Poll: Pernahkah anda memakan pepaya california ?

pernah 32% (69 votes)
belum pernah 40% (88 votes)
pernah dan punya tanamanya 12% (26 votes)
pernah dan berminat menanamnya 16% (36 votes)
Quote:Original Posted By hamsyix
update paya dirumah...





sama2 calina tapi kok yang satu buahnya bulet2 yaks.. padahal daunya sama ada kuncungnya


weh,,om kucing doyan pepaya jugaa yaaa
maap ane numpang nimbrung gan, soalnya dulu pas masih jadi mahasiswa sering banget bantuin Almh Prof. Sriani Sujiprihati di Lab

Quote:Original Posted By delictum
punya sy kena kutu putih. .
tp ud d atasi dg semprot kanon. .
dan sekarang lg tahap berbunga. .

kutu putih banyak menyerang pas musim kemarau gan, buat ngilanginnya disemprot dulu pake air sabun biar lapisan lilinnya ilang, baru bisa pake insektisida seperti biasa, kalo gak gitu susah banget

Quote:Original Posted By hamsyix
update paya dirumah...





sama2 calina tapi kok yang satu buahnya bulet2 yaks.. padahal daunya sama ada kuncungnya

fotonya gak muncul -photobucket di-block di kantor ane-

kalo pepaya kan ada 3 jenis kelaminnya, jantan, betina, sama hermafrodit. kalau jantan jadinya bunga pepaya gantung -> obat darah tinggi -> gak jadi buah
hermafrodit buahnya oval/lonjong, sesuai genotipe -> kalau callina yang panjang seperti biasa di pasaran-> kualitas buahnya lebih oke
betina-> buah bulat-> kualitas tidak sebaik hermafrodit, tapi bijinya lebih sedikit, separuh rongga atas biasanya kosong, gak ada bijinya, jadi makannya lebih enak. cuman ya buahnya gak terlalu manis, trus tipis.

pada beberapa kondisi pohon hermafrodit bisa mengeluarkan bunga betina, dan sepertinya kondisi ini yang agan alami..

Quote:Original Posted By whend82
met malem om joe. Daun pohon pepaya saya kok jadi rada kuning2 yah??? padahal rasanya gak kurang unsur N.
apakah kena hama?


kalau kuning kemungkinan drainasenya kurang bagus gan, tanahnya kemungkinan terlalu banyak kandungan liatnya jadinya airnya sering tertahan -> kalau dibiarin biasanya daunnya trus pada rontok

Quote:Original Posted By whend82
Calina itu pepaya galur lokal om


sayang perakit varietas ini (Prof. Sriani Sujiprihati) udah tenang di alam sana (dosen favorit ane nih gan)

Quote:Original Posted By doploh
gan ane pernah beli pepaya bangkok, kalau ane ambil bijinya terus ane tanem, hasilnya gmn ya?? apakah pohonya balal berbuah sama kayak pepaya yg ane makan??


tergantung gan, kalau pepaya hibrida-> keturunannya bermacam-macam, dan gak sebagus yang agan makan
kalau pepaya hermafrodit (buah lonjong) -> 1/2 jadi hermafrodit, 1/4 jadi betina dan yang pasti 1/4 ga bakal tumbuh (lethal)

dimana bisa jual hasil panen pepaya california?

Saya punya kira2 200 batang pepaya california sudah mulai berbuah, dimana saya bisa jual hasil panennya gan? Mhn infonya Suwun.....
Quote:Original Posted By msajir
Saya punya kira2 200 batang pepaya california sudah mulai berbuah, dimana saya bisa jual hasil panennya gan? Mhn infonya Suwun.....


coba tawarin ke pedagang2 buah yg dijalan2 dulu aja om...maw qo pasti
Quote:Original Posted By msajir
Saya punya kira2 200 batang pepaya california sudah mulai berbuah, dimana saya bisa jual hasil panennya gan? Mhn infonya Suwun.....


lokasi dimane gan? kalau 200 pohon udah banyak lho, kalau ke satu dua pedagang buah di jalan agak kerepotan, takut gak keserap semua. coba ente hubungi agen buah di pasar aja.
Quote:Original Posted By mastauf
maap ane numpang nimbrung gan, soalnya dulu pas masih jadi mahasiswa sering banget bantuin Almh Prof. Sriani Sujiprihati di Lab


kutu putih banyak menyerang pas musim kemarau gan, buat ngilanginnya disemprot dulu pake air sabun biar lapisan lilinnya ilang, baru bisa pake insektisida seperti biasa, kalo gak gitu susah banget


fotonya gak muncul -photobucket di-block di kantor ane-

kalo pepaya kan ada 3 jenis kelaminnya, jantan, betina, sama hermafrodit. kalau jantan jadinya bunga pepaya gantung -> obat darah tinggi -> gak jadi buah
hermafrodit buahnya oval/lonjong, sesuai genotipe -> kalau callina yang panjang seperti biasa di pasaran-> kualitas buahnya lebih oke
betina-> buah bulat-> kualitas tidak sebaik hermafrodit, tapi bijinya lebih sedikit, separuh rongga atas biasanya kosong, gak ada bijinya, jadi makannya lebih enak. cuman ya buahnya gak terlalu manis, trus tipis.

pada beberapa kondisi pohon hermafrodit bisa mengeluarkan bunga betina, dan sepertinya kondisi ini yang agan alami..



kalau kuning kemungkinan drainasenya kurang bagus gan, tanahnya kemungkinan terlalu banyak kandungan liatnya jadinya airnya sering tertahan -> kalau dibiarin biasanya daunnya trus pada rontok



sayang perakit varietas ini (Prof. Sriani Sujiprihati) udah tenang di alam sana (dosen favorit ane nih gan)



tergantung gan, kalau pepaya hibrida-> keturunannya bermacam-macam, dan gak sebagus yang agan makan
kalau pepaya hermafrodit (buah lonjong) -> 1/2 jadi hermafrodit, 1/4 jadi betina dan yang pasti 1/4 ga bakal tumbuh (lethal)


Wah mastahnya turun tangan... jd pepaya itu bagusan yang lonjong yah gan daripada yg bulat... thx udh share ilmunya
Quote:Original Posted By sagie
Wah mastahnya turun tangan... jd pepaya itu bagusan yang lonjong yah gan daripada yg bulat... thx udh share ilmunya


sama sama gan . iya, gan yang hermafrodit lebih bagus daripada yang betina. beberapa genotipe meskipun hermafrodir bentuk buahnya mendekati bulat juga, misalnya tipe hawaii
selamat siang payalovers...

siang2 minum SEGER...
Quote:Original Posted By joehuns
selamat siang payalovers...

siang2 minum SEGER...


aduh lama g makan paya jadi ngiler nih. ini bukan callina deh gan, lebih ke paya tipe solo aka hawai tapi kayaknya.
Quote:Original Posted By mastauf
aduh lama g makan paya jadi ngiler nih. ini bukan callina deh gan, lebih ke paya tipe solo aka hawai tapi kayaknya.


yang penting seger om :
Quote:Original Posted By joehuns
yang penting seger om :


beberapa temen ane gak demen pepaya yang dijus om. katanya bau e*k.
Quote:Original Posted By mastauf
beberapa temen ane gak demen pepaya yang dijus om. katanya bau e*k.


saya juga ga begitu demen om
Wong tanpa dijus udah nikmat...
Quote:Original Posted By joehuns


saya juga ga begitu demen om
Wong tanpa dijus udah nikmat...


Om Joehuns numpang tny dong beberapa pohon paya sy sepertinya sakit yahh... daunnya mulai menguning.. trs rontok, ada beberapa malah sudah mati. Knp yah, apa karena busuk akar atau gmn? Pohon yg sudah berbuah pun sepertinya gt, selain daunnya menguning, buahnya pun kelihatan kriput...??? solusinya?
Quote:Original Posted By sagie
Om Joehuns numpang tny dong beberapa pohon paya sy sepertinya sakit yahh... daunnya mulai menguning.. trs rontok, ada beberapa malah sudah mati. Knp yah, apa karena busuk akar atau gmn? Pohon yg sudah berbuah pun sepertinya gt, selain daunnya menguning, buahnya pun kelihatan kriput...??? solusinya?


sepertinya penyakitnya sama kaya paya om when om, daun kuning...

kayanya si faktor lembab om
gejalanya daun coklat/kuning n buah di ujung panggkal membusuk...

emg rata2 klo musim hujan gejalanya itu om..
Quote:Original Posted By joehuns


sepertinya penyakitnya sama kaya paya om when om, daun kuning...

kayanya si faktor lembab om
gejalanya daun coklat/kuning n buah di ujung panggkal membusuk...

emg rata2 klo musim hujan gejalanya itu om..


Ok om, tengkyu.
Cek kulkas yah ada yg seger2
Quote:Original Posted By sagie
Ok om, tengkyu.
Cek kulkas yah ada yg seger2


thx om sagiee...
selamat pagi...
weh, qo sepi yaaa....
seminggu yang lalu, akhirnya pepaya saya masuk polybeg besar
yg berisi cocopeat dan sekam + kotoran sapi matang ..............
karena yang mindah suruhan, ga tahu kalau dikasih telepong sapi
jadi saya siram air campur nutrisi, akibatnya besok paginya, daun
banyak yang berubah putih dan rontok .....
selanjutnya saya kasih air sumur banyak2 agar nutrisinya hilang,
dan sampai sekarang saya cuma kasih air sumur .... lumayanlah
sudah kembali seger meski banyak kehilangan daun .................

untuk memacu pertumbuhan yang terlambat karena telat mindah
media tanam, sehingga pepaya saya "masih kuntet", dengan cara
apa ya ?
semai sejak awal Des 2011 alias ± 4 bulan, batangnya masih sebesar
pensil (lebih dikit) ......

ditunggu tips-nya
Quote:Original Posted By pdo3004
seminggu yang lalu, akhirnya pepaya saya masuk polybeg besar
yg berisi cocopeat dan sekam + kotoran sapi matang ..............
karena yang mindah suruhan, ga tahu kalau dikasih telepong sapi
jadi saya siram air campur nutrisi, akibatnya besok paginya, daun
banyak yang berubah putih dan rontok .....
selanjutnya saya kasih air sumur banyak2 agar nutrisinya hilang,
dan sampai sekarang saya cuma kasih air sumur .... lumayanlah
sudah kembali seger meski banyak kehilangan daun .................

untuk memacu pertumbuhan yang terlambat karena telat mindah
media tanam, sehingga pepaya saya "masih kuntet", dengan cara
apa ya ?
semai sejak awal Des 2011 alias ± 4 bulan, batangnya masih sebesar
pensil (lebih dikit) ......

ditunggu tips-nya
Quote:bingung