M5SAvatar border
TS
M5S
[Tips dan Trik] Beginilah Adab Makan Seorang Muslim
Sedikit ripos dari thread ElRaden.

Quote:


Sebenarnya Islam telah datang sebagai agama yang sempurna, yang tidak saja mengatur tata cara beribadah kepada Allah (hubungan dengan Sang Pencipta), namun juga mengatur hubungan dengan sesama, makhluk hidup lain, lingkungan, maupun hubungan terhadap diri sendiri.

Salah satu aturan dalam Islam yang berkenaan dengan hubungan terhadap diri sendiri adalah adab/aturan cara makan dan minum. Rasulullah shollallohu ‘alayhi wa ‘alaa aalihi wa sallam bersabda,

“Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Bukhari no. 5376 dan Muslim 2022)

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian makan dengan tangan kirikarena syaitan itu juga makan dengan tangan kiri.” (HR Muslim no. 2019).

Spoiler for Tambahan:


Sebagian besar kita mungkin sudah mengetahui dan sering mendengar tentang hadits di atas. Namun, dalam tataran implementasi, sering ane dapetin seorang muslim yang masih memakai tangan kiri ketika makan atau minum.

Berbagai dalih dan alasan mungkin bisa kita angkat sebagai pembenar tindakan tersebut (makan/minum dengan tangan kiri). Namun pernahkah kita mencoba mencari dalih atau alasan untuk membenarkancara makan/minum kita supaya sesuai dengan ajaran (aturan) Islam ?

Di sini ane sekedar mau share seputar trik menyiasati cara makan kita agar dapat sesuai dengan hadits di atas.

Berikut beberapa alasan kita makan/minum menggunakan tangan kiri:

1.\tMakan dengan tangan kanan (tanpa alat makan), sementara minum dengan tangan kiri. Alasan : tangan kanan kotor dengan bekas/sisa2 makanan, makanya memegang gelas untuk minum memakai tangan kiri.

Spoiler for Solusi:


2.\tMakan dengan sendok dan garpu, di mana garpu di tangan kiri dan terkadang dipakai untuk memasukkan lauk (misal: daging/sayur, wortel, dll) ke mulut.

Spoiler for Solusi:


3.\tMakan steak atau puding (pisau di tangan kanan, garpu di tangan kiri).

Spoiler for Solusi:


4.\tMakan gorengan (ngemil) dengan tangan kanan, sementara memegang dan memakan cabe (sebagai pasangan gorengan) dengan tangan kiri.

Quote:


Spoiler for Solusi:


5.\tMinum di gelas yang memakai sedotan, dan memegang sedotan dengan tangan kiri.

Spoiler for Solusi:


6. Minum / makan sambil berkendara (mengendarai sepeda/menyetir mobil), tangan kanan memegang kemudi / setir sedangkan tangan kiri memegang gelas (botol) minum / makanan (roti, dsb)

Spoiler for Solusi:


7.\tKidal.

Spoiler for Solusi:


8.\tTangan kanan sakit/buntung

Spoiler for Solusi:


Intinya, selama kita memiliki kemauan dan sedikit 'memaksa' diri, sesuatu yang tadinya sulit dan merepotkan akan menjadi mudah dan terbiasa.

Bagi agan2/sis yang mau kasih masukan dalih/alasan berikut solusinya yang laen, silahkan dishare juga.

Silahkan kunjungi juga thread ane yang laen

Quote:



tata604
tata604 memberi reputasi
1
24.1K
213
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan