KASKUS

Quote:Original Posted By ramenoodle
ayam kate gw yang betina udah 2 kali mulai ngeremin 6 (ereman kedua) dan 7 (pertama ngerem) telor.. yang ereman pertamax malah telornya gagal semua.. padahal udah lama banget dieremin, pas dicek ama bokap katanya gagal, hasilnya tu telor dibuang2in.. pas ngeremin yang kedua ( 6 telor) si betina malah wafat.. kena penyakit macem kayak pilek, tp g bersin2.. cuma tenggrokan keisi sama lendir2 lengket putih.. bertahan dalam keadaan sakit sekitar 5 hari sampai akhirnya wafat..

skrg tinggal si jantan deh..

gw mo tanya, idealnya dia ngerem brp lama, trus kalo diliat dari atas, knp telor2nya pada gagal netes ya??


handle celepuk sama ayam kate juga nih? haha..

udah ditunggu sampe berapa hari, gan? coba tunggu sampe 25 hari, soalnya sapa tau emang menetasnya telat. idealnya ayam kate ngerem 18-24 hari. lebih umum juga netasnya ga barengan, hari ini 1 ekor, besoknya 2 ekor.. lucu deh ngeliat anaknya muncul dari sayap induknya.. bisa juga kaya gitu.. kalo sampe gagal gitu, penyebabnya bisa:
1. dari awal telur yang dierami jelek/busuk
2. memang ada kemungkinan telur gagal menetas
3. jantan sama betina dicampur ga? soalnya mereka kalo ngerem itu gantian.. jadi kalo betina cari makan, jantan yang ngerem, kalo ga gitu kemungkinan gagal karena suhu panas ga stabil makin gede.

saran dari ane, di sarangnya tambahin kain/handuk aja biar makin anget..
titipin ke ayam lain yang sedang mengeram aja gan




























. . . . .
@NQ45: duluan ayam kate gan..celepuk baru 2 minggu.. hehehe

wah2..ngga gantian tuh gw ngeliatnya, slalu si betina, udah kok, ditambahin kaen2 n anduk2an sama sabut kelapa..
Quote:Original Posted By NQ45
mau nambahin, ayam kate akan mulai mengerami telurnya ketika dia sudah berhenti masa bertelurnya dan masuk masa pengeraman.. kalo ayam kate bertelur, ambil telurnya (pake sarung tangan plastik) taruh di tempat yang aman, lalu beri nomor dengan spidol yang tanpa aroma.. sisakan satu telur di tempat semula agar si induk ayam bakal bertelur lagi di tempat yang sama..

ayam kate bisa bertelur sampai 20an butir, waktu itu ayam kate gw bertelur sampe 24 butir sebelum akhirnya mengerami.. nah, pada waktu mengerami, ketika si induk sedang keluar sarang dan cari makan, masukkan telur yang udah disimpan sebelumnya secukupnya ke sarang (misalnya 7-8 sesuai besar si induk).. jangan terlalu banyak karena ayam kate itu kecil.. masukkan yang bernomor terakhir2, jangan yang nomor awal.. oh ya, sebelumnya telur dicek dulu dengan cara digoyang2kan (dikocok perlahan).. apabila telur padat, berarti telurnya bagus, apabila terasa ada yang bergerak di dalamnya, berarti telur sudah busuk.. segera buang..

telur2 sisanya, seperti yang udah dijelaskan di atas oleh kaskuser lain, dimasukkan ke dalam kardus yang udah dialasi kain dan diberi lampu agar hangat.. pendapat gw pribadi, dibolak baliknya ga usah 8x sehari gapapa, balik2 aja pas sarapan, makan siang, dan malem2.. oleh karena panas dari bohlam lebih stabil dan kontinu, kemungkinan besar anak2 ayam akan menetas sebelum 21 hari (pengalaman gw kemarin 17 hari udah netes).. bisa langsung diberi dedak yang dicampur air.. selanjutnya sesuai pembiakkan ayam biasa..

semoga membantu..

wah NQ45 ternyata maen ayam kate jga..
beli dimana ayam katenya.. ane pengen dulu ada yg mau ngasi.. tapi mati
Quote:Original Posted By PBmaster
wah NQ45 ternyata maen ayam kate jga..
beli dimana ayam katenya.. ane pengen dulu ada yg mau ngasi.. tapi mati


dulu.. sekarang mah udah ga.. dulu beli di temen gw yang breeder dan hobbiis, tapi sekarang dy juga udah pensiun ayam kate..
tq infonya......

Smile nanya lg ni gan

gan ayam kate ane kan dah nelor 1 nah trus pecah cz dah ane ksh tempat bwt nelor dr besek gt beralaskan baju/kain tp malah nelur di luar tempat yg dah ane buat alhasil diinjek ma jantannya, kira2 biar dia mau nelorin di tempat iu gmn ya ada solusi cemerlang gan??
Quote:Original Posted By FikriAdin
gan ayam kate ane kan dah nelor 1 nah trus pecah cz dah ane ksh tempat bwt nelor dr besek gt beralaskan baju/kain tp malah nelur di luar tempat yg dah ane buat alhasil diinjek ma jantannya, kira2 biar dia mau nelorin di tempat iu gmn ya ada solusi cemerlang gan??


wah jgn pakai kain gan ,cariin aja rumput liar yg panjang2 dah kering . atau kamu kepasar minta jerami sama tukang telor .nah kamu pancing aja pakai telor ayam kampung gan taruh didalamnya . kalau pakai baju/kain kga mau dia gan

Smile 

andaikata sudah tp tetap diluar bagaimana.... ad lg yg tau!
wah nice inpoh gan, ayam ane baru ada 2 telur, yang satunya telur perawan hehhehe
Quote:Original Posted By hastomomomo
andaikata sudah tp tetap diluar bagaimana.... ad lg yg tau!

wah,mnding dkasih tulisan aja gan (“harap btelor pd tempat yg sdah dsediakan”).he.he
iya neh,ay kate ane jg gt. br prtama btelur,2 bj,pcah 1. stelah ane pindah,kok ndak mau ngeramin,ya?? pdhal pgen py momongan kate kecil nie.he.he:yb
wah sesama pecinta kate ni..
menurut agan mendingan beli kate dewasa atau anakan serama??? (dirumah si dah ada kate).
soalnya di bali ada yg jual anakan serama asli 80k
enaknya ni tret diganti jadi subforum di mypets/burung/ayam kate.
kan di burung dah ada kutilang, kolibri, dst, tapi belon ada ayam kate, pdhal di tret2 kaskus penggemar kate makin banyak, dan di lapak FJB salah satu peternak kate di jakarta ampe sold out tu, pdhal dagangan katenya banyak.
gimana..... Ada yg minat ga jd pengasuhnya

Ayam Kate

Gan klo mati lampu bijimane? soalnya kan sering mati lampu
Ahkirnya...setelah penantian selama lebih dari 8 bulan...Ayam kate ane dah betelor dan proses mengerami..........
moga2 ntar pada menetas semuanya.hihihihihih
ijin gabung ya. Baru kemaren dapet anakan kate, gak tahu umur berapa,yg jelas dah ada ganti bulu bagian badan n ekor. Untuk bulu bagian kepala masih bulu kapas. Ada tips khusus gak buat peliharanya?oiya dikandang perlu dikasih lampu neon gk ya?
Quote:Original Posted By NickyHay
Gan klo mati lampu bijimane? soalnya kan sering mati lampu


ya ganti pake lampu templok alias petromax atau lilin atau lampu emergency atau pemanas.
yg penting suhunya hangat
Quote:Original Posted By avodigit
Ahkirnya...setelah penantian selama lebih dari 8 bulan...Ayam kate ane dah betelor dan proses mengerami..........
moga2 ntar pada menetas semuanya.hihihihihih


seneng dong.....
8 bulan lama jg tu.
Pengalaman ane, kalo indukan dah ngerem beberapa kali, kualitas telurnya nurun bahkan 0, kurang kalsium kali ya.
Quote:Original Posted By AF-45
ijin gabung ya. Baru kemaren dapet anakan kate, gak tahu umur berapa,yg jelas dah ada ganti bulu bagian badan n ekor. oiya dikandang perlu dikasih lampu neon gk ya?

liat suhunya gan, kalo dingin ya pake lampu (biasanya pake lampu pijar).
yg gampang tes aj.
kalo ia ga tenang kaya kdinginan, kasih lampu.
Kl ia tidur mnjauh dr lampu berarti kepanasan kurangi wattnya,
kl tidur tepat dibawah lampu brarti kurang hangat (tambahin watt lampunya).
Quote:Original Posted By r0ri

liat suhunya gan, kalo dingin ya pake lampu (biasanya pake lampu pijar).
yg gampang tes aj.
kalo ia ga tenang kaya kdinginan, kasih lampu.
Kl ia tidur mnjauh dr lampu berarti kepanasan kurangi wattnya,
kl tidur tepat dibawah lampu brarti kurang hangat (tambahin watt lampunya).
thank infonya. Oiya kalo ngasih obat buat anakan ayam kate boleh gk kasih obat buat ayam petelur. Ada 1 ayam yang 'gering' n kotorannya putih kapur.