KASKUS

[QUOTE='static-[X];484399915']haha....ada...masih tetep dibekasi kok, di kerjaan masih sibuk banget...biasa nyiapin keinginan agan2 disini, sapa tau pada kepingin ganti tunggangan yg lebih fresh

wah sori my bad...rupanya olinya ga berubah warnanya ya....berarti bener kata agan Rantan, kemungkinan gasket ada yg bocor....
kalo tambah daging dg cara gitu saya malah baru denger neh, karena permukaan yg harus ditambah daging lumayan luas, tapi emg bengkel ada aja caranya[/QUOTE]

Hmmm...
kasih bocoran donk Gan, wajah baru apa nih yg bakal keluar ???

Soal sistim hard chrome buat nambah 'daging' pada komponen mesin juga Ane belom lama denger sih Gan, padahal cara itu sebenernya udah lama dipake & ada perusahaan yg lumayan besar yg ngerjainnya di Indonesia...
Selama ini cara itu dipake buat mesin 2x besar kayak mesin pabrik, mesin kapal sekelas kapal tanker / peti kemas dll, termasuk salah satu pabrik perakitan mobil di Indonesia pun jadi pelanggannya buat memperbaiki dies / stamp, ato bahasa awamnya cetakan komponen body mobil kayak pintu, fender dll...

Nahhh, infonya di Jakarta ada bekas karyawan tuh perusahaan mengaplikasikan sistim itu dalam kapasitas kecil kayak buat kendaraan bermotor...

Sistimnya sendiri sebenernya hampir sama dgn cara aplikasi chrome pada material logam, yaitu dgn cara dicelup, bukan disemprot ato dilas...
Hanya bahan chrome yg dipake adalah bahan khusus & dgn tehknik khusus juga sehingga bahan tsb bisa menyatu dgn logam & menambah ketebalannya...


Quote:Original Posted By neutroknit
bukannya D-4D juga common rail om?
hwaaa pake solar busuk aja bisa apa lagi di minumin pertaminaDEX yakin dah

iya juga sih om, kalo gitu harus copy catch tuh isi kapnya
jadi permasalahannya apakah cukup menyematkan seluruh isi kap itu ke kuda ku yang sedang lari gagah berani


Yupppsss...
bener Gan mesin D-4D itu commonrail juga...

Kalo dudukan bawah blok mesin sih kemungkinan sama krn basicnya antara Kuda diesel & Pajero Sport sama 2x pake basic mesin 4D56, cuma beda pada blok atasnya krn Pajero Sport udah pake Camshaft ganda ( DOHC ) sedangkan Kuda masih pake Camshaft tunggal ( SOHC ) + aplikasi turbo Intercooler..CMIIW...
Hal yg sama mungkin juga bisa jadi antara dudukannya mesin Kuda 2.0 MPi ma mesin Mits. Lancer EVO series, yg mesin basicnya 4G63 sebagai mesin bensin legendaris Mitsubishi & beda pada bagian atasnya + apikasi turbo intercooler-nya


Quote:Original Posted By neutroknit

btw kalo grandia ada versi dieselnya ngga?

Quote:Original Posted By neutroknit
kuben 2.0 MPi tuh grandia yah?

perasaan sih kuda yang pernah ane pake yang paling irit grandia ama nyang diesel
yang grandia dulu PP -+240 km bandung -tasik ngga nyampe 100rb


Sekedar pencerahan aja nih Gan...

Grandia itu salah satu nama varian model yg ada di keluarga Mitsubishi Kuda...
Sedangkan mesin diesel & bensin 2.0 MPi itu nama salah satu varian mesin yg ada di keluarga Mitsubishi Kuda...

Sebenernya ini pertanyaan klasik yg sering muncul sih, tapi Ane coba jelasin lagi...

Mitsubishi Kuda punya 3 generasi ( gen ), yg disusun berdasarkan varian modelnya dari paling sederhana sampe paling mewah :
  • Gen 1 ( th 1999 - 2001 ) : GLX, GLS & SE ( Super Exceed ).
  • Gen 2 ( th 2002 - 2004 ) : Deluxe, Diamond & Grandia - seluruhnya model kotak.
  • Gen 3 ( th 2004 - 2005 ) : Deluxe, Diamond & Grandia - seluruhnya model kapsul.

Sedangkan untuk seluruh varian model tsb masing 2x punya 3 varian mesin berbeda, kecuali gen 1 yg hanya punya 2 varian mesin berbeda :
  • Gen 1 ( th 1999 - 2001 ) : Diesel 2.5 ( 4D56 SOHC ) & Bensin 1.6 ( 4G18 S3 SOHC - Carburator ).
  • Gen 2 ( th 2002 - 2004 ) : Diesel 2.5 ( 4D56 SOHC ), Bensin 1.6 ( 4G18 S3 SOHC - Carburator ) & Bensin 2.0 MPi ( 4G63 SOHC - Injection ).
  • Gen 3 ( th 2004 - 2005 ) : Diesel 2.5 ( 4D56 SOHC ), Bensin 1.6 ( 4G18 S3 SOHC - Carburator ) & Bensin 2.0 MPi ( 4G63 SOHC - Injection ).


Jadi Kuda Grandia ada 3 macem mesin yg dipake, termasuk mesin dieselnya...
Juga ga selalu Kuda bensin 2.0 MPi itu adalah Kuda Grandia...
Quote:Original Posted By ajiehestya
Salam kenal gan,

Gan ane abis minang kudis GLS 99, kondisi masih maknyus tapi berhubung udah tua, ane lumayan kuatir juga nih kalo ada apa2.. he he

Ane newbie bgt masalah permesinan gan, terutama karena ini mobil pertama ane

Tapi ane pgn banget belajar tentang dunia permobilan gan.. terutama mesin diesel, karena dari dulu udah impian ane pgn punya mobil diesel

Ane gak tau ni gan mo mulai belajar dari mana, kira - kira para suhu disini ada yg tau ane harus mulai dr mana? (buka kap si kudis si udah ) tp dari situ blm brani pegang apa - apa..

Oiya skalian nanya kalo bengkel buat kudis yg bagus di daerah Cikarang - Bekasi mana ya gan?

Thx,


Selamat buat mobil pertamanya Gan & selamat bergabung juga sebagai joki Kuda...

Santai Gan, ga usah terlalu kuatir & pahami pelan 2x aja...
Apalagi Kuda Agan yg diesel, bisa tanya 2x juga ma pemakai L300 diesel buat ngerawat mesinnya tuh, secara mesin Kuda diesel & L300 diesel sama persis tuh...

Mulai belajarnya bisa dgn mulai nyuci & ngelap 2x Kudanya dulu Gan... ( sorry..becanda koq... )

Ok, serius nih..mulai belajarnya mungkin bisa coba dari :
  1. bawa ke bengkel, tune up sekalian ganti oli..ya oli mesin, oli transmisi & oli gardan, perhatiin dimana aja lokasinya & gimana prosesnya...
  2. Selanjutnya bisa coba tau mana aja parts yg rutin diganti biar kondisi Kuda Agan tetep sehat, kayak filter udara, filter oli & filter solar...
  3. Perhatiin lokasi pengisian air radiator, minyak rem & minyak power steering, biar bisa selalu memantau isinya, apakah kurang, lebih ato cukup...

Lebih enaknya sih Agan kudu punya Owner's Manual Book ( Buku Panduan Pemilik ) - Mitsubishi Kuda buat dibaca & dipahami isinya...
Kalo Agan ga punya, bisa koq dapet gratis dari PT KTB..caranya bisa Agan liat quote Ane di page 1...

Soal bengkel recommended di seputaran Cikarang - Bekasi sih Ane kurang tau ya Gan, mungkin nanti Agan 2x laen yg bisa bantu...
Kalo mau sih ada yg diseputaran Jakarta Timur & ga jauh dari Bekasi...





Quote:Original Posted By logawa
blm gan. masih cinta ama si KD nih
kmrn lama ga nongol karena bini abis lahiran.

wah enak gan klo gini mah. pindah2 kerja dpt fasilitas yg mantab


Wahhh...
Selamat atas kelahirannya Gan...
Btw, anak keberapa nih ? cowok or cewek ?

Ha..ha..ha...
Emang kadang orang sih liatnya enak Gan, juga pas ngerasain sendiri awalnya juga gitu...
Tapi kalo terus 2x-an mah ampun dahhh...
Quote:Original Posted By rantanplanz
Hmmm...
kasih bocoran donk Gan, wajah baru apa nih yg bakal keluar ???

Soal sistim hard chrome buat nambah 'daging' pada komponen mesin juga Ane belom lama denger sih Gan, padahal cara itu sebenernya udah lama dipake & ada perusahaan yg lumayan besar yg ngerjainnya di Indonesia...
Selama ini cara itu dipake buat mesin 2x besar kayak mesin pabrik, mesin kapal sekelas kapal tanker / peti kemas dll, termasuk salah satu pabrik perakitan mobil di Indonesia pun jadi pelanggannya buat memperbaiki dies / stamp, ato bahasa awamnya cetakan komponen body mobil kayak pintu, fender dll...

Nahhh, infonya di Jakarta ada bekas karyawan tuh perusahaan mengaplikasikan sistim itu dalam kapasitas kecil kayak buat kendaraan bermotor...

Sistimnya sendiri sebenernya hampir sama dgn cara aplikasi chrome pada material logam, yaitu dgn cara dicelup, bukan disemprot ato dilas...
Hanya bahan chrome yg dipake adalah bahan khusus & dgn tehknik khusus juga sehingga bahan tsb bisa menyatu dgn logam & menambah ketebalannya...




Yupppsss...
bener Gan mesin D-4D itu commonrail juga...

Kalo dudukan bawah blok mesin sih kemungkinan sama krn basicnya antara Kuda diesel & Pajero Sport sama 2x pake basic mesin 4D56, cuma beda pada blok atasnya krn Pajero Sport udah pake Camshaft ganda ( DOHC ) sedangkan Kuda masih pake Camshaft tunggal ( SOHC ) + aplikasi turbo Intercooler..CMIIW...
Hal yg sama mungkin juga bisa jadi antara dudukannya mesin Kuda 2.0 MPi ma mesin Mits. Lancer EVO series, yg mesin basicnya 4G63 sebagai mesin bensin legendaris Mitsubishi & beda pada bagian atasnya + apikasi turbo intercooler-nya





Sekedar pencerahan aja nih Gan...

Grandia itu salah satu nama varian model yg ada di keluarga Mitsubishi Kuda...
Sedangkan mesin diesel & bensin 2.0 MPi itu nama salah satu varian mesin yg ada di keluarga Mitsubishi Kuda...

Sebenernya ini pertanyaan klasik yg sering muncul sih, tapi Ane coba jelasin lagi...

Mitsubishi Kuda punya 3 generasi ( gen ), yg disusun berdasarkan varian modelnya dari paling sederhana sampe paling mewah :
  • Gen 1 ( th 1999 - 2001 ) : GLX, GLS & SE ( Super Exceed ).
  • Gen 2 ( th 2002 - 2004 ) : Deluxe, Diamond & Grandia - seluruhnya model kotak.
  • Gen 3 ( th 2002 - 2004 ) : Deluxe, Diamond & Grandia - seluruhnya model kapsul.

Sedangkan untuk seluruh varian model tsb masing 2x punya 3 varian mesin berbeda, kecuali gen 1 yg hanya punya 2 varian mesin berbeda :
  • Gen 1 ( th 1999 - 2001 ) : Diesel 2.5 ( 4D56 SOHC ) & Bensin 1.6 ( 4G18 S3 SOHC - Carburator ).
  • Gen 2 ( th 2002 - 2004 ) : Diesel 2.5 ( 4D56 SOHC ), Bensin 1.6 ( 4G18 S3 SOHC - Carburator ) & Bensin 2.0 MPi ( 4G63 SOHC - Injection ).
  • Gen 3 ( th 2002 - 2004 ) : Diesel 2.5 ( 4D56 SOHC ), Bensin 1.6 ( 4G18 S3 SOHC - Carburator ) & Bensin 2.0 MPi ( 4G63 SOHC - Injection ).


Jadi Kuda Grandia ada 3 macem mesin yg dipake, termasuk mesin dieselnya...
Juga ga selalu Kuda bensin 2.0 MPi itu adalah Kuda Grandia...


gan.. mao nny bukankah yg GEN 3 itu produksi nya ( 2004-2005 )
Quote:Original Posted By pang53luh
Numpang tanya skalian gan,

Kalo bohlamnya doang yang mati lampu depan (lampu deket) sama lampu kecil samping kira2 estimasi biaya nya berapa nya untuk deluxe ane gan?
Thanks



Yg mati bohlam headlamp buat deket ( low beam ) sebelah aja ato keduanya ( kanan-kiri ) Gan ?
Juga lampu kecil ( lampu senja ) sampingnya yg mati sampingnya aja ato keduanya ( kanan-kiri ) ?

Kalo keduanya yg mati, coba cek sekering ( fuse )-nya dulu Gan, kira 2x ada yg putus ga ? baik di box sekering dalam ( kabin ) maupun luar ( mesin )...

Kalo Ane ga salah sih Kuda gen 2 lampu deketnya pake tipe H7 & lampu senja pake tipe T10...
Soal harga sih Ane kurang tau pasti ya, tapi kayaknya bawaan standarnya buat tipe H7 55w masih dibawah Rp 100 rb-an perbuah & tipe T10 sekitar Rp 5 rb - 10 rb-an deh Gan...


Quote:Original Posted By logawa
KD ane klo diisi 2 orang jalannya lincah and tarikannya enak banget. tp klo diisi full ko jd lemot and berat banget. apa kyk gini normal ya gan?

soalnya ane bandingin ama panther kantor ko perubahnnya ga terlalu terasa antara diisi 2 orang ama klo diisi full.


Normal koq Gan...

Itu krn masing 2x merk & jenis kendaraan punya karakter perbandingan gigi yg berbeda walau jenis mesin & kapasitasnya sama...
Contoh :
Toyota Corolla DX & Toyota Kijang jadul ( th '80-an ) pake mesin bensin yg sama persis ( tipe 4K, kapasitas 1300 cc carburator ) & sama 2x RWD ( penggerak roda belakang )...
Keduanya kalo sama 2x dalam keadaan kosong trus diadu akselerasinya, bisa dipastiin yg menang adalah Corolla DX...
Sedangkan bila keduanya diisi muatan dgn bobot yg sama berat trus diadu akselerasinya, bisa dipastiin yg menang adalah Toyota Kijang jadul...

Kuda diesel, kalo Agan baca 2x dari page awal banyak yg bilang gigi 1 & 2-nya pendek, sementara gigi 3 dst. panjang & gampang banget buat speed. Sementara pengalaman Ane coba Panther 2.5 pun buat dapet 120 km/jam lumayan lama...
Nahhh, gitu juga kalo Kuda diesel diisi muatan ( orang / barang ) full, bakal terasa banget bebannya, terutama pas gigi 3 keatas...


Quote:Original Posted By k3v1nzzz
Yg 1.6 gan.... Hehehe.....
Ga terlalu tebal sih gan... Di gas spontan pun ga kluar asap hitam.... Jadi bingung dah..... Hehehe.....
Gr2 boros si kuda ane ksh istirahat dulu deh di rmh... Dia kecapean kli yah udh 11th breng sma ane....


Mending coba tune-up dulu sekalian cek Carburator + pengapiannya ( busi, kabel busi & koil )...
Feeling Ane sih itu Carburatornya yg kudu disetting ulang Gan...
Quote:Original Posted By wenz86
gan.. mao nny bukankah yg GEN 3 itu produksi nya ( 2004-2005 )


Eh..iya...
sorry salah, soalnya tadi copas ma yg gen 2..he..he..he...

Btw, thanks ya Gan buat koreksinya & udah Ane benerin tuh...
Quote:Original Posted By ajiehestya
Salam kenal gan,

Gan ane abis minang kudis GLS 99, kondisi masih maknyus tapi berhubung udah tua, ane lumayan kuatir juga nih kalo ada apa2.. he he

Ane newbie bgt masalah permesinan gan, terutama karena ini mobil pertama ane

Tapi ane pgn banget belajar tentang dunia permobilan gan.. terutama mesin diesel, karena dari dulu udah impian ane pgn punya mobil diesel

Ane gak tau ni gan mo mulai belajar dari mana, kira - kira para suhu disini ada yg tau ane harus mulai dr mana? (buka kap si kudis si udah ) tp dari situ blm brani pegang apa - apa..

Oiya skalian nanya kalo bengkel buat kudis yg bagus di daerah Cikarang - Bekasi mana ya gan?

Thx,

salam kenal juga gan!

kalau soal tidak mengerti mesin, ane juga sama gan. nol besar urusan mesin. tapi lambat laun kita sebagai joki kuda lama" pasti mengerti sedikit demi sedikit walaupun masih berbau hal" yang sepele. misal cek air radiator, tekanan ban dll.

dengan adanya masalah yg terjadi di kuda piaraan, otomatis kita akan mendapat ilmu tambahan dari bengkel. yg penting harus mau tanya" ke montir apanya yg rusak dan penyebabnya apa, jangan tau cuma pake doang gt

Quote:Original Posted By neutroknit
kuben 2.0 MPi tuh grandia yah?

perasaan sih kuda yang pernah ane pake yang paling irit grandia ama nyang diesel
yang grandia dulu PP -+240 km bandung -tasik ngga nyampe 100rb

grandia itu salah satu tipe dari kuda gen 2 dan 3 gan. deluxe - diamond - grandia (dari yg paling standar sampai yg paling lengkap). kalau gen 1 itu seperti gls - glx - SE (urutannya ga tau, yg pasti SE = grandia di kuda gen 2 dan 3).

untuk mesin bensin dan diesel tersedia di semua tipe gan. untuk 2.0 MPi, hanya tersedia di kuda gen 2 dan 3 tipe diamond dan grandia saja.

Quote:Original Posted By rantanplanz
Waduhhh...
Koq bisa gitu yah ? kayaknya pasti ada yg salah tuh Gan...

Sorry nih, Ane lupa..Kuda Agan mesin bensin yg 1.6 ato yg 2.0 ya ?

So, coba Agan cek ujung knalpot pake jari saat mesinnya dingin, apakah carbon hitamnya banyak / tebal ato ga ?
Juga coba liat asapnya saat digas spontan, apakah cenderung berwarna hitam ?

Laporan diterima..86 Gan...

Ane juga ngelem selangnya juga ditimpa koq Gan, cuma yg Ane maxut jangan selangnya dilem ke kaitan pintu di pilar B. Mending jangan dikasih isolasi lagi Gan krn tuh isolasi umurnya ga akan panjang...

Emang sih, suaranya ga akan kayak kondisi asli sebelumnya, cuma ya lumayanlah daripada kayak denger besi beradu...

itu cek knalpot buat apa ya gan? ga ngerti juga ane. yg tahu kalau knalpot udah keluar asap putih itu tandanya kuda minta di'operasi'

oh maksudnya gitu toh. ane kira yg agan dilem disambungan tanpa ditimpa gt. tp yg ane cuma kait sebelah luar saja yg dibungkus. di-isolasi biar ga perlu dipegangin mpe kering gan, ntar kalau sudah terkelupas ya paling dibiarkan bening lagi :

Quote:Original Posted By k3v1nzzz
Iy nih gan, ane mw coba tune up dulu.... Shock berat liat bensinnya yg boros itu.....

Yg 1.6 gan.... Hehehe..... Ga terlalu tebal sih gan... Di gas spontan pun ga kluar asap hitam.... Jadi bingung dah..... Hehehe..... Gr2 boros si kuda ane ksh istirahat dulu deh di rmh... Dia kecapean kli yah udh 11th breng sma ane....

ya coba cek dan ricek dulu saja gan. yg ane juga 1.6 asli servis 1 tahun 1x setiap 10rb KM. dalkot 1:7 dan lukot 1:10 standar lah.

Quote:Original Posted By k3v1nzzz
Klo menurut ane sih wajar2 aj.... Soalnya kuda ane klo bawa bnyk orng agak sedikit lebih lemot dri biasanya..... Mungkin klo panther emng di design buat ngangkut 1 rt kli yah... Hehehe.... CMIIW

maklum gan kalau yg 1.6 agak lemot, nariknya harus diurut pelan". kalau yg 2.0 pasti lebih
Quote:Original Posted By FaCa_Bdg

itu cek knalpot buat apa ya gan? ga ngerti juga ane. yg tahu kalau knalpot udah keluar asap putih itu tandanya kuda minta di'operasi'


Ini buat mesin bensin ya Gan...

Cek knalpot berdasarkan asap bisa jadi indikator Gan :
  • Kalo asapnya putih betul kata Agan, krn itu bisa jadi indikator ada oli mesin yg ikut terbakar. Berarti ada kebocoran oli di ruang bakar, apalagi kalo sampe ujung knalpot basah krn oli yg berarti mesinnya udah parah banget...
  • Kalo asapnya hitam, bisa jadi indikator pembakaran ga sempurna. Mestinya antara api, bensin & udara yg masuk ruang bakar seimbang, ga boleh ada yg lebih banyak ato lebih sedikit. Kalo debit bensin yg masuk ruang bakar lebih banyak dibanding materi lain ( api & udara ) maka bensin ga akan terbakar sempurna / bensin ga seluruhnya terbakar & akan lebih banyak terbuang. Efeknya bikin mobil jadi boros, asap jadi hitam yg biasanya diikuti bikin mata perih kalo nyalain mesin di garasi, juga bikin tumpukan karbon di ruang bakar sampe ujung knalpot tebal & lama 2x bikin kerak di ruang mesin yg menyebabkan pembakaran ga lancar...

Btw, Mesin bensin ideal mestinya asapnya bening Gan..kecuali kalo pagi hari & kadang diikuti tetesan air. Asapnya cenderung agak putih krn bercampur uap air & itu normal...
Quote:Original Posted By rantanplanz
Ini buat mesin bensin ya Gan...

Cek knalpot berdasarkan asap bisa jadi indikator Gan :
  • Kalo asapnya putih betul kata Agan, krn itu bisa jadi indikator ada oli mesin yg ikut terbakar. Berarti ada kebocoran oli di ruang bakar, apalagi kalo sampe ujung knalpot basah krn oli yg berarti mesinnya udah parah banget...
  • Kalo asapnya hitam, bisa jadi indikator pembakaran ga sempurna. Mestinya antara api, bensin & udara yg masuk ruang bakar seimbang, ga boleh ada yg lebih banyak ato lebih sedikit. Kalo debit bensin yg masuk ruang bakar lebih banyak dibanding materi lain ( api & udara ) maka bensin ga akan terbakar sempurna / bensin ga seluruhnya terbakar & akan lebih banyak terbuang. Efeknya bikin mobil jadi boros, asap jadi hitam yg biasanya diikuti bikin mata perih kalo nyalain mesin di garasi, juga bikin tumpukan karbon di ruang bakar sampe ujung knalpot tebal & lama 2x bikin kerak di ruang mesin yg menyebabkan pembakaran ga lancar...

Btw, Mesin bensin ideal mestinya asapnya bening Gan..kecuali kalo pagi hari & kadang diikuti tetesan air. Asapnya cenderung agak putih krn bercampur uap air & itu normal...

kebetulan lagi bahas soal setelan mesin ni, ane mau tanya. dulu ane kerja di pabrik pas bantu pindahin mobil L300 tahun '80an kalau dipanasin itu asli kae fogging, perih ke mata dan asapnya juga baunya sangat menyengat. itu kenapa ya gan? tapi terakhir sih dilego.
Selamat malam Agan 2X sekalian

Ikutan gabung ya,
Mobil saya
Kuda Diamond 2002, Diesel

Pict nya nyusul ya.

Senangnya punya thread spt ini dan juga sekalian pengen tanya ama Agan 2X disini tentang pemasangan Turbo di mesin kuda, soalnya tadi sore sy dah beli tuh turbonya hasil copotan dr mesin 4D56 ex singapore (fotonya segera nyusul) tp belum paham cara pemasangannya. Mohon pencerahannya ya, semoga Agan2 disini bisa membantu.

Trims...
Quote:Original Posted By Jhnacg
Selamat malam Agan 2X sekalian

Ikutan gabung ya,
Mobil saya
Kuda Diamond 2002, Diesel

Pict nya nyusul ya.

Senangnya punya thread spt ini dan juga sekalian pengen tanya ama Agan 2X disini tentang pemasangan Turbo di mesin kuda, soalnya tadi sore sy dah beli tuh turbonya hasil copotan dr mesin 4D56 ex singapore (fotonya segera nyusul) tp belum paham cara pemasangannya. Mohon pencerahannya ya, semoga Agan2 disini bisa membantu.

Trims...


salam kenal juga !

kalau masalah pasang keong racun di kuda diesel tinggal tunggu agan rantan jawab sj. kuda agan rantan jg sudah pakai keong racun
Gan, kan seperti yg agan tau, kuda ane kan rencana mw service nih.... Itu kira2 klo jasa service di beres kena brp yah? Jasanya aj yah, ga termasuk part2 yg rusak... Hehehe...
Quote:Original Posted By Jhnacg
Selamat malam Agan 2X sekalian

Ikutan gabung ya,
Mobil saya
Kuda Diamond 2002, Diesel

Pict nya nyusul ya.

Senangnya punya thread spt ini dan juga sekalian pengen tanya ama Agan 2X disini tentang pemasangan Turbo di mesin kuda, soalnya tadi sore sy dah beli tuh turbonya hasil copotan dr mesin 4D56 ex singapore (fotonya segera nyusul) tp belum paham cara pemasangannya. Mohon pencerahannya ya, semoga Agan2 disini bisa membantu.

Trims...


Met Gabung Gan...

Oot

Sorry gans.. OOT neh..

lebaran ntar mau mudik ke pekanbaru lewat jalan darat (lagi)

kalau tahun kemarin akhirnya ane berangkat dari tangerang, begitu nyampe bakauheni pom bensin pertama belok kanan masuk way kambas. nyampe simpang menggala belok kanan terus istirahat di palembang semalem. paginya lanjut ke pekanbaru lewat jambi..


kalau afgans ada info terakhir mengenai kondisi jalan pada jalur tersebut di share dungss....

terima kasih..

Roof Rack Kuda Bensin SE

Gan mau tanya nech ada yang tau ngga harga pasang roof rack untuk kuda se bensin, makasih inpoh nya yach
Quote:Original Posted By rantanplanz
Yg mati bohlam headlamp buat deket ( low beam ) sebelah aja ato keduanya ( kanan-kiri ) Gan ?
Juga lampu kecil ( lampu senja ) sampingnya yg mati sampingnya aja ato keduanya ( kanan-kiri ) ?

Kalo keduanya yg mati, coba cek sekering ( fuse )-nya dulu Gan, kira 2x ada yg putus ga ? baik di box sekering dalam ( kabin ) maupun luar ( mesin )...

Kalo Ane ga salah sih Kuda gen 2 lampu deketnya pake tipe H7 & lampu senja pake tipe T10...
Soal harga sih Ane kurang tau pasti ya, tapi kayaknya bawaan standarnya buat tipe H7 55w masih dibawah Rp 100 rb-an perbuah & tipe T10 sekitar Rp 5 rb - 10 rb-an deh Gan...



Kalau yang low beam dua2 nya mati kalau lampu senja kanan doang,
Thanks gan atas pencerahannya
Quote:Original Posted By rahxepon
Beres di jalan panglima sudirman, surabaya.Itu masih estimasi kok gan. Yg wajib ganti sih waterpump krn sudah kocak dan timing belt krn sisi luarnya ada yg rusak (seperti abis kena benda tajam). utk masalah oli+minyak+filter+van belt sih krn aku nggak tau kapan terakhir kali diganti (maklum, baru beli second sekitar 3 bulan yg lalu dan mobil ini gak ada riwayat servicenya). jd kan lebih baik aku 'reset' semua utk mempermudah perawatan berikutnya.

Di Sby susah gan cari bengkel yg bisa trima CC. Bengkel Edwin yg terkenal yahud aja nggak trima CC. Dan sampe skrg aku masih belum nemu jg.


gan...ini beres di pangsud itu Srikandi yah? langganan ane tuh....sejauh ini klo ane servis ga sampe kyk gtu harganya yah....btw kuda ane bensin sih....
Quote:Original Posted By FaCa_Bdg
kebetulan lagi bahas soal setelan mesin ni, ane mau tanya. dulu ane kerja di pabrik pas bantu pindahin mobil L300 tahun '80an kalau dipanasin itu asli kae fogging, perih ke mata dan asapnya juga baunya sangat menyengat. itu kenapa ya gan? tapi terakhir sih dilego.


L300 apaan nih Gan ? bensin or diesel ?

Kalo bensin, asapnya putih, baunya menyengat & bikin perih mata bisa jadi tuh mesin komplikasi akibat yg udah Ane sebutin sebelumnya..ya campuran bensinnya terlalu kaya ( banyak ) & olinya juga bocor masuk ke ruang pembakaran...
Emang sih ga tertutup kemungkinan mobil bensin yg mesinnya bermasalah parah akibat kedua hal yg udah Ane sebutin sebelumnya terjadi barengan...

Btw, jangan salah ya kalo asap putih di mesin bensin ga melulu krn olinya bocor & ada juga yg normal loh...
Kan ada juga mesin bensin yg basicnya keluar asap putih, yaitu mesin bensin motor 2 tak. Juga mesin bensin mobil 2 tak, kayak Suzuki ST aka Suzuki 'Truntung' ( mungkin krn suaranya tung..tung..tung..kali ya ? ) jadul, tapi kadang masih keliatan berseliweran di jalan...

Soal mesin bensin yg boros & asapnya hitam sebagai akibat campuran bensinnya terlalu banyak :
  • Mesin bensin karburator : cek Main Jet & Pilot Jet carburatornya + pengapiannya ( termasuk busi ).
  • Mesin bensin injection :cek filter udara ( bersihin ato ganti kalo perlu perlu ), Throttle Position Sensor, Map Sensor, O2 sensor & Remapping ECU bila perlu + pengapiannya ( termasuk busi )...



Quote:Original Posted By k3v1nzzz
Gan, kan seperti yg agan tau, kuda ane kan rencana mw service nih.... Itu kira2 klo jasa service di beres kena brp yah? Jasanya aj yah, ga termasuk part2 yg rusak... Hehehe...


Ane kurang tau ya Gan kalo tarif jasa di BeRes
Yg Ane tau sih di BeRes hitungannya tarifnya perbagian...
Jadi kalo Agan tune-up ada tarif jasanya sendiri, service Carburator ada tarifnya sendiri dll, walaupun itu cuma sekedar ngecek aja tarif jasanya udah dihitung sama dgn pekerjaan perbaikan...

Selain itu kalo Ane ga salah di BeRes ga terima bawa parts sendiri dari luar krn hal itu akan menggugurkan garansi perbaikan...

Buat Kuda Agan saran Ane sih lebih baik servicenya berupa gas analysis, engine clean, tune-up ( termasuk cek pengapian ) & setting ulang Carburator...
Quote:Original Posted By novelion
Gan mau tanya nech ada yang tau ngga harga pasang roof rack untuk kuda se bensin, makasih inpoh nya yach


Buat yg khusus Kuda SE bensin ga ada Gan...
Paling adanya yg universal ( bisa dipake banyak merk & jenis mobil ), merknya sih macem 2x dari yg murah sampe yg mahal, juga tergantung tipe & kekuatannya...

Setau Ane Roof Rack set harganya minimum sekitar Rp 1 jt-an, terdiri dari :
- Roof / Cross Bar ( 2 batang penyangga rack / basket yg posisinya melintang di atap mobil )...
- Roof Rack / Basket ( keranjang barang yg ada diatas roof / cross bar )...

Setau Ane ada juga yg lebih murah dari itu, bentuknya menyatu antara roof / cross bar & roof rack / basket, ga bisa dipisahin. Harganya dibawah Rp 1 jt-an...


Quote:Original Posted By pang53luh
Kalau yang low beam dua2 nya mati kalau lampu senja kanan doang,
Thanks gan atas pencerahannya


Ooo...

Kalo Low Beam-nya mati, sebelum ganti bohlam, cek dulu apakah bohlamnya yg lama putus ato hitam Gan...
Kalo keduanya ga putus ato hitam, kemungkinan krn sekering ato relay-nya bermasalah...
Kalo sekeringnya yg pipih emang putus ya emang kudu diganti, harganya paling sekitar Rp 1 - 2 rb-an sebiji koq Gan. Sementara kalo relaynya yg rusak, paling harganya sekitar Rp 25 rb-an koq...

Thanks juga Gan...

Kunjungan pertama kudis ane ke bengkel

Kemarin sore (2 Agt 2011) walo agak jauh ane datengin Berlian Motor di Jaktim buat tune up + ganti oli, soalnya ane denger ni bengkel recommended buat para pemilik mitsubishi.

Total cost 415 rb:
tune up (biasa) 100 rb
ganti oli shell 5lt 220 rb
ganti saringan solar ori KTB 95 rb

dapet PR dari agan Otong di BM bwt turun kopling sama cek sistem rem (450 rb total jasa), cuman keknya mo nabung dulu deh.. dikit2 lah.

Oiya ane mo nanya kalo purging pake liquid moly ada efek samping negatifnya gak ya? ane pernah baca2 katanya malah bikin isi mesin berkerak? bukannya seharusnya menghilangkan kerak2 yah? gak tau dah mana yg bener.
Quote:Original Posted By rantanplanz

Wahhh...
Selamat atas kelahirannya Gan...
Btw, anak keberapa nih ? cowok or cewek ?

trima kasih gan. anak ke 3 cewek

Quote:Original Posted By rantanplanz

Ha..ha..ha...
Emang kadang orang sih liatnya enak Gan, juga pas ngerasain sendiri awalnya juga gitu...
Tapi kalo terus 2x-an mah ampun dahhh...

tenang gan. qta senasib. kuli yg harus pindah2. ane baru pindah sekali. untungnya masih bisa dijangkau PP tiap hari jd ga usah boyong keluarga.

Quote:Original Posted By rantanplanz

Normal koq Gan...

Itu krn masing 2x merk & jenis kendaraan punya karakter perbandingan gigi yg berbeda walau jenis mesin & kapasitasnya sama...
Contoh :
Toyota Corolla DX & Toyota Kijang jadul ( th '80-an ) pake mesin bensin yg sama persis ( tipe 4K, kapasitas 1300 cc carburator ) & sama 2x RWD ( penggerak roda belakang )...
Keduanya kalo sama 2x dalam keadaan kosong trus diadu akselerasinya, bisa dipastiin yg menang adalah Corolla DX...
Sedangkan bila keduanya diisi muatan dgn bobot yg sama berat trus diadu akselerasinya, bisa dipastiin yg menang adalah Toyota Kijang jadul...

Kuda diesel, kalo Agan baca 2x dari page awal banyak yg bilang gigi 1 & 2-nya pendek, sementara gigi 3 dst. panjang & gampang banget buat speed. Sementara pengalaman Ane coba Panther 2.5 pun buat dapet 120 km/jam lumayan lama...
Nahhh, gitu juga kalo Kuda diesel diisi muatan ( orang / barang ) full, bakal terasa banget bebannya, terutama pas gigi 3 keatas...

oh... normal to...
kirain ada masalah ama mesinnya. berarti harus extra sabar klo bsk klo bawa muatan full
go go