? Trucukan Lover ?



Fans kicau TRUCUKAN mania


Trucukan Lover, yuk sharing dan berbagi disini!

Quote:Warning!
Jaga burung ini dari kepunahan akibat pengambilan berlebihan dari alam, tanpa usaha pengembangbiakkan!!
(ciblek dan burung kacamata sudah berkurang banyak dihabitat aselinya )


Saat ini, di Jakarta pun, burung ini masih kerap dijumpai dipohon-pohon besar pinggir jalan. Tingkat adaptasinya terhadap kota besar, cukup baik. Ditambah lagi, kicaunya yang juga merdu mendamaikan hati



Trucukan adalah burung sejenis kutilang yang dapat mudah ditemukan di seluruh Indonesia bahkan di kota Jakarta Burung ini dapat ditemui di hutan-hutan kota atau pekarangan rumah. Burung ini mempunyai tampilan yang sederhana. Bahkan kalau bisa dikatakan cenderung jelek. Warnanya didominasi putih dan abu-abu. Sayap burung dan ekor berwarna abu-abu kecoklatan sedangkan dadanya berwarna putih kadang ada totol abu-abu. Dieekornya ada warna kuning yang cerah mirip dengan burung kutilang. Kepalanya berwarna putih dengan jambul bergaris hitam yang tegak jika bunyi. Jambul ini juga tegak jika burung ini terkejut atau takut. Ia akan berteriak jika melihat orang yang datang.

Burung ini mempunyai suara yang indah dan ia bisa berteriak croook.. croook....croook karenanya burung ini dinamakan trucukan. Burung ini juga mempunyai jenis suara yakni rovel dan roller. Tidak semua burung mengikuti suara burung lain. Baik jantan dan betina bisa berkicau hanya saja si jantan memiliki variasi kicau yang lebih banyak.

Trucukan bisa menjadi master burung lain seperti burung kenari. murai batu, anis, dan lain sebagainya. Untuk memelihara trucukan tidaklah sulit. Burung ini bisa ditempatkan pada sangkar ukuran sedang saja. Pemberian pakan dapat dilakukan dua kali sehari. Untuk trucukan yang baru ditangkap biasanya perlu penyesuaian untuk memakan voer, Kita dapat memberina buah-buahan seperti pisang kepok atau pepaya. Pisang yang terbaik bagi burung adalah pisang kepok putih. Selain itu burung juga perlu asupan pakan dari hewani atau extra fooding seperti jangkrik, kroto, belalang, dan ulat hongkong. Makanan hewani ini yang mengandung protein yang tinggi.

Perawatan burung juga dilakukan dengan cara memandikan burung. Kita bisa memandikan di kandang khusus yang menyediakan bak mandi. Kemudian burung di jemur di terik matahari pagi. Penjemuran ini bertujuan untuk menghilangkan penyakit di bulu-bulu burung.

Untuk mengambangbiakkan burung ini diperlukan sepasang trucukan. Burung jantan umunya lebih besar dengan suara yang lebih bervariasi. Ciri burungbetina adalah ukuran yang lebih kecil dan suaranya tidak bervariasi.

Sumber:


-
lah gan, soal trucuk yang bisa garuda kagak d tulis?
kalo d semarang ada yang bilang ini cucak rowo jowo(joke antara kicau mania aja).
ane punya satu gan di rumah

biar dikata burung murah tp suaranya bagus juga
nambahin ya gan

Merbah cerukcuk
Merbah Cerukcuk
Status konservasi: Beresiko rendah (lc)
Merbah cerukcuk dari Bali
Merbah cerukcuk dari Bali
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Familia: Pycnonotidae
Genus: Pycnonotus
Spesies: P. goiavier
Nama binomial
Pycnonotus goiavier



Kebiasaan dan Penyebaran

Merbah cerukcuk menyukai tempat-tempat terbuka, semak belukar, tepi jalan, kebun, dan hutan sekunder. Burung ini sering berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun bertengger, dengan jenisnya sendiri maupun dengan jenis merbah yang lain, atau bahkan dengan jenis burung yang lain. Tidur berkelompok dengan jenisnya, di ranting-ranting perdu atau pohon kecil.

Seperti umumnya merbah, makanan burung ini terutama adalah buah-buahan yang lunak. Di pekarangan, burung ini kerap melubangi buah pepaya dan pisang yang telah masak. Selain itu ia juga memangsa aneka serangga, ulat dan hewan kecil lainnya seperti cacing. Merbah cerukcuk menghabiskan waktu lebih lama untuk mencari makanan di atas tanah daripada jenis merbah lainnya.

Berbunyi nyaring dan berisik, cok, cok, ..cok-cok ! ; siulan pendek cuk-co-li-lek.. berulang, terkadang dengan cepat; atau nyanyian bersuara lemah mirip gumam atau gerutuan burung.

Sarang cerukcuk berbentuk cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus, dijalin dengan serat tumbuhan dan menempel pada dahan. Di Jawa Tengah didapati pula sarang yang dibangun di sela-sela buah pisang.

Telur dua atau tiga butir, berwarna keputihan berbintik coklat atau ungu. Tercatat bersarang sepanjang tahun, dengan puncaknya Maret sampai Juni.

Burung ini menyebar luas di Asia Tenggara, Semenanjung Malaya dan Filipina. Di Indonesia didapati di Sumatra dan pulau-pulau di bagian timurnya, Kalimantan, Jawa dan Bali. Diduga diintroduksi ke Lombok dan Sulawesi Selatan. Umum terdapat sampai ketinggian 1.500 m dpl.



SUMBER

Ciri-ciri trucukan jantan dan betina

Spoiler for pict(BWK):



SUMBER
Quote:Original Posted By Cheeers
Spoiler for pict(BWK):



SUMBER



ane punya gan di rumah 2 yang satu ngerol ropel,,,satu nya lagi nembak2,,,ngerol alus
kisaran berapa sih gan harganya... dari yang bakalan dan yang sudah jadi....?
Quote:Original Posted By setelkendow
lah gan, soal trucuk yang bisa garuda kagak d tulis?
kalo d semarang ada yang bilang ini cucak rowo jowo(joke antara kicau mania aja).


ane belum ngerti gan, biar nanti dijelaskan sama pakarnya aja

Quote:Original Posted By Cheeers
ane punya satu gan di rumah biar dikata burung murah tp suaranya bagus juga


om cheeers manteb nih, halaman depan udah komplit sampai masalah sexing segala Kalau boleh jujur, saya memang pecinta burung murah tapi bersuara merdu

Quote:Original Posted By bandIT005
ane punya gan di rumah 2 yang satu ngerol ropel,,,satu nya lagi nembak2,,,ngerol alus


selamat ya gan

Quote:Original Posted By hmd20
kisaran berapa sih gan harganya... dari yang bakalan dan yang sudah jadi....?


kalau yang bakalan, mungkin sekitar 30ribuan. kemarin waktu ke pramuka, yang sudah di pisah dari ombyokan, ditawarkan seharga 90ribu. Kalau di FJB, yang sudah ropel kisarannya 200ribuan.
Quote:Original Posted By PutriAisa

kalau yang bakalan, mungkin sekitar 30ribuan. kemarin waktu ke pramuka, yang sudah di pisah dari ombyokan, ditawarkan seharga 90ribu. Kalau di FJB, yang sudah ropel kisarannya 200ribuan.


ooh ... lagi cari yang bagus tapi murmer kayaknya bisa jadi pertimbangan nih ..
Quote:Original Posted By hmd20
ooh ... lagi cari yang bagus tapi murmer kayaknya bisa jadi pertimbangan nih ..


sangat saya rekomendasi gan, kicaunya bisa serasa Cucak Rowo..

Quote:Original Posted By PutriAisa
sangat saya rekomendasi gan, kicaunya bisa serasa Cucak Rowo..



wow mantap om... boljug nih buat tambah meramaikan aja di rumah biar ada temen ngoceh yang lainnya .... thanks yah rekomendasi dari mastah...
Trucukanku kemasukan suara burung kutilang bisa ilang gag ya? soalnya saya gag suka suara kutulang, pdhl trucukan ane ropell,... ada solusinya ngak agan2 sekalian,...
wah mantap nih,...ada trit trucukan...(ditempat ane juga bisa disebut dengan cucak jawa)....

Quote:Original Posted By PutriAisa


ane belum ngerti gan, biar nanti dijelaskan sama pakarnya aja



om cheeers manteb nih, halaman depan udah komplit sampai masalah sexing segala Kalau boleh jujur, saya memang pecinta burung murah tapi bersuara merdu



selamat ya gan



kalau yang bakalan, mungkin sekitar 30ribuan. kemarin waktu ke pramuka, yang sudah di pisah dari ombyokan, ditawarkan seharga 90ribu. Kalau di FJB, yang sudah ropel kisarannya 200ribuan.



wah, diJKT dah mahal juga ya...ckkckckkc...dimari yg ombyokan masih dibawah 20k.....
udah ane masukin index
dijaga dan diupdate ya threadnya
jangan kek yang lain
Trucukanku dah saya momong 2thnan sebelumnya dah 10Trucukan saya pelihara beli yg sudah mulai bunnyi dan di pisah2in di kios burung langganan, yg lainya saya lepas ada yg saya kasih tetannga atau temen,... klo yg 1 ni special meskipun ada suara kutilangnya, jam 5 pagi udah bangunin orang dengan rovell annya yg keras dan lantang. he9x,... "ini ceritaku, apa ceritamu??"
Quote:Original Posted By goenantoro
Trucukanku dah saya momong 2thnan sebelumnya dah 10Trucukan saya pelihara beli yg sudah mulai bunnyi dan di pisah2in di kios burung langganan, yg lainya saya lepas ada yg saya kasih tetannga atau temen,... klo yg 1 ni special meskipun ada suara kutilangnya, jam 5 pagi udah bangunin orang dengan rovell annya yg keras dan lantang. he9x,... "ini ceritaku, apa ceritamu??"


kemarin ane hunting via online, trucukan yang sudah ropel. keduluan orang terus, kebanyakan udah SOLD btw, emang sih, harusnya ropel gak kemasukan suara kutilang, masing2 punya karakter sendiri2 yang juga punya pemaknaan dalam menikmatinya sendiri2 juga dirumah, saya cuma punya kutilang, malah berharap kemasukan suara ropel-nya trucukan, wkwkwk.. biar saya gak usah beli trucukan lagi
Quote:Original Posted By avodigit
wah mantap nih,...ada trit trucukan...(ditempat ane juga bisa disebut dengan cucak jawa)....

wah, diJKT dah mahal juga ya...ckkckckkc...dimari yg ombyokan masih dibawah 20k.....


dimana tuh gan? kalau harga, Jakarta paling bisa bersaing deh, saya juga bingung di Jakarta harga hewan murah2 banget

karena yang udah jadi, harganya paling 200ribuan, saya milih beli burung yang udah jadi aja deh, maklum gan, gak sempet ngerawat-nya. paling cuma sempet kasih makan dan minum tiap hari aja, wkwkwk...
Quote:Original Posted By avodigit
wah mantap nih,...ada trit trucukan...(ditempat ane juga bisa disebut dengan cucak jawa)....




wah, diJKT dah mahal juga ya...ckkckckkc...dimari yg ombyokan masih dibawah 20k.....


si agan lagi
iya gan, neng semarang juga masih banyak yg ombyokan
Quote:Original Posted By PutriAisa
dimana tuh gan? kalau harga, Jakarta paling bisa bersaing deh, saya juga bingung di Jakarta harga hewan murah2 banget

karena yang udah jadi, harganya paling 200ribuan, saya milih beli burung yang udah jadi aja deh, maklum gan, gak sempet ngerawat-nya. paling cuma sempet kasih makan dan minum tiap hari aja, wkwkwk...


murah ya kl beli trucukan 200rb di JKT??????? :

Quote:Original Posted By setelkendow
si agan lagi
iya gan, neng semarang juga masih banyak yg ombyokan


dibelakang rumah ane banyak tuh, kl pagi pada ngropel..........
Quote:Original Posted By avodigit
murah ya kl beli trucukan 200rb di JKT???????


itu harga yang udah jadi gan, kalau dipasar burung Jatinegara, yang masih bahan (ombyokan) kisarannya 15ribuan