KASKUS

Quote:Original Posted By aan_vx
malam agan-agan skalian,

mau tanya busi yang bener untuk elantra tu yg seri apa ya?
pas ganti busi di bengkel, dikasih NGK BP7ES, tapi kok di manual book tu BPR6ES-11.. yang bener yg mana ya gan, minta bantuannya,
trus kalo ternyata yg saya pake salah, apakah berbahaya buat mesin?apa harus segera diganti,
tengkyu


Bahaya buat coil gan, terutama kalau kabel businya 0R (tanpa resistor)

yg benar ya yang ada di manual itu.

Kalau saya pakai ND.
Quote:Original Posted By jeandavid
gan hacker,, mau tanya mobil ane itu klo hidupin ac kaya ny agak berat yah tarikan mesin ny,,
tapi klo itu ac udh dingin dikabin terus kaya ada apa gitu yang mati tarikan enteng lagi kaya ga pake ac padahal angin dari ac masih keluar, terus klo itu hidup lagi (kaya otomatis nyala hidup)(kaya suara mesin) mesin berat lagi, kirakira tau ga itu kenapa gan ? thx


Kalau nyala hidup itu karena thermostat AC sudah tercapai temperatur yang disetel gan.

Kalau berat bisa dari mesin atau dari compressor.
Quote:Original Posted By Hacker360
Kalau nyala hidup itu karena thermostat AC sudah tercapai temperatur yang disetel gan.

Kalau berat bisa dari mesin atau dari compressor.


klo dari mesin kenapa yah gan ?

tapi ini klo ga pake ac enteng gann, lepas banget gituuu,,
klo pake ac kaya ada yang ngerem tarikan ny

apa kompresor nya kali yahh,, kira2 yang harus di betulin/ganti apa yah gan ? thx
Quote:Original Posted By jeandavid
klo dari mesin kenapa yah gan ?

tapi ini klo ga pake ac enteng gann, lepas banget gituuu,,
klo pake ac kaya ada yang ngerem tarikan ny

apa kompresor nya kali yahh,, kira2 yang harus di betulin/ganti apa yah gan ? thx


Mesinnya kalau idle masih nak turun tidak gan?
Quote:Original Posted By Hacker360
Mesinnya kalau idle masih nak turun tidak gan?


ngga gan biasa aja normally, pake ac juga ngga naik turun

cuma waktu itu emng ane pernah ganti idle servo pakai punya eterna,, pengaruh ga gan yah ?
Quote:Original Posted By jeandavid
ngga gan biasa aja normally, pake ac juga ngga naik turun

cuma waktu itu emng ane pernah ganti idle servo pakai punya eterna,, pengaruh ga gan yah ?


Harusnya tidak pengaruh, kemungkinan compressor bermasalah.
Quote:Original Posted By Hacker360
Waktu ganti TB pulley-pulleynya diganti juga gan?


enggak Suhu, montirnya ga nyuruh ganti, ane jg ga bgitu paham kl hrus ganti....(mlh was2 waktu ganti...tkut membengkak dananya....), krena pulley2nya y gan....kra2 brpa duit y gan harga pulleynya n ada brapa bh?..tq
Quote:Original Posted By lanangwe
enggak Suhu, montirnya ga nyuruh ganti, ane jg ga bgitu paham kl hrus ganti....(mlh was2 waktu ganti...tkut membengkak dananya....), krena pulley2nya y gan....kra2 brpa duit y gan harga pulleynya n ada brapa bh?..tq


Bisa dari puley atau timing belt terlalu tegang.

Harga pulleynya semua sekitar sekitar 300 - 400 rb an, ada tiga buah. btw kemarin timing belt kecilnya diganti juga?
Quote:Original Posted By Hacker360
Biasanya ada yang bocor gan.


kira2 cek ac u kebocoran atau servis bea nya brapa y Gan...., ane parno klo ke bengkel ac, sdh 2x ke bengkel ac, pertama wktu cek freon ,komennya jd bikin meringis, dibilang fan nya sdh lemah,hrus ganti, 750rbu ktanya harga fan, tp ane ga mau wktu itu, yg kedua x nya dibilang kompresornya sdh ga bgitu maksimal kerjanya, pdahalwaktu itu cm kbel ke kompresor yg lepas, yg ada soket magnetnya,....y bgitulah Gan.....tq
Quote:Original Posted By Hacker360
Harusnya tidak pengaruh, kemungkinan compressor bermasalah.


pm replied gan,,

makasih banget info ny nih gann hacker

Quote:Original Posted By Hacker360
Bisa dari puley atau timing belt terlalu tegang.

Harga pulleynya semua sekitar sekitar 300 - 400 rb an, ada tiga buah. btw kemarin timing belt kecilnya diganti juga?


mahal jg y Gan u pulleynya...., waktu itu ga ganti Gan tb kecilnya, sempet dicek tp ktanya msh bgus.....
Quote:Original Posted By lanangwe
mahal jg y Gan u pulleynya...., waktu itu ga ganti Gan tb kecilnya, sempet dicek tp ktanya msh bgus.....


Bunyinya bisa juga dari tutup timing belt yang kurang benar masangnya.
Quote:Original Posted By Rifly
Wah kayaknya sih rada susah cari Elan yang tanpa PR gan, secara mobil sudah berumur. Kalaupun ada, bisa jadi gak dilepas di bawah 40jt
Emang Elan-Elan yg udah disurvey separah apa gan ?
Kalo dulu ane hunting Elan, udah nyiapin budget buat ngerjain PR.
Tapi siapa tau agan beruntung, selamat hunting.

Betul gan...kalo si elan normala ane yakin orang males jual...klo ane dapet dlu menurut ane dia jual gara2 pusing soal rpm naik turun klo ac nyala...sampe2 dibuatin vacum segala buat idle up...ane rasa juga yg punya dulu sudah putus asa...he...soalnya klo dikit2 ke beres bisa2 jebol di dompet...soalnya saya dlu ttanya di beres ja ISC harganya 2,4jt..he..sapa yg gak garuk2 kepala gan...saya ja garuk2 jg gara2 pusing....tapi gara2 temen2 dsni dan pencerahan agan2 dsni...he..gak garuk2 lg tapi senyum manis....rencana dlu beli buat sementara sekarang keliatane ane sayang jualnya...soalnya nyaman banget...he...klo naik Si nia walaupun baru he...klo jalan rusak yg belakang ngantuk jadi bangun...klo pake ela...sebelume ngantuk jadi pules mpe ngorok2 malah....he...bukan ane yg ngrasain gt,emak ama babe ane jg bilang gt....istri ja seneng klo pake ela....he.... (sorry gan lebay sedikit...ni cerita soal pengalaman ane)he....
Quote:Original Posted By jeandavid
ngga gan biasa aja normally, pake ac juga ngga naik turun

cuma waktu itu emng ane pernah ganti idle servo pakai punya eterna,, pengaruh ga gan yah ?


keliatane gak pengaruh gan....ni pengalaman ane kemarin....punya ane trottle valve nya punya elan ane waktu beli khn agak amburadul....mgkn saking pusingnya bengkel yg dlu gara2 rpm naik trun mpe SAS (speed Adjusting Screw)
ato biasa kita bilang setelan angin2nya thu di lem alteco keliatane...jadi yg seharusnya di puter ma obeng bisa ni mpe tak ketok2...tak coba tak kasih oli,tak kasih Es...tak celupin air panas(pengalaman di kapal gan klo nyopot bushing rocker arm susah ane gitukan...memanfaatkan perbedaan massa jenis dan pemuaian bahan)he.. (semua sensor kayak IPS,TPS,ISC ane copot semua) tetep ja gak bisa...ane jengkel trus ane pukulin dikit2 tetep gak kena...Ya udah ane jengkel ane cari2...dapet disurabaya Punyaknya ETERNA...Sama gan...cuma dsni untuk selang vacum ada 3..klo di ela khn cuma 2..jadi ane tutup yg satunya...ma lubang buat trotle valve punya eterna lebih besar diameternya dari pada ela...klo punya ela dia berbentuk kayak venturi (Kayak pada di sepeda motor-diameternya mengecil di tengah)..tapi untuk yang lainnya sama persis gan...jadi klo agan2 mau ganti trotle valve satu set pake punya eterna bisa....soalnya ane sudah nyoba dan sekarang ane make itu...ma dinding2 nya ane Brasso..biar licin,sapa tau ngaruh di performa walaupun efeknya kecil...he...(iseng2 gan dari pada nganggur gak da kerjaan dirumah)he... maaf gan klo ada yg salah mohon dimaklumi....ni juga ane masih belajar...
Quote:Original Posted By lanangwe
kira2 cek ac u kebocoran atau servis bea nya brapa y Gan...., ane parno klo ke bengkel ac, sdh 2x ke bengkel ac, pertama wktu cek freon ,komennya jd bikin meringis, dibilang fan nya sdh lemah,hrus ganti, 750rbu ktanya harga fan, tp ane ga mau wktu itu, yg kedua x nya dibilang kompresornya sdh ga bgitu maksimal kerjanya, pdahalwaktu itu cm kbel ke kompresor yg lepas, yg ada soket magnetnya,....y bgitulah Gan.....tq


ane beli motor fan di Atrium Senen 250rb gan (tergantung nego), cari aja toko Champion.
Quote:Original Posted By jeandavid
gan hacker,, mau tanya mobil ane itu klo hidupin ac kaya ny agak berat yah tarikan mesin ny,,
tapi klo itu ac udh dingin dikabin terus kaya ada apa gitu yang mati tarikan enteng lagi kaya ga pake ac padahal angin dari ac masih keluar, terus klo itu hidup lagi (kaya otomatis nyala hidup)(kaya suara mesin) mesin berat lagi, kirakira tau ga itu kenapa gan ? thx


maaf ya gan, saya rasa sih normal aja namanya mesin pada saat ketambahan beban kompressor AC pasti berasa tambah berat. Yang penting idlenya stabil.
Didalam kabin kan ada termostat yang fungsinya membatasi suhu ruang. Kalau suhunya sudah mencapai kedinginan sesuai setelan termostat, maka termostat akan mengirim sinyal ke clutch kompresor untuk berhenti bekerja. Akibatnya mesin berkurang bebannya. Demikian selanjutnya termostat akan terus memantau suhu kabin, jadi beban mesin berasa berubah-ubah sesuai kondisi kompresornya aktif atau ngak.
Yang bahaya justru kalau setelan termostatnya terlalu rendah, suhu setelan tidak pernah tercapai akibatnya kompresor nyala terus dan bakalan cepat jebol.
Quote:Original Posted By john129
mohon maaf ijinkan saya ikut gabung. saya baru beli mobil elantra tahun 95 matic baru 2 minggu. mesin ok. tapi kalo dibuat jalan dari ban sebelah kiri depan kalo di bawa jalan di tol sekitar 80k/j trus lepas gas ban kiri depan terasa bergetar dan mobil juga goyang. kira2 kenapa ya mas-pak. kemarin saya bawa kebengkel katanaya as roda bengkok, apa pengaruhnya ke sana ya? saya masih awam banget sama mobil ini jadi pas nyari di google nemu situs kaskus ini jadi langsung daftar.
trus tadi pagi saya nyalakan lampu aki kok masih nyala ya? biasanya nggak. trus saya buka kap mesin ada asap dari dinamo amperenya. kira2 kalo ganti dinamo amperenya mahal nggak yah???
terima kasih bantuannya


Lampu aki nyala kemugkinan aki tekor. Setau ane harga dinamo ampere yang ori baru bisa kena 1.5 - 1.8jt. Tapi ada yg nurah merk Mando buatan Korea juga, gak sampe 1jt. Kalo dulu ane service dinamo ampere di belakang pasar/pertokoan batu aki Jatinegara kena 350rb hasilnya memuaskan sampai sekarang.
Quote:Original Posted By Hacker360
Bahaya buat coil gan, terutama kalau kabel businya 0R (tanpa resistor)

yg benar ya yang ada di manual itu.

Kalau saya pakai ND.

Wah ane baru tau mengenai hal ini, thank gan Hacker. Kayaknya ane harus periksa jenis busi yang lagi dipake si Elan nih. :
Quote:Original Posted By Hacker360
Bunyinya bisa juga dari tutup timing belt yang kurang benar masangnya.


oh gtu y gan....oh y gan bunyi dengungnya brbanding lurus dgn rpm....
Quote:Original Posted By Rifly
maaf ya gan, saya rasa sih normal aja namanya mesin pada saat ketambahan beban kompressor AC pasti berasa tambah berat. Yang penting idlenya stabil.
Didalam kabin kan ada termostat yang fungsinya membatasi suhu ruang. Kalau suhunya sudah mencapai kedinginan sesuai setelan termostat, maka termostat akan mengirim sinyal ke clutch kompresor untuk berhenti bekerja. Akibatnya mesin berkurang bebannya. Demikian selanjutnya termostat akan terus memantau suhu kabin, jadi beban mesin berasa berubah-ubah sesuai kondisi kompresornya aktif atau ngak.
Yang bahaya justru kalau setelan termostatnya terlalu rendah, suhu setelan tidak pernah tercapai akibatnya kompresor nyala terus dan bakalan cepat jebol.


Gan mau tanya, kl termostat di elan ada setelanya nya jg? posisi termosstat elan didasboard persisnya dimananya y gan....tq
go go