chasbiyAvatar border
TS
chasbiy
Ahli Kriptografi CIA Pun Tak Bisa Memecahkan Kode Sandi Indonesia
Wikileaks, situs kontroversial yang didirikan oleh Julian Asengas memang seringkali mempublish dokumen-dokumen rahasia negara-negara besar di dunia. Belum lama ini, terendus kabar bahwa ahli kriptologi CIA mengaku kesulitan dalam memecahkan kode sandi yang dikirim via SMS setelah berbulan-bulan lamanya berjibaku dengan enkripsi tersebut.

Ahli CIA tersebut mengakui bahwa kode sandi ini sangat sulit untuk didecrypt, karena menggunakan bahasa pemrogaman JAVA yang dikombinasikan dengan bahasa Indonesia, serapan Inggris dan Arab. “Ini adalah kode sandi tersulit yang pernah kami tangani, dan kami berjanji akan segera memecahkan enkripsi ini demi stabilitas keamanan global”, ujar seorang ahli kriptografi CIA tersebut kepada atasannya saat disadap lewat sambungan telepon satelit.

Pihak CIA sendiri mengaku telah melakukan sniffing pada jaringan telekomunikasi di Indonesia, terutama traffic data packet dan SMS yang keluar masuk area Solo yang diduga menjadi sarang teroris. Para ahli kriptografi (ahli sandi) berpendapat sandi ini lebih kompleks dari yang terlihat. Kalimat-kalimatnya pendek, dan kata-katanya jauh lebih singkat dari kata-kata normal dalam bahasa Indonesia. Selain itu, tampaknya ada sebagian kata yang merupakan gabungan dari beberapa kata tetapi punya arti lain (portmanteaux). Bahasa yang digunakan sepertinya juga bukan bahasa Indonesia standar, atau mungkin bahkan bahasa daerah. Ini sama saja seperti penggunaan bahasa Navajo dalam Perang Dunia II untuk komunikasi, namun pesannya ditulis dengan mesin Enigma (alat sandi yang digunakan Nazi Jerman waktu perang dunia kedua); walaupun kodenya terpecahkan, bahasa yang digunakan belum tentu dapat dimengerti.

Berikut contoh pesan SMS yang menyulitkan pihak CIA :

“q g mu km pg d4rQ,muv k4n k3slh4n q.i luph u b3BH.”

“saiiang,kammuh lagi di manna seehhh ?” “peyut mbulesshh,my mumM lagi suuping ke moool,mo makan apa yuuuaahahh? “

“m4m4 ud4h b0b0 !”

“akyuu lbh S E N S O R duduk d1 p4n9ku4n km drpd di kursyii…”


Setelah mempelajari source code dari aplikasi 4l4y Generator, Cahyo, Iwan dan Agung yang tergabung dalam g3nk CIA akhirnya sepakat untuk mengembangkan software 4l4y Decoder untuk membantu orang tua dalam berkomunikasi dengan anak-anaknya yang sudah terkena syndrom 4l4y stadium 4.

Spoiler for sumber:


sory gan kalo repost emoticon-Purple Repost
cuma untuk hiburan semata emoticon-Blue Guy Peace
kalo berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)juga boleh
0
5.4K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan