dipstick oli itu saya rasa bukan pengaruh dari temperatur mesin yang tinggi, tp memang sudah ada kebocoran kompressi yang lumayan besar, solusinya ya turun mesin.......

Ada saya lihat yang menarik di : http://katalog.tangomotor.com/web/Up...mber_2011.html, dinamai high speed fan, cocok gak ya diaplikasikan ke Gemini kita?

salam,



sitepujun


wekekekekee,ane share pengalaman apes aja kok om, menjaga supaya teman2 tidak mengalami hal yg sama, (padahal karena gobloknya saya sendiri)

kliatanya emank karena mesinnya terlalu dpaksa deh om, ato emang udah bocor yak?

ane seh udah tenang klo maslah mesin,bener2 lancar jaya, cumana klo mau mendaki daki ato balap-balap dikit, ga da turbo,ga pede klo g ada bunyinya.

tp klo lampu nyala naik ya suhuna?,....klo mesin ane mau pake AC, LAMPU, sound, lampu tembak, blas ga naik sama sekali suhunya stabiiil terus dikit aja naik juga gak...tenanglah okoknya.

klo mobil ntu bengkel sebelum ane dateng niatnya emang udah diancurin , mau direstorasi lagi katanya, g tau udah jadi atau belum...mesin nya walopun kaya gitu yg ane heran gak pernah mogok klo dibuat narek mobil lain, narik mobil2 seberat blazer juga g pake mandeg2 tancap terus, ga tau diapain ntu mobil,

maslah kipas, ane mau tanya juga deh, ane pernah dikasih tau temen ane yg hobi trooper klo mesin diesel bagusnya pake fan yg pake kopling, maksudnya yg ngikutin tarikan gas, jadi ga ake switchnya suhu, semakin dalem gas semakin kencang, ada yg tau ga mengenai ini ya poro sesepuh???

Quote:Original Posted By parjo1
pompa solar manualnya bro martin = masih bagus, jd kl tekanannya sdh tercapai, sdh gak bs diteken2 lg.

pompa solar manualnya bro zamza.... = sdh rusak / sdh bocor, jd diteken2 sampe pegel gak keras2, biasanya sih dibersihin bs bagus lg, tp gak lama, kumat lg.

pompa solar manualku jg rusak, kl diteken2 terus, solarnya merembes lewat sela2 tombol teken pompanya, makanya tak lepas sekalian.

kl ada turbo = gampang start, soalnya turbo menghasilkan tekanan udara yg tinggi, kl tekanannya tinggi berarti ruang bakarnya panas, ini yg bikin gampang start.

kl udah panas = starternya tokcer, karena kl mesin udah panas, berarti ruang bakarnya sdh sgt siap utk membakar solar yg masuk, jd pasti lebih mudah hidupnya, walaupun tanpa turbo. itu analisa ane yg newbie.


gini brow, IMHO

bro pompa ane baru loh, yg lama emang bocor pas di sela-sela tombol teken itu plus ringan klo yg ini agak berat tapi kayaknya ngisinya dikiiiit bgt, mulainya gara-gara kehabisan solar n masuk angin, ada triknya gak bro ngatasin hal ini?, ane pake pompa solarnya panther.


Quote:Original Posted By yosella
aduuuuhhh saya itu bosan sekali yah ke bengkel mulu dah kerjanya lama malah ngoceh mlu...jajan banyak hasil gk optimal...
ada gak sih caranya biar AC gemini saya itu dingin terus,hembusannya kenceng dan gk tiap bulan gk ganti rumah saklar krna kebakar mlu..
please sharingnya butuh bgt...mohon bantuannya...saya harus apa?


gini brow, IMHO

Pindah bengkel sebelum telat, cari tukang spesialis AC mobil yg jago...hehehehe, kurang dinginnya gimana bro??? klo boil ane seh as cuaca panas terik emank agak kurang dingin, pasti pake setelan 3 terus secara sedan kecil catnya item pula (kaya oven), tp klo udah agak sorean udah adem di setelan 2. pindah bengkel aje bro klo bengkel ente bacrit...

rumah sakalr itu rumah sekring yak???kebakar gitu broww??

klo betul, menurut ane urut kabel atu2 om, siapa tau pas jalan, periksa relay2, ga mahal kok, tp y itu ribet repot n klo g jago yg betulin jengkelnya tujuh turunan....hati2 maslah perkabelan brow, harga ndak maslah dibandingkan jengkelnya....hehehheeh

sabar brow, blum jinak emank itu gemni, klo udah jinak ngangenin kok,hehehe

SALAM DAMAI NUBIE
ZZ

eh lua klo ada yg ngalamin pans mendadak di jalan brenti aja, liat aja langsung kipasnya, klo mati g usah dipaksain deh, nyesel ntar, mobil dah tua, n cil. headnya gemini emank g sekuat mesin diesel isuzu yg lain, jadi dieman ajalah ya brow....

Rotaks, panas mesin, dll

Pengalaman nubie:

1. Soal rotaks. Rotaks membantu kalau kondisi injector pump sudah kurang jos karena pemakaian dan usia. Sebelum pasang rotaks pastikan tidak ada keborocan solar di body di injector pump dan pila masuk solar ke nosel. Jika setelah pemasangan rotaks terjadi kebocoran di injector pump berarti paking/seal ada yg lemah, sebaiknya diperbaiki dulu. Jika stelah pemasangan rotaks terjadi start awal pincang dengan asap putih berarti nosel defect dan bocor sehinga ruang bakar basah solar. Hasil positif pemakaian rotaks bisa dilihat dari respon mesin lebih ringan, suara mesin lebih halus, dan asap berkurang. Mengapa lebih ringan dan suara jadi halus? Itu karena injector pump yg biasanya nyedot sekarang ada yg bantuin jadi sedotannya enteng, alhasil beban berkurang, flow solar kencang jadi ya respon mesin jadi ikutan enteng. Kenapa lebih irit? Karena dalam kondisi tekanan injector pump kurang pengabutan nosel juga kurang, dengan pengabutan yg sempurna pembakaran jadi efisien dan efektif. Bicara desain, dari awal pabrikan sudah mengatur tekanan injector pump agar sesuai dengan nosel dan kebutuhan mesin sehingga mesin bisa mencapai peak performance-nya baik dari tenaga maupun efisiensi bahan bakar. Jadi pemasangan rotaks adalah bukan untuk meningkatkan performance tapi memperbaiki kondisi fuel pressure yang kurang sehingga efisiensi mesin membaik. Mengapa rotaks yg dilewati solar lebih cepat rusak dibanding yg dilewati bensin? Ada kandungan air dalam solar sehingga menimbulkan kondensasi dan deposit pada rotaks. Dimana rotaks dipasang? Perhatikan dimana rotaks tersebut dipasang di mobil aslinya, jika di ruang mesin berarti bisa pasang di situ jika di luar ruang mesin ya pasang di luar ruang mesin. Ini terkait dengan desain rotaks apakah bisa tahan di lingkungan yg panas atau tidak, karena kalau dirancang untuk ditaruh di kolong terus kita pasang di ruang mesin yg sempit dan panas ya jadi pendek umurnya. Sebelum atau sesudah filter? Nah ini masalahnya, selain faktor panas, yg mempercepat kerusakan rotaks adalah kondensasi air yg terkandung dalam solar, jadi sebaiknya setelah fuel sedimenter/handpump atau kalau di mobil ex luar sesudah handpump/fuel filter.

2. Soal panas mesin. Mesin diesel gemini jt sensitif terhadap panas terutama di bagian cylinder head. Jadi kalau cyl head sudah kurang bagus biasanya mobil kena panas kronis tiap ada beban running--menanjak atau kecepatan tinggi.

Di gemini jt yg satu nubie belum lama ini mengalami air radiator habis karena slang buntu bocor, dari tebet sampai tg priok tanpa air radiator, untung tol lancar jadi nubie tarik pembuka kap mesin supaya kapnya mumbul dikit dan angin masuk lewat sela kap mesin... temperatur dijaga tidak lebih 1/2... kecepatan dijaga 70-80 kpj, air radiator ga bergolak. Nyampe priok didiemin ajah diparkiran, waktu mau pulang baru slang diganti dan diisi air... alhamdulillah balik normal laghee...

Di gemini jt yg matic dalam perjalanan kalibata-tg priok oli habis gara2 dipstick tidak terpasang dg benar shg oli nyemprot keluar, selepas tebet suara mesin berubah, respon mesin agak melambat, temperatur mesin ga berubah, lha dipikirnya turbo jebol karena dari rumah ditelepon olinya bocor... malem mau pulang dicek, lhaa... dipstick ga nempel... olinya abis... diisi 2 liter penuh--berarti kalau di dipstick habis di mesin masih ada sekitar satu literan. Distater dijalanin dibawa pulang... alhamdulillah masih normal jalan kian kemari...

Di gemini jt nubie yg matic dulu juga pernah ngalamin temperatur naik sampai 3/4 waktu nyasar ke gunung di daerah Bandungan, Ambarawa. Air tetep anteng ga bergolak, setelah lewat daerah tanjakan temperatur kembali normal. Di kesempatan lain mengalami temperatur tau2 naik 1/2 lebih karena e-fan mati, air radiator bergolak... hadoohh... begitu adem dicek air di radiator kurang banyak, diisi air diidupin... alhamdulillah normal.

JT matic nubie sejauh ini liwat cipularang atw jalur selatan temperatur normal, kecuali kalo cruising 120 kpj, naik dari 1/4 ke 1/3, nah kalo lari 130-140 jadi 1/2... Transmisi matic memang berat dan kurang gigi, jadi wajar bikin temperatur naik. Nah sekarang ga pernah lagi ngebut di tol kalo pake yg matic rata2 lari 70-80 ajah... enak santai, sambil nyupir bisa ngapa2 in...

Kuncinya, waspada jika temperatur naik terus apalagi jika tidak tahu apa penyebabnya. Sebaiknya berhenti dan diperiksa dulu sehingga tidak berakibat fatal...

Yg perlu diinget juga karena mobil dan instalasi listriknya udah tua, indikator panas mesin seringa ga akurat, kadang tinggi padahal ga panas2 amat, kadang cuma 1/2 tapi air mendidih... Gemini2 jt yg nubie pake skarang ada yg normalnya 1/5, ada yg 1/4, ada yg 1/2 kurang. Yg 1/5 naik sampe 2/3 ga bergolak airnya, yg 1/2 kurang kalo idle lama di jalan macet malah turun ke 1/4... dasar mobil hasil prakarya...

salam nubie,
bp
Quote:Original Posted By zamzatikta


maslah kipas, ane mau tanya juga deh, ane pernah dikasih tau temen ane yg hobi trooper klo mesin diesel bagusnya pake fan yg pake kopling, maksudnya yg ngikutin tarikan gas, jadi ga ake switchnya suhu, semakin dalem gas semakin kencang, ada yg tau ga mengenai ini ya poro sesepuh???



gini brow, IMHO

bro pompa ane baru loh, yg lama emang bocor pas di sela-sela tombol teken itu plus ringan klo yg ini agak berat tapi kayaknya ngisinya dikiiiit bgt, mulainya gara-gara kehabisan solar n masuk angin, ada triknya gak bro ngatasin hal ini?, ane pake pompa solarnya panther.



kipas radiator yg pake kopling kl gak salah namanya visco fan, trus kl ngikutin putaran mesin / makin digas makin kenceng, biasanya itu dipasangnya pake belt drive / tali karet, disambung ke puly mesin, jd gak pake setrum muterin kipasnya.

kl ngatasin pompa solar yg gak keras2, biasanya aku buka baut 10 yg ada disamping tombol teken, baut yg buat buang angin, aku teken2 sampe ada solar yg keluar lewat baut tsb, setelah keras, br bautnya dikencengin lg.



ini ada cuplikan tentang pompa solar :
"Pompa solar pake tangan sebanyak kurang lebih 5 kali. Kalau tekanan terakhir pompa semakin keras, artinya masih baik.

Kalau dipompa tidak juga keras, masalahnya akan mengakibatkan mesin sedikit drop, dicopy dr : http://www.otomotif.web.id/toyota-ki...esel-a253.html

Talking 

Quote:Original Posted By parjo1
kipas radiator yg pake kopling kl gak salah namanya visco fan, trus kl ngikutin putaran mesin / makin digas makin kenceng, biasanya itu dipasangnya pake belt drive / tali karet, disambung ke puly mesin, jd gak pake setrum muterin kipasnya.

kl ngatasin pompa solar yg gak keras2, biasanya aku buka baut 10 yg ada disamping tombol teken, baut yg buat buang angin, aku teken2 sampe ada solar yg keluar lewat baut tsb, setelah keras, br bautnya dikencengin lg.



ini ada cuplikan tentang pompa solar :
"Pompa solar pake tangan sebanyak kurang lebih 5 kali. Kalau tekanan terakhir pompa semakin keras, artinya masih baik.

Kalau dipompa tidak juga keras, masalahnya akan mengakibatkan mesin sedikit drop, dicopy dr : http://www.otomotif.web.id/toyota-ki...esel-a253.html


Udah bos, kebetulan 2x mobil ane masuk angin, gitu terus, tp ko g keras keras juga ya kaya punya om martin, pertama dipasang sih emang bkeras pas masuk angin kedua kalinya ane coba lagi udah muncrat juga solarnya, trs buka baut (g tau baut apaan, kunci 14 klo ga salah waktu itu, di sebelah kiri atas dari mesin dari sisi kita) yg di mesin juga sampe
luber, t tetep aja g isa kaya punyaknya om martin, y gitu klo pagi2 kayak masuk angin terus akhirnya, tp klo udah panas dikit ajah udah g maslah,pas jalan juga g ada gejala brebet-brebet, ato emng g cocok ya unya panther di gemini???

SALAM DAMAI NUBIE
Quote:Original Posted By zamzatikta
Udah bos, kebetulan 2x mobil ane masuk angin, gitu terus, tp ko g keras keras juga ya kaya punya om martin, pertama dipasang sih emang bkeras pas masuk angin kedua kalinya ane coba lagi udah muncrat juga solarnya, trs buka baut (g tau baut apaan, kunci 14 klo ga salah waktu itu, di sebelah kiri atas dari mesin dari sisi kita) yg di mesin juga sampe
luber, t tetep aja g isa kaya punyaknya om martin, y gitu klo pagi2 kayak masuk angin terus akhirnya, tp klo udah panas dikit ajah udah g maslah,pas jalan juga g ada gejala brebet-brebet, ato emng g cocok ya unya panther di gemini???

SALAM DAMAI NUBIE


baut buat buang anginnya, itu nempel dipompa solar manual om, persis disamping selang input / output solar, dan dibawah tombol yg utk neken2 pompanya, bautnya baut 10.

kayaknya sdh saatnya dicoba pake rotax om, tuh diatas jg udah dijelasin ama pak ketum igl, bagaimana kehebatan rotax, dijamin gak rugi om, cuma keluar duit Rp 150rb, semua masalah / keluhan tentang solar, bablas angine..... kekeke..... jgn lupa ganti selang solarnya pake yg transparan, biar kelihatan aliran solarnya.

ane jg udah buktiin, nikmatnya pake rotax, saking nikmatnya kadang sampe lupa, kl geminiku udah tua, maunya nyalip aja, kl ada mobil lain didepannya, abis mantep banget sih tenaganya.

rack steer

para master gemini...minta infonya dong....

kali aja agan-agan disini ada yg tau/liat jual gemini tahun 90an keatas lokasi sekitar semarang....

PM ane ya gan....
ane cari blm ada yg cocok nih......
(budget jg terbatas gan...)


www.pengenpunyagemini.com
Para om dan agan sekalian....

Nubie mohon ijin bergabung di sini....
mohon maaf sebelumnya, karena saya minat banget punya gemini turbo diesel, jadi saya banyak menyimak pembahasan tentang gemini turbo diesel di sini....

selama ini saya selalu pakai mobil eropa, mulai dari peugeot 504, 505 gti, mercedes mini th 76, sekarang masih ada mercy mini 69 dan kijang kapsul... dimana kapasitas mesin di atas 1800 dan 2000cc.... untuk kenyamanan jempol ke atas.... untuk konsumsi bbm, jempol jadi kebalik deh...

saya jatuh hati gemini turbo diesel, waktu di cucian mobil ketemu bapak2 pengguna gemini turbo dieselth 90 kondisi muluuuusssss.... dan saya pikir sekarang saatnya rasional, dimana mobil harus mudah dirawat dan irit bbm...

mohon arahan dan petunjuk dari para sesepuh disini, hal apa saja yang harus diperhatikan kalau akan meminang sedan gemini turbo diesel, karena hari minggu rencana ketemuan seorang pemilik gemini turbo diesel untuk test drive dan transaksi....

terima kasih
salam hormat dari nubie
bigfab