KASKUS

Quote:Original Posted By Diks.Jr

wah nice info gans
soalnye ane kena pakit asma sdang

cuma bisa bantu


wah harus segera ditanggulanngi tuh om
temen ane juga ada yang kena asma gan kasian banget waktu kambuh langsung ambil alat trus di hirup gitu ( liad nya kasian
Sangat menarik nih gan menambah pengetahuan ane serba serbi penyakit asma :
mantep gan.
Kbetulan cwe ane ada gejala gt. Kudu bli nebula ni
klo saya, obatnya salbutamol. trs renang juga gan. sebisa mgkn hindari kecapekan dan asap rokok
Quote:Original Posted By genova01
ane kayanya kena asma deh, stiap malem kadang2 nafas susah.. trs batuk2 terus.. ane kaya ngap2an gtu gan.. emng menderita bgt kena asma gan.. jgn smpe kena ya gan.. jaga tubuh kita sndiri sperti mnjaga kdua orang tua kita.. ane gk bsa kasih apa2, cuma bisa rating doank gpp kan gan


asma itu penyebabnya karena alergi gan, jadi ada faktor keturunan di dalamnya,,,kalo keluarga ente gag ada yg kena asma, berarti kemungkinan ente terkena asma juga menurun..
tapi gag menutup kemungkinan org yang keluarganya gag punya asma juga bisa kena asma,,ibaratnya kayak cacar air, jadi kalo ada benda asing yang masuk ke pernapasan ente, terus di respon sama ntu sistem imun ato kekebalan, otomatis sistem imun kita memproduksi antibodi, persis dah kayak cacar air,, bedanya, klo aleri, sistem imun kita reaksinya terlalu berlebihan, akhirnya yang sebenarnya suhu dingin biasa, ato debu biasa gag perlu bikin pertahanan diri, tpi gara2 gangguan pada sistem imun, maka tubuh kita jadi berusaha nutup saluran pernapasan..jadi lah asma.......

Thumbs up ane asma juga

Ane pny asma dr kecil gan, dr balita mpe skrg umur 21 juga masih rajin kumat tuh asma,,
skrg aja ane ngepost sambil asma gan
oya sekedar share aja gan,, klo dr ane pribadi sih penyebab nya biasanya kalo kena debu juga gan,
tp ada juga satu lagi neh yg jarang dibahas, biasanya kalo makan yg banyak mengandung minyak jg kumat gan asmanya,,
jd kurangin makan yg berminyak buat penderita asma ya,,

klo obat sih biasanya yg pil minumnya aminophyllin, klo yg hisap mah ventolin inhaler, cuman kalo pake yg inhaler jgn sering2 soalnya jd ketergantungan gt ntar,,
sekian aja dr ane smg sdikit berguna bagi penderita2 asme yg laen ,,
Quote:Original Posted By Diks.Jr

wah nice info gans
soalnye ane kena pakit asma sdang

cuma bisa bantu
hindari alergen & selalu siap obatnya
ane juga asma gan...
lupa dari kapan...
pokoknya kalau ketawa terlalu banyak, asma, lari-lari, asma, kecapean, asma, olahraga, asma, pokoknya semuanya larinya ke asma deh gan! kalau ane lagi pilek, batuk, demam, maag ringan pasti larinya juga ke asma!

dan karena keterbatasan biaya ane gak bisa tuh gan beli obat yang untuk mencegah yang diisep itu.

pernah waktu ane masih SD sampai dibawa ke rumah sakit dan hampir meninggal katanya gan

kata ortu ane sih semua badan ane udah putih-putih dan kaku kayak orang meninggal.. karena saking kurangnya udara pun ane sampai pingsan karena gak bisa nafas gan..


(yah, itusih seinget ane gan, soalnya waktu ane sd sih Gan)
alhamdulillah ane masih diberi kesempatan hidup ampe sekarang gan, dan sekarang ane jarang banget kambuh asmanya gan
Quote:Original Posted By merrol69
asma itu penyebabnya karena alergi gan, jadi ada faktor keturunan di dalamnya,,,kalo keluarga ente gag ada yg kena asma, berarti kemungkinan ente terkena asma juga menurun..
tapi gag menutup kemungkinan org yang keluarganya gag punya asma juga bisa kena asma,,ibaratnya kayak cacar air, jadi kalo ada benda asing yang masuk ke pernapasan ente, terus di respon sama ntu sistem imun ato kekebalan, otomatis sistem imun kita memproduksi antibodi, persis dah kayak cacar air,, bedanya, klo aleri, sistem imun kita reaksinya terlalu berlebihan, akhirnya yang sebenarnya suhu dingin biasa, ato debu biasa gag perlu bikin pertahanan diri, tpi gara2 gangguan pada sistem imun, maka tubuh kita jadi berusaha nutup saluran pernapasan..jadi lah asma.......

yups, penderita asma rawan kambuhnya..
biasanya faktor alergen maupun stamina yg lg kurang fit
ane dulu waktu smp klo gak salah juga pernah kena sesak napas gtu mlem2 gan, gk bsa tdur, npas susah.....nyesek pkoknya....trus dwa k dkter ktanya ane kena bronkitis gan, nah bedanya ama asma apa yak ? apa cuma beda istilah doang ? abis dri dokter dkasi obat si alhamdulillah smbuh... smpe kuliah gk ada gejala lgi, tp kog 1 bulanan ini kyaknya mulai kumat apa ya , antara jm 2-3 pgi npas susah rasanya, sesek...kdang bunyi ngik ngik jg ampe gk bsa tdur...tp anehnya klo dah mulai pagi (terang) napas ya lancar jaya gan....
Quote:Original Posted By Dcoplaxmaniax
ane dulu waktu smp klo gak salah juga pernah kena sesak napas gtu mlem2 gan, gk bsa tdur, npas susah.....nyesek pkoknya....trus dwa k dkter ktanya ane kena bronkitis gan, nah bedanya ama asma apa yak ? apa cuma beda istilah doang ? abis dri dokter dkasi obat si alhamdulillah smbuh... smpe kuliah gk ada gejala lgi, tp kog 1 bulanan ini kyaknya mulai kumat apa ya , antara jm 2-3 pgi npas susah rasanya, sesek...kdang bunyi ngik ngik jg ampe gk bsa tdur...tp anehnya klo dah mulai pagi (terang) napas ya lancar jaya gan....
mungkin pengaruh cuaca kalii y?
pas dini hari kan dingin2nya?
klo org dah kena asma jd susah gan klo maw olahraga coz bawaanny pasti capek mlu...
wah ijin subscripe nih trit kayaknya ane asma nih ciri-cirinya kalo kambuh sama

tapi kalo ane bakal kambuh kalo nglakuin sesuatu sambil tengkurap kira-kira emang bener gara-gara itu bisa juga ya?
Quote:Original Posted By Krizh23
gan obat steroid yg dimaksud tuh apa y??
ane penghidap penyakit asthma juga jadi pgn tau klo ada obat untk jangka panjang nya
pm aja gan klo ada infonya..
nuhun


Golongan Corticosteroid oral misalnya:
Prednisone
Prednisolone
Methylprednisolone
Dexamethasone


Obat ini cukup murah dan cukup poten untuk mencegah serangan asma dan mencegah alergi.
Sayangnya tidak boleh dipakai untuk terapi jangka panjang. Pengobatan tidak boleh dihentikan secara mendadak tetapi harus dikurangi dosisnya sedikit demi sedikit.

Efek samping: Nafsu makan bertambah, Jantung berdebar, Cegukan

Golongan Corticosteroid inhaled misalnya:
Budesonide, Fluticasone
Dijual dengan nama dagang
Obucort Swinghaler (budesonide)
Pulmicort Turbuhaler (budesonide)
Inflammide Inhaler (budesonide)

Cukup poten untuk mencegah serangan asma dan lebih direkomendasikan daripada corticosteroid oral karena langsung menuju sasaran dan meminimalkan efek samping obat.

Efek samping lainnya: Kantong kering (Harganya mahal Bro,..)

Golongan Corticosteroid+LABA (Long Acting Beta-2 Agonist) kombinasi misalnya:
Symbicort Turbuhaler (budesonide+Formoterol)
Seretide Diskus (Fluticasone+Salmeterol)

Obat kombinasi memiliki durasi kerja obat hingga 12 jam. Dibandingkan dengan Golongan SABA (Short Acting Beta-2 Agonist) semacam Ventolin Inhaler, Berotec Inhaler, Bricasma Turbuhaler, Meptin Swinghaler yang hanya memiliki durasi kerja obat 4 jam.

Golongan SABA umum dipakai hanya pada saat kena serangan akut. Karena onset obat bekerja sangat cepat, hanya butuh waktu 1-4 menit agar dosis bekerja. Obat-obatan oral semacam Aminophyllin,Theophyllin,Salbutamol butuh waktu 25-30 menit untuk bekerja setelah masuk lambung.

Golongan SABA tidak ditujukan untuk pemakaian harian. Untuk pemakaian harian inilah Golongan Corticosteroid inhaled berperan.
Obat kombinasi juga berperan untuk terapi harian.
Quote:Original Posted By tora.doank
ane juga asma gan, turunan dari oatu,, tp yang ane tau asma bukan penyakit,, ane biasa pake inhaler klo lg keserang asma,, manjur gan langsung plong.. nanamya berotex,, harganya lumayan gan tp ini "penyambung nyawa" ane, ane bela2in beli walau mhal..


Gol: Short Acting beta 2-agonist (SABA)

Ventolin Inhaler
Glaxo Smith Kline
Salbutamol sulfate (Albuterol sulfate in US) 100 mcg
200 dosis:
kisaran harga:100 rb

Waktu mulai reaksi obat: 1-4 menit
Durasi kerja obat: 4-6 jam

Berotec Inhaler
Boehringer Ingelheim
Fenoterol HBr 100 mcg
200 dosis:
kisaran harga:145 rb

Waktu mulai reaksi obat: 5-15 menit
Durasi kerja obat: 6-8 jam

Bricasma Turbuhaler
Astra Zeneca
Terbutaline sulfate 0,0005 mcg
200 dosis:
kisaran harga:185 rb

Waktu mulai reaksi obat: 1-4 menit
Durasi kerja obat: 4-6 jam


Meptin Swinghaler
Otsuka Pharmaceutical
Procaterol hydrochloride 10 mcg
200 dosis:
kisaran harga:140 rb

Waktu mulai reaksi obat: 1-4 menit
Durasi kerja obat: 4-6 jam
Quote:Original Posted By nurkhayat
gan sekalian minta info nih ane kalo pagi suka flu dan batuk, ane seorang perokokdan peminum berat kopi, gimna cara ngilain flu yg tiap pagi selalu batuk dan flu


Itu namanya Allergic Rhinitis atau selesma. Cirinya hidung meler encer dan bersin-bersin. Biasanya karena udara dingin.
Minum prednison atau dexamethasone bisa mengurangi kemungkinan terserang allergi.
Coba obat antihistamin semacam Cetirizine.
Quote:Original Posted By fathan.12
ruangan banyak debu...emang bikin asma gan


Bukan debunya yang bikin alergi, tetapi tungau yang ada pada debu rumah, debu kapuk, debu sofa, debu karpet.
Untuk debu diluar rumah semacam debu pasir umumnya tidak memancing alergi.
Quote:Original Posted By p1kap1kakur0
ane klo kbnykan makan ato trlalu capek, asma ane bakalan kambuh..
Berasa kyk mau mati klo kambuh!!


Ya memang begitulah Asma. Untuk orang normal yang ingin mencoba seperti apakah rasanya Asma ,
bisa mengambil sedotan minuman gelas air mineral (yang diameter lobangnya kecil, bukan diameter besar seperti sedotan jelly) lalu bernafaslah dengan sedotan itu, baik menghisap atau membuang nafas harus melewati sedotan.
Anda yang bisa bertahan setengah jam saja, saya acungi jempol dah.
Quote:Original Posted By RezPratama
ane punya asma gan, obat ane udah ga mempan sama salbutamol dan golongan theofilin, ane pake obat golongan aminofilin kalo udah kambuh berat. tapi kalo masih ringan dan keadaan ga darurat ane cukup terapi air hangat aja ga pernah pake inhealer atau nebuliser. soalnya takut ktergantungan kaya obat


Sebenarnya Aminophyllin itu ya Theophyllin juga, Aminophyllin itu rasio komposisinya 2:1 untuk Theophyllin dan ethylenediamine,
ethylenediamine berperan untuk mempercepat kelarutan obat.
×