vulcano.hunterAvatar border
TS
vulcano.hunter
SuperVolcano Toba
oleh: jenggot
untuk: umum & netters




sejak kompas meluncurkan progam ekspedisi cincin api (ring of fire) euforia gunungapi mulai menggeliat dan disambut dengan berbagai opini baik yang pro maupun yang kontra. tapi saya tidak akan menyoroti opini program tersebut, kali ini saya hanya akan berbagi sependek pengetahuan saya tentang salah satu objek yang juga menjadi bagian dari ekspedisi cincin api tersebut. objek tersebut adalah gunungapi toba.

ada yang bilang toba itu supervolcano (saya juga tidak tau asal muasal istilah ini digunakan) karena istilah ini tidak dikenal dalam kamus vulkanologi. mungkin orang BBC atau Hollywood saja yang membuat istilah supervolcano ini terangkat. interpretasi para ahli banyak menyebutkan bahwa letusan gunung toba ini adalah letusan terbesar dalam satu juta tahun terakhir. dan letusannya jauh lebih dahsyat dari gabungan letusan tambora, krakatau, st.hellens, pinatubo sekalipun.

saya pribadi sebagai praktisi tidaklah lalu meng"iya"kan dan tidak pula menolak interpretasi tentang gunung toba. mengapa? karena tidak ada manusia yang mengalami letusan maha dahsyat yang terjadi pada 74Kya (Kya = ribu tahun lalu) itu. hal ini bertolak belakang dengan letusan tambora & krakatau yang bisa disaksikan sehingga eksistensinya tidak lagi menjadi polemik. erupsi maha dahsyat gunung toba hanya bisa digambarkan dari sebaran material letusannya (debris) dan penteraan dengan teknologi Karbon (kecuali pada lima tahun terakhir, penelitian morfologi toba sudah dimulai).

banyak juga pendapat para ahli yang meyakini bahwa migrasi nya ras manusia (out africa theory) sangat erat kaitannya dengan glasiasi di utara bumi (pada sekitar 70Kya) sebagai akibat dari meletusnya gunung toba di sumatra (bottlenecking mechanism). saat itu penghuni bumi hanya tersisa 2000 orang saja karena letusan gunung toba, karena iklim ekstrim maka mereka bermigrasi keluar dari afrika dan tersebar ke seluruh dunia. maka dari 2000 manusia itulah terjadi multiras dan darisana juga manusia modern (kita) sekarang berasal. sudah banyak pula bukti hasil penelitian yang mendukung teori ini, bahkan homo floresiensis di flores adalah sebuah temuan besar yang semakin menguatkan bahwa teori out of africa benar2 terjadi dan letusan gunung toba lah penyebabnya.

jadi dari sejarahnya saja sudah cukup rumit mengulas gunung toba ini, tapi saya coba mendongengkan toba ini dari sisi kegunungapian saja agar tidak melebar kemana2.....


Danau Toba adalah danau indah dan luas terbentang hampir 100km jarak sisi-sisi terjauhnya. tapi siapa sangka kalau danau ini ternyata adalah kaldera (kawah gunungapi) raksasa penyebab utama bumi mengalami jaman es pada setelah 70Kya. column letusannya mencapai 80km vertikal dengan sebaran material ada pada area 3000km2. bukti2 ilmiah sudah sangat jelas bahwa material produk letusan langsung gunung toba ini ditemukan sejauh india & himalaya. berapa material yang dikeluarkan? perhitungan pada simulasi komputer (dengan memasukkan variabel2 paling akhir) menyebutkan angka 2500km3 total material yang dimuntahkan pada letusan gunung toba (VEI=8) ini. (sebagai gambaran, letusan krakatau (1883) mengeluarkan material sebanyak 18km3 & letusan tambora (1815) mengeluarkan material 150km3).

jika kita ploting lokasi danau toba di peta, maka sebenarnya danau toba ini tidak persis berdiri diatas jalur sesar sumatera. sehingga memang benar adanya jika danau ini terbentuk dari collapse nya gunungapi toba pada 74Kya dalam proses erupsi super besar, maka danau toba saya yakin adalah danau vulkanik. jadi jika ada interpretasi atau hasil penelitian yang menyebutkan danau toba adalah danau non vulkanik (danau yang tercipta dari mekanisme pergerakan sesar mendatar) saya kira tidak benar. btw, karena tiba2 dipanggil untuk segera ke ruang meeting, maka sementara saya tutup dulu dongeng hari ini… (bersambung).

salam.
0
7.6K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan