KASKUS

Quote:Original Posted By kiddz
Menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA

Jaminan Fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan benda tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan yang tetap berada dalam penguasaan Pemberi Fidusia, sebagai agunan bagi pelunasan utang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada Penerima Fidusia terhadap kreditor lainnya.

Waktu agan kredit motor, motor agan dibebankan jaminan fidusia. Maksudnya adalah, selama dalam masa pelunasan kredit kepada leasing, motor yg udah agan beli jadi benda jaminan perjanjian kredit tersebut, walopun motor dalam penguasaan agan. Kalo agan gagal bayar kredit, motor akan disita pihak leasing


Quote:Original Posted By pareang
Brarti pihak leasing mengalihkan kepemilikan motor ke ane atas dasar kepercayaan, tetapi motor tersebut tetap dalam penguasaan pihak leasing selama itu msh masa kredit


yap, betul sekali gan.
Definisi FIDUSIA = Penyerahan hak milik dengan kepercayaan, yaitu suatu jaminan pinjaman uang berupa barang bergerak, tetapi barangnya ini diberikan tetap di bawah penguasaan pemiliknya [sumber: Buku PHI ane]

mangap gan klo jawaban ane kurang begitu tepat, soalnya ane masih mahasiswa baru hukum juga hehe

mungkin ada senior" hukum di bawah ane yang lebih tepat dalam menjabarkannya
Quote:Original Posted By kucingbakar
soal kepemilikan baca aja bukunya tan kamelo apa gunawan widjaja..
males jelasinnya . . .


hemmm baiklah akan saya cari bukunya

baru tau hak milik ga berlaku lagi

terimakasih atas masukannya..
Quote:Original Posted By chuba.
piutang,stok,mesin2 juga bisa difidusiaian


benda bergerak bernama itu benda bergerak yang memiliki surat2 administrasi sebagai bukti kepemilikan,,

contoh: mobil, motor = bukti kepemilikannya bpkb
piutang?
menarik tuh, bentuknya kyk cessie tuh , pengalihan utang

stok?
stok apaan gan?

mesin2?
mesin apa nih? mesin jahit? lembaganya bukan fidusia donk klo mesin jahit, masuk gadai
@ atas gw
betul :
misalnya pesawat terbang gag bisa di fidusia tapi mesin-mesin dalam itu pesawat boleh di fidusia
Quote:Original Posted By smuk
hemmm baiklah akan saya cari bukunya

baru tau hak milik ga berlaku lagi

terimakasih atas masukannya..


bukan hak milik loh gan yg saya maksud . . tapi eekkendum
tapi ga tau dah, mungkin saya yang salah baca
Fisudia Menurut Wikipedia
Fidusia menurut asal katanya berasal dari bahasa Romawi fides yang berarti kepercayaan. Fidusia merupakan istilah yang sudah lama dikenal dalam bahasa Indonesia. Begitu pula istilah ini digunakan dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Dalam terminologi Belanda istilah ini sering disebut secara lengkap yaitu Fiduciare Eigendom Overdracht (F.E.O.) yaitu penyerahan hak milik secara kepercayaan. Sedangkan dalam istilah bahasa Inggris disebut Fiduciary Transfer of Ownership. Pengertian fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tetap dalam penguasaan pemilik benda. Sebelum berlakunya Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia terdapat berbagai pengaturan mengenai fidusia diantaranya adalah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1985 tentang Rumah Susun telah memberikan kedudukan fidusia sebagai lembaga jaminan yang diakui undang-undang.
Quote:Original Posted By kucingbakar
bukan hak milik loh gan yg saya maksud . . tapi eekkendum
tapi ga tau dah, mungkin saya yang salah baca


berarti persepsi saya salah.. soalnya dulu se inget gw yang diajarin hak eigendom adalah hak milik.. apakah saya yang salah?

maaf klo salah om maklum masih junior se junior2nya..
Quote:Original Posted By D.I.O
benda bergerak bernama itu benda bergerak yang memiliki surat2 administrasi sebagai bukti kepemilikan,,

contoh: mobil, motor = bukti kepemilikannya bpkb
piutang?
menarik tuh, bentuknya kyk cessie tuh , pengalihan utang

stok?
stok apaan gan?

mesin2?
mesin apa nih? mesin jahit? lembaganya bukan fidusia donk klo mesin jahit, masuk gadai

emang nyebut benda bergerak bernama??

lirik objek fidusia

Benda adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki dan dialihkan, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, yang terdaftar maupun yang tidak terdaftar, yang bergerak maupun yang tak bergerak yang tidak dapat dibebani hak tanggungan atau hipotek.

so sepanjang bukan benda yang dapat dibebani hak tanggungan dan hipotik ..ya bisa atuh di bebani fidusia..

cessie mah beli piutang atuh..

Udah biasa di praktek Piutang yg ada dan akan ada di fidusiain..

stok :misalnya spere part,kayu utk, dll...

baca lagi ketentuan2 dgn benda dan perleketan di BW yg dimaksud selama tidak menempel di bumi dam/atau bangunan.

neh suka terjadi...sekedar obrolan warung kopi

mana yg lebih di dulukan, atas objek benda yg sama bisa terjadi lebih dari 1 pihak (bisa 2,3,4 etc) pemegang fidusia, apakah di dahulukan yg mendaftar dulu atau yg membuat perjanjian/akta dulu dalam ekseskusi nya..

benda yg di gadai di fidusiain gimana status & kedudukannya?
bisa ga saham di fidusiain?
Quote:Original Posted By sylvana.
@ atas gw
betul :
misalnya pesawat terbang gag bisa di fidusia tapi mesin-mesin dalam itu pesawat boleh di fidusia


pertanyaannya pesawat bisa dibebani HT or hipotek ga???

pesawat sama ga dengan pengertian kapal di KUHD?
Quote:Original Posted By chuba.
pertanyaannya pesawat bisa dibebani HT or hipotek ga???

pesawat sama ga dengan pengertian kapal di KUHD?


pertanyaan TS nya simpel tp contoh kasusnya jadi meluber kemana2 heheheh gpp sambil belajar jenis jenis persoalan.. hehehe
Quote:Original Posted By chuba.
pertanyaannya pesawat bisa dibebani HT or hipotek ga???

pesawat sama ga dengan pengertian kapal di KUHD?


se inget gw si klo pesawat pake hipotik, dan sama pengertiannya sama dengan kapal..

maaf klo salah..
Quote:Original Posted By zaqdc


pertanyaan TS nya simpel tp contoh kasusnya jadi meluber kemana2 heheheh gpp sambil belajar jenis jenis persoalan.. hehehe


Ya namanya juga2 sama2 belajar..
& itulah hk, dua orang ngobrol atas satu pertanyaan bisa lahir 10 pendapat
Sah-sah aja asal masing2 punya argumentasi ...hehe..
se inget gw si klo pesawat pake hipotik, dan sama pengertiannya sama dengan kapal..

maaf klo salah..

Bisa kasih contohnya ga?
Or aturan/putusan pengadilan/pendapat ahli?
ya kalau mau singkat begini jadinya :

"Motornya bisa kamu bawa, tapi belum jadi 100 % milik kamu tuh motor ...karena BPKB nya dipegang oleh Kreditur (leasing) ...

kenapa belum 100 % milik kamu ...karena BPKB sebagai bukti kepemilikan masih di bawah kuasa kreditur berdasarkan perjanjian jaminan >>>>perjanjian ini sifatnya tersendiri tapi merupakan satu kesatuan draft dengan perjanjian krdit

kesimpulannya: BPKB dijaminkan secara fiducia, tidak akan diberi kepada kita sebelum kita melunasi hutang atau memenuhi segala ketentuan dalam perjanjian...kalau wanprestasi ...tuh motor ditarik lagi karena berdasrkan perjanjian kredit dan perjanjian jaminan motor itu masih dibawah kuasa leasing , sampai hutang terlunasi.
Quote:Original Posted By chuba.
Ya namanya juga2 sama2 belajar..
& itulah hk, dua orang ngobrol atas satu pertanyaan bisa lahir 10 pendapat
Sah-sah aja asal masing2 punya argumentasi ...hehe..
se inget gw si klo pesawat pake hipotik, dan sama pengertiannya sama dengan kapal..

maaf klo salah..

Bisa kasih contohnya ga?
Or aturan/putusan pengadilan/pendapat ahli?


nah itu dia kurangnya gw soal pesawat pengertiannya sama atau tidak dengan kapal.. ga ada bukti otentik yang bisa di perdebatkan, soalnya pernah denger dari senior dulu..

tapi soal pesawat yang bisa dibebankan dengan hipotik ada di Pasal 13 Undang-Undang 15/92 tentang Penerbangan
Trima kasih agan-agan semua atas pencerAhanya
Quote:Original Posted By chuba.
emang nyebut benda bergerak bernama??

lirik objek fidusia

Benda adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki dan dialihkan, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, yang terdaftar maupun yang tidak terdaftar, yang bergerak maupun yang tak bergerak yang tidak dapat dibebani hak tanggungan atau hipotek.

so sepanjang bukan benda yang dapat dibebani hak tanggungan dan hipotik ..ya bisa atuh di bebani fidusia..

cessie mah beli piutang atuh..

Udah biasa di praktek Piutang yg ada dan akan ada di fidusiain..

stok :misalnya spere part,kayu utk, dll...

baca lagi ketentuan2 dgn benda dan perleketan di BW yg dimaksud selama tidak menempel di bumi dam/atau bangunan.

neh suka terjadi...sekedar obrolan warung kopi

mana yg lebih di dulukan, atas objek benda yg sama bisa terjadi lebih dari 1 pihak (bisa 2,3,4 etc) pemegang fidusia, apakah di dahulukan yg mendaftar dulu atau yg membuat perjanjian/akta dulu dalam ekseskusi nya..

benda yg di gadai di fidusiain gimana status & kedudukannya?
bisa ga saham di fidusiain?


tapi jangan lupa benda bergerak bisa dibebankan 2 lembaga jaminan, gadai sama fidusia.. TS kan tadi bingung apa itu fidusia jika dikaitkan dengan kasus kredit motor tadi

agan belum dengar istilah fiduciary cessie yah? ane pernah denger dan pengen ngerti gmn bentuknya

emang bisa gan satu obyek dijadikan beberapa jaminan fidusia? bukannya jaminan fidusia termasuk jaminan kebendaan?

saham difidusiain? __
oiya, essentially. . .
fiducianya diaktakan en didaptarin nga? kalo nga, bawa kabur aja motornya,hahahha
Quote:Original Posted By kucingbakar
oiya, essentially. . .
fiducianya diaktakan en didaptarin nga? kalo nga, bawa kabur aja motornya,hahahha


Bukan bermaksud menjadi mafiA motor hahahah.. Tapi emang kalau FIDUCIA nya gak di daftarin atau di aktakan, kita dihadapan hukum menang ya kalau bawa kabur tuh motor hahahha. Just kidng gan... KEBENARAN YA KEBENARAN DIMANAPUN ADANYA APAPUN BENTUKNYA KEBENARAN TETAP BERLAKU, KESLAHAN APAPUN BENTUKNYA SAMAR APALAGI JELAS YAA TETAP KESALAHAN...
Quote:Original Posted By pareang
Bukan bermaksud menjadi mafiA motor hahahah.. Tapi emang kalau FIDUCIA nya gak di daftarin atau di aktakan, kita dihadapan hukum menang ya kalau bawa kabur tuh motor hahahha. Just kidng gan... KEBENARAN YA KEBENARAN DIMANAPUN ADANYA APAPUN BENTUKNYA KEBENARAN TETAP BERLAKU, KESLAHAN APAPUN BENTUKNYA SAMAR APALAGI JELAS YAA TETAP KESALAHAN...


buset mau di bawa kabur gimana gan.. ckckckck orang bpkb aja di tahan.. hehehehe
Quote:Original Posted By D.I.O
tapi jangan lupa benda bergerak bisa dibebankan 2 lembaga jaminan, gadai sama fidusia.. TS kan tadi bingung apa itu fidusia jika dikaitkan dengan kasus kredit motor tadi

agan belum dengar istilah fiduciary cessie yah? ane pernah denger dan pengen ngerti gmn bentuknya

emang bisa gan satu obyek dijadikan beberapa jaminan fidusia? bukannya jaminan fidusia termasuk jaminan kebendaan?

saham difidusiain? __


gw rasa sie pertanyaan Tees mah udah kejwab...

prinsipnya beda, gadai benda yg di gadaikan ada di tangan orang yg punya piutang.

cassie itu apa? cara utk memperoleh hak tagih kan? atau dgn kata lain piutang kreditur yg dituangkan dalam bntuk akta maupun bawah tangan.

Piutang itu bisa di fidusia kan? so apa masalahnya cessie di fidusiain....

bisa..sama aja kaya di HT & hipotik kalo dalam HT/hipotek itu lebih jelas ada peringkat2 nya nah di fidusia ini kaga ada peringkat2nya ...

yg jadi probelm pada saat eksekusi siapa yg berhak lebih dulu melakukan eksekusi