taupik123456789Avatar border
TS
taupik123456789
Misteri Keberadaan Harimau Jawa
BENARKAH HARIMAU JAWA SUDAH PUNAH?

mohon untuk di :rate

bisa menerima: emoticon-Blue Guy Cendol (L)

tidak menerima: emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)

Harimau Jawa (panthera tigris sundaica) yang merupakan spesies harimau yang hidup di Jawa, dinyatakan punah pada tahun 1980-an (Toyne dan Hoyle, 1998) (Dikutip dari buku “Berkawan Harimau Bersama Alam” Karangan Didik Haryono & E.T. Paripurno. Namun sebagian orang masih meyakini akan keberadaan Harimau Jawa (panthera tigris sundaica) ini di sejumlah kawasan hutan di Jawa.
Pada dasarnya, kondisi hutan di Jawa terkelompok-kelompok dan terisolasi pada kawasan-kawasan tertentu. Sedangkan habitat Harimau Jawa (panthera tigris sundaica) tersebut kemudian mengalamai fragmentasi akibat luasan hutan yang semakin menyempit.
Seandainya Harimau Jawa (panthera tigris sundaica) ini masih tersisa, tentunya merupakan sebuah fenomena besar. Mengingat kondisi kawasan hutan saat ini, banyak yang telah mengalami alih fungsi dan beberapa pengrusakan secara ekologis. Sayangnya, setiap informasi yang menyatakan bahwa Harimau Jawa (panthera tigris sundaica) tersebut masih ada, tidak didasari dengan pembuktian dan penelitan yang intens. Sehingga rekomendasi yang diberikan tidak mampu mendorong usah perlindungan yang tepat.

Di sini saya mengumpulkan beberapa informasi yang mungkin penting sebagai dasar bahwa Harimau Jawa (panthera tigris sundaica) ini masih ada. Walaupun tidak disertai dengan pembuktian yang nyata, saya harap informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang menapaki jejak keberadaannya.

Informasi ini saya kutip dari berbagai sumber.

Pada 1985 ada catatan bahwa di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, seekor harimau yang disebut "macan gembong" oleh warga daerah itu, mati ditembak setelah menerkam seorang warga. Sedangkan sejumlah warga sekitar Gunung Kotakakhir-akhir ini mempercayai Harimau Jawa masih berkeliaran di kawasan perbatasan daerah itu dengan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Pomo (55), warga Dukuh Growong, Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, bahkan mengaku melihat bekas telapak kaki harimau yang diduga Harimau Jawa, sekitar Desember 2009. dan Yanto (35), warga Dukuh Growong, Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri menyatakan sejumlah warga pernah melihat langsung seekor harimau bersama tiga anaknya tahun 2010 (Sumber: antaranews.com)
Seorang peneliti Didik Rahayono, Sejak 1996, di beberapa kawasan hutan Meru Betiri, Raung, Alas Purwo, Wilis, Wijen, Gunung Slamet bersama rekannya telah berhasil menemukan jejak kaki, feses, garutan di pohon dan rambut yang kesemuanya itu mengindikasikan masih adanya satwa Harimau Jawa.
Tahun 1997 tim ekspedisi PL-Kapai ’97 mengklaim menemukan bekas aktivitas harimau jawa meliputi feses, cakaran di pohon, jejak tapak kaki dan rambut. Walaupun sampel temuan rambut baru teridentifikasi sebagai milik harimau jawa setelah dianalisis pada tahun 2001 (Kompas, 29/09/2003).
Pada tahun 1993 seorang jagawana TNMB (Taman Nasional Meru Betiri )pernah melihat langsung harimau loreng melintas di depan mobil yang ditumpanginya bersama turis asing sewaktu menuju pantai Sukamade. Selain itu pasca ekspedisi PL-Kapai ‘97 pernah ditemukan feses harimau jawa oleh jagawana TNMB di Sukamade pada bulan Mei 1998. Feses tersebut berdiameter 7 cm, dengan pajang 25 cm, terdiri dari dua bolus, mengandung rambut kijang dan babi hutan. Berdasarkan ukuran feses diperkirakan tubuh harimau jawa pelaku defekasi memiliki panjang tubuh sekitar 300 cm dengan berat badan berkisar 200 kg (Sumber: astacala.org)
Diketahui bahwa di Gunung Raung dan Gunung Slamet Jawa Tengah tahun 1999 dan 2000 berlandaskan temuan rambut yang dianalisis menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM) membuktikan masih ada harimau jawa.

Warga Desa Candi Binangun, November 2010. Pakem, Sleman, Yogjakarta dihebohkan dengan munculnya seekor harimau. Harimau itu terlihat sedang berkeliaran di permukiman warga. Diduga hewan buas ini turun puncak Merapi yang tengah erupsi dan menyemburkan awan panas. Kondisi harimau ini sangat mengenaskan. Warga yang melihat menyebutkan, tubuhnya dipenuhi debu vulkanik. Sementara kakinya mengalami luka bakar (Sumber: vivanews.com)
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
9.9K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan