sepi banget yaa ini trit
Quote:Original Posted By tinktank
iy gan kasian banget di buang di wc
mungkin emang dah jodoh kali yee
coz sebelumnya ane emang pengen punya piaraan yg bisa di taro di warnet tapi ga tau mau piara apa
eh tau" si bobi (cangkangnya gambar spongbob) nonggol sambil ngintipin ane lagi mandi


ahaha..
selamat deh, gan.
ane juga mau pelihara kelomang tapi secara finansial belum siap.
kalo perawatannya kurang, nanti malah kasian sama kelomangnya.

share dong fotonya si bobi.
sekalian mau liat dia species apa.
ane ga punya camera/hp camera
ntar dehh pinjem camera tmn trus d upload
ane jg lgi nyari klomang lgi nih buat tmnnya dy
Quote:Original Posted By djatinegoro
ahaha..
selamat deh, gan.
ane juga mau pelihara kelomang tapi secara finansial belum siap.
kalo perawatannya kurang, nanti malah kasian sama kelomangnya.

share dong fotonya si bobi.
sekalian mau liat dia species apa.


mudah kok gan
ane dulu piara juga pake wadah sederhana
sambil ngumpulin duit & mulung barang2 punya temen trus ngambil juga dari pantai lama2 juga udah mulai lumayan bagus krabitatnya
ntar ane upload dah krabitat ane mulai dari yg sederhana sampai yg sekarang
Quote:Original Posted By Dodit44
mudah kok gan
ane dulu piara juga pake wadah sederhana
sambil ngumpulin duit & mulung barang2 punya temen trus ngambil juga dari pantai lama2 juga udah mulai lumayan bagus krabitatnya
ntar ane upload dah krabitat ane mulai dari yg sederhana sampai yg sekarang


tapi beli pasirnya yang lumayan mahal, gan.
di pasar hewan Jatinegara pasir silica 10 ribu dapat 3 bungkus kecil.
kalo buat bikin tebal biar kelomangnya bisa molting perlu berapa bungkus tau. haha..
Quote:Original Posted By djatinegoro
tapi beli pasirnya yang lumayan mahal, gan.
di pasar hewan Jatinegara pasir silica 10 ribu dapat 3 bungkus kecil.
kalo buat bikin tebal biar kelomangnya bisa molting perlu berapa bungkus tau. haha..


di cicil aja gan (kaya kredit motor di cicil XD)
kira" di jatinegara ada kelomang ga yaa
Quote:Original Posted By tinktank
di cicil aja gan (kaya kredit motor di cicil XD)
kira" di jatinegara ada kelomang ga yaa


ahaha..
ada, gan.
kemaren sih karena ane buruburu, ane cuma sempet liat yang jualan di
trotoarnya, gan. ga sempet ke dalam.
tapi yang ane liat itu kelomangnya kecilkecil.
gan ane liat di youtube mereka banyak yang pake serat kelapa
emang lebih baik pake pasir atau serat kelapa yaa??
mohon jawabannya mastah" kelomang
Disarankan jgn menggunakan pasir silika
Bisa pake pasir pante
Atau bisa juga tumpukan daun kering yg tidak bergetah
salam kenal klomang lover
CRABITAT YANG PERNAH DIPOST KEMARI


Spoiler for Ryo_aja:



Spoiler for ewots:




Spoiler for tong2slep:




Spoiler for napito:



Punya ane sendiri gan
Spoiler for krabitat:
Quote:Original Posted By Dodit44
CRABITAT YANG PERNAH DIPOST KEMARI


Spoiler for Ryo_aja:



Spoiler for ewots:




Spoiler for tong2slep:




Spoiler for napito:



Punya ane sendiri gan
Spoiler for krabitat:



wow keren" gan crabitatnya
SEKEDAR INFO

jenis2 kelomang yang sering ditemui di pedagang2
Jenis Kelomang I


C.Violascen


Kelomang indo timur


Varian Violascen

molting: proses pergantian kulit badan dan kaki
molting bukan berganti cangkang/rumah
Gambar molting

beberapa penyebab kelomang keluar dari cangkang/rumah atau mati mendadak
Penyebab kelomang mati I


spesies baru

mohon bantuan agan2 sekalian untuk mengoreksi atau menambahkan info
diusahakan materi ini bisa ditampilkan di halaman depan tread
gan ane mw bli tp dmn ya gan?
Quote:Original Posted By pangeranjablay
gan ane mw bli tp dmn ya gan?


Emang lokasi agan dimana
kolomang = kumbang...hehe ni binatang harus di tiup2 dulu baru keluar kan...klo udah nyapit..dweh..ga nahan sakitnya....






Mampir Lapak Aye Gan..
Spoiler for Aini Chocolate:
Quote:Original Posted By lalasmill
kolomang = kumbang...hehe ni binatang harus di tiup2 dulu baru keluar kan...klo udah nyapit..dweh..ga nahan sakitnya....



kelomang tidak sama dengan kumbang

kelomang
Spoiler for kelomang:


kumbang
Spoiler for kumbang:
gan mao curhat bentar nih

tadi sehabis pulang dari pasar senen
ane liat salah satu kelomang ane lagi mencoba masuk ke rumah kelomang yang agak lebih kecil (sebelum berangkat sih udah ky gtu juga tapi dah di pisahin(masih satu kandang)
dan setelah ane misahin yang kedua kalinya ane karantina tuh kelomang yg nyerang tadi
tapi untuk kelomang yg di serang dia kehilangan salah satu kakinya
dan saat ane taro di tangan dia langsung nyapit tangan ane bertubi"

eh iya sekalian mau nanya deh
kalo kelomang ngumpet" melulu knp yaa?
diaa mojok" sendiri gitu ngumpet ke bawah karang
apakah dia mau molting?
mencoba untuk menjawab

Quote:Original Posted By tinktank
gan mao curhat bentar nih
ane liat salah satu kelomang ane lagi mencoba masuk ke rumah kelomang yang agak lebih kecil (sebelum berangkat sih udah ky gtu juga tapi dah di pisahin(masih satu kandang)
dan setelah ane misahin yang kedua kalinya ane karantina tuh kelomang yg nyerang tadi
tapi untuk kelomang yg di serang dia kehilangan salah satu kakinya
dan saat ane taro di tangan dia langsung nyapit tangan ane bertubi"


kelomang yg ukuran besar kadang suka nyerang yg ukuran kecil
ada juga kelomang yg suka memakai ukuran cangkang yg kecil, katanya biar gaul kayak orang jaman sekarang yg suka pakai pakaian mini & ketat
katanya yg mini2 lebih asyik wkwkwkwk

Quote:eh iya sekalian mau nanya deh
kalo kelomang ngumpet" melulu knp yaa?
diaa mojok" sendiri gitu ngumpet ke bawah karang
apakah dia mau molting?



klo siang emang suka sembunyi soalnya hewan malam (nokturnal)
tp klo malam hari masih belum mau aktif brarti bisa stress atau mau molting
ane sih d depok..kt'a d jatinegara ad ya?