Quote:Original Posted By johnsalim
saya sudah ada warisan tanah dan terbangun rumah kayu model lama
akhirnya resmi dibagi untuk 3 keluarga
dan saya mau bangun secara bertahap di tanah yg jadi bagian saya itu tanpa membongkar semuanya karena masih ditempati keluargaku dan keluarga saudaraku


jika rumah yang terbagi 3 masih berhubungan secara struktural agak rumit. tidak menutup kemungkinan tidak bisa dibangun. kalaupun bisa dibangun biaya akan besar karena perlu "suntik" tiang baru untuk perkuatan. tidak bisa sembarangan.
Quote:Original Posted By hexadead
jika rumah yang terbagi 3 masih berhubungan secara struktural agak rumit. tidak menutup kemungkinan tidak bisa dibangun. kalaupun bisa dibangun biaya akan besar karena perlu "suntik" tiang baru untuk perkuatan. tidak bisa sembarangan.


mksh gan......

Smile Renovasi Rumah Standart

Salam kenal agan2,..
ini saya ada rencana untuk merenovasi rumah, kondisi rumah saat ini terletak di perumahan dan bentuknya masih standar dengan tipe 21/72.

saya sudah membuat denah rumah saat ini dan rencana denah setelah direnovasi, bisa di lihat gambar dibawah :



RENCANA RENOVASI :
  1. Memajukan tembok ruang tamu sejauh 2 meter
  2. Membongkar tembok belakang ruang tamu dan membongkar Kamar mandi, kamar mandi dipindahkan ke bagian belakang.
  3. Menutup lahan belakang dengan tembok, panjang tembok 4+6+4 meter (bentuk U).


catatan : proyeksi rumah akan di tingkat, tetapi tidak sekarang. (perlu pondasi lagi kah ??)


kira2 Budget yang harus di keluarkan berapa ya gan... ???

CENDOL bagi yang mengapresiasikan postingan ini....

Quote:Original Posted By susilo_pras
Salam kenal agan2,..
ini saya ada rencana untuk merenovasi rumah, kondisi rumah saat ini terletak di perumahan dan bentuknya masih standar dengan tipe 21/72.

saya sudah membuat denah rumah saat ini dan rencana denah setelah direnovasi, bisa di lihat gambar dibawah :



RENCANA RENOVASI :
  1. Memajukan tembok ruang tamu sejauh 2 meter
  2. Membongkar tembok belakang ruang tamu dan membongkar Kamar mandi, kamar mandi dipindahkan ke bagian belakang.
  3. Menutup lahan belakang dengan tembok, panjang tembok 4+6+4 meter (bentuk U).


catatan : proyeksi rumah akan di tingkat, tetapi tidak sekarang. (perlu pondasi lagi kah ??)


kira2 Budget yang harus di keluarkan berapa ya gan... ???

CENDOL bagi yang mengapresiasikan postingan ini....



kebetulan sayah lg bikin gan, beda type doank 36/72....
ane bukan org ahli dibidang ginian, tp coba kasi gambaran dr pengalaman skrg aja yak...

biaya borongan jasa tukang : Rp.5.000.000,-
pengerjaannya : bikin pondasi cakar ayam+batu kali, tanah belakang ditutup (kayak agan), pasang keramik lantai dapur, cat ulang seluruhnya, bikin pagar (non-besi), bikin dudukan cor utk torn. diluar atap (pake baja ringan), plafond, genteng.

klo saran ane :
- dapur kayaknya terlalu besar klo ukuran sgt gan, mendingan ambil 1/2 nya aja dr sisa tanah belakang utk dapurnya
- sbaiknya ga ditutup smua pake atap tanah belakangnya, alasannya utk sirkulasi udara dapur & kamar.
- klo dana punya skitar 25-30jt (utk ukuran yg agan itu)mendingan belakangnya di DAK aja gan, biar nantinya jika mau ditingkatin ga bongkar lg atap sblmnya. trus dgn di dak jadi ga ush bikin coran/dudukan buat torn air jg. alasannya perbedaan di dak vs baja ringan bedanya skitar 3jt-an gan. klo dana mepet ya pake baja ringan solusinya
- utk ruang tamu mendingan ga ush bongkar tembokan yg depan skrg,lgs pake pintu yg ada aja, jd kayak nambah 1 ruangan lg gt. ato klo mau bongkarnya setinggi perut (skitar 120cm) aja, jadi masih ada pembatas tembok antara ruang tamu yg baru dgn ruang tengahnya.
- kalo dana lebih, bisa langsung nyuntik pondasi di bangunan lama, jika mepet ga perlu macem2 dl pondasinya, yg penting berdiri aja, ntar pas mau ditingkatin baru nyuntik pondasi lg smuanya (biasanya tukang tau musti digimanain kok).

utk biaya/harga perkiraan, dgn kwalitas bangunan sedang (batako press), keramik lantai/dinding KW1, top table granite tile, kitchen set standard bikinin sendiri, pagar minimalis blm termasuk pintu besinya.
- klo di dak blkg & depan : perkiraan ane skitar 30jt + tukang 8jt
- klo di dak blkg aja & depan pake baja ringan : skitar 27jt + tukang 7jt
- klo pake baja ringan smuanya : skitar 20jt + tukang 6jt

lokasi ane di bogor gan.
klo dibogor jg sih bs ane bantu2 gan
Spoiler for Susilo_Pras:


sebaiknya tidak full mentok dinding di area belakang. karena ada dapur. saran saya buat bukaan kurang lebih 1,5 meter untuk sirkulasi udara pada area belakang. untuk rencana kedepan persiapkan balok untuk tangga. mungkin tangga "L" lebih baik. posisi perbatasan ruang keluarga dan area dapur adalah best view.

area depan tinggal memasukkan tipologi bangunan.
untuk biaya keseluruhan (kasar) 505,000,000. dalam skala High end Landed Housing.

Tanya

Selamat Sore agan2..

Saya berencana bangun rumah. Awalnya mau bangun rumah dengan bentangan 3x3. Tapi setelah melihat rumah dengan bentangan 5x5 koq rasanya lebih mantap.

Rumah 2 lt, Lt1 = 5x5 (25m2) dan Lt 2 5x5 (25m2)
1. Menggunakan bentangan 2,5x2,5 sehingga ada 5 balok berdiri utk Lt1 dan Lt2
2. Menggunakan bentangan 5x5 sehingga ada 4 balok berdiri utk Lt1 dan Lt2

Pertanyaan saya apakah biayanya beda untuk ukuran rumah yang sama ? termasuk biaya untuk balok horisontalnya.
Kalau beda, kira2 perbandingannya berapa ya? utk contoh sederhana diatas.

Maaf, pertanyaan dasar, maklum newbie Makasih.
Thanks banget agan, cendol sudah di kulkas

ane ada pertanyaan lagi nie,
kali ajah ane nanti bisa jadi minta agan2 disini yang borongin buat ngerenov rumah aye

jadi gini gan, tadinya rumah aye beli di perumahan tipe 22/132 (tanah hook)
nah aye mau renov ajah tahun depan tapi bertahap gan, soalnya dananya mepet eheh
jadi mau bikin lantai satu dulu baru nanti ke lantai dua
nah denah awal lantai satu terlihat di gambar bawah ini (sekalian ama lantai 2 nya deh buat gambaran agan ngasih perkiraan kisaran harga totalnya)


nah dengan denah seperti itu aye bingung dengan yang namanya pondasi, kira kira ada berapa pondasi cakar ayam yang harus aye buat dan letaknya dimana saja? lalu mengenai kolom praktis nya, apakah boleh dengan jarak 4-5 meter? soalnya kalau yang saya baca itu maksimal sekat antar kolom itu 3.5 meter atau dengan luas 12m persegi.
mohon sarannya:

1. apakah denah yang saya buat itu sudah sesuai dengan konsep efektif dan efisien atau mungkin agan ada ide denah yang lebih hemat atau efektif lagi dalam segi pembangunan nya? yang jelas posisi ruang usaha sudah fix dan posisi dapur dan ruang keluarga dengan konsep intercourt sudah fix gak bisa saya rubah lagi (udah ngidam banget pengen punya rumah dengan konsep itu)

2. gambar warna hijau pada lantai 2 itu adalah dak di lantai dua sebagai koridor/teras/balkon gan yang rencananya memiliki lebar 1m, apakah kelebaran atau pas gan? jadi total luasan cor dak nya 96.5 m 2 dengan ketebalan 12 cm, btw kira kira idealnya untuk teras itu berapa ya lebarnya gan?,
Titik2 kotak berwarna hitam itu adalah perkiraan kolom praktis dan kolom utama (pondasi yang direncanakan akan dipasang cakar ayam) kira-kira titik pondasi utama/cakar ayam itu terlatak di mana saja agar struktur bangunan stabil dan kuat, mengingat lahan tanahnya dahulunya bekas persawahan/rawa?

3. idealnya rumah dengan konsep ada usaha (mungkin kedepannya aye niat mau usaha jualan makanan (nasgor, es klapa, bakso, atau siomay) dan bisa juga sama studio fotografi kira kira desain rumah dengan ruang tamu dan ruang usaha yang hanya di sekat lemari atau kaca cukup aman dan memungkinkan ga gan?
niatnya di lantai dua itu aye mau bikin studio nya karena pasti aye kan KB jadi pengen anak cukup dua saja, sedangkan kamar sudah direncanakan akan menjadi 4 atau 5 (yang bangunan 2.5 x 5 bisa saya sekat lagi nantinya menjadi dua) wc juga cukup dua saja apakah sudah cukup? soalnya sepengalaman saya bermain di rumah2 yang mewah dan besar pun mereka hanya memiliki 2 kamar mandi + 1, dan yang satu itu berada di dalam kamar utama, jadi saya rasa dua kamar mandi sudah cukup, gimana menurut agan.

waaah maaf nie jadi konsultasinya kebanyakan, maaf banget ya gan,
terima kasih banyak
Quote:Original Posted By andrestc
1. 2.5 jt per m bangunan minimalis
2. enggak juga, tapi tergantung dari ketebalan dak, biasanya klo tebal dak diatas 13 cm... sudah tidak panas lagi
3. gak perlu gan, klo sudah di dak untuk apa dipasang genteng lagi


Gan, rencana ane mo bangun rumah 1 lantai, kontruksi pondasinya ready untuk 2 lantai, atap dak beton semua, luas bangunan 45m2.
Tapi konsultan ane menghitung luasnya 45m utk lantai 1, tambah 40% utk lantai 2, jadi total luas 63m2
Kalo dihitung berdasarkan luas 63m2, biaya per meter memang cuma 1.9jt
Tapi kalo dihitungnya berdasarkan luas 45m2, biaya per meter jadi 2.6jt

Cara ngitung luasnya betul begitu gan?
Mohon sarannya, ane pusying
Quote:Original Posted By d3p13_m
kebetulan sayah lg bikin gan, beda type doank 36/72....
ane bukan org ahli dibidang ginian, tp coba kasi gambaran dr pengalaman skrg aja yak...

biaya borongan jasa tukang : Rp.5.000.000,-
pengerjaannya : bikin pondasi cakar ayam+batu kali, tanah belakang ditutup (kayak agan), pasang keramik lantai dapur, cat ulang seluruhnya, bikin pagar (non-besi), bikin dudukan cor utk torn. diluar atap (pake baja ringan) [Untuk Sementara ane pake kayu dl gan, ga pake baja ringan], plafond, genteng.

klo saran ane :
- dapur kayaknya terlalu besar klo ukuran sgt gan, mendingan ambil 1/2 nya aja dr sisa tanah belakang utk dapurnya [niatnya c bagian dapur berfungsi tempat makan juga, dan saya buat tanpa pembatas antara dapur dan ruang keluarga agar terkesan luas ]
- sbaiknya ga ditutup smua pake atap tanah belakangnya, alasannya utk sirkulasi udara dapur & kamar. [saya setuju, rencana memang akan saya buat taman kecil di antara kamar mandi dan dapur, 1mx1m cukup kan ya?]
- klo dana punya skitar 25-30jt (utk ukuran yg agan itu)mendingan belakangnya di DAK aja gan, biar nantinya jika mau ditingkatin ga bongkar lg atap sblmnya. trus dgn di dak jadi ga ush bikin coran/dudukan buat torn air jg. alasannya perbedaan di dak vs baja ringan bedanya skitar 3jt-an gan. klo dana mepet ya pake baja ringan solusinya. [terima kasih sarannya ]
- utk ruang tamu mendingan ga ush bongkar tembokan yg depan skrg,lgs pake pintu yg ada aja, jd kayak nambah 1 ruangan lg gt. ato klo mau bongkarnya setinggi perut (skitar 120cm) aja, jadi masih ada pembatas tembok antara ruang tamu yg baru dgn ruang tengahnya.[terima kasih sarannya ]
- kalo dana lebih, bisa langsung nyuntik pondasi di bangunan lama, jika mepet ga perlu macem2 dl pondasinya, yg penting berdiri aja, ntar pas mau ditingkatin baru nyuntik pondasi lg smuanya (biasanya tukang tau musti digimanain kok). [OK]

utk biaya/harga perkiraan, dgn kwalitas bangunan sedang (batako press), keramik lantai/dinding KW1, top table granite tile, kitchen set standard bikinin sendiri, pagar minimalis blm termasuk pintu besinya.
- klo di dak blkg & depan : perkiraan ane skitar 30jt + tukang 8jt
- klo di dak blkg aja & depan pake baja ringan : skitar 27jt + tukang 7jt
- klo pake baja ringan smuanya : skitar 20jt + tukang 6jt

[klo bata merah gimana gan? ane cenderung pilih bata merah soalnya. apakah biaya diatas sudah suntik pondasi ??]

lokasi ane di bogor gan. [lokasi rumah saya juga di bogor.. ]
klo dibogor jg sih bs ane bantu2 gan


Terima kasih sarannya mas d3p13_m

Quote:Original Posted By hexadead
Spoiler for Susilo_Pras:


sebaiknya tidak full mentok dinding di area belakang. karena ada dapur. saran saya buat bukaan kurang lebih 1,5 meter untuk sirkulasi udara pada area belakang. untuk rencana kedepan persiapkan balok untuk tangga. mungkin tangga "L" lebih baik. posisi perbatasan ruang keluarga dan area dapur adalah best view.

area depan tinggal memasukkan tipologi bangunan.
untuk biaya keseluruhan (kasar) 505,000,000. [wah, dana segini ane nyari rumah aja di jakarta gan.. hehe] dalam skala High end Landed Housing.

Makasih agan sarannya , tetep cendol saya kirim..
Quote:Original Posted By susilo_pras
Terima kasih sarannya mas d3p13_m


utk sisa tanah belakang sbaiknya ga 1x1m aja gan, soalnya biar perencanaan kedepannya jika ditingkatin musti bikin utk Tangga nya. jadi menurut sayah sisainya dgn ukuran rencana tangganya aja ntar mau kayak gmn. klo yg ane sih 1x2meter. jd ntar klo mau bikin tangga tinggal yg itu aja dipake ga repot2 bongkar lg.

utk pemakaian bata merah, selisihnya lumayan dibanding batakopress gan, ane itung2 kmrn utk uk. skitar punya agan bisa selisih 2-3jt-an.

utk harga tsb nyuntik utk tiang yg berhubungan dgn dak baru aja gan, utk tiang2 yg gada hubungannya lgs dgn dak baru ane biarin dl, ntar klo diatas tembokan yg lamanya mau di dak lagi baru disuntik lg. jd klo berdasar gambar agan, nyuntik pondasi cuma 4 biji aja (belakang 2, depan 2), utk sisanya emang pondasi baru (4 biji jg, dpn 2, blkg 2).

ohya, tambahan, utk lantai ruangan yg baru bs pake granit tile uk 40x40cm warna krem dgn variasi tiap sudutnya warna hitam uk 7x7cm / 5x5cm. jatohnya ga beda dgn kramik biasa, tp kwalitas n penampilan jauh lebih keren n adem.

trus klo ane ruang dapur blkg disekat pake tembokan setinggi 140cm (ga ditutup tembok smua/dibiarin terbuka), ane tempatin kompor buat yg diposisi tembok setengah tsb & sink di disudut 1nya lg, jd membentuk L, yg didalemnya utk dapur, yg diluarnya utk mesin cuci & t4 wudhu. ane pake utk dapur jadinya 3x3m & mesin cuci 1x3m. (klo lebar 6m, jadi sisa tanah kosongnya cuma 2m). klo yg agan brarti bs menjadi 3x4,5m & 1x4,5m (klo ga salah.
Quote:Original Posted By d3p13_m
utk sisa tanah belakang sbaiknya ga 1x1m aja gan, soalnya biar perencanaan kedepannya jika ditingkatin musti bikin utk Tangga nya. jadi menurut sayah sisainya dgn ukuran rencana tangganya aja ntar mau kayak gmn. klo yg ane sih 1x2meter. jd ntar klo mau bikin tangga tinggal yg itu aja dipake ga repot2 bongkar lg.

utk pemakaian bata merah, selisihnya lumayan dibanding batakopress gan, ane itung2 kmrn utk uk. skitar punya agan bisa selisih 2-3jt-an.

utk harga tsb nyuntik utk tiang yg berhubungan dgn dak baru aja gan, utk tiang2 yg gada hubungannya lgs dgn dak baru ane biarin dl, ntar klo diatas tembokan yg lamanya mau di dak lagi baru disuntik lg. jd klo berdasar gambar agan, nyuntik pondasi cuma 4 biji aja (belakang 2, depan 2), utk sisanya emang pondasi baru (4 biji jg, dpn 2, blkg 2).

ohya, tambahan, utk lantai ruangan yg baru bs pake granit tile uk 40x40cm warna krem dgn variasi tiap sudutnya warna hitam uk 7x7cm / 5x5cm. jatohnya ga beda dgn kramik biasa, tp kwalitas n penampilan jauh lebih keren n adem.

trus klo ane ruang dapur blkg disekat pake tembokan setinggi 140cm (ga ditutup tembok smua/dibiarin terbuka), ane tempatin kompor buat yg diposisi tembok setengah tsb & sink di disudut 1nya lg, jd membentuk L, yg didalemnya utk dapur, yg diluarnya utk mesin cuci & t4 wudhu. ane pake utk dapur jadinya 3x3m & mesin cuci 1x3m. (klo lebar 6m, jadi sisa tanah kosongnya cuma 2m). klo yg agan brarti bs menjadi 3x4,5m & 1x4,5m (klo ga salah.


Spoiler for boak house plan:


1. saya mau tanya, sekelilingnya apa ya ? kaitannya sama opening jendela dll.
2. yg terpenting dari teras adalah atapnya, besaran teras tidak ada patokan. faktor tempias adalah untuk antisipasi air balik. jadi perlu dilihat lagi overstek untuk atap.

untuk kolom coba pake modul 4x4. itulah cakar ayamnya, kolom praktis di pertemuan kusen saja.

3. pembatas ruangan dengan kaca memang menarik, tapi rawan untuk keamanan dan kesalamatan. pake dinding aja finishingnya. kalaupun tetap memaksa dengan kaca, kacanya harus full plafon / tidak ? karena yg dipakai adalah kaca tempered / laminated. untuk ketebalan kembali pada faktor ketinggian kaca.

untuk kamar yg disekat dibagian mana ya ? sayang kalau nantinya harus disekat2 sementara dimensinya untuk 1 kamar.

untuk kamar mandi harus ditambah satu.
untuk kamar mandi rumah mewah biasanya ditambah ruang pakaian tersendiri diantara K. mandi dan master bed.
Quote:Original Posted By hexadead
Spoiler for boak house plan:


1. saya mau tanya, sekelilingnya apa ya ? kaitannya sama opening jendela dll.
kalau belakang dan samping kanan, sudah pasti nempel sama rumah tetangga gan, kalo depan sama samping kiri itu menghadap jalan mobil/raya, saya gak tahu pasti si kaitannya cuma menduga2 saja, kira kira kurang pas yang gan kalo masang nya begitu?

2. yg terpenting dari teras adalah atapnya, besaran teras tidak ada patokan. faktor tempias adalah untuk antisipasi air balik. jadi perlu dilihat lagi overstek untuk atap.
wah overstek atap ya? hmmm saya belum kepikiran atap si gan, tapi pasti saya akan buat menutupi teras dak juga gan, kalau memang tidak memungkin kan, berarti teras luar saya hilangkan saja mungkin ya gan?

untuk kolom coba pake modul 4x4. itulah cakar ayamnya, kolom praktis di pertemuan kusen saja.
nah ini dia yang saya kurang mengerti, maksud nya 4x4 itu apa ya gan? bisa di perinci lebih gamblang lagi?
jadi kira kira di titik mana saja ni gan saya harus pasang cakar ayam, dan total idealnya harus ada berapa jumlah pondasi yang paling cocok dan efisien di harga


3. pembatas ruangan dengan kaca memang menarik, tapi rawan untuk keamanan dan kesalamatan. pake dinding aja finishingnya. kalaupun tetap memaksa dengan kaca, kacanya harus full plafon / tidak ? karena yg dipakai adalah kaca tempered / laminated. untuk ketebalan kembali pada faktor ketinggian kaca.
owwh okeh deh gan tak pelajari lagi mengenai perbandingan kaca, thanks baget

untuk kamar yg disekat dibagian mana ya ? sayang kalau nantinya harus disekat2 sementara dimensinya untuk 1 kamar.
itu yang di lantai dua gan, kan ada tuh ruangan yang ukurannya 2.5 x 5meter, nah kalo emang kepepet ya aye sekat saja jadinya 2.5 x 2.5 meter masing2.

untuk kamar mandi harus ditambah satu.
untuk kamar mandi rumah mewah biasanya ditambah ruang pakaian tersendiri diantara K. mandi dan master bed.
owwh gitu ya, okeh deh nanti tak coba akalin dimana tempat yang paling sesuai, udah mepet banget tempatya soalnya kecil banget nie.. ehheh thanks baget gan

xxx

Quote:Original Posted By mycharvel
Gan, rencana ane mo bangun rumah 1 lantai, kontruksi pondasinya ready untuk 2 lantai, atap dak beton semua, luas bangunan 45m2.
Tapi konsultan ane menghitung luasnya 45m utk lantai 1, tambah 40% utk lantai 2, jadi total luas 63m2
Kalo dihitung berdasarkan luas 63m2, biaya per meter memang cuma 1.9jt
Tapi kalo dihitungnya berdasarkan luas 45m2, biaya per meter jadi 2.6jt

Cara ngitung luasnya betul begitu gan?
Mohon sarannya, ane pusying


ooh... gitu ya, makanya gan..minta ama konsultannya dibuatkan breakdownnya... dan berhubung kerjaan ini lebih ke struktur minta pek. beton dipecah lg per itemnya, misal pecah jadi : pek. pembesian, pek. beton, pek bekisting dan pek. bongkar bekisting klo ada... coba dulu gan, nanti di share lg yah...
Salam kenal agan2 sekalian...

Ane mo renovasi rumah nih, rencana mau di tingkat 3, dengan ketinggian per lantai, lantai dasar 3,5 meter , lantai 2 = 3 meter , lantai 3 akan di biarkan terbuka (untuk kebutuhan yang lebih lanjut, tapi ringan2), hanya akan di beri tembok keliling maksimal 1,5 meter.

Peruntukan bangunan ini nantinya lantai dasar untuk kerja, lantai 2 untuk tempat tinggal dan lantai 3 sementara area kosong untuk kebutuhan lebih lanjut (yang ringan2)

Area yang akan di renovasi 7x11 meter semua lantai berukuran 7x11meter.

Bahan-bahan yang akan di gunakan, saya atur "seringan" mungkin dari segi bobot.
Dak Lantai menggunakan antara Super Panel Hebel atau Keraton
Tembok pinggir menggunakan Bata Ringan dikombinasi jendela aluminium
Sekat2 antar ruangan di lantai 2 & 3 (nantinya) akan menggunakan Gipsum/GRC/kaca/sejenis dengan rangka kayu/aluminium.


Nah, yang ingin saya tanyakan.

1. Untuk deskripsi luas, peruntukan & bahan seperti diatas, bisakah bentangan diatur sampai 7 meter untuk di lebarnya? Ini agar tidak ada pilar di tengah2. Kalau bisa, di sisi panjang 11 meternya butuh brp titik pilar?

2. Sebaiknya menggunakan Beton bertulang atau Baja WF? Kira2 apa spesifikasi/ukuran yang dibutuhkan? mana lebih ekonomis?

3. Berapa besar ukuran pondasi yang dibutuhkan?


Oya, untuk tangga naik nantinya akan di samping luar dari 7x11 ini, jadi bisa dibilang 7x11 ini "kotak".
Untuk tanah jg saya kira sudah keras karena selama ini digunakan untuk penempatan mesin2 berat dan tidak ada masalah.

Terima kasih sebelumnya...
Spoiler for boak house plan:


Spoiler for jaesusu 3 story house:


jawabannya borongan saja ya ? pake spoiler.


for Boak, thanks cendolnya.
dear rekan rekan, saya ada beberapa pertanyaan dan mohon dibantu yah.
1.apa kah ada yang pernah beli granite di wanaherang cilengsi yg disebut centra keramik. bagaimana mutu kramik disana yah dah apa yang perlu diperhatikan sewaktu membeli kramik, untuk 1 dus itu kramik isinya brapa?
2.mohon masukan untuk pembuatan septi tank yang bagus untuk perumahan seperti apa baiknya (bahannya, gambarnya dan luasnya)
3.apakah ada yg punya referensi untuk beli kusen kayu bekas dimana carinya?

ditunggu infonya yah teman teman sekalian,

salam
Pertanyaan ane belom ada yg jawab

Quote:Original Posted By 0jaksel
Selamat Sore agan2..

Saya berencana bangun rumah. Awalnya mau bangun rumah dengan bentangan 3x3. Tapi setelah melihat rumah dengan bentangan 5x5 koq rasanya lebih mantap.

Rumah 2 lt, Lt1 = 5x5 (25m2) dan Lt 2 5x5 (25m2)
1. Menggunakan bentangan 2,5x2,5 sehingga ada 5 balok berdiri utk Lt1 dan Lt2
2. Menggunakan bentangan 5x5 sehingga ada 4 balok berdiri utk Lt1 dan Lt2

Pertanyaan saya apakah biayanya beda untuk ukuran rumah yang sama ? termasuk biaya untuk balok horisontalnya.
Kalau beda, kira2 perbandingannya berapa ya? utk contoh sederhana diatas.

Maaf, pertanyaan dasar, maklum newbie Makasih.
Spoiler for 0jak:


wah kirain udah ada yg jawab. pertanyaan menarik. udah saya jawab dalam spoiler.
Gan....Aneh rencana mau renov rumah di depok
ukuran awal 36/116
Rencana mau dtinggkat 2 tapi nggak sampe depan.
Kmrn sudah ukur2 dengan tukang..
Lantai 1 renovnya kebelakang 42m2 (Lebar 6 panjang 7)
Lantai 2 pasang baru 60M2 (Lebar 6 Panjang 10)

kmrn udah ngobrol ama tukang dia beri harga 1.000.000/M2
setelah nego2 800.000/M2
tapi rencana saya mau pake Hebel di dinding ama Dak lantai 2 brarti tenaganya lebih murah lagi

menurut agan itu masih kemahalan atau bisa turun lagi, rencana yang beli bahan saya, mau belajar renov rumah...


mohon pencerahan


aldo