KASKUS

Quote:Original Posted By Dealstare
wah yang foto pertama sapa aja tuh om?
kayaknya yang biru om ferry ya?
wah penasaran juga kucing siapa aja itu semua yang ada di parkiran..


yang paling kiri om Jeff = streetmaniac
abis itu orang Panther Mania.. saya agak lupa.. kalo gak salah Heri.. CMIIW..
berikutnya jg om noel = noelmendrofa
berikutnya om ferry = mas ferry..
mejeng lonely photo shoot..





















potonya ada yang agak kurang berwarna.. ga tauk kenapa.. cacad dari kameranya.. tp poto2 diatas udah di alusin pake sopwer biar noisenya berkurang..
Quote:Original Posted By JDM.
yang paling kiri om Jeff = streetmaniac
abis itu orang Panther Mania.. saya agak lupa.. kalo gak salah Heri.. CMIIW..
berikutnya jg om noel = noelmendrofa
berikutnya om ferry = mas ferry..


oke om, sip2..

Quote:Original Posted By Mud.Terrain
mejeng lonely photo shoot..





















potonya ada yang agak kurang berwarna.. ga tauk kenapa.. cacad dari kameranya.. tp poto2 diatas udah di alusin pake sopwer biar noisenya berkurang..


wah kucingnya sendirian..
yang lain udah pada pulang om?
sendirian+moto2 sendiri om?hihi..
keren juga, jadi lebih gelap kucingnya..
tapi kayaknya kucingnya kok tinggi ya?dibandingin sama GR saya (liat sekilas karena kesamaan velgnya) lebih tinggi punya om, apa udah dimodif om?

mohon bantuan

selamat pagi suhu2 panther sekalian...

ane rencana mau beli panther sekitar tahun 1997 yang ane lirik itu type panther hi sporty dan hi grade dri kedua itu mana yg lebih enak dipakai...asumsi :
1. tidak sering rewel
2. onderdil mudah didapat dan harga tidak mahal
3. konsumsi bahan bakar

apa saja yang perlu diperhatikan jika dan di cek ketika kita akan membeli panther ini???....

ane sebelum nya pemakai kijang super tahun 1990 nah perbedaan gmn ni gan sm kijang dari segi mesin diesel dan bensin...ane bner2 bleng masalah panther ni gan mohon pencerahan...

dan kisaran harga berapa ane bisa dapet panther type tersebut gan?

sekali lagi ane mohon pendapatan dari suhu2 sekalian biar ane membeli tidak terjerumus kedalam sumur pedagang yg jahanam..hehe..

salam


regards...thanksss
Quote:Original Posted By Mud.Terrain



mobil paling kanan, milik siapa Om? Velg besar tuh kyknya. minta profil ban dan velgnya dong .
Quote:Original Posted By JDM.
yang paling kiri om Jeff = streetmaniac
abis itu orang Panther Mania.. saya agak lupa.. kalo gak salah Heri.. CMIIW..
berikutnya jg om noel = noelmendrofa
berikutnya om ferry = mas ferry..

benar, saya pakai baju biru
Quote:Original Posted By avanged102
selamat pagi suhu2 panther sekalian...

ane rencana mau beli panther sekitar tahun 1997 yang ane lirik itu type panther hi sporty dan hi grade dri kedua itu mana yg lebih enak dipakai...asumsi :
1. tidak sering rewel
2. onderdil mudah didapat dan harga tidak mahal
3. konsumsi bahan bakar

apa saja yang perlu diperhatikan jika dan di cek ketika kita akan membeli panther ini???....

ane sebelum nya pemakai kijang super tahun 1990 nah perbedaan gmn ni gan sm kijang dari segi mesin diesel dan bensin...ane bner2 bleng masalah panther ni gan mohon pencerahan...

dan kisaran harga berapa ane bisa dapet panther type tersebut gan?

sekali lagi ane mohon pendapatan dari suhu2 sekalian biar ane membeli tidak terjerumus kedalam sumur pedagang yg jahanam..hehe..

salam


regards...thanksss


setahu saya, sama2 enak sih, Om..
tp saya lebih memilih Hi-Grade..
2 Om saya pernah punya, masing2 Hi-Grade dan Hi-Sporty..
Keduanya senang merawat mobil, namun utk "rewel"/nggaknya, IMHO yg Hi-Sporty lebih sering jajan ketimbang yg Hi-Grade
utk onderdil, keduanya sama2 mudah dan murah (Isuzu gitu lho )..
dan sptnya Hi Grade lebih irit, karena mobilnya kan lebih kecil
*syarat dan ketentuan berlaku (cara nyetir, ukuran tekanan ban, modifikasi, dll


saya vote: Hi Grade



Sering pakai Kijang, skrg mau pakai Panther? siap2 tahan getaran saja ya Om..
sisanya, nyaman dan aman, terutama saat banjir
ada yg masih simpan link filter udara yg pakai kawat?
Quote:Original Posted By Mas_Ferry
mobil paling kanan, milik siapa Om? Velg besar tuh kyknya. minta profil ban dan velgnya dong .

benar, saya pakai baju biru


om agung kalo ngak salah.. bs liat di grup FB panther om.. postingan om nugraha.. yang kemaren pake HHO kucing royalenya..
ukuran kurang tauk yak.. ban M/T Kumho Venture.. tp bukan 31, dibawah itu, kayaknya ban M/T paling kecil..

Quote:Original Posted By avanged102
selamat pagi suhu2 panther sekalian...

ane rencana mau beli panther sekitar tahun 1997 yang ane lirik itu type panther hi sporty dan hi grade dri kedua itu mana yg lebih enak dipakai...asumsi :
1. tidak sering rewel
2. onderdil mudah didapat dan harga tidak mahal
3. konsumsi bahan bakar

apa saja yang perlu diperhatikan jika dan di cek ketika kita akan membeli panther ini???....

ane sebelum nya pemakai kijang super tahun 1990 nah perbedaan gmn ni gan sm kijang dari segi mesin diesel dan bensin...ane bner2 bleng masalah panther ni gan mohon pencerahan...

dan kisaran harga berapa ane bisa dapet panther type tersebut gan?

sekali lagi ane mohon pendapatan dari suhu2 sekalian biar ane membeli tidak terjerumus kedalam sumur pedagang yg jahanam..hehe..

salam

regards...thanksss


lebh recomend new-higrade bro.. generasi terakhir panther kotak.. lebih baguss.. tp mahal.. sekitar 90-110an.. emang mahal karna limited edition.. jadi rata2 kondisi masi pada ori & muluss..

yang murah sih HiSporty.. dari 55-80 jutaan.. kalo gw sih tp ambil hisporty, semua over fender2an dibuang, trus profil ban ganti std.. udah deh sama.. rasa Higrade tp harga muraahh..
kalo profil ban ga diganti, siap2 aja jajan buat laher roda lebih sering.. ada trik katanya tiap kali ganti oli ganti grease bearing, tp gw sendiri blom pernah coba..

urusan mesin sama, murah & gampang & irit & gak rewel..

makin gampang om urusan perawatan.. diesel lawas gini ga perlu dimacem2in kayak bensin..

urusan solarnya, ini variatif bro.. yg std sih normalnya 1:11-1:12 dalkot.. lukot 1:14-15..
tp kalo blakangan ini, khususnya kucingers yang dijakarta.. separah2nya sih tembus 1:9-1:10 dalkot.. lukot ini agak variatif.. tp biasanya paling parah yang masi masuk akal itu 1:13.. dibawah itu udah gak beress..

Quote:Original Posted By Dealstare
oke om, sip2..

wah kucingnya sendirian..
yang lain udah pada pulang om?
sendirian+moto2 sendiri om?hihi..
keren juga, jadi lebih gelap kucingnya..
tapi kayaknya kucingnya kok tinggi ya?dibandingin sama GR saya (liat sekilas karena kesamaan velgnya) lebih tinggi punya om, apa udah dimodif om?


hooh..
emang tinggi om.. per blakang tambah 2, torsi depan dinaikin, profil ban 185/80.. tp tinggi ban kalo ukur pake penggaris jg lebih tinggi dari 80 sih....
maklum suka bawa barang..
Quote:Original Posted By Dealstare
udah om, berbagai cara dari kasar sampai halus (tanpa bongkar) tapi nihil..
mungkin si empunya yang dulu sering asal tarik aja kali ya..


asslm mas bro,

masalah mas bro sama seperti masalah ane waktu baru ngangkat kucing kemaren, iseng2 ane bongkar seatbelt yang sebelah kiri (kebetulan yang kanan masih ngejoss), pertama sih takut2 rusak gitu deh, tapi dah niat, kalo pas bongkar nanti rusak ya tinggal beli baru hehehe...., secara dah rusak gitu loh....
pas ane bongkar (rumahnya yang dari plastik hitam harus dicopot), ternyata seatbelt ada baut di sebelah kiri alatnya (deket pintu belakang kiri) yang harus di buka dahulu dengan obeng plus, tetapi waktu membukanya rumah per yang terbuat dari plastik putih di sebelah kanan (dekat pintu depan kiri) harus dipegang erat agar tidak berhamburan, setelah baut dibuka, lepaskan rumah per plastik tadi, PR-nya ya di sini, itu per dan jalu di dalam rumah sudah tidak rapat....
sekarang rapikan kembali rumah per plastik dengan posisi yang benar (jalu harus masuk di dalam roda tali dan kaki2 plastik putih masuk ke lubang2nya lagi) kemudian kencangkan kembali baut yang tadi dengan benar....
kelar itu sekarang test sabuk dengan cara menariknya pelan2, lalu tarik dengan tiba2, kalo berhenti berarti sukses, kalo gagal coba lagi (mungkin dibongkar lagi), kalo terlalu seret semprotkan WD40 atau pelumas sejenisnya....., jangan lupa kait di pilar B juga harus oke, trus sabuk gak boleh kelipet-lipet....
kalo cara diatas sudah tidak mempan......, tinggal beli baru hehehe....

Kalo Sukses..... Cendolnya gan......
(btw punya ane sukses, alhamdulillah.....)

CMIIW
Quote:Original Posted By avanged102
selamat pagi suhu2 panther sekalian...

ane rencana mau beli panther sekitar tahun 1997 yang ane lirik itu type panther hi sporty dan hi grade dri kedua itu mana yg lebih enak dipakai...asumsi :
1. tidak sering rewel
2. onderdil mudah didapat dan harga tidak mahal
3. konsumsi bahan bakar

apa saja yang perlu diperhatikan jika dan di cek ketika kita akan membeli panther ini???....

ane sebelum nya pemakai kijang super tahun 1990 nah perbedaan gmn ni gan sm kijang dari segi mesin diesel dan bensin...ane bner2 bleng masalah panther ni gan mohon pencerahan...

dan kisaran harga berapa ane bisa dapet panther type tersebut gan?

sekali lagi ane mohon pendapatan dari suhu2 sekalian biar ane membeli tidak terjerumus kedalam sumur pedagang yg jahanam..hehe..

salam


regards...thanksss


Quote:Original Posted By Mas_Ferry
setahu saya, sama2 enak sih, Om..
tp saya lebih memilih Hi-Grade..
2 Om saya pernah punya, masing2 Hi-Grade dan Hi-Sporty..
Keduanya senang merawat mobil, namun utk "rewel"/nggaknya, IMHO yg Hi-Sporty lebih sering jajan ketimbang yg Hi-Grade
utk onderdil, keduanya sama2 mudah dan murah (Isuzu gitu lho )..
dan sptnya Hi Grade lebih irit, karena mobilnya kan lebih kecil
*syarat dan ketentuan berlaku (cara nyetir, ukuran tekanan ban, modifikasi, dll


saya vote: Hi Grade



Sering pakai Kijang, skrg mau pakai Panther? siap2 tahan getaran saja ya Om..
sisanya, nyaman dan aman, terutama saat banjir


setuju, saya juga recommend new HG 2.5 om, nilai prestisenya lebih tinggi menurut saya, hehe..
kaki2 juga gak segede hisporty, jadi agak lebih irit jajan..
spare part murah kok..
harga sekitar 80an CMIIW
Quote:Original Posted By Mud.Terrain
om agung kalo ngak salah.. bs liat di grup FB panther om.. postingan om nugraha.. yang kemaren pake HHO kucing royalenya..
ukuran kurang tauk yak.. ban M/T Kumho Venture.. tp bukan 31, dibawah itu, kayaknya ban M/T paling kecil..



lebh recomend new-higrade bro.. generasi terakhir panther kotak.. lebih baguss.. tp mahal.. sekitar 90-110an.. emang mahal karna limited edition.. jadi rata2 kondisi masi pada ori & muluss..

yang murah sih HiSporty.. dari 55-80 jutaan.. kalo gw sih tp ambil hisporty, semua over fender2an dibuang, trus profil ban ganti std.. udah deh sama.. rasa Higrade tp harga muraahh..
kalo profil ban ga diganti, siap2 aja jajan buat laher roda lebih sering.. ada trik katanya tiap kali ganti oli ganti grease bearing, tp gw sendiri blom pernah coba..

urusan mesin sama, murah & gampang & irit & gak rewel..

makin gampang om urusan perawatan.. diesel lawas gini ga perlu dimacem2in kayak bensin..

urusan solarnya, ini variatif bro.. yg std sih normalnya 1:11-1:12 dalkot.. lukot 1:14-15..
tp kalo blakangan ini, khususnya kucingers yang dijakarta.. separah2nya sih tembus 1:9-1:10 dalkot.. lukot ini agak variatif.. tp biasanya paling parah yang masi masuk akal itu 1:13.. dibawah itu udah gak beress..



hooh..
emang tinggi om.. per blakang tambah 2, torsi depan dinaikin, profil ban 185/80.. tp tinggi ban kalo ukur pake penggaris jg lebih tinggi dari 80 sih....
maklum suka bawa barang..


oalah pantesan om, sip2..

Quote:Original Posted By tato95t
asslm mas bro,

masalah mas bro sama seperti masalah ane waktu baru ngangkat kucing kemaren, iseng2 ane bongkar seatbelt yang sebelah kiri (kebetulan yang kanan masih ngejoss), pertama sih takut2 rusak gitu deh, tapi dah niat, kalo pas bongkar nanti rusak ya tinggal beli baru hehehe...., secara dah rusak gitu loh....
pas ane bongkar (rumahnya yang dari plastik hitam harus dicopot), ternyata seatbelt ada baut di sebelah kiri alatnya (deket pintu belakang kiri) yang harus di buka dahulu dengan obeng plus, tetapi waktu membukanya rumah per yang terbuat dari plastik putih di sebelah kanan (dekat pintu depan kiri) harus dipegang erat agar tidak berhamburan, setelah baut dibuka, lepaskan rumah per plastik tadi, PR-nya ya di sini, itu per dan jalu di dalam rumah sudah tidak rapat....
sekarang rapikan kembali rumah per plastik dengan posisi yang benar (jalu harus masuk di dalam roda tali dan kaki2 plastik putih masuk ke lubang2nya lagi) kemudian kencangkan kembali baut yang tadi dengan benar....
kelar itu sekarang test sabuk dengan cara menariknya pelan2, lalu tarik dengan tiba2, kalo berhenti berarti sukses, kalo gagal coba lagi (mungkin dibongkar lagi), kalo terlalu seret semprotkan WD40 atau pelumas sejenisnya....., jangan lupa kait di pilar B juga harus oke, trus sabuk gak boleh kelipet-lipet....
kalo cara diatas sudah tidak mempan......, tinggal beli baru hehehe....

Kalo Sukses..... Cendolnya gan......
(btw punya ane sukses, alhamdulillah.....)

CMIIW


wah nice inpoh om, perlu pembuktian nih, tapi masih bulan depan pas pulang n ketemu si kucing, hehe..
masalah cendol bisa diatur, hehe..
penampakan punya om mana?
lancar jaya..
Quote:Original Posted By Mud.Terrain
mejeng lonely photo shoot..





















potonya ada yang agak kurang berwarna.. ga tauk kenapa.. cacad dari kameranya.. tp poto2 diatas udah di alusin pake sopwer biar noisenya berkurang..


Mulus om...kaya perawan
Quote:Original Posted By Mud.Terrain
oleh2 kopdar alam sutra.. gw yang poto nih.. kurang bagus.. cameranya agak cacad.. mesti nunggu dari yang lainnya.. heheh.. itu dari kaskus yang hobby poto2 ada kembaran kucingnya om 7041KNL..

pas masi di McD.. gw cuma sempet poto yang ini..


pas udah pindah ke LW.. sayang kamera gw butut.. padahal baguss disana..


















pas bubaran.. ada yang burnout sblom kluar.. tp gak kepoto..








http://imageshack.us/g/853/p1030544small.jpg/


Wah mantap mantap kopdar nya. Itu banyak kucing dinyalain di basement,nyesek nya seperti apa tuh asap nya???
Quote:Original Posted By Mud.Terrain
mejeng lonely photo shoot..





















potonya ada yang agak kurang berwarna.. ga tauk kenapa.. cacad dari kameranya.. tp poto2 diatas udah di alusin pake sopwer biar noisenya berkurang..


wah si bro Ben narsis neh foto foto sendiri Hehehehehehe
Quote:Original Posted By Stivo84
wah si bro Ben narsis neh foto foto sendiri Hehehehehehe


bukan si Ben tuh..
....
...
tapi kcg nya yg narsis...

ben...
Quote:Original Posted By avanged102
selamat pagi suhu2 panther sekalian...

ane rencana mau beli panther sekitar tahun 1997 yang ane lirik itu type panther hi sporty dan hi grade dri kedua itu mana yg lebih enak dipakai...asumsi :
1. tidak sering rewel
2. onderdil mudah didapat dan harga tidak mahal
3. konsumsi bahan bakar

apa saja yang perlu diperhatikan jika dan di cek ketika kita akan membeli panther ini???....

ane sebelum nya pemakai kijang super tahun 1990 nah perbedaan gmn ni gan sm kijang dari segi mesin diesel dan bensin...ane bner2 bleng masalah panther ni gan mohon pencerahan...

dan kisaran harga berapa ane bisa dapet panther type tersebut gan?

sekali lagi ane mohon pendapatan dari suhu2 sekalian biar ane membeli tidak terjerumus kedalam sumur pedagang yg jahanam..hehe..

salam


regards...thanksss


Pendapat ane :
1. H Sporty sama H Grade sama sama enak kok. Mesin bandel,sparepart sama persis. Generasi Panther Kotak 2.3 n 2.5 Badak kok. Asal rutin ganti 3 filter dan oli aja. Cuma banyak org lebih milih H Grade. H Sporty bodynya lebih lebar. Klo konsumsi bahan bakar relatif. Tergantung perawatan dan setelan mesin aja.
2. Klo mau beli panther,pastiin kondisi kaki kaki bagus. Tanya pemilik udah pernah turun mesin atau belum. Cek adakah kebocoran oli di lantai. Lihat warna asap dari knalpot pada saat rpm tinggi. Warna putih atau hitam pekat. Trus cek kondisi body,chasis,dll. Juga cocokin no mesin dan no rangka dengan surat surat.
3. Kalau Kijang kan masih memakai sistem Karburator,kadang kalau karburator soak,sering banjir dan mogok. Kijang jg memakai sistem pengapian busi. Jadi kondisi busi harus baik pula.
4. Kalau panther 2.5 memakai sistem Bosch Pump dan Injektor. Jangan sampai solar kehabisan (minimal 1/4 udah harus isi solar). Kalau sampai kotoran tangki naik ke Bosch Pump dan Injektor, alamat keluar uang banyak. Pokoknya rutin ganti 3 filter aja (filter udara,filter solar dan filter oli) harganya 3 filter ini juga murah. Panther memakai pemanas solar,jadi gk ada busi. Hehehehe
5. Cara mengemudi mobil bensin dengan diesel jauh berbeda. Mesin diesel jgn langsung bejek/injek gas. Harus diayun,biar makin irit, responsif, dan lincah Pas putar balik di jalanan, harus ambil ancang ancang,soalnya jarak putar roda panther dikit,gk seperti Kijang.
6. AC panther jauh lebih dingin.
Itu aja kali yah.

Reporting berwisata ke Batu Secret Zoo Jatim Park II ( Batu-Malang ) naik Kucing

ini hasil reporting perjalan berwisata bareng keluarga ( Istri, Anak, Ipar2 sama Ibu Mertua )

Pagi2 habis subuh sikucing udah dibangunin buat dipanasin
Spoiler for Pemanasan:


Istirahat di Pom Bensin daerah Pandaan buat sarapan
Kucing jejer bareng kudis punya Kakak ipar ane , Sebelumnya udah isi solar 100 K di Pom Bensin TOL sby-porong dan sekalian isi angin dpn-blkng 35
Spoiler for Si Kucing Istirahat bentar, nunggu seluruh penumpang isi perut:


Selama Perjalanan speed paling mentok di 80 - 90 KPJ karena ada anak ane dan ibu mertua jadi santai2 di jalan aja

mulai lepas area porong jalan ke arah batu menanjak terus jadi selama berangkat rata2 jalan menanjak si kucing anteng2 aja bahkan nyantai pake gigi 4 / 5 full AC muatan di mobil 5 orang dewasa 2 anak2.

Ini jalan tanjakan di daerah batu mendekati kawasan Jatim Park II kemiringannya kira2 45' panjangnya +/- 1 KM sikucing anteng pake gigi 3 sampe di atas
Spoiler for Tanjakan:


Sampai di TKP \t
Spoiler for Batu Secret Zoo:


Narsis dikit bareng anak ane
Spoiler for :



Balik dari Jatim Park sampe rumah jam 8an malem , diguyur hujan terus mulai batu Akhirnya sampai rumah sikucing cuma ane semprot aja dulu ama air buat ngilangin2 pasir2 ama bekas2 hujan besoknya (minggu Pagi baru dimandiin )

*Kucing Mandi Pagi2*
Spoiler for Keramas:


Spoiler for Segar Habis Mandi :


Perjalanan Surabaya-Jatim ParkII PP sekitar 209 KM Konsumsi lukot kira2 1:13.5 - 1:14 karena kondisi jalan yg menanjak,Full AC,Full Muatan dan Baliknya Muaaceeett di porong

Demikian sedikit cerita perjalanan wisata ane bareng keluarga naik si kucing
Quote:Original Posted By Stivo84
Pendapat ane :
1. H Sporty sama H Grade sama sama enak kok. Mesin bandel,sparepart sama persis. Generasi Panther Kotak 2.3 n 2.5 Badak kok. Asal rutin ganti 3 filter dan oli aja. Cuma banyak org lebih milih H Grade. H Sporty bodynya lebih lebar. Klo konsumsi bahan bakar relatif. Tergantung perawatan dan setelan mesin aja.
2. Klo mau beli panther,pastiin kondisi kaki kaki bagus. Tanya pemilik udah pernah turun mesin atau belum. Cek adakah kebocoran oli di lantai. Lihat warna asap dari knalpot pada saat rpm tinggi. Warna putih atau hitam pekat. Trus cek kondisi body,chasis,dll. Juga cocokin no mesin dan no rangka dengan surat surat.
3. Kalau Kijang kan masih memakai sistem Karburator,kadang kalau karburator soak,sering banjir dan mogok. Kijang jg memakai sistem pengapian busi. Jadi kondisi busi harus baik pula.
4. Kalau panther 2.5 memakai sistem Bosch Pump dan Injektor. Jangan sampai solar kehabisan (minimal 1/4 udah harus isi solar). Kalau sampai kotoran tangki naik ke Bosch Pump dan Injektor, alamat keluar uang banyak. Pokoknya rutin ganti 3 filter aja (filter udara,filter solar dan filter oli) harganya 3 filter ini juga murah. Panther memakai pemanas solar,jadi gk ada busi. Hehehehe
5. Cara mengemudi mobil bensin dengan diesel jauh berbeda. Mesin diesel jgn langsung bejek/injek gas. Harus diayun,biar makin irit, responsif, dan lincah Pas putar balik di jalanan, harus ambil ancang ancang,soalnya jarak putar roda panther dikit,gk seperti Kijang.
6. AC panther jauh lebih dingin.
Itu aja kali yah.


Ane lebih seneng sama keluarga Royal Om...Lebih siip
Quote:Original Posted By dodz8281
Ane lebih seneng sama keluarga Royal Om...Lebih siip


Sebetulnya sama aja seh om. Beda H Grade sama royale beda di eksterior doank.
lapor gan..

dulu yang ane punya masalah dengan mesin panther 2.3 L 'mbrebet' . . .

setelah ane cek dan servis ke bengkel, saya membuat kesimpulan untuk berbagi dengan teman2 sekalian.

kalau mesin agan 'brebet' / terasa nyendal2 / gas naik turun sendiri ketika keadaan stasioner, coba deh perhatikan hal - hal berikut :

1. pastikan tidak ada kotoran pada sedimenter air.
2. cek nozzle Anda, ada kemungkinan salah satu sudah kencing.
ada baiknya servis nozzle aja.. murah kok ( kalo gak ganti nozzlenya )
3. Pastikan setelah di servis, tidak ada kebocoran karena kurang kencang baut nozzlenya. karena hal ini juga bisa menyebabkan asep bisa keluar / solar netes dari saluran solar yang akan masuk ke nozzle.

sementara pengecekan sampai di situ aja gan... karena saya tidak berharap IP yang rusak hehe..


Ini berdasarkan pengalaman ane aja gan,
kalau ada yang kurang, monggo ditambahkan ...
: