HendrickMovicAvatar border
TS
HendrickMovic
Ini Album terakhir The Doors Yang sukses namun kontroversial (fans The Doors Masuk)





Ini adalah sebuah debut yang bikin Ed Sullivan gak mau nerima lagi anak-anak The doors nongol di acara tivi asuhannya.tapi semua orang juga gak boleh tutup mata bahwa album ini juga bikin nama The Doors melegenda...

Di tahun '66 The doors pernah keliatan manggung di sebuah klub terkenal bernama Whiskey a Go Go. The end adalah salah satu lagu yang dibawain wktu itu.penampilan Jim Morrison yang bergaya teatrikal,sesekali di selingi puisi dan bercerita tentang pembunuh yang ingin membunuh ayah dan meniduri ibunya sendiri,bikin semua audiens mendadak bengong.pandangan mereka pun terpaku ke arah Jim.
selain bikin melongo semua pengunjung klab,penampilan Jim cs juga sukses bikin bos elektra record naksir berat ingin mengajak mereka membuat album,dan akhirnya album bernuansa psychedelic pun rilis.
Respon masyarakat sama debut album yang berhasil menduduki chart tangga lagu amrik ini cukup luar biasa.namun album ini menuai kontroversi karena lirik di album ini berkesan ngasih anjuran orang lain untuk mengkonsumsi Drug.makanya pas mau tampil di acara Ed Sullivan Show,yang punya acara wanti-wanti banget supaya lirik lagu Light My Fire yang bunyinya "Girl we couldn't get much higher" diganti "Girl we couldn't get much better".JIm gak peduli sama larangan tersebut.dia tetep nyayi versi aslinya.Kejadian tersebut bkin Ed Sullivan jadi gak mau ngeliat muka anak-anak The Doors lagi buat selama-lamanya...

Ini Gan lagu-lagunya:

1. Soul Kitchen
lagu ini nyeritain tentang sebuah restoran di Venice beach California yang bernama Olivia.Diresto itu tempat JIm biasa nongkrong sampe larut malam,karena msakan di resto itu ngingetin sama masakan di rumah...

2. The Crystal Ship
Lagu bernuansa gelap dan murung ini adalah ucapan selamat buat cinta pertama Jim yang bermana Mary Werbelo..

3.Twentieth Century Fox
20th Century Fox adalah nama sebuah studio Film gede di amrik.buat Jim kalimat ini di jadiin sindiran buat cewe yang berpenampilan glamor dan suka hura-hura dan sindiran itu di tujuin kepada Pamela Courson cewenya sendiri.

4. Alabama Song(Whisky Bar)
Lagu yang kental dengan aroma gaya mars,foxtrot/lagu dansa dan blues yang aslinya lagu opera yang di ciptain oleh Bertloth Brecht Dan Kurt Weill.

5. Light My Fire
lagu ini paling terkenal dalam album ini,tapi selain kasus di kalub milik Ed Sullivan,ada juga kasus lain yaitu perseteruan dengan perusahaaan mobol mewah yang meminta lagu ini jadi Backsound di iklan komersial dan di setujuin sama 3 personil The Doors tapi karena Jim lagi keluar kota jadi gak tau,setelah JIm pulang,dia marah-marah karena lagunya di pake sama Buick,akhirnya dia ngambek dan kontrak iklan tersebut batal.

6.Back Door man
Istilah Back Door Man berarti cowo yang suka selingkuhin bini orang.di saat suami pergi ke kantor,si cowo nyelinap lewat pintu belakang buat dua-duaan sama istri.lagu ini recycle dari penyanyinya yang asli Willie Dixon dan oleh The Doors di buat lebih bertenaga lagi lagu ini.

7.I looked at You
dalam lagu ini pendengar akan berfikir pada lirik bait kelima berbunyi "too late,too late" yang diikuti oleh berhentinya iringan musik ngasih kesan bahwa lagu udah selesai tapi ternyata selang kemudian iringan musik masuk lagi ngelanjiutin satu bait terakhir.

8.End Of The Night
sebuah lagu muram yang berisis pengakuan Jim yang terobsesi kematian dan kehidupan di alam bawah sadar.

9.Take it as it comes
lagu ini penuh dengan lead-lead organ bernuansa timur tengah yang tercipta sebagai dedikasi buat guru meditasi Jim,Robbie,John yang sempat ikut latihan meditasi buat iseng-iseng doang,yang ternyata guru tersebut guru meditasi anak-anak The beatles yang bernama Maharishi

10. The End
lagu ini penuh dengan petikan gitar ala timur tengah.disini Jim bercerita tentang Raja Oedipus yang demen ama nyokap kandung sendiri hingga tega bunuh bapaknya sendiri (makanya ada kelainan yang dinamain Oedipus Complex) dan lagu ini jugalah yang didengerin terakhir sama Jim sebelum tubuhnya di temuin tewas di bathtub di sebuah apartemen di Prancisemoticon-Berduka (S)

Sekian Tread dari ane semoga nambah pengetahuan buat Fans The doors dan juga yang sekedar ingin tahu..

Maaf kalo ada salah kata dan ejaan maklum masih Newbieemoticon-I Love Kaskus

TS MENGHARAP emoticon-Blue Guy Cendol (L)

TS TIDAK MENERIMA emoticon-Blue Guy Bata (L)

DAN JANGAN LUPA emoticon-Rate 5 Star
0
14.8K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan