KASKUS

Poll: SBY Atau SOEHARTO

This poll is closed View Polling Result
SBY 33% (863 votes)
SOEHARTO 67% (1769 votes)
Voter: 2632 Back to polling
Ternyata banyak yang memilih rezim Pak Harto.
Quote:Original Posted By zizaalidaf
Yang Pilih Suharto tuh GOBLOK

Jelas" sukarno yg milih indonesia dikelola org pribumi,, eeh malah sama suharto indo dibuka blak"an sm org asing.
investasi(modal) boleh dari asing, tp eksekusix harus pribumi donk.
dulu banyak org buta huruf, kalo org skrg udah pada pinter ngaskus.
dikira makmur sm suharto, pdhl biayax dr utang, pemerintahan setelah suhartolah yg kualahan nglunasinx.
gara" dulu gak transparan, rakyat dibikin BODOH dengan harga murah


Eiits terserah kl agan pengagum Soekarno, tapi sejak 1955 Soekarno udah ga beres juga tuh

jangan buta karena nama besar dan kisah romantisme perjuangan kemerdekaan saja

masa akhir pemerintahan Soekarno jadi megalomania, kebiri parlemen dan pengen jadi Pemimpin Besar Revolusi


Kata siapa Soekarno anti asing? mungkin awalnya ya, tapi akhir-akhir doi deket juga sama J.F. Kennedy

Eisenhower diludahin ama Soekarno, soalnya pendekatan salah. JFK sebagai sesama mata keranjang tentu tahu jalan pikir dan keinginan Soekarno

Buktinya,mata2 AS yg tertemba kjatuh waktu membantu PRRI/PERMESTA yg tadinya ga bakal dilepasin akhirnya dibalikin di tuker dengan squadron Hercules

Bukannya jaman Eisenhower jg bs AS kasih Hercules?

Soekarno jg dekat dengan Uni Sovyet di akhir masa kepemimpinannya

Dia juga mendepak Bung Hatta, padahal menurut ane yg tau mengorganisasi negara secara administratif ya Bung Hatta ini

Sokarno pas sebagai agitator dgn politik mercusuar saat itu, sedangkat Hatta bekerja dalam diam membangun ekonomi

Tapi Soekarno terlena dan mungkin ga setuju arah pembangunan yg dituju Hatta, dia pengen tetep gembor2 ala politik mercusuar, supaya kelihatan kuat. Padahal rapuh


Titik balik di 1965 boleh dibilang perang spionase skala internasional, AS gandeng Soeharto, USSR gandeng Soekarno

Menurut salah satu kajian ilmiah, "pilihan" AS sebenarnya adalah A.H. Nasution tapi Nasution tidak punya keberanian dan wibawa untuk 1 on 1 denga n Soekarno

dan Soeharto lah yg berani, serta akhirnay dipilih AS sebagai partner


Pemerintahan Soeharto sendiri sebenernya pendekatan represif dan sensor ala komunis, cuma sambil bilang anti komunis.

Golkar partai tunggal (de facto)
Intel dimana2
Ideologi tunggal Pancasila
Militer sebagai kekuatan politik dominan
Media disensor ketat
TVRI sebagai televisi propaganda
Tidak ada kebebasan bicara
Semua PNS adalah "agen" pemerintah
Secara nyata, yg mewujudkan sosok "Pemimpin Besar Revolusi" ya S0eharto, jauh lebih berhasi ldr Soekarno yg mencetuskan


Tapi karena banyak deal dengan AS maka dibiarin aja dia (sampe 1997)

Kesalahan Soeharto adalah sewaktu memimpin dia berpikir bakal berkuasa selamanya dan sistem ala dia bakal bertahan.

Seandainya dia berpikir untuk perlahan berganti sistem seperti RRC, komunis didalam , kapitalis keluar.. mungkin kita masih jadi macan Asia


Yg pengen tahu lebih dalam ttg akhir Orla dan pemerintahan Orba coba cari buku:

"A Nation in Waiting"
wah ane mah belum brani milih bos? krn belum slse zaman sby nyae om
keren keren tuh

fakta yg bagus gan

maju terus indonesia

:iliveindonesia
Tuh angka yang naik udah dihitung sama inflasi belom om???
Quote:Original Posted By van jokja

Spoiler for panjang:

macan asia ???, macan kertas iya...
Bung Hatta di depak ?? berbeda paham , beliau lebih memilih mengundurkan diri, diluar itu mereka sahabat sejati.
Soekarno deket ma asing ? deket JFK ? kenapa ? JFK itu berbeda dngn "US" , makanya dia di singkirkan.. btw di akhir hayat JFK di jadwalkan bertemu seorang 'jendral' dari Indonesia..
Soekarno seorang megalomania ?? Negara muda seperti Indonesia di perlukan seorang diktor yg kuat n bervisi tajam seperti bung Karno, ketika bersusah payah merebut Irian Jaya(papua) karena tau ada kekayaan alam yg luar biasa untuk negara ini..tapi di jual murah ma "you know who "lah demi kerabat asing n kerabat diri(keluarga)
Soekarno adalaha visioner Bangsa terhebat , beliau tau negara ini tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan asing tapi beliau berpikir cara yg tepat agar bangsa ini tidak tergantungan, kontrak2 karya dgn asing yg mewajibkan prs. asing tuk membantu org2 Indonesia dpt mengolah sendiri nantinya.makanya ketika Bung karno mengajak Barat tuk membantu tapi mereka pny syarat2 yg bisa merugikan Indonesia, maka bung Karno mencoba ke Timur.

ohya politik mercusuar, menghasilkan produk2 yg ampe skrg hasil yg masih kita banggakan sampe hari ini ..senayan n HI.

even soeharto juga membuktikan bahwa negara ini mang perlu tangan besi (diktator) perbedaannya adalah Soeharto demi keluarga n kerabat, Soekarno demi bangsa dan negara.

seorang Pemimpin sejati bisa di liat cara dia legowo turun dari jabatannya. kerusuhan 98 itu kerusuhan ketidak ikhlasan 'you know who'

kenapa jaman skrg susah, itu adalah efek stlh Indonesia terlepas efek narkoba Orba. makanya ktia hrs bersakit2 dahulu aja biar 'sehat' dan 'sembuh' dari narkoba orba


Semanya Ada Sisi Positif dan negatifnya,.
Soeharto = aman tentram tpi Dalamnya ancur
SBY = Ekonomi (y) , tpi masalah Korupsi Masih Banyak yg Berkliaran.

Cukup Mental Bangsanya Aja Yang diubah Jangan Cuma NGELUH to'..Jangan cuma Mencari kesalahan org lain,Bercermin pada Diri Sendiri Aja
gw mana aja bos yang penting bisa sejahterakan rakyat n ga ada demo2 anarkis
yang paling lucu sampe nduduki mcdonald ? padahal mereka kl mau begaya jg nongkrong di Mcdi?
Quote:Original Posted By rap34star

macan asia ???, macan kertas iya...
Bung Hatta di depak ?? berbeda paham , beliau lebih memilih mengundurkan diri, diluar itu mereka sahabat sejati.
Soekarno deket ma asing ? deket JFK ? kenapa ? JFK itu berbeda dngn "US" , makanya dia di singkirkan.. btw di akhir hayat JFK di jadwalkan bertemu seorang 'jendral' dari Indonesia..
Soekarno seorang megalomania ?? Negara muda seperti Indonesia di perlukan seorang diktor yg kuat n bervisi tajam seperti bung Karno, ketika bersusah payah merebut Irian Jaya(papua) karena tau ada kekayaan alam yg luar biasa untuk negara ini..tapi di jual murah ma "you know who "lah demi kerabat asing n kerabat diri(keluarga)
Soekarno adalaha visioner Bangsa terhebat , beliau tau negara ini tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan asing tapi beliau berpikir cara yg tepat agar bangsa ini tidak tergantungan, kontrak2 karya dgn asing yg mewajibkan prs. asing tuk membantu org2 Indonesia dpt mengolah sendiri nantinya.makanya ketika Bung karno mengajak Barat tuk membantu tapi mereka pny syarat2 yg bisa merugikan Indonesia, maka bung Karno mencoba ke Timur.

ohya politik mercusuar, menghasilkan produk2 yg ampe skrg hasil yg masih kita banggakan sampe hari ini ..senayan n HI.

even soeharto juga membuktikan bahwa negara ini mang perlu tangan besi (diktator) perbedaannya adalah Soeharto demi keluarga n kerabat, Soekarno demi bangsa dan negara.

seorang Pemimpin sejati bisa di liat cara dia legowo turun dari jabatannya. kerusuhan 98 itu kerusuhan ketidak ikhlasan 'you know who'

kenapa jaman skrg susah, itu adalah efek stlh Indonesia terlepas efek narkoba Orba. makanya ktia hrs bersakit2 dahulu aja biar 'sehat' dan 'sembuh' dari narkoba orba




Bung Hatta mundur karena tahu diri

Banyak tokoh yg ingin melengserkan Soekarno, bahkan Tan Malaka dan pernah diutarakan pada (kl tidak salah ingat) Syahrir

Tapi jawaban Syahrir (kira2) :

"Kalau kau punya 10% saja dari wibawa Soekarno aku akan mendukungmu"

Jadi Hatta yg berseberangan dalam menentukan kebijakan memilih mundur karena TIDAK AKAN MENANG DIMATA RAKYAT bila dianggap menentang Soekarno


Ane ga bilang proyek mercusuar ga perlu, tapi sudah cukup dan harus memulai pembangunan yg lebih terencana

Soekarno megalomania, yg ga bisa ngelihat berarti ga objektif

He WAS a great leader and lead us to our independence
He WAS a great leader who made others recognize Indonesia

Tapi tetep diakhir masa kepemimpinannya sudah berantakan

Semboyan-semboyan Marhaenisme tidak segera diimplementasi. Kemana rancangan jaminan sosial?kesehatan?pendidikan?

Bisa saja dengan beragam alibi seperti tekanan asing dan permainan politik antar negara, TAPI pemimpin mana yg nggak dapat tekanan yg sama?

Tanya orang-orang yg mengalami, bagaimana kondisi ketersediaan pangan dimasa akhir pemerintahannya?

Kalau pendapat ane tiap pemimpin ada peran sendiri, saat mereka ga tau bahwa peran mereka seharusnya sudah selesai maka tinggal tunggu saja kejatuhannya

Soekarno terlalu besar kepala (saat akhir) merasa mampu menjembatani ideologi-ideologi dan kekuatan yg ada disini saat itu

Pancasila, Sosialisme, Komunisme, Kapitalisme, Islam (sbg ideologi), Kristen (sbg ideologi), TNI dll

Soeharto lebih pragmatis, awalnya hanya mendoktrinkan Pancasila pake kekuatan TNI

Saat dirasa tidak cukup Soeharto merangkul kekuatan politik Islanm dia naek haji, dia bentuk ICMI, penulisan Kompialsi Hukum Islam

Dr dilarang pakai jilbab disekolah, sampe mengakui ijazah pesantren

NO SARA, tp itu kalkulasi politik : agama Islam plg banayk penganutnya di Indonesia



Soekarno berjabat tangan dengan Sovyet , Soeharto bergandeng tangan dengan AS

They both are great player, but Soeharto played his cards masterfully, and he won



Soeharto dan Soekarno sama-sama dikator
Yg Soekarno cita-citakan menajdi Pemimpin Besar Revolusi, Soeharto yg benar-benar berhasil mewujudkannya


Nasibnya pun sama, diturunkan oleh rakyat

Some of us loves both of them, some loves one of them. Tapi yg pasti mereka berdua pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah kita sampai saat ini


Kaitannya dengan trit ini, kalau banyak yg belum paham

Soekarno hebat dan kuat, sampai 20 tahun baru mulai menurun dan jatuh

Soeharto kuat dan membangun, sampai 32 tahun saat dia menurun dan lengser

SBY ckup 2 (berjalan) periode untuk membuat perbedaan. Perbedaannya adalah, 5 tahun pertama oke dan cukup baik, 3 tahun periode ke dua acak-acakan dan ga jeals kebijakannya

Namun bila disuruh memilih Soekarno, Soharto atau era sekarang (bukan terpatok SBY) ane bakal yakin bilang :

ANE PILIH ERA SEKARANG, SETIAP WARGA BISA BERPARTISIPASI DALAM MEMBANGUN

TIDAK ADA GUNANYA MENGHAYAL MASA LALU KEMBALI LAGI

walaupun dalam keterbatasan kapasitas masing-masing, ditambah keterbatasan istem yg belum baik

cinta ama pemimpin soharto gan....
apa2 aman...
kagak kyk jaman sekarang....byk reman
ane mau komen apa, yang jelas di sini banyak pro dan kontra. ada yang bilang penjilat laah.. ada yang bilang baik lah... berkaca pada diri sendiri aja... percuma berdebat kusir tapi gak ada solusi yang jelas.. mulai dari diri sendiri.. mau buat rakyat indonesia berpikiran maju itu sulit pikiran nya mau nya yang enak tanpa memberikan kontribusi buat negara, mematuhi pemerintah,... semua sudah bawaan dari jaman penjajahan dulu... ane rasa buat apa bikin thread yang membanding-bandingkan pemerintah tapi gak ada kontribusi dari diri sendiri, pikiran itu jangan cuma berkoar-koar..

#noflame #justopinion

:handshake
Quote:Original Posted By degi007
seperti agan bahas utang pemerintah 70 Miliar & Swasta 65 sedangkan kuropsui yang di lakukan soeharto sebesar 35 Miliar US


Kira2 TS bisa nunjukin bukti korupsinya soeharto ga ya??
Tunjukin donk, biar semua rakyat Indonesia tau...
Setuju gan. Udah saatnya kita berfikiran maju, bukan dikit-dikit minta subsidi, atas nama rakyat lah segala macam. Sadar gak, rakyat Indonesia itu terlalu MANJA dan (sorry ya gan) mental pengemis. Dikit-dikit ngambek, anarkis, maunya dimanja mulu, giliran produktifitas NOL. Pengennya hidup cuman tidur-tiduran trus apa2 serba murah. Negara maju itu rakyatnya produktif, solutif, dan berdaya juang, bukan nambah masalah.
aku pilih SBY gan
buat intermezzo dikit gan...
Spoiler for piye kabare:


Spoiler for piye kabare:
memang orang indonesia itu goblok2 banget udah goblok bangga lagi & nyaman dengan pengetahuan mereka yg minim. jaman soeharto indonesia tuh ancur banget ampir mirip korut, ngak ada kebebasan pers, menentang pemerintah dikit langsung dieksekusi, ngak ada transparansi dalam pemerintahan, memang harga barang murah2 tapi utang negara membludak. coba dong baca sumber2 lain selain sejarah yg disuapin di bangku sd-sma, semuanya udah di rekayasa abis2an. gw pernah baca di sebuah buku kalo di jaman orba total korban dr kekejaman soeharto setara dengan korban zaman penjajahan belanda, KOK KITA NGAK TAU??? ya karena dia menguasai TNI yg bergerak kaya preman ngak punya aturan yg nga bungkam pasti mati!!! gw bilang keluarga cendana itu beruntung nga di musnahkan oleh rakyat seperti ghadafi sama sadam husein, meskipun jaman skrg susah senganya kita sekarang merasakan kebebasan pers, sistem pemerintahan yg (mulai) agak transparan, kebebasan beragama (terutama kaum tionghoa, yg banyak didiskriminasi jaman orba), pertumbuhan ekonomi yg meningkat juga akses ke dokumen2 sejarah yg dulu sengaja di tutupi! DONT BE PROUD OF YOUR IGNORANCE!!!!
tp jaman suharto aman gan...

ga kek skrg, ane takut fpi gan..

keamanan emg tinggi harganya gan..

just share my opinion..
Semua ada sisi baik buruknya gan. Kalo ane mending no comment dah










TrueSONE was Here, Be Happy
ane bingung

beda jaman beda pemerintahan
setau ane sih jaman soeharto itu cepet tanggep masalah koruptor
×