KASKUS

Quote:Original Posted By teddyuntung
nih gan liat foto sama kaya punya kamu yg aku lingkarin



itu dilihat dari apanya ya gan?karena paruhnya ya gan? kalau lingkar alisnya itu kuning n paruhnya sih coklat gan,yang paruh atas juga masih coklat. apa cucak hijau ane udah berumur lebih dari 4-6 bulan ya gan?
maaf ya suhu bukannya ane mo ngeyel tapi pengen diskusi supaya biar bisa a\bnr2 tahu cara memilih cucak hijau jantan..
Quote:Original Posted By teddyuntung
jarak gantungnya coba jauhin dikit gan mungkin dia masih muda rada takut .
CI kamu bagus tuh kalau ane liat . coba kasih vitamin extra vit gan

Quote:Original Posted By rockboegly
btul gan harus pintar2 jaga jarak ama burung lain klo pelihara CI......



thanks gan atas infonya, memang karena keterbatasan tempat cuman murai aje yang ane pisahin, klo ane taro di luar bisa bablas sakandang-kandange. Tapi tar ane coba akalain dah. Klo dari umur sama asal gimana ya gan ? klo kata yang jual sekitar 7-9 bulanan sih, asal jatim.

Quote:Original Posted By kadaljawi
ni gan pict CI ane...
Spoiler for CI:

tolong ditrawangin ya gan...


Klo menurut ane, tapi sebelumnya mohon dipastiin lagi itu warna paruh bawahnya putih apa hitam yah gan? klo kehitaman gitu jamin jantan gan.., ane juga pernah rawat.. 6 bulan baru nonggol nopengnya

Klo agan ragu.. ane siapin nih 250 buat nebus CI agan, PM ane aja hehehehe
Quote:Original Posted By kadaljawi
ni gan pict CI ane...
Spoiler for CI:

tolong ditrawangin ya gan...


biasa.nya paruh CI jantan bagian yg atas lebih panjang dari yg bawah...sedangkan yg betina paruh bagian atas dan bawah sama panjang...

coba cek pnya agan....
Quote:Original Posted By rdian.jkt
Klo menurut ane, tapi sebelumnya mohon dipastiin lagi itu warna paruh bawahnya putih apa hitam yah gan? klo kehitaman gitu jamin jantan gan.., ane juga pernah rawat.. 6 bulan baru nonggol nopengnya

Klo agan ragu.. ane siapin nih 250 buat nebus CI agan, PM ane aja hehehehe

kalo paruh sih putih egak hitam juga baru pada pangkal paruh doang selebihnya coklat...
itu masih muda banget,paruhnya juga masih warna agak kemerahan...
Quote:Original Posted By rockboegly
biasa.nya paruh CI jantan bagian yg atas lebih panjang dari yg bawah...sedangkan yg betina paruh bagian atas dan bawah sama panjang...

coba cek pnya agan....


ok gan,nanti ane cek,tapi tu burung mentalnya mayan bagus,suka sahut2an ma poci tetangga,n suaranya juga bervariatif,sayang kalo cuman cwe
Quote:Original Posted By kadaljawi
kalo paruh sih putih egak hitam juga baru pada pangkal paruh doang selebihnya coklat...
itu masih muda banget,paruhnya juga masih warna agak kemerahan...


ok gan,nanti ane cek,tapi tu burung mentalnya mayan bagus,suka sahut2an ma poci tetangga,n suaranya juga bervariatif,sayang kalo cuman cwe


y ane doa.in moga2 jantan.....
Quote:Original Posted By rockboegly
y ane doa.in moga2 jantan.....


kalo seperti ini gimana gan?

Spoiler for CI:


ane bener2 gan....
Quote:Original Posted By kadaljawi
kalo seperti ini gimana gan?

Spoiler for CI:


ane bener2 gan....


insyaallah jantan gan.....paruh atas lebih panjang dari paruh bawah...

klo bleh tau umur brapa tu gan...?
Quote:Original Posted By rockboegly
insyaallah jantan gan.....paruh atas lebih panjang dari paruh bawah...

klo bleh tau umur brapa tu gan...?


ane kurang tau gan,tapi kayaknya sih masih muda banget coz warna paruhnya masih belum hitam a.k.a kecoklatan,yamg paruh bagian bawah juga kayaknya bukan abu2 tapi blum hitam,masih kecoklatan masih belum ada trorolnya sama sekali..
amin gan,moga2 aja jantan...
Quote:Original Posted By kadaljawi
itu dilihat dari apanya ya gan?karena paruhnya ya gan? kalau lingkar alisnya itu kuning n paruhnya sih coklat gan,yang paruh atas juga masih coklat. apa cucak hijau ane udah berumur lebih dari 4-6 bulan ya gan?
maaf ya suhu bukannya ane mo ngeyel tapi pengen diskusi supaya biar bisa a\bnr2 tahu cara memilih cucak hijau jantan..


ia gpp gan namanya jg share ,saling tuker pengalaman, ane jg bingung diliat sama kaya cwean kalau sekilas gan. makanya susah2 gampang kalau masih trotol ,punya kamu kayanya masihmuda sekali ya .jd . biasa kalau saya beli uda keluar dikit warna bulu hitam dibawah leher nya hihihi blom pernah beli yg kaya kamu punya kaga jelas ,takut ketipu cwean gan
Quote:Original Posted By teddyuntung
ia gpp gan namanya jg share ,saling tuker pengalaman, ane jg bingung diliat sama kaya cwean kalau sekilas gan. makanya susah2 gampang kalau masih trotol ,punya kamu kayanya masihmuda sekali ya .jd . biasa kalau saya beli uda keluar dikit warna bulu hitam dibawah leher nya hihihi blom pernah beli yg kaya kamu punya kaga jelas ,takut ketipu cwean gan


iya nih masih muda banget gan,paruh nya aja belum item tapi kayaknya ga abu2 deh..
agan liat dari paruhnya ya?
Quote:Original Posted By kadaljawi
iya nih masih muda banget gan,paruh nya aja belum item tapi kayaknya ga abu2 deh..
agan liat dari paruhnya ya?


Klo rawat CI trotolan syaratnya kudu sabar aja gan..., ane pernah rawat sampe 6 bulan baru keluar nopeng item2 nya.., itu blm full. butuh 2 bulanan lagi buat si CI full nopeng

Suka Duka rawat CI trotol versi ane;
SUKANYA:
1. Burung lebih jinak, dan bisa diajarkan lihat muka ane langsung bunyi (berguna saat ngamen - jadi gak usah teriak2 mancing burung buat bunyi)
2. Klo dapat bibit yg bagus, rata2 bisa jadi bintang lapangan
3. Banyak belajar tentang penyakit dan cara pengobatannya

DUKANYA:
1. Kudu banyak sabar nunggu burung dewasa
2. Trotol lebih gampang terkena penyakit terutama SNOT (ane sampe udah diluar kepala cara nanganin ini penyakit)
3. Tidak bisa langsung menikmati kicau mantabnya
Quote:Original Posted By rdian.jkt
Klo rawat CI trotolan syaratnya kudu sabar aja gan..., ane pernah rawat sampe 6 bulan baru keluar nopeng item2 nya.., itu blm full. butuh 2 bulanan lagi buat si CI full nopeng

Suka Duka rawat CI trotol versi ane;
SUKANYA:
1. Burung lebih jinak, dan bisa diajarkan lihat muka ane langsung bunyi (berguna saat ngamen - jadi gak usah teriak2 mancing burung buat bunyi)
2. Klo dapat bibit yg bagus, rata2 bisa jadi bintang lapangan
3. Banyak belajar tentang penyakit dan cara pengobatannya

DUKANYA:
1. Kudu banyak sabar nunggu burung dewasa
2. Trotol lebih gampang terkena penyakit terutama SNOT (ane sampe udah diluar kepala cara nanganin ini penyakit)
3. Tidak bisa langsung menikmati kicau mantabnya


SNOT itu kayak gimana gejalanya gan ? trus penanganannya gmn klo versi agan ?

Quote:Original Posted By tonglenon
SNOT itu kayak gimana gejalanya gan ? trus penanganannya gmn klo versi agan ?



SNOT (coryza)

Penyakit snot disebabkan oleh virus hemophillius gallinarum. Penyakit ini menyerang sekitar bagian muka burung sehingga muka tampak bengkak. Penyakit ini mampu menular melalui perantara burung lain, udara, debu, makanan, dan minuman...
Pada muka akan muncul benjolan berwarna merah di sekitar hidung, mata, dan telinga. Tanda tanda lain.nya, hidung tampak berlendir, sering bersin2, sesak napas, dan nafsu makan turun. Jika tidak ditangani secara serius, burung yg sakit dapat mengalami kematian....

CMIIW.....
Quote:Original Posted By tonglenon
SNOT itu kayak gimana gejalanya gan ? trus penanganannya gmn klo versi agan ?



SNOT, dalam bahasa sehari-hari disebut juga pilek pada burung, biasanya burung akan sering bersin2 (lubang hidungnya mampet), mata berair, dan sekitar mata membengkak , jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian pada CI.

SNOT sangat mudah menular ke burung lainnya, jadi apabila ada yg suspect SNOT maka segera mungkin langsung dikarantina/pisahkan dari burung lainnya.

Penanganan / pengobatan:
Suspect SNOT harus selalu di full kerodong dan diberi lampung 5 watt sbg penghangat.
Porsi makan diusahakan tetap sama tetapi jika bisa maka porsi jangkrik dinaikan 2 ekor p/s.
Klo ane hindari pemberian UH selama kena SNOT>

Beri burung obat aNti SNOT (dipasaran banyak merknya) cari yang mengandung vitamin C (ane lupa pake merk apa - tapi dirumah masih ada sisa tuh buat jaga2) dan beri juga obat tetes mata burung utk mencegah bakteri pada mata burung.

Pemberian obat maksimal 5 hari berturut-turut, rata2 3 hari sudah keliatan hasilnya tapi tetap lanjutkan sampai hari ke 5.

Selama terkena SNOT burung jangan dimandikan sampai benar2 telah sembuh (hindari memandikan CI dengan cara semprot).

WAJIB:
Selama pengobatan SNOT, usahakan tidak kontak fisik langsung dengan si pasien. Apabila terpaksa ada kontak fisik, misal pemberian obat menggunakan pipet, maka setelah mengobati maka segeralah cuci tangan anda dengan baik dan benar.
Quote:Original Posted By rdian.jkt
Klo rawat CI trotolan syaratnya kudu sabar aja gan..., ane pernah rawat sampe 6 bulan baru keluar nopeng item2 nya.., itu blm full. butuh 2 bulanan lagi buat si CI full nopeng

Suka Duka rawat CI trotol versi ane;
SUKANYA:
1. Burung lebih jinak, dan bisa diajarkan lihat muka ane langsung bunyi (berguna saat ngamen - jadi gak usah teriak2 mancing burung buat bunyi)
2. Klo dapat bibit yg bagus, rata2 bisa jadi bintang lapangan
3. Banyak belajar tentang penyakit dan cara pengobatannya

DUKANYA:
1. Kudu banyak sabar nunggu burung dewasa
2. Trotol lebih gampang terkena penyakit terutama SNOT (ane sampe udah diluar kepala cara nanganin ini penyakit)
3. Tidak bisa langsung menikmati kicau mantabnya

tapi kira2 kalo untuk mulai keluar trotol hitamnya lama ga ya gan? ane masih bingung ni ma CI ane...
o iya sekarang jadi mandek gara2 kemaren pagi kaget pas tidur
Quote:Original Posted By rockboegly
SNOT (coryza)

Penyakit snot disebabkan oleh virus hemophillius gallinarum. Penyakit ini menyerang sekitar bagian muka burung sehingga muka tampak bengkak. Penyakit ini mampu menular melalui perantara burung lain, udara, debu, makanan, dan minuman...
Pada muka akan muncul benjolan berwarna merah di sekitar hidung, mata, dan telinga. Tanda tanda lain.nya, hidung tampak berlendir, sering bersin2, sesak napas, dan nafsu makan turun. Jika tidak ditangani secara serius, burung yg sakit dapat mengalami kematian....

CMIIW.....


gimana ya cara untuk mencegah penyakit SNOT?
Quote:Original Posted By kadaljawi
tapi kira2 kalo untuk mulai keluar trotol hitamnya lama ga ya gan? ane masih bingung ni ma CI ane...
o iya sekarang jadi mandek gara2 kemaren pagi kaget pas tidur


gimana ya cara untuk mencegah penyakit SNOT?


Pencegahan
Pencegahan terhadap serangan penyakit snot bisa dilakukan dengan cara menjauhkan burung yg terserang penyakit dari kelompok burung yg lain agar tidak menular. Sangkar, tempat makan, dan minum harus selalu dibersihkan secara rutin...
Quote:Original Posted By rockboegly
Pencegahan
Pencegahan terhadap serangan penyakit snot bisa dilakukan dengan cara menjauhkan burung yg terserang penyakit dari kelompok burung yg lain agar tidak menular. Sangkar, tempat makan, dan minum harus selalu dibersihkan secara rutin...


ok gan...makasih ya..
tapi ane masih bingung n ma kelamin CI ane..
Quote:Original Posted By rockboegly
SNOT (coryza)

Penyakit snot disebabkan oleh virus hemophillius gallinarum. Penyakit ini menyerang sekitar bagian muka burung sehingga muka tampak bengkak. Penyakit ini mampu menular melalui perantara burung lain, udara, debu, makanan, dan minuman...
Pada muka akan muncul benjolan berwarna merah di sekitar hidung, mata, dan telinga. Tanda tanda lain.nya, hidung tampak berlendir, sering bersin2, sesak napas, dan nafsu makan turun. Jika tidak ditangani secara serius, burung yg sakit dapat mengalami kematian....

CMIIW.....


Quote:Original Posted By rdian.jkt
SNOT, dalam bahasa sehari-hari disebut juga pilek pada burung, biasanya burung akan sering bersin2 (lubang hidungnya mampet), mata berair, dan sekitar mata membengkak , jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian pada CI.

SNOT sangat mudah menular ke burung lainnya, jadi apabila ada yg suspect SNOT maka segera mungkin langsung dikarantina/pisahkan dari burung lainnya.

Penanganan / pengobatan:
Suspect SNOT harus selalu di full kerodong dan diberi lampung 5 watt sbg penghangat.
Porsi makan diusahakan tetap sama tetapi jika bisa maka porsi jangkrik dinaikan 2 ekor p/s.
Klo ane hindari pemberian UH selama kena SNOT>

Beri burung obat aNti SNOT (dipasaran banyak merknya) cari yang mengandung vitamin C (ane lupa pake merk apa - tapi dirumah masih ada sisa tuh buat jaga2) dan beri juga obat tetes mata burung utk mencegah bakteri pada mata burung.

Pemberian obat maksimal 5 hari berturut-turut, rata2 3 hari sudah keliatan hasilnya tapi tetap lanjutkan sampai hari ke 5.

Selama terkena SNOT burung jangan dimandikan sampai benar2 telah sembuh (hindari memandikan CI dengan cara semprot).

WAJIB:
Selama pengobatan SNOT, usahakan tidak kontak fisik langsung dengan si pasien. Apabila terpaksa ada kontak fisik, misal pemberian obat menggunakan pipet, maka setelah mengobati maka segeralah cuci tangan anda dengan baik dan benar.


Matur nuwun atas penjelasannya, ngga rugi mantau thread ini.

Quote:Original Posted By rockboegly
Pencegahan
Pencegahan terhadap serangan penyakit snot bisa dilakukan dengan cara menjauhkan burung yg terserang penyakit dari kelompok burung yg lain agar tidak menular. Sangkar, tempat makan, dan minum harus selalu dibersihkan secara rutin...


susah juga yah dicegahnya... pastinya sih karena tertular oleh burung laen karena termasuk pademik, paling yah pastiin pakan burung tercukupi dan beri vitamin sesuai dosisnya serta selalu kerodong jika malam hari (cuaca sekarang lumayan ekstrim)
×