KASKUS

WoooW Gan....Ini Dia Obyek Wisata Religius Indonesia......!!

Bantu Rate Dulu Gan
Spoiler for Hot Thread:

Quote:Quote:Obyek Wisata Religius Indonesia


Quote:Quote:Akhir-akhir ini semakin banyak orang mengalami stres. Tingginya tuntutan hidup dan semakin padatnya aktivitas menjadi salah satu penyebab terjadinya stres, ringan maupun berat. Biasanya stres bermula dari kejenuhan pikiran yang kemudian terakumulasi sehingga menjadi akut. Tiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasi stres atau kejenuhan pikiran tersebut. Bagi sebagian orang, rekreasi atau tamasya merupakan salah satunya.

Biasanya, setelah berwisata kita akan merasa segar dan siap untuk kembali menekuni aktivitas sehari-hari. Namun, sebenarnya kita bisa memperoleh manfaat lebih dengan melakukan rekreasi. Melalui wisata religi, selain menyegarkan pikiran, kita juga bisa menambah wawasan bahkan mempertebal keyakinan kita kepada Sang Pencipta.
Wisata religi dimaknai sebagai kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus bagi umat beragama, biasanya berupa tempat ibadah, makam ulama atau situs-situs kuno yang memiliki kelebihan. Kelebihan ini misalnya dilihat dari sisi sejarah, adanya mitos dan legenda mengenai tempat tersebut, ataupun keunikan dan keunggulan arsitektur bangunannya.
Potensi wisata religi di negara kita sangatlah besar. Hal ini dikarenakan sejak dulu Indonesia dikenal sebagai negara religius. Banyak bangunan atau tempat bersejarah yang memiliki arti khusus bagi umat beragama. Selain itu, besarnya jumlah penduduk Indonesia, dimana hampir semuanya adalah umat beragama, merupakan sebuah potensi tersendiri bagi berkembangnya wisata religi.


Quote:Quote:Berikut ini merupakan sebagian contoh tempat wisata religi yang ada di Indonesia

Quote:Quote:Taman Wisata Iman Dairi

Quote:Taman Wisata Iman atau yang lebih akrab disebut dengan TWI teletak di Sitinjo, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

TWI merupakan tempat wisata religius. TWI bukan hanya mewakili salah satu agama saja yang diakui di Indonesia melainkan semua agama. Mewakili yang dimaksud adalah bahwa dalam TWI terdapat berbagai bangunan-bangunan yang duanggap bersejarah bagi pemeluk agama masing-masing. Mulai dari tempat peribadatan hingga miniatur bangunan yang dianggap bersejarah dan mengenangkan peristiwa-peristiwa penting bagi pemeluknya.

Wikipedia


Quote:
Spoiler for Taman Wisata Iman:


Spoiler for Taman Wisata Iman:


Spoiler for Taman Wisata Iman:


Spoiler for Taman Wisata Iman:


Spoiler for Taman Wisata Iman:


Spoiler for Taman Wisata Iman:





Quote:Quote:Gua Maria Lourdes Sendangsono

Quote:Sendangsono adalah tempat ziarah Goa Maria yang terletak di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Gua Maria Sendangsono dikelola oleh Paroki St. Maria Lourdes di Promasan, barat laut Yogyakarta.

Sendangsono terletak beberapa kilometer dari jalan raya, masuk ke jalan yang lebih kecil, dibeberapa tempat jalan rusak sedikit tetapi mobil sedan masih bisa lewat dengan mulus dan jalan turun naik lumayan tinggi.

Memasuki jalan menuju lokasi seperti biasa di kiri kanan terdapat penjual barang-barang rohani, anda mungkin bisa membeli lilin atau jerigen atau botol berbentuk patung Bunda Maria untuk menyimpan air Sendangsono.

Tempat ini ramai dikunjungi peziarah dari seluruh Indonesia pada bulan Mei dan bulan Oktober. Selain berdoa, pada umumnya para peziarah mengambil air dari sumber. Mereka percaya bahwa air tersebut dapat menyembuhkan penyakit.
Catatan terkait memperlihatkan, Sendangsono awalnya merupakan tempat pemberhentian (istirahat sejenak) para pejalan kaki dari Kecamatan Borobudur Magelang ke Kecamatan Boro (Kulon Progo), atau sebaliknya. Tempat itu banyak dikunjungi karena keberadaan sendang (mata air) yang muncul di antara dua pohon sono.

Wikipedia


Quote:
Spoiler for Sedangsono:


Spoiler for Sedangsono:


Spoiler for Sedangsono:


Spoiler for Sedangsono:


Spoiler for Sedangsono:


Spoiler for Sedangsono:


Spoiler for Sedangsono:


Quote:Quote:Gua Maria Tritis

Quote:
Gua yang tadinya angker kini berubah menjadi tempat favorit para peziarah. Keindahan gua yang berhiaskan stalagtit dan stalagmit berukuran besar dapat menjadi sarana untuk merenungkan betapa kecil dan lemahnya manusia di hadapan Sang Pencipta. Ada juga lorong-lorong kecil yang terdapat di beberapa tempat dalam gua ini. Sebuah patung Maria berukuran besar dengan gambaran Maria khusyuk berdoa ditempatkan di tengah gua. Nuansa alami dan sederhana gua ini juga tampak pada altar perjamuan kudus, yang terletak di samping patung Maria. Altar ini terbuat dari batu alam yang diambil dari lokasi gua. Tempat duduk pun sangat sederhana, beralaskan hamparan karpet yang mulai usang. Kesederhanaan ini sama sekali tidak mengurangi kekhusukan umat yang sedang berdoa.

Kompasiana


Quote:
Spoiler for Gua Maria Tritis:


Spoiler for Gua Maria Tritis:


Spoiler for Gua Maria Tritis:


Spoiler for Gua Maria Tritis:


Spoiler for Gua Maria Tritis:


Spoiler for Gua Maria Tritis:

Quote:Quote:Astana Giribangun

Quote:Astana Giribangun adalah sebuah mausoleum bagi keluarga mantan presiden Indonesia ke-2, Suharto. Lokasinya berada di sebelah timur kota Surakarta, Indonesia, tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, sekitar 35 km dari Surakarta.

Obyek wisata ini merupakan kompleks makam yang dibangun di atas bukit Ngaglik dengan luas kurang lebih 4,3 hektar di Kabupaten Karanganyar.

Kompleks pemakaman Astana Giribangun ini dibangun pada tahun 1974, dan diresmikan pada tanggal 23 Juli 1976.

Astana Giribangun terletak di atas bukit dengan pemandangan alam yang indah, dan dikelilingi pepohonan rindang sehingga membuat suasana menjadi sejuk. Dari kompleks pemakaman ini pengunjung juga dapat melihat hamparan sawah yang menghijau. Untuk menuju Astana Giribangun, pengunjung akan melewati jalan berundak-undak yang berkelok dan menanjak.

Wikipedia


Quote:
Spoiler for Astana Giribangun:


Spoiler for Astana Giribangun:


Spoiler for Astana Giribangun:


Spoiler for Astana Giribangun:



Quote:Quote:Masjid Luar Batang

Quote:Masjid Luar Batang merupakan sebuah masjid yang berada di daerah Pasar Ikan, Jakarta Utara. Di masjid ini terdapat makam seorang ulama bernama Alhabib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al 'Aydrus yang meninggal pada tanggal 24 Juni 1756. Nama masjid ini diberikan sesuai dengan julukan Habib Husein,yaitu Habib Luar Batang. Ia dijuluki demikian karena konon dahulu ketika Habib Husein dikuburkan, pada saat digotong ke "kurung batang", tiba-tiba jenazahnya sudah tidak ada. Hal tersebut berlangsung sampai tiga kali. Akhirnya para jama'ah kala itu bermufakat untuk memakamkan beliau di tempatnya sekarang ini. Jadi maksudnya, keluar dari "kurung batang". Masjid ini sering didatangi peziarah dari berbagai pelosok tanah air.

Wikipedia


Quote:
Spoiler for Masjid Luar Batang:


Spoiler for Masjid Luar Batang:


Spoiler for Masjid Luar Batang:


Spoiler for Masjid Luar Batang:


Spoiler for Masjid Luar Batang:


Spoiler for Masjid Luar Batang:


Spoiler for Masjid Luar Batang:




Quote:Quote:Gunung Lanang

Quote:Jangan pernah membayangkan Gunung Lanang serupa dengan lazimnya sebuah gunung yang memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (dpl) atau lebih, dengan hawa sejuk karena pepohonan yang lebat yang tumbuh mengitari kaki gunung. Gunung yang terletak di Dusun Bayeman, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo ini hanyalah sebuah gundukan tanah berkadar pasir tinggi atau berupa bukit kecil di pesisir laut yang ditumbuhi pohon-pohon khas tanah tandus yang menjulang. Pepohonan di bukit yang memiliki luas sekitar 500 m2 ini tertata rapi mengelilinginya. Kendati jarak antara satu pohon dengan pohon lainnya relatif renggang, di bukit ini tampak berserakan rontokan dedaunan yang memenuhi pelataran Astana Jingga, sebuah pelataran di puncak bukit untuk melaksanakan ritual tertentu

Selain menjadi sarana bagi seseorang untuk bertirakat atau bersemedi, upacara-upacara maupun laku spiritual masyarakat setempat yang masih menganut kejawen juga kerap kali diselenggarakan. Terutama, pada setiap malam 1 Suro. Pada tanggal ini, rutin diadakan Ruwatan Agung Tumapaking Laku Suci. Selain warga setempat, prosesi ruwatan massal ini biasanya juga diikuti oleh berbagai kalangan dari luar Kota Wates, Ibu Kota Kabupaten Kulon Progo.

Gunung Lanang terletak 4 km di sebelah barat pos retribusi kawasan wisata alam Pantai Glagah, Dusun Bayeman, Kelurahan Sindutan, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Wisata Melayu


Quote:
Spoiler for Gunung Lanang:


Spoiler for Gunung Lanang:


Spoiler for Gunung Lanang:


Spoiler for Gunung Lanang:


Spoiler for Gunung Lanang:



Quote:Quote:Watu Pinawetengan

Quote:Watu Pinawetengan (yang berarti Batu Tempat Pembagian) yang berada di kecamatan Tompaso kabupaten Minahasa.
Di tempat inilah, sekitar 1000 SM terjadi pembagian sembilan sub etnis Minahasa yang meliputi suku Tontembuan, Tombulu, Tonsea, Tolowur, Tonsawang, Pasan, Ponosakan, Bantik dan Siao. Selain membagi wilayah, para tetua suku-suku tersebut juga menjadikan tempat ini untuk berunding mengenai semua masalah yang dihadapi.
Goresan-goresan di batu tersebut membentuk berbagai motif dan dipercayai sebagai hasil perundingan suku-suku itu. Motifnya ada yang berbentuk gambar manusia, gambar seperti alat kemaluan laki-laki dan perempuan, motif daun dan kumpulan garis yang tak beraturan tanpa makna.

Wikipedia


Quote:
Spoiler for Watu Pinawetengan:


Spoiler for Watu Pinawetengan:


Spoiler for Watu Pinawetengan:


Spoiler for Watu Pinawetengan:


Spoiler for Watu Pinawetengan:
Quote:Quote:Makam Wali Songo

Quote:

Quote:Makam Wali Songo, merupakan bukti dari penyebaran agama Islam di Jawa. Dengan mengunjungi makam para wali ini, kita bisa mengungkap kejayaan Islam di Jawa pada masa lampau. Berikut ini adalah beberapa lokasi makam tokoh umat Islam atau Wali Songo yang bisa dijadikan sebagai wisata religi

Pertama, Sunan Maulana Malik Ibrahim. Lokasi makamnya terdapat di desa Gapura Wetan, Gresik, Jawa Timur.

Kedua, Sunan Ampel atau Raden Rahmat. Lokasi makam Sunan Ampel terletak didalam komplek masjid Jami Ampel di Surabaya.

Ketiga, Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim. Lokasi Makam Sunan Bonang ada dua yakni terletak di desa Bonang, Kecamatan Panyingkiran, Majalengka, Jawa Barat dan di Tuban

Keempat, Sunan Drajat atau Raden Qasim. Lokasi Makam Sunan Drajat dapat ditempuh dari Surabaya maupun Tuban lewat Jalan Dandeles (Anyer-Panarukan). Namun bila lewat Lamongan dapat ditempuh 30 menit dengan kendaran pribadi.

Kelima, Sunan Kudus atau Jaffar Shadiq. Jaffar Shadiq atau Sunan Kudus dimakamkan di Masjid Menara Kudus yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah

Keenam, Sunan Giri atau Raden Paku atau Ainul Yaqin. Lokasi makamnya terletak di desa Giri, Kebomas, Gresik

Ketujuh, Sunan Kalijaga atau Raden Said. Ketika wafat, Sunan Kalijaga dimakamkan di Desa Kadilangu, dekat kota Demak (Bintara). Makam ini hingga sekarang masih ramai diziarahi orang

Kedelapan, Sunan Muria atau Raden Umar Said. Lokasi Makam Sunan Muria di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Ziarah ke makam Sunan Muria yang berjarak sekitar 30 kilometer arah utara dari KMMK (Kompleks Masjid Menara Kudus).

Kesembilan, Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah. Lokasi makamnya terletak di desa Astana kecamatan Cirebon Utara, sekitar 6 km dari Kota Cirebon.


Source


Quote:
Spoiler for Makam Maulana Malik Ibrahim:


Spoiler for Makam Sunan Ampel:


Spoiler for Makam Sunan Bonang:


Spoiler for Makam Sunan Drajat:


Spoiler for Makam Sunan Kudus:


Spoiler for Makam Sunan Giri:


Spoiler for Makam Sunan Kalijaga:


Spoiler for Makam Sunan Muria:


Spoiler for Makam Sunan Gunung Jati:


Quote:Quote:Klenteng Sam Po Kong

Quote:

Quote:Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an".
Disebut Gedung Batu karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu., orang Indonesia keturunan cina menganggap bangunan itu adalah sebuah kelenteng - mengingat bentuknya berarsitektur cina sehingga mirip sebuah kelenteng. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah. Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien. Padahal laksamana cheng ho adalah seorang muslim, tetapi oleh mereka di anggap dewa. Hal ini dapat dimeklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Wikipedia


Quote:
Spoiler for Klenteng Sam Po Kong:


Spoiler for Klenteng Sam Po Kong:


Spoiler for Klenteng Sam Po Kong:


Spoiler for Klenteng Sam Po Kong:


Spoiler for Klenteng Sam Po Kong:


Wisata Melayu
Wikipedia
Google


Quote:Original Posted By modol
ane tambahin dari provinsi paling ujung indonesia ( Mesjid Raya Banda Aceh )

Spoiler for NAD:

Quote:Original Posted By joelakone
Di kediri juga ada gan,namanya gua maria lourdes,ini sebagian pict yang saya dapat,kalo berkenan taruh di page one yah gan
Spoiler for kediri:

Spoiler for kediri:

Spoiler for kediri:

Spoiler for kediri:

Spoiler for kediri:

Spoiler for kediri:

Spoiler for kediri:

Spoiler for kediri:

Spoiler for kediri:

sumber:link

keren gan...lengkap dan jelas infonya,,,,pernah denger tapi belum pernah mampir neh......rate5 done
complete
wohhhhhh ane pernah ke astana giribangun gan,makan pak harto

Rate meluncur

semoga HT
ane pernah ke gua Maria gan
emank tempatnya tenang banget., and sejuk ., pokoknya bikin tenang hati deh khususnya buat yg beragama kristen ato katholik
mantap


ANE SUMPAHIN HT
kapan kapan ane liburan ke sana..
nais share gan.. ane bantu

SEMOGA HT
ada lagi gan, Goa Kereb Ambarawa , Jawa Tengah

Btw, nice post gan

ane Sumpahin HT
Quote:Original Posted By MioLoversss
complete


Quote:Original Posted By Jhonharis


Quote:Original Posted By popeyejunior01
wohhhhhh ane pernah ke astana giribangun gan,makan pak harto

Rate meluncur

semoga HT


Quote:Original Posted By sainthos
ane pernah ke gua Maria gan
emank tempatnya tenang banget., and sejuk ., pokoknya bikin tenang hati deh khususnya buat yg beragama kristen ato katholik
mantap


ANE SUMPAHIN HT


Quote:Original Posted By miftahfahmi
kapan kapan ane liburan ke sana..
nais share gan.. ane bantu

SEMOGA HT


Quote:Original Posted By Kamekame
ada lagi gan, Goa Kereb Ambarawa , Jawa Tengah

Btw, nice post gan

ane Sumpahin HT


lanjut gan

nyumpah smua
waaahhhh keren2 semua yak obyek wisatanya bakal HATE nih thead ane numpang pejwan sekalian
kren gan, mantab banget

Quote:Original Posted By Toxz2710
lanjut gan

nyumpah smua


wah udah banyak yang nyumpahin
ga jadi deh nympahin..

jadi do'ain aja Moga HT
bagus bgt buat yg suka dg supra

ane juga suka supra

kapan ya ane bisa kesana

bakal hot thread nih
ziarah wali songo kok gak masuk...............................







































ane pernah ke sendangsono sma tritis gan.. keren.. :
Tersampaikan gan
Quote:Original Posted By andhikasukma
waaahhhh keren2 semua yak obyek wisatanya bakal HATE nih thead ane numpang pejwan sekalian


mantab gan

Quote:Original Posted By PASUKANISO
kren gan, mantab banget


wah udah banyak yang nyumpahin
ga jadi deh nympahin..

jadi do'ain aja Moga HT




Quote:Original Posted By zheninjas
bagus bgt buat yg suka dg supra

ane juga suka supra

kapan ya ane bisa kesana

bakal hot thread nih


ente pecinta supra ya gan

mantab

Quote:Original Posted By yandhi_gila'
ziarah wali songo kok gak masuk...............................









































kl dibahas tuntas, bs habis pejwan da

Quote:Original Posted By wotwot
ane pernah ke sendangsono sma tritis gan.. keren.. :


wah, ane blom pernah gan

Quote:Original Posted By wewwew0
Tersampaikan gan


thanks udah mampir gan

Talking 

Quote:Original Posted By Toxz2710

kl dibahas tuntas, bs habis pejwan da


itulah gunanya reserved ............

ntuk apdet dan untuk melengkapi ....................

lw reserved kan udah banyak tuh ............