Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RizkyWSaputraAvatar border
TS
RizkyWSaputra
Kenapa RIM Terancam Gulung Tikar?
Seperti yang telah diketahui, bahwa RIM sedang berada dalam situasi yang tidak menyenangkan. Bahkan dalam beberapa tulisan di media-media, perusahaan asal Kanada tersebut diklaim sedang menuju bankrupt. Kenapa hal tersebut terjadi?

1. Market share antara IOS, Android, RIM, Windows Phone 7, Symbian, Palm.




Dapat dilihat, bahwa RIM hanya berada di peringkat ketiga setelah IOS dan Android.

2. Kurangnya inovasi

Peningkatan fitur seperti BlackBerry OS 7.0, layar sentuh dan prosesor 1.2 GHz hanya upaya memaksimalkan yang sudah ada dan dinilai "tidak menciptakan hal baru".

3. Desain membosankan (Relatif)

Desain seperti touchscreen (seri Strom), candybar (seri Pearl) dan clamshell (seri style), tidak dapat dibandingkan dengan desain smartphone pesaing yang semakin sederhana dan terlihat elegan.

4. Aplikasi terbatas

BB world diperkenalkan pada tahun 2009, namun sampai saat ini hanya terdapat 26.000 aplikasi. Bandingkan dengan Android sebanyak 200.000 dan IOS sebanyak 350.000.

5. Aplikasi mahal

Salah satu contoh: game Angry Farm untuk BlackBerry seharga $4.99, sedangkan Angry Birds untuk iOS dan Android hanya $0.99 saja.

6. Dualisme kepemimpinan

Duo CEO, yaitu Mike Lazaridis dan Jim Balsillie. Kepemimpinan dua orang dalam satu perusahaan besar jelas menjadi hal yang penting terkait dengan keputusan-keputusan yang terkait dengan masa depan perusahaan.

7. Turunnya laba

Pada Juni 2011, RIM mengumumkan prediksi laba kuartal pertama 2011. Mereka menjelaskan pendapatan menurun untuk pertama kalinya dalam 9 tahun terakhir, dan mereka juga berencana mengurangi jumlah karyawannya.


Lalu apa saja yang bisa dimaksimalkan oleh RIM?

1. Rombak dualisme CEO

RIM jelas membutuhkan kepemipinan yang memiliki visi jelas, tegas, terencana. Mengutip Financial Post , RIM dikabarkan mempersiapkan salah satu direktur independennya, Barbara Stymiest, sebagai kandidat terkuat CEO baru.

2. Tingkatkan inovasi

BB 10 bisa menjadi senjata untuk menandingi inovasi Android dan IOS. BlackBerry 10 akan menjadi BlackBerry berbasis QNX pertama yang diluncurkan RIM. Tapi, langkah RIM terkesan tidak jelas soal BB 10. Mengutip The Telegraph, RIM menunda peluncuran BB 10 hingga akhir tahun. Alasannya, RIM belum bisa memenuhi kebutuhan chip untuk BB seri terbaru itu. Jadi RIM harus memperjelas informasi keberadaan BB 10 tersebut.

3. Potensi pertumbuhan

BlackBerry playbook pada awal peluncurannya mampu menjual 500.000 buah, tetapi hasilnya belum mampu mengangkut pendapatan perusahaan secara keseluruhan. Pendapatan global RIM juga naik 67% meski bagi sebagian orang nilai-nilai tersebut masih belum cukup untuk RIM. Berapa sebenarnya penurunan nilai saham RIM saat ini ? Di bursa saham Amerika Serikat, saham RIM turun $7.58 menjadi $27.75, sedangkan di bursa saham Kanada RIM turun $7.13 menjadi $27.24.

4. Jual perusahaan

Untuk mengembalikan kejayaan BlackBerry, tampaknya ini merupakan opsi yang paling mungkin dan mudah dilakukan RIM. Apalagi, saat ini ada tiga perusahaan yang menyatakan tertarik. Di tahun 2012, saham RIM diperkirakan akan semakin terpuruk, pasar BlackBerry bakal semakin jatuh, juga pendapatannya. Tampaknya, exit strategy yang paling mudah bagi CEO baru RIM (jika memang ada) adalah dmenjual saham atau merger dengan perusahaan lain.

Buat para BB user, tidak usah khawatir karena banyak perusahaan lain yang mau menyelamatkan RIM.

Quote:





(Dikutip dari berbagai sumber)


Menerima cendol dengan segala ukurannya..emoticon-Toast

Atau dikasih emoticon-Rate 5 Starbiar rame..
0
1.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan