KASKUS

~All About Photo Studio, Cetak Photo, Wedding Photography, dll~ Ane Share disini

~ALL ABOUT PHOTO STUDIO~



Jika berkenan like Facebook Studio Ane yaa


Bissmillah. . .

Hai agan2, karena ane uda search tentang jenis usaha photo studio, cetak photo, wedding photography, dll tapi belum nemu disini, maka ane bakalan share tentang bidang usaha ini, karena ini adalah salah satu jenis usaha yang kaga bakalan mati, soalnya setiap orang pasti bakalan kimpoi, atau pengen di photo keluarga, pas photo, atau bahkan narsis2an di studio.

Sebelumnya ane ucapkan terima kasih banyak kepada para sesepuh di sub forum Photography, karena sebetulnya jg ane buta tentang dunia photography, tapi karena keinginan yang kuat untuk memulai terjun di bidang ini, padahal basic ane adalah broadcasting alias penyiar radio.

Sekarang ane uda punya Studo Photo sendiri, emang kecil2an sih, tp yang penting jalan, soalnya untuk bermain di level atas, modal sama alat yg dibutuhkan juga lumayan bikin serangan jantung

oke sudah cukup intermezzonya, mari kita mulai.

Usaha ini ane bagi ke beberapa bagian, tergantung modal awal yang dimiliki, belum termasuk tempat usaha alias kontrakan atau rumah sendiri, karena harganya berbeda2 di masing2 daerah, jadi itu gak ane masukin ke itungan modal awal.

Alhamdulilah setelah 2 tahun buka, skrg bisa buka cabang baru




Quote:

1. Usaha Cetak Photo ~ 6 s/d 10 juta
Tidak dipungkiri dengan maraknya tipe hp berkamera, membuat masyarakat mampu untuk mengabadikan setiap moment mereka dengan kamera di hp, tidak perlu membeli kamera dengan harga yang cukup mahal, hanya dengan hp merk china pun, sudah ada kameranya.

inilah yang menjadi pangsa pasar jenis usaha yg nomor 1 ini, karena kebanyakan konsumen berada dari golongan menengah kebawah, anak sekolah yang ingin mencetak photo nya pasti menjadi langganan agan2 smua.

Sarana dan Prasarana yang dibutuhkan :
*Harga berikut bukanlah acuan, tapi itu harga baru saat ini, klo misalnya mau beli bekas juga bisa, tinggal dikurangin aja harganya, asal siapin aja dana buat servicenya ntar, namanya juga bekas, gak ada garansi.

- 1 Unit Komputer Rp. 2.500.000,-
Minimal Dual Core, RAM 1gb, dan VGA 256mb (vga ini ngaruh krn program pengolah gambar digital membutuhkan vga yg besar kekuatannya)


- 1 Unit Printer Epson R230x Rp. 1.600.000,-
Printer ini adalah yang paling murah di kelasnya, dengan 6 tinta sistem infus, membuat biaya operasionalnya menjadi sangat murah, dan kualitasnya cukup bagus.


- 1 Unit Scanner Rp. 1.200.000,-
Loh kok scannernya mahal amat harganya? bukannya harga scanner itu antara 300rb sampe 500rb jg ada? eits jangan salah gan, meskipun jaman sudah canggih begini, tetep aja masih ada konsumen yang mau cetak dari klise
jadi belilah scanner yang bisa scan klise, meskipun harganya mahal, contohn Canon Lide 700F


- 1 Unit Kamera Digital Rp. 1.000.000,-
Bukannya jenis usaha ini cuman fokus di cetak photo ? benar, tp kan sayang juga klo ada yg mau bikin pas photo, kita gak layani, dengan kamera digital yang banyak beredar di pasaran, tinggal pilih yang sesuai dengan budget.


- 2 Buah Etalase Rp. 1.400.000,- ( 2 buah)
Ini perlu untuk menyimpan Pigura dan album yang akan kita jual


- Perlengkapan lainnya Rp. 500.000,-
Ini mencakup meja komputer, card reader, bluetooth, gunting, cutter, mistar besi, sapu, pengki, tong sampah, dll.

- Skill atau keahlian program pengolah gambar digital, klo misalnya agan2 gak mahir atau bahkan sama sekali gak bisa, mending beli buku tutorialnya atau ikutan kursus, karena ini SANGAT PENTING, biar agan gak keliatan Oon ketika konsumen pengen di edit kaya gimana, sedangkan agan gak bisa caranya. Jadi sebelum buka, harus bisa ini dulu. Program yang digunakan berbeda-beda, tapi kebanyakan menggunakan Adobe Photoshop.

Biaya Operasional
Adapun biaya operasional untuk usaha jenis ini adalah :
- Listrik Rp. 50.000,- s/d Rp. 100.000,- Per bulan, tergantung pemakaian, lebih baik pake pulsa, supaya kita termovitasi buat ngirit

- Tinta Skyprint Rp. 90.000,- ( 6 Warna ), tergantung rame sepinya bisnis, biasanya minimal 2 bulan uda harus isi lagi.

- Kertas Photo, disarankan merk Spectra Proffesional, Rp. 43.000,- Per Pak, jangan tergiur sama merk Coral, Kenko, Joyko, dll yg murah2, coba aja agan beli 1 lembar, trus simpen di meja, ntar keliatan warna dia gak putih lagi, tp berubah menjadi sedikit abu, gak mau kan ntar konsumen komplain warnanya pudar?

- Karyawan Rp. 600.000,- ya ini tergantung agan mau kelola sendiri atau langsung hire karyawan

- Iuran sampah, keamanan dll, Rp. 10.000,- tergantung daerahnya, tp ya tetep musti masuk biaya operasional

Harga
Sekali lagi ini tergantung daerah dimana agan buka usaha, klo di daerah ane kebanyakan yg buka begini org padang, (maaf jgn kesinggung) dan mereka menjatuhkan harga, pernah ada konsumen yang bilang, "mas kok disana cetak 2R cuman 1.000 ?? disini 2.000 ???" setelah ane selidiki, 2R itu menurut aturan internasional adalah 6 x 9 cm, dan yang mereka jual itu, ukuran 5 x 7cm, ya jelas ngawur, 5x7 kok dibilang 2R, dari pemakaian kertas ama tinta saja uda beda toh ?

- Ukuran Pas Photo 2x3, 3x4, dan 4x6
Klo ini hajar rata aja gan, pake aturan minimal cetak, yaitu Rp. 3.000 per 4 lbr, klo misalnya mrk cuman mau cetak 2, ya patok aja Rp. 1.000 per lembarnya

- Ukuran Dompet 5x7
ini kasi Rp. 1.000 / Lbr

- Ukuran 2R, 3R, 5R, 6R, 8R itu biasanya disesuaikan, misalnya 2R Rp. 2.000, 5R Rp. 5.000, dan yg paling besar A4 itu Rp. 10.000


Nah gimana uda mulai ada gambaran kan? berikutnya ane share lagi tentang usaha Studio Photo Mini di page berikutnya
2. Studio Photo Mini~15 s/d 25jt
Quote:


Kebutuhan masyarakat akan jasa Photography saat ini sangatlah besar, mulai dari Photo Keluarga, Photo Kelas, Photo Grup, Photo Gaya, dll dan tentu saja mereka membutuhkan sebuah Studio Photo agar lebih berkualitas.

Disini saya akan share bagaimana cara membangun Sebuah Studio Mini dengan modal yang cukup kecil untuk ukuran sebuah studio photo, tapi perlu di ingat juga bahwa tehnik photography disini juga sangat dibutuhkan, jadi sebaiknya sebelum membuka usaha ini, disarankan untuk sering mampir ke sub forum photography

Sarana & Prasarana yang dibutuhkan
1. Kamera D-SLR
Minimal mempunyai Canon 1100D, karena sangat cocok untuk pemula dan harganya cukup terjangkau, Rp. 5.400.000,- sudah termasuk lensa kit 18-55 dan memiliki flash build in didalamnya.


2. Lighting Set
Alat ini sangatlah diperlukan didalam studio, dengan berbagai macam merk china di pasaran dengan harga yang murah, membuat studio photo mini menjadi hal yang cukup dapat diperhitungkan. Lighting Stand, Lighting Merk Tronic Jumbo, Payung dan Triggernya sebanyak 2 Set bisa didapatkan dengan harga Rp. 2.000.000,-.


3. Background
Dengan program pengolah gambar digital, maka tidak diperlukan lagi background dengan gambar pemandangan atau roll yang dapat menaikan atau menurunkan background studio lagi, cukup menggunakan 1 background warna putih, maka dengan sangat mudah background diganti dalam proses editing.


4. Property
Benda seperti kursi, box, dll merupakan property penting di sebuah photo studio, karena akan membuat konsumen semakin senang dengan property yg banyak.


5. Advertise
Biasanya di sebuah photo studio, agan2 akan melihat dindingnya dipenuhi dengan frame atau pigura seperti ini.


dan tentu saja itu membutuhkan modal yang lumayan besar juga, jadi bagi yang modalnya pas2an, bisa diakali dengan menggunakan media banner yang besar seperti ini, sehingga modal yg dibutuhkan juga bisa sangat murah.


6. Ruang Ganti
Jelas ini sangat dibutuhkan konsumen untuk mengganti baju, untuk berdandan, biaya pembuatnnya membutuhkan kayu, triplek, cat, cermin, dan ongkos tukang bisa habis sekitar 1jt

7. Cetak Photo
Nah klo untuk mencetak hasil photo dari pemotretan yg kita lakukan, tinggal beli alat2 yang sudah saya sharing di Bisnis Cetak photo sebelumnya.

8. Paket Harga
Agar konsumen tidak bingung berapa harga jika di photo di studio kita, alangkah baiknya kita membuat katalog harga, contoh :
Paket Pas Photo
- Ekonomis : Rp. 8.000,- (1x shoot, cetak 4 lbr ukuran pas photo 1 ukuran)
- Reguler : Rp. 15.000,- (1x shoot, CD, cetak masing2 5 lbr semua ukuran pas photo)

Paket Photo Gaya
- Stylish : Rp. 12.000,- (5x Shoot, CD, Cetak 1 Lbr ukuran 3R)
- Trendy : Rp. 15.000,- (8x Shoot, CD, Cetak 1 Lbr ukuran 4R)

Dan begitu seterusnya.

Next : Jasa Photography
Quote:3. JASA PHOTOGRAPHY

Untuk bidang usaha ini agan tidak harus memiliki Studio Photo, cukup dengan berbekal alat" lighting dan sebuah kamera DSLR, maka agan bisa menjadi Photographer panggilan untuk acara pernikahan, khitanan, ulang tahun, dokumentasi dll. Klo urusan cetak dan editing, bisa dilempar ke studio" besar.

Ok, lets begin.



Hal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah :
1. SKILL PHOTOGRAPHY
Hal ini menjadi nomer satu diantara yang lainnya, kenapa? karena saat ini banyak beredar PAJ alias Photographer Asal Jepret, yg penting jepret dulu, soal hasil ntar belakangan aja di edit. Biasanya yang begini ini photographer yang baru belajar, atau baru terjun ke bisnis jasa photography.
Banyak pengantin yg ditawarin karena temennya bisa moto, trus kecewa berat dengan hasilnnya yang ternyata ga sesuai dengan yang diinginkan atau bahkan sangat parah. Seperti photo gak fokus, pose pengantin yang kaku, dll. Oleh karena itulah Skill Photography sangat dibutuhkan di jasa ini, jika agan" masih belum mahir, sebaiknya sering" berlatih memotret daripada mendapatkan komplain yg sangar dari client. Atau bisa kursus Photography , klo di Jakarta ada Darwis Triadi, klo bandung ada Angin Photoschool.

2. KAMERA DSLR (Rp. 5.000.000 s/d 20.000.000)

Inilah yang menjadi senjata agan" untuk berbisnis, pemahaman tentang anatomi kamera beserta fungsinya menjadi sangat wajib untuk agan" ketahui agar tidak terlihat bodoh di depan klien ketika ingin menaikan shutter speed.

3. LIGHTING SET (Rp. 1.500.000 s/d 6.000.000)

Ini digunakan didepan pelaminan agar cahaya ketika memotret pengantin atau keluarganya menjadi sama rata dan Alat ini sangat wajib untuk dimiliki.

4. TAS PERALATAN

Ini juga penting untuk membawa alat" yang agan miliki terutama lighting set, atau kamera, karena agan kan mobile tuh ntar, jadi ga mau kan klo alat"nya rusak kepanasan atau kehujanan gara" agan pake kantong kresek buat bawanya

5. ALAT TRANSPORTASI
Mau motor atau mobil bebas terserah agan, soalnya ntar lokasi tempat pernikahannya kan kita ga pernah tau dimana, jadi bakalan repot klo musti naek angkot atau ojeg, bisa" malah rugi kemahalan di ongkos

Dengan 5 hal tersebut diatas sebenernya agan udah bisa terjun di bisnis ini, tinggal persiapan mental dan fisik juga perbanyak latihan memotret agar hasilnya bisa dijual ke masyarakat

Berikut adalah artikel yang saya ambil dari blog.poetrafoto.com ditulis oleh Bapak Mishbahul Munir, seorang photographer Professional.

Quote:12 Kesalahan Fotografer Pemula & Amatir
oleh Mishbahul Munir: Fotografer Poetrafoto Photography Studio Yogyakarta
Seorang fotografer (photographer) dalam dunia fotografi (photography) juga tak lepas dari kesalahan. Namun, jika kesalahan teknis fotografi (photography techniques) ini setiap kali memotret (take picture) terjadi, maka dia harus giat lagi belajar memotret.
Berikut ini berbagai kesalahan yang sering dilakukan dan dialami oleh para Fotografer Pemula dan Amatir. Hal ini ditemukan oleh Perusahaan Panasonic melalui survei yang dilakukannya, beberapa waktu lalu (poin-poin dikembangkan dari tulisan Arbain Rambey/Kompas).

1. Baterai Habis
Kesalahan tertinggi pada pemakai kamera digital baik yang pocket maupun yang DSLR, yaitu sampai 35,20%, adalah seringnya baterai habis. Kamera digital (digital camera) memang hanya bekerja kalau ada baterai di dalamnya. Maka, kamera digital yang laris umumnya punya baterai yang awet, minimal bisa untuk 500 kali pemotretan.
Kesalahan ini biasanya disebabkan beberapa hal, yaitu : (1) adanya persiapan yang kurang matang, sehingga lupa mengisi penuh baterai sebelum digunakan; (2) seringnya fotografer melihat hasil foto di LCD (Liquid Crystal Display) setiap kali usai jepret karena kurang yakin akan hasilnya; (3) karena lupa tidak mematikan power kamera usai pemakaian, atau langsung dimasukkan dalam tas kamera.

2. Gambar Kabur Kamera Goyang
Kesalahan pemula gambar kabur akibat kamera goyang saat digunakan mencapai 29,30%. Goncangan kamera alias camera shake memang kesalahan pemakai. Namun, kamera yang baik akan meminimalkan hal ini dengan bentuknya yang ergonomis dan kecepatan rana yang lebih tinggi.
Saat ini, kamera maupun lensa juga telah dilengkapi fasilitas VR (vibration reduction) untuk Nikon atau IS (image stabilizer) untuk Canon. Fungsinya adalah untuk mengurangi gambar goyang diatas, jadi jika ingin beli kamera, pilihlah yang ada fasilitas ini.

3. Gambar Kabur akibat Goyangan Obyek Foto

Kesalahan ini sering dilakukan hingga nilainya mencapai 22,70%. Kesalahan ini
adalah akibat pemakai salah memperkirakan kecepatan obyek foto dengan kecepatan rananya.

4. Time Lag
Kesalahan ini terjadi karena terlambatnya memotret adegan akibat kelambatan sang
kamera bereaksi. Atau, bisa juga tidak pekanya sang fotografer. Time lag, yaitu jeda antara saat rana ditekan dan saat kamera bereaksi.

5. Salah Fokus (Miss Focus)
Kesalahan ini persentasenya 16,80%. Kesalahan ini umumnya menyangkut focusing pit alias fokus lari ke bidang nun jauh di sana. Atau, bisa juga dikarenakan auto focus di kamera tidak di lock, sehingga ketika memotret focusnya berubah ke obyek yang lain. Hal ini bisa diakali dengan memperkecil diafragma (f) dengan angka lebih besar
agar sudut fokusnya lebih lebar.

6. Underexposur atau Foto Gelap
Kesalahan ini juga sering dilakukan oleh fotografer yaitu, foto terlalu gelap (19,30%). Kejadian ini dikarenakan kurangnya perkiraan fotografer dengan kondisi lighting disekeliling obyek yang akan di foto. Tips mudahnya untuk mengurangi kejadian ini, sang fotografer harus menyalakan lampu flash, baik yang di body camera atau external flash.

7. Memori Penuh

Walaupun sepertinya lucu, rupanya kejadian ini cukup sering dialami oleh fotografer, yaitu memori (kartu CF= compact flash/SD= secure digital) penuh (16,50%). Secara tidak sengaja, ini juga sering terjadi. Sehingga, setiap akan memotret, ketika dirumah ceklah terlebih dahulu memory card yang Anda gunakan. Jika penuh, copy-lah terlebih dahulu di harddisk komputer Anda.

8. Overexposure (OE) atau Foto Terlalu Terang
Kesalahan ini juga sering terjadi, yaitu foto terlalu terang (12,20%). Hal ini
diakibatkan oleh terlalu banyaknya cahaya yang mengenai obyek yang kita foto.
Namun, terkadang, beberapa fotografer sangat suka memainkan OE ini dalam
karyanya. Tapi, untuk obyek tertentu, foto OE ini juga tidak tepat.

9. Salah WB (White Balance)
Salah white balance sering dilakukan (6,8%). Akibat dari salah WB ini adalah warna yang kurang tepat atas obyek yang kita foto. Kadang terlalu kuning, terlalu biru, kemerahan, dll. Tipsnya agar tidak terjadi adalah dengan menempatkan WB pada Auto (A) saja.

10. Salah Penyetelan Ukuran Foto (Pixel)
Salah penyetelan piksel (10%) ini akan berakibat fatal apabila ketika kita
membutuhkan foto dengan ukuran besar. Sebagai contoh, yang seharusnya foto kita gunakan untuk cetak besar, misalkan 24R, jika foto hanya ukuran S (small = +2000 pixel), maka jika di cetak akan pecah atau noise. Nah, sangat aman jika kita men-setting kamera kita dengan ukuran L (large) dengan model Fine atau RAW.

11. Salah Kecepatan Rana (Shutter Speed)
Salah kecepatan rana (5,4%), bisa berakibat pada obyek yang blur, shake, atau gelap. Settingan yang paling mudah adalah pilih model full Auto pada kamera Anda, atau (A/P) Aperture priority sehingga kecepatan menyesuaikan dengan cukup baik.

12. Salah ISO
Salah ISO (International Organisation for Standardization) sekitar 3,7%. Akibatnya adalah foto akan noise atau bintik-bintik, akan gelap, dan kualitasnya kurang sempurna. Pada kamera tertentu, memiliki kualitas yang masih bagus apabila ISO-nya masih di bawah angka tertentu (400, 800, 1000 dll). Oleh karena itu, jelilah melihat kondisi foto yang akan kita potret.
Nah, untuk mengakali kesalahan yang sifatnya dari kamera, pilihlah kamera digital (camdig) yang bagus, kekuatan baterai yang lebih panjang, yang punya fasilitas face detection, auto, time lag reduction, VR di lensa, dsb. Kalau kemampuan fotografernya, jelas obatnya ya cuman belajar terus menerus. Seperti saya ini… hehe…
Selamat mencoba, semoga kita bisa memotret lebih baik ya esok hari… Salam fotografi!
tips tips para sesepuh

Quote:Original Posted By aero49
kualitas hasil cetak juga jangan lupa, perhatikan tinta dan photo papernya, pada awal2 cetak emang hasilnya bagus dan tahan air, tapi berdasarkan pengalaman ane, tinta ori printer saja dalam waktu 1 bulan terpapaer sinar matahari langsung akan memudar

hal ini bisa di akali dengan menambahkan lapisan pelindung, seperti semprotan clear untuk cat atau dengan melaminating permukaan foto dengan platik laminating tipis (biasanya di gunakan untuk melapisi sampul buku yang di copy di percetakan/photo copy.

atau yang lebih mudah dengan menggunakan tinta dan kertas berkualitas tinggi, tahan air dantahan pudar, biasanya mahal, cuman dari pengalaman merek photo paper yang murah dan tidak murahan ane milih spectra yang 230gsm, warna putih alami dan tidak gampang menguning, kalu tinta, ane make tinta ori epson bawaan printer epson L100 (harusnya ane beli epson R230 , tapi gak papalah, syukuri apa yang ada , kalo hasil masih bisa di pertanggung jawabkan, kalo canon ip2770 mah lewat )

tapi ane nemu iklan tinta yang mengklaim tahan air, pudar, anti UV dan tahan bertahun2 tanpa laminasi, ini iklannya: http://saiko-ink.com/ .

menurut ane, gak cuman hasil bagus yang penting, tapi ketahanan dari hasil cetak foto juga harus di perhatikan, jangan sampai pelanggan kecewa

kali aje di tarok di pejwan xixixixi


ada lgi gan bidang usaha di foto tentara, keuntungannya mantap... ane pernah coba. sekarang dah ga lagi sih.. (waktu kuliah di bandung aja).
Sekarang jadi staff IT aja yg kerjaannya ngaskus...
mantap gan ...
Quote:Original Posted By taufikation
ada lgi gan bidang usaha di foto tentara, keuntungannya mantap... ane pernah coba. sekarang dah ga lagi sih.. (waktu kuliah di bandung aja).
Sekarang jadi staff IT aja yg kerjaannya ngaskus...


sep gan, sayang nih sepi peminat, jd tahan dl sharingnya
ayo gan lanjutt ane dukung!!!!
gan,tulis juga dong tempet beli peralatan2nya,kaya printer dll yg recommended
Quote:Original Posted By intermezzo9
sep gan, sayang nih sepi peminat, jd tahan dl sharingnya


wew, ayo gan dilanjutkan...
ane sih pengen buka yg cetak foto gan, tpi udah ada yg buka duluan,.
saya ada usaha tapi cuma cetak doank , pake ip2770 + infus

mulai dari 2x3 sampai A4.

pake glosy ada 2 pilihan kertas A6 buat cetak 2x3,3x3,3x4,4x6,3R,custom.

pake FotoSlate 4 & kena cash 3ribu per lembar ( A6 ). kalo A4 sih 8ribu.

4x6 cetak via A6 bisa dapet 4 foto, 3x4 8 foto dll.

mohon sarannya
gan nanya printer yang bisa sekalian scan, budget 1 juta ga lebih dapetnya apa ya gan?
Nanya gan.. Tapi bukannya klo cetak photo dengan printer hasilnya tdk maksimal dan sebagus di tempat cuci photo gitu ya gan? Karena saya pernah cetak photo melalui printer gitu.
Quote:Original Posted By nanahara
ayo gan lanjutt ane dukung!!!!


siap

Quote:Original Posted By vicarov
gan,tulis juga dong tempet beli peralatan2nya,kaya printer dll yg recommended


ente tinggal di daerah mana gan?

Quote:Original Posted By JuraganMotor
wew, ayo gan dilanjutkan...
ane sih pengen buka yg cetak foto gan, tpi udah ada yg buka duluan,.


rezeki uda ada yg ngatur, ga usa khawatir soal hal itu

Quote:Original Posted By bl!nksatan
saya ada usaha tapi cuma cetak doank , pake ip2770 + infus

mulai dari 2x3 sampai A4.

pake glosy ada 2 pilihan kertas A6 buat cetak 2x3,3x3,3x4,4x6,3R,custom.

pake FotoSlate 4 & kena cash 3ribu per lembar ( A6 ). kalo A4 sih 8ribu.

4x6 cetak via A6 bisa dapet 4 foto, 3x4 8 foto dll.

mohon sarannya


uda pernah eksperimen blom hasil cetakan dr printer bro, menggunakan 2 kertas yg beda, pajang, trus berapa lama warnanya pudar ?

itu penting buat ngejaga kualitas kertas mana yg bagus

Quote:Original Posted By ikantapa
gan nanya printer yang bisa sekalian scan, budget 1 juta ga lebih dapetnya apa ya gan?


saran sy klo mau beli alat itu jgn yg multifungsi, suka gak maksimal, mending beli printer ama scanner nya yg terpisah bro, sy jg ada epson yg bisa print, scan, photocopy jg bisa, skrg jadi sampah

Quote:Original Posted By trustedz
Nanya gan.. Tapi bukannya klo cetak photo dengan printer hasilnya tdk maksimal dan sebagus di tempat cuci photo gitu ya gan? Karena saya pernah cetak photo melalui printer gitu.


tergantung merk printer, tinta dan kertas bro

klo bro pake merk epson r230 dengan 6 tinta, dan kertas merk spectra, selama hasil photonya disimpan di tempat yg tidak lembab dan tidak tersorot sinar matahari langsung, dijamin lumayan awet
Updated Share No. 2 : Studio Photo Mini
Quote:Original Posted By intermezzo9

saran sy klo mau beli alat itu jgn yg multifungsi, suka gak maksimal, mending beli printer ama scanner nya yg terpisah bro, sy jg ada epson yg bisa print, scan, photocopy jg bisa, skrg jadi sampah


makasih banyak gan responnya

wah kok bisa gitu ya gan ,
tapi klo beli terpisah maahal
Mantabb gan. terusin share nya ane book mark. ane minat bgt usaha ini, mulai dari mini studio, cetak foto, sampe cetak ke media promosi gan kaya kaos sama pin
Quote:Original Posted By ikantapa
makasih banyak gan responnya

wah kok bisa gitu ya gan ,
tapi klo beli terpisah maahal


Emang beli terpisah itu mahal bro, tp klo salah satu rusak, yg lain masih bisa kita pakai kan, beda klo kita beli yg multifungsi, klo head printernya musti diganti, otomatis kita jadi ga bisa scan ama yg lainnya kan

Quote:Original Posted By jess328
Mantabb gan. terusin share nya ane book mark. ane minat bgt usaha ini, mulai dari mini studio, cetak foto, sampe cetak ke media promosi gan kaya kaos sama pin


sep2, ntar di update lg
Quote:Original Posted By bl!nksatan
saya ada usaha tapi cuma cetak doank , pake ip2770 + infus

mulai dari 2x3 sampai A4.

pake glosy ada 2 pilihan kertas A6 buat cetak 2x3,3x3,3x4,4x6,3R,custom.

pake FotoSlate 4 & kena cash 3ribu per lembar ( A6 ). kalo A4 sih 8ribu.

4x6 cetak via A6 bisa dapet 4 foto, 3x4 8 foto dll.

mohon sarannya


peralatan ente sama dengan ane ..

untuk kertasnya:

-kertas glossy ; dipake buat foto2 fun (foto yang dicetak untuk disimpan atau dipajang di album)

-kertas silky ; ane pake buat cetak foto2 untuk dokumen seperti KTP, ID card, dsb. terbukti ane pernah coba pake kertas ini,ane rendem air warnanya gak ilang (gak pake tinta pigment lho..cuma tinta infus biasa)
nice share gan..lanjutin dong
×