bayspeed
TS
OWNER
bayspeed
(REVIEW&SHARE;) Modem HP EVDO RevA SMARTFREN Xstre@m E781A
new update 2 Apr 12: Xstream vs EC1261-2
waspada copaser! review ini ane buat beralamat di: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11654554 bukan yg laen!



cek iklan di website smartfren disini: http://www.smartfren.com/xstream/images/spec.png

Smartfren punya jagoan baru yaitu HP Modem XSTRE@M EVDO yg sebenarnya adalah alcatel ot-616c, produk baru ini sangat menggiurkan, dengan harga terjangkau, menjanjikan beragam fungsi dan kecepatan EVDO revA sampai 3.1Mbps. Tertarik untuk membeli? Pingin tahu apa yg didapatkan? Performa sebagai handphone ataupun modem? Fitur2 nya apa saja? Cekidot gan.. emoticon-Big Grin

Desain
Dengan bentuk candybar, dimensi: 116 x 50 x 11.25 mm, 85 gram, hp ini terlihat cukup panjang dan tipis..seperti remote tv malah..
tampilan cukup sederhana, seluruh tombol ada di muka sementara sisi atas bawah tidak terdapat apapun, sisi kana ada lubang mini usb dan sisi kiri ada lubang slot micro sd, untuk sisi belakang terdapat speaker dan kamera.. itu saja.. satu lagi.. ni hp bener2 siku2, dibediriin kemana saja seimbang.. tar kalo dah rusak bisa dijadiin ubin neh..(lihat gambar)
Spoiler for desain:

untuk tombol, ukuran termasuk cukupan, akan tetapi penempatan tombol merah (mati) yg berdekatan dengan tombol lain cukup mengganggu terutama saat tidak sengaja tertekan, gangguan lain adalah tidak adanya tombol kamera di samping hp sehingga harus menggunakan tombol pad tengah untuk menjepret, dimana hal itu menyebabkan rawan guncangan.. emoticon-Hammer (S)untuk tingkat kekerasan tombol, sangat subjektif seh, kalo bagi ane seh termasuk keras..

Layar
65 ribu warna, 240 x 320 pixels, 2.4 inches layar berbentuk potrait dan terasa luas dan nyaman dengan jenis layar TFT. Awas hati2.. iklan dari smartfren menipu lho.. susunan menu aktual adalah grid 3x4 bukan 4x4 seperti pada iklan smartfren!

Software
Selain java, tidak jelas software apa yg dibenamkan pada hp ini, tetapi sangat jelas bukan software seadanya seperti yg ada pada hp merk lokal ataupun hp smart sebelumnya semacam enduro, zip, ataupun chit-chat. Kemungkinan besar adalah software dari alcatel sendiri.. (masih cari info tambahan)

Aplikasi

Beragam aplikasi terdapat pada hp ini, mau coba? eiitt hati2.. beberapa dapat menyedot uang anda karena adalah aplikasi berbayar dari smart, so jangan asal pencet gan emoticon-Big Grin
Aplikasi yg sudah ane coba dan ane anggap aman adalah Opera Mini, FB, Chat (Nimbuzz), YouTube dan yg menyenangkan operamini sudah versi 6 alias lumayan baru. Aplikasi lainnya ada macam2 dimana yg perlu diwaspadai adalah yg berbayar mahal macam TV streaming, 5rupiah/detik!!. Untuk YouTube, luar biasa.. ane bisa memutar video clip Agnes Monika terbaru dengan durasi 5menit tanpa lag/buffer! padahal ane hanya menggunakan paket data reguler unlimited 45k sebulan! (tentu saja sinyal di ane melimpah) Untuk FB, Twt dan Kaskus, mending ga usah lah lewat shortcut itu, tampilannya jelek.. tetep lebih aman lewat Opera Mini.. percaya dah..

Hardware
Prosesor: pastinya Qualcomm!!! tetapi meskipun tidak ada data penjelasan tentang itu, kinerjanya cukupan, tidak selelet hp merk lokal, tapi juga ga sengacir hp 4 brand dewa (tahu kan?)

Ponsel ini memiliki memory internal yg mayan lapang, 128 MB ga seperti ponsel lokal emoticon-Busa: selain itu tersedia slot micro sd yg katanya sanggup menampung data sampai 8GB

Baterai kapasitas 950 mAh hanya bisa dibilang cukupan, karena fitur yang mungkin akan sering digunakan juga termasuk rakus daya, semisal pemutar musik, browser, dan lain lain apalagi kalo buat streamingan..

Konektivitas
Bluetooth 2.1 A2DP, miniUSB 2.0, CDMA1x dan CDMA EVDO RevA 800MHz up to 3.1Mbps

Kamera
2 MP, 1600x1200 pixels, tanpa flash, video recorder, tanpa kamera sekunder. Terdapat beberapa steeingan pada kamera seperti pemilihan resolusi, kualitas, mode siang, malam dll, seadanya untuk fungsi tambahan.

Hasil Foto
Indoor
Kualitasnya terbilang standar. Ga bagus-bagus amat tanpa adanya lampu flash, pengambilan di dalam ruang jadi tidak tajam, bahkan terkesan gelap. Lihat perbandingan dengan pengambilan dari sudut sama oleh nokia 6120c.
Spoiler for hasil kamera antara xstre@m (kiri) dan nokia 6120c (kanan) setting sama:


Outdoor
Ternyata meski dibawah cahaya terang matahari, hasilnya juga tidak memuaskan. Kalah dari kamera Nokia 6120c yg notabene bukan HP dengan kamera special (bukan lensa carl zeiss vario tessar misalnya)
Spoiler for hasil kamera antara xstre@m (kiri) dan nokia 6120c (kanan) setting sama:


Kesimpulan
Murah tapi Mangstap! harga dibawah 300k, memiliki kemampuan sangat memuaskan dengan koneksi EVDO RevA, yg bisa juga digunakan sebagai modem, hp ini sangat cocok bagi user yg menganggap internet adalah sembako emoticon-Hammer (S)apalagi adanya operamini dan berbagai aplikasi dunia maya, sungguh memanjakan bagi siapa saja yg pengen selalu update (dengan ISP smartfren tentunya).

akan tetapi bagi yg menginginkan hp multifungsi dengan kemapuan merata di semua fungsinya, weeks, mending beli yg lain dah. Soalnya fasilitas pendukung semacam media player, kamera, radio, adalah hanya bener2 sebagai.. asal ada.. saja.. apalagi hp ini tidak mendukung multitasking, irit tombol dan lubang.. salome gan.. satu lobang rame2.. buat chas, data transfer, headset, antena, dll dsb..

kelebihan:
- harga ekonomis untuk hp modem evdo revA
- multifungsi
- kinerja lebi dari lumayan, kan proc nya qualcomm emoticon-Big Grin
- memori internal besar, koneksi lengkap, bluetooth 2.1 A2DP
- sebagai modem kinerja mangstap, nyala 6jam lebih non stop tetep stabil emoticon-Smilie
- kabel data juga bisa sebagai chas
- support pointing QXDM
kelemahan:
- locked operator smartfren
- installasi modem walaupun automatik, tetapi harus konek manual (tanpa software)
- single band 800MHz
- lengkap tetapi seadanya, bisa motret tapi jelek, bisa muter lagu tapi sumbang, bisa muter/rekam video, tapi patah2
- salome (satu lobang rame2)
0
191K
3K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan