KASKUS

Quote:Original Posted By kedot
Oi..oi...daripada jadi bakteri di tread ini,lebih baik ngasih cendol ke ane...


aku tidak bisa ngirim cendol Om Momod,
tapi aku bisa terima cendol dari Om
Quote:Original Posted By PS.Navia
Om, kalau fungisida alami untuk kulit ada tips tidak,
banyak fungi di tubuhku


Quote:Original Posted By papat.karo.limo
duduk manis dulu disini,
sambil mempelajari fungi


ini anak bikin malu orang tua saja

Quote:Original Posted By kedot
Oi..oi...daripada jadi bakteri di tread ini,lebih baik ngasih cendol ke ane...


maafkan kelakuan anak2 saya Om Momod,
sebagai bentuk permohonan maaf,
sudah saya kirim ya paket nya

---
Untuk Om TS nya saya minta maaf juga ya
Quote:Original Posted By PS.Navia
Om, kalau fungisida alami untuk kulit ada tips tidak,
banyak fungi di tubuhku


berendam di daun nimba 2x24 jam gan. coba saja dulu.

Quote:Original Posted By kaxtus
atas trit barunya..
fungi itu jamur kan?
kebetulan tadi pagi saia kedatangan jamur lagi..
Spoiler for "":


sekalian dibudidayakan saja gan.

Quote:Original Posted By cangwadi
selamat atas kebangkitan tret ini dari kubur. semoga membawa manfaat bagi seluruh penggiat forum tanaman.


thanks.
semoga ndak diarsipin lagi.

Quote:Original Posted By carnivor4
om, tanya, bakterisida ada yg pernah denger gak?
klo organiknya pake apa ya? biasanya di melon yg layu...

buat ts.. om... cendol om


pake daun mimba gan. itu obat alami sapu jagad.
bisa buat pestisida, fungisida dan bakterisida.
aku pernah liat karya ilmiah daun mimba buat fungisida dan bakterisida alami untuk tanaman kentang. coba cari pake bantuan mbah google.

Quote:Original Posted By aliewid
pake betadine yang diencerin aja om. ane dlo pake buat aden ane yang pernah ke busuk akar. dan berhasil


betadine biasanya kupake sebagai pencegah. habis potong batang atau akar, bagian yang terpotong kukasih betadine. kayak orang saja.

Quote:Original Posted By kedot
Oi..oi...daripada jadi bakteri di tread ini,lebih baik ngasih cendol ke ane...


eh, ada momod.

Quote:Original Posted By lamberianto
ini anak bikin malu orang tua saja

maafkan kelakuan anak2 saya Om Momod,
sebagai bentuk permohonan maaf,
sudah saya kirim ya paket nya

---
Untuk Om TS nya saya minta maaf juga ya


hehehe... biarin saja. terlalu serius juga ndak baik buat kesehatan. guyonan sesekali ndak pa2.
Quote:Original Posted By аverozem
berendam di daun nimba 2x24 jam gan. coba saja dulu.



sekalian dibudidayakan saja gan.



thanks.
semoga ndak diarsipin lagi.



pake daun mimba gan. itu obat alami sapu jagad.
bisa buat pestisida, fungisida dan bakterisida.
aku pernah liat karya ilmiah daun mimba buat fungisida dan bakterisida alami untuk tanaman kentang. coba cari pake bantuan mbah google.



betadine biasanya kupake sebagai pencegah. habis potong batang atau akar, bagian yang terpotong kukasih betadine. kayak orang saja.



eh, ada momod.



hehehe... biarin saja. terlalu serius juga ndak baik buat kesehatan. guyonan sesekali ndak pa2.


daun mimba emang ampuh om..







*ada kalender gaya yg berwarna ga:
Quote:Original Posted By ExzibiZ
daun mimba emang ampuh om..







*ada kalender gaya yg berwarna ga:


kalender gaya yang berwarna?
apa yang kayak ini: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=1212272
sudah diaktifin lg ya, selamat....
Quote:Original Posted By sorra1991
sudah diaktifin lg ya, selamat....


bukan diaktifin, tapi dibuat baru lagi gan.
Quote:Original Posted By аverozem
berendam di daun nimba 2x24 jam gan. coba saja dulu.



sekalian dibudidayakan saja gan.



thanks.
semoga ndak diarsipin lagi.



pake daun mimba gan. itu obat alami sapu jagad.
bisa buat pestisida, fungisida dan bakterisida.
aku pernah liat karya ilmiah daun mimba buat fungisida dan bakterisida alami untuk tanaman kentang. coba cari pake bantuan mbah google.



betadine biasanya kupake sebagai pencegah. habis potong batang atau akar, bagian yang terpotong kukasih betadine. kayak orang saja.



eh, ada momod.



hehehe... biarin saja. terlalu serius juga ndak baik buat kesehatan. guyonan sesekali ndak pa2.


jujur Om, saya pernah mendengar Daun Nimba,
tapi belum pernah liat secara langsung.
---
atau setiap daerah kita menamakannya berbeda?
mungkin di daerahku punya nama lain ya?
Quote:Original Posted By PS.Navia
jujur Om, saya pernah mendengar Daun Nimba,
tapi belum pernah liat secara langsung.
---
atau setiap daerah kita menamakannya berbeda?
mungkin di daerahku punya nama lain ya?


mungkin agan pernah liat, tapi tidak sadar

coba googling, perhatikan dan hapalkan gambar daun, bentuk pohon dan biji nimba. kali aja di jalan ngeliat lagi.
inii bisa pakai di benih??
Quote:Original Posted By fairless
inii bisa pakai di benih??


bisa
recommended bahkan
karena benih rentan serangan jamur
Quote:Original Posted By аverozem
mungkin agan pernah liat, tapi tidak sadar

coba googling, perhatikan dan hapalkan gambar daun, bentuk pohon dan biji nimba. kali aja di jalan ngeliat lagi.


baiklah Om, aku coba tanya sama si mbah,
mungkin si mbah google mau memeprlihatkan ke saya
ini pelajaran bagus

\t:
Quote:Original Posted By PS.Navia
baiklah Om, aku coba tanya sama si mbah,
mungkin si mbah google mau memeprlihatkan ke saya


Quote:Original Posted By аverozem
mungkin agan pernah liat, tapi tidak sadar

coba googling, perhatikan dan hapalkan gambar daun, bentuk pohon dan biji nimba. kali aja di jalan ngeliat lagi.


pohon nimba sama gak ya dg imbo ?
Quote:Original Posted By vgla1m
pohon nimba sama gak ya dg imbo ?


sama kayaknya mbak
saya taunya juga godhong imbo, dulu buat jamu
Quote:Original Posted By sum_peh
sama kayaknya mbak
saya taunya juga godhong imbo, dulu buat jamu


mas aja om
godhong imbo yg super pahit itu ya om, ada yg punya potonya?
Quote:Original Posted By vgla1m
mas aja om
godhong imbo yg super pahit itu ya om, ada yg punya potonya?


hehehe maap mas..
fotonya digoogle banyak kok. saya belum pernah liat di sini. dulu di rumah tetangga di kampung halaman
Quote:
Nama daerah: Imba, Mimba (Jawa); Membha, Mempheuh (Madura); Intaran, Mimba (Bali)
Nama asing: Margosier, Margosatree, Neem tree (Inggris/Belanda) (Heyne, 1987).
Nama ilmiah: Azadirachta indica Juss.
SEMPROTAN PEPAYA bisa menangani jamur padi , bisa scor ga laku nich . bisa di coba nich

pembiakan agensia hayati- seri PGPR (fungisida alami)

Salam Gan.. Nubitol bukan selamanya hama gan..
Ane mo share cara bikin agensia hayati..Bahan gampang di dapet, manfaat dijamin murmer..

Ni elmu dari para pakar penyakit taneman gan..Silakan di cuba..


PGPR (Plant Growth Promoting Rhizibacteria )

PGPR, Bakteri sekitar perakaran yang dapat memacu pertumbuhan tanaman n juga agens (mikroba) pengendali penyakit scr hayati yang menguntungkan bagi Tumbuhan agan-agan.
Ni bakteri idupnya di sekitar perakaran (Rhizosper). Tempat sering ada eksudat (cairan) yang dikeluarin akar sebagai nutrusi bagi mikroba. PGPR sumbernya ada di akar rumpun bambu,or rumput gajah..die ngandung bakteri Pseudomonas flourenscens, Bacillus polymixa, yg bisa macu pertumbuhan tanaman lewat beberapa cara gan:

•\tNgeluarin cairan yang mampu melarutkan mineral (misal pospat) sehingga menjadi unsur hara yang tersedia
•\tNgerombak dan ngurai bahan organik (dekomposisi bahan organik) jadi nutrisi tanaman
•\tNgeluarin enzim dan hormon yang berguna untuk macu pertumbuhan tanaman
•\tNgeluarin antibiotik yang mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan mikroba yang bersifat patogenik (mikroba penyebab penyakit)

PGPR yang udah dikembangin efektif ngurangin infeksi pathogen tular tanah, antraknosa dll. PGPR juga efektif untuk tanaman hortikultura n padi.
PGPR bisa agan terapin wkt tanaman muda, dipersemaian atau pada benih tanaman. PGPR bentuknya cair berwarna coklat keruh dengan bau masam.

Nih Cara isolasi dan pembiakan PGPRnya Gan
1.\t100 gr akar bambu/serabut rumput gajah (biang) direndam selama 2-4 hari dalam 1liter air masak yang telah di dinginkan. Disimpen di botol tertutup ya gan..

2.\t
Bikin adonan bahan nutrisi bakteri dengan komposisi :
•\t400 gr gula pasir
•\t200-400gr terasi
•\t1 kg dedak halus/bekatul
•\tKapur 1 pucuk sendok teh
•\t10 liter air bening
•\tPenyedap rasa secukupnya

3.\t


Adonan bahan nutrisi tersebut direbus sampai mendidih, terus agan tunggu selama 15-20 menit dari mulai mendidih lalu diangkat dari atas kompor /tungku. Diemin adonan sampai dingin (temperatur adonan sama dengan temperature udara luar)

4.\tSaring n Peras adonan dengan kain sehingga menjadi larutan kental. Tutup wadahnya rapet2.

5.\t

Setelah itu masukin campuran larutan rendaman akar bambu/rumput kedalem jerigen/wadah tertutup

6.\tDiamkan selama 7 hari. Tiap 2 hari sekali,diaduk atawa di gojlak..

Aplikasi temen2 petani Gan..
dicampurin ama pupuk kandang atau organik..


Hasil Gan..
berani jarak lebar gan..

ada yang tau ini siapa gan..?


Ni kelompok tani ane gan..
mampir di mari juga ya gan.. mletheksrengenge.com

Stok di kelompok ane gan..pesenan Ratusan liter per MT Crop Padi

Kl Masih Ada yg Sadis, ane rela di Bata Gan..
sedekahnya ane tunggu..
Quote:Original Posted By nntime
SEMPROTAN PEPAYA bisa menangani jamur padi , bisa scor ga laku nich . bisa di coba nich


betul, saya sdh nyoba untuk jamur pada batang pohon tin, hifa dan miseleum nya tidak berkembang, tp masih nunggu beberapa waktu lg nih untuk liat efektivitasnya krn masih terus di guyur hujan.

Quote:Original Posted By fuadivzky
Salam Gan.. Nubitol bukan selamanya hama gan..
Ane mo share cara bikin agensia hayati..Bahan gampang di dapet, manfaat dijamin murmer..

Ni elmu dari para pakar penyakit taneman gan..Silakan di cuba..


PGPR (Plant Growth Promoting Rhizibacteria )

PGPR, Bakteri sekitar perakaran yang dapat memacu pertumbuhan tanaman n juga agens (mikroba) pengendali penyakit scr hayati yang menguntungkan bagi Tumbuhan agan-agan.
Ni bakteri idupnya di sekitar perakaran (Rhizosper). Tempat sering ada eksudat (cairan) yang dikeluarin akar sebagai nutrusi bagi mikroba. PGPR sumbernya ada di akar rumpun bambu,or rumput gajah..die ngandung bakteri Pseudomonas flourenscens, Bacillus polymixa, yg bisa macu pertumbuhan tanaman lewat beberapa cara gan:

•\tNgeluarin cairan yang mampu melarutkan mineral (misal pospat) sehingga menjadi unsur hara yang tersedia
•\tNgerombak dan ngurai bahan organik (dekomposisi bahan organik) jadi nutrisi tanaman
•\tNgeluarin enzim dan hormon yang berguna untuk macu pertumbuhan tanaman
•\tNgeluarin antibiotik yang mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan mikroba yang bersifat patogenik (mikroba penyebab penyakit)

PGPR yang udah dikembangin efektif ngurangin infeksi pathogen tular tanah, antraknosa dll. PGPR juga efektif untuk tanaman hortikultura n padi.
PGPR bisa agan terapin wkt tanaman muda, dipersemaian atau pada benih tanaman. PGPR bentuknya cair berwarna coklat keruh dengan bau masam.

Nih Cara isolasi dan pembiakan PGPRnya Gan
1.\t100 gr akar bambu/serabut rumput gajah (biang) direndam selama 2-4 hari dalam 1liter air masak yang telah di dinginkan. Disimpen di botol tertutup ya gan..

2.\t
Bikin adonan bahan nutrisi bakteri dengan komposisi :
•\t400 gr gula pasir
•\t200-400gr terasi
•\t1 kg dedak halus/bekatul
•\tKapur 1 pucuk sendok teh
•\t10 liter air bening
•\tPenyedap rasa secukupnya

3.\t


Adonan bahan nutrisi tersebut direbus sampai mendidih, terus agan tunggu selama 15-20 menit dari mulai mendidih lalu diangkat dari atas kompor /tungku. Diemin adonan sampai dingin (temperatur adonan sama dengan temperature udara luar)

4.\tSaring n Peras adonan dengan kain sehingga menjadi larutan kental. Tutup wadahnya rapet2.

5.\t

Setelah itu masukin campuran larutan rendaman akar bambu/rumput kedalem jerigen/wadah tertutup

6.\tDiamkan selama 7 hari. Tiap 2 hari sekali,diaduk atawa di gojlak..

Aplikasi temen2 petani Gan..
dicampurin ama pupuk kandang atau organik..


Hasil Gan..
berani jarak lebar gan..

ada yang tau ini siapa gan..?


Ni kelompok tani ane gan..
mampir di mari juga ya gan.. mletheksrengenge.com

Stok di kelompok ane gan..pesenan Ratusan liter per MT Crop Padi

Kl Masih Ada yg Sadis, ane rela di Bata Gan..
sedekahnya ane tunggu..


tulisan yg bagus ni, sharing terus dan sudah di tempat yg tepat.
saya juga ada beberapa jenis agen hayati yg saya dapat dari teman yg kerja di Lab.

PGPR yg saya dapat jenis mikoriza dan beberap insektisida dari golongan beauveria bassiana, nurmurea riley, glicladium sp dll.
×