KASKUS

Quote:Original Posted By jintramtam2
suhu mau tanya nih

anea brusan naikin mesin setelah 6 bulan mati suri..

setelah ane pasanging pke lampu HID kok voltase drop sampe 10 v yak.. ,

klau putaran mesin di naikin HID mau hidup stabil klau di turunin HID langsung flicker

keadaan tanpa beban bisa sampe 13,2 (putaran langsam mesti di gedein) tertinggi 14,++

tadi cobain mesin di hidupin kira 1 menit, tanpa ada beban kelistrikan, trs lampu ane hidupin mau nyala cma sembentar terus flicker

apakah aki perlu charge ulang ? umur aki bru 6bln..kiprok udeh pke tiger


emang voltase aki idle-nya brp? tanpa beban
kalo <12.4V emang dah empty tuh
perlu nyalain mesin 1/2 jam atau pake keliling2 ampe voltase aki balik normal 12.8~13V spt kata om Oot di bawah

6 bulan ... cukup tuk aki dicharge sendiri ampe abis

Quote:Original Posted By Oot81
dah benar kalo gt pemahaman saya
motor saya ga pake electric starter

motornya apa suhu? ninja yah? itu waktu langsam HID nyala?

mungkin perlu dipake jalan" dulu akinya biar tercharge. ato mungkin tegangan waktu langsam full beban kurang jadi lama" drop.cmiiw yah

soalnya ninja saya begitu om suhu, full beban waktu langsam tegangan charging kurang, arus dari spull kurang jadinya pake arus dari aki, lama" tegangan turun

salah ID
ane uda pasang kiprok kymco ama agan singgih..ampe malem kerjainnya.agan singgih emank top markotop deh..ini lage jajal ampe mabok dolo..
Quote:Original Posted By Novaera
gak cuma pancing kok
cek kulkas ...................



14.5V ........... rata2 segitu om ...
tp kadang bbrp bisa molor ampe 15V lebih



r_inkai .... itu aje yg ane apal



HeHeHe

Listrik di motor kan di"bentuk" oleh spul/alternator trus diteruskan ke kiprok.
Tugas kiprok tuk mengubah arus AC => DC sekaligus melimit outputnya.

spul sendiri bisa hasilin ampe 80V .... 6A~10A tuk kebanyakan skutik & bebek. tergantung gimana desain spul & magnetnya & kecepatan putarnya ... tp tetep aja dilimit di kiprok cuma maks. 14.2~14.5V DC -- karena ini voltase maks. yg lumrah tuk charging aki 12V ... kecuali kendaraan ini dikonsep dgn aki 24V, mungkin bakal laen lagi konsepnya.

dgn asumsi keluaran kiprok maks. di range 14V, dgn kemampuan spul yg mampu ngehasilin arus ampe 10A, kan bisa diitung, 14*10 = 140W
itu itungan teoritisnya


qo gak ada thread kelistrikan na gan??
id na apa??

Quote:Original Posted By adesuta
Met sore agan agan met kenal
newbie ikutan nimbrung kalo boleh



emang ada masalah apa gan ?



singkat padat



emang bagusnya gitu gan
maksud gan Novaera mungkin biar kita tambah pinter dg pengalaman sendiri
pengalaman kan guru yg terbaik


yaa mau ngecek kelistrikan aja gan
gan ane mau tanya bisa di perjelas gmn cara pasang kiprok tiger ke skywave??
thanks ya gan
gan disini ada tulisan
"kiprokmu akan lebih sering rusak jika sering kamu bawa jalan siang hari (lampu tidak menyala), karena kiprok bekerja keras mendisipasi daya yang tidak terpakai. Namun jika sistem yang aku sarankan dipakai, maka semakin jarang kamu menyalakan lampu, regulator justru semakin awet, karena dia tidak perlu mengalirkan arus terlalu banyak."

apa bener tuhhh???
Quote:Original Posted By Novaera
gak cuma pancing kok
cek kulkas ...................




asyik-asyik...dapat kiriman kulkas....
makasih om....

Quote:Original Posted By bowo.noviany
gan disini ada tulisan
"kiprokmu akan lebih sering rusak jika sering kamu bawa jalan siang hari (lampu tidak menyala), karena kiprok bekerja keras mendisipasi daya yang tidak terpakai. Namun jika sistem yang aku sarankan dipakai, maka semakin jarang kamu menyalakan lampu, regulator justru semakin awet, karena dia tidak perlu mengalirkan arus terlalu banyak."

apa bener tuhhh???


ada pernyataan yg berlawanan
yg merah -> kiprok sering rusak karena lampu tidak nyala,
sedangkan yang biru -> regulator semakin awet karena sering menyalakan lampu
yg benar yg mana nih....
bedanya kiprok dengan regulator apa sih...
nyimak dulu ah....
Quote:Original Posted By oot.
maaf suhu, masih belajar. kasih tahu cara yg bener dong

komen soal gambar ya om
yg disambung itu kabel W/BK(white/black) =positif aki, sama BL/W(blue/white) = ke spul+ke CDI. karena kabel dari spul dah diganti baru (aslinya ga dipake lagi) jadi CDI dpt tgngan dari aki langsung, kalo aslinya spul selain sebagai input kiprok output spul juga masuk ke CDI. saya jadi ikut bingung jg kenapa yg masuk ke CDI dirubah dari AC ke DC yah?

tapi saya pake cara yg biasanya om, bikin soket konverter kiprok asli sama cabut kabel kuning yg ke saklar kiri dan kanan trus diganti kabel dari kontak setelah lewat sekering dulu




siang suhu..
btw setelah diamati secara seksama..
betul kata suhu kabel blue white di wiring asli ninja RR selain masuk kiprok, dia masuk spul juga kemudian ke2 nya masuk CDI.. yg membuat ane bingung CDI ninja RR kan type DC, kalo dari wiring diagram ninja RR kok kabel pengisian lagsung masuk CDI n kiprok ya ? padahal kan masih AC ?

Spoiler for "fullwave Ninja RR":


jadi dari skema, kabel dari spul dilepas total ( 3 buah kabel ) yaitu ground, pengisian ama lampu.. di ganti kabel baru yg cuma masuk kiprok yaitu pengisian kabel putih di spul ama kuning ( udah alih fungsi jadi gound floating ) sementara ground yg biasanya ke negatif aki nggak di pake, kabel baru tsb masuk kaki kiprok tigi kaki 4 n 5 sementara kaki 1,2 n 3 kiprok tigi pake kabel baru pula langsung masuk ke aki..

kabel kuning yg udah nggak kepake lagi dari spul dikasih relay buat nyalain ON lampu2.. sementara kabel 2 biji yg digabung tadi setelah diurut di wiring diagram RR CDi langsung ambil dari aki..

cuma ingin memastikan aja sih skema tsb aman kah di aplly ke RR ?
Quote:Original Posted By pipit.kecil
asyik-asyik...dapat kiriman kulkas....
makasih om....



ada pernyataan yg berlawanan
yg merah -> kiprok sering rusak karena lampu tidak nyala,
sedangkan yang biru -> regulator semakin awet karena sering menyalakan lampu
yg benar yg mana nih....
bedanya kiprok dengan regulator apa sih...
nyimak dulu ah....


wahhh iyaa yahhhh anehhhh
kiprok = regulator
regulator bahasa elektronika
kiprok bahasa orang bengkel
ane kata orang bengkel na
Quote:Original Posted By bowo.noviany
gan disini ada tulisan
"kiprokmu akan lebih sering rusak jika sering kamu bawa jalan siang hari (lampu tidak menyala), karena kiprok bekerja keras mendisipasi daya yang tidak terpakai. Namun jika sistem yang aku sarankan dipakai, maka semakin jarang kamu menyalakan lampu, regulator justru semakin awet, karena dia tidak perlu mengalirkan arus terlalu banyak."

apa bener tuhhh???


gak bener ah
saat gak ada beban -- meski sebenernya GAK MUNGKIN gak ada beban -- arus keluaran kiprok mengecil trus dibuang ke ground (sebagian kecil sbg panas) ...

sistem fullwave yg kita aplikasikan disini sama persis dgn sistem kelistrikan standar pabrikan Tiger ... lantas, apakah Tiger bakal ngalami kiprok rusak kalo jarang dikasih beban -atau- keseringan dikasih beban?

Selama instalasinya bener, sirkulasi udara sekitaran kiprok jg bener, kiprok gak bakal cepet rusak ........................
Quote:Original Posted By Novaera
gak bener ah
saat gak ada beban -- meski sebenernya GAK MUNGKIN gak ada beban -- arus keluaran kiprok mengecil trus dibuang ke ground (sebagian kecil sbg panas) ...

sistem fullwave yg kita aplikasikan disini sama persis dgn sistem kelistrikan standar pabrikan Tiger ... lantas, apakah Tiger bakal ngalami kiprok rusak kalo jarang dikasih beban -atau- keseringan dikasih beban?

Selama instalasinya bener, sirkulasi udara sekitaran kiprok jg bener, kiprok gak bakal cepet rusak ........................


kesimpulannya LANJUTKANN .....!!!
Quote:Original Posted By Novaera
gak bener ah
saat gak ada beban -- meski sebenernya GAK MUNGKIN gak ada beban -- arus keluaran kiprok mengecil trus dibuang ke ground (sebagian kecil sbg panas) ...

sistem fullwave yg kita aplikasikan disini sama persis dgn sistem kelistrikan standar pabrikan Tiger ... lantas, apakah Tiger bakal ngalami kiprok rusak kalo jarang dikasih beban -atau- keseringan dikasih beban?

Selama instalasinya bener, sirkulasi udara sekitaran kiprok jg bener, kiprok gak bakal cepet rusak ........................


sekarang motor ane standarin dlu pake kiprok aslinya
gan ada yg bisa bikinin kabel n soket buat fullwave New Vega R gak???
kalo bisa pake kiprok kymco
ane dibandung soalnya
Quote:Original Posted By wirajadja
siang suhu..
btw setelah diamati secara seksama..
betul kata suhu kabel blue white di wiring asli ninja RR selain masuk kiprok, dia masuk spul juga kemudian ke2 nya masuk CDI..
1. yg membuat ane bingung CDI ninja RR kan type DC, kalo dari wiring diagram ninja RR kok kabel pengisian lagsung masuk CDI n kiprok ya ? padahal kan masih AC ?

Spoiler for "fullwave Ninja RR":


jadi dari skema, kabel dari spul dilepas total ( 3 buah kabel ) yaitu ground, pengisian ama lampu.. di ganti kabel baru yg cuma masuk kiprok yaitu pengisian kabel putih di spul ama kuning ( udah alih fungsi jadi gound floating ) sementara ground yg biasanya ke negatif aki nggak di pake, kabel baru tsb masuk kaki kiprok tigi kaki 4 n 5 sementara kaki 1,2 n 3 kiprok tigi pake kabel baru pula langsung masuk ke aki..

kabel kuning yg udah nggak kepake lagi dari spul dikasih relay buat nyalain ON lampu2.. sementara kabel 2 biji yg digabung tadi setelah diurut di wiring diagram RR CDi langsung ambil dari aki..

2. cuma ingin memastikan aja sih skema tsb aman kah di aplly ke RR ?

ini ngomongin gambar apa rencana si om? kan di gambar itu ga pake kiprok tiger

saya lihat gambarnya kok bingung, dibikin simpel bisa sebenernya

1. saia juga bingung om
2. yg ke CDI ga berani rubah, rubah yg berhubungan dgn pengisian aja. masih belum nemu referensi itu kenapa kok pakai arus AC

Quote:Original Posted By Novaera
gak bener ah
saat gak ada beban -- meski sebenernya GAK MUNGKIN gak ada beban -- arus keluaran kiprok mengecil trus dibuang ke ground (sebagian kecil sbg panas) ...

sistem fullwave yg kita aplikasikan disini sama persis dgn sistem kelistrikan standar pabrikan Tiger ... lantas, apakah Tiger bakal ngalami kiprok rusak kalo jarang dikasih beban -atau- keseringan dikasih beban?

Selama instalasinya bener, sirkulasi udara sekitaran kiprok jg bener, kiprok gak bakal cepet rusak ........................


malam suhu

tanya lagi boleh?
kalo sekering utama putus, referensi pin no.2 kan hilang, tegangan out kiprok kan jadi melonjak tuh? bener ga? masih amankah kalo buat jalan pelan" sebelum dpt sekering pengganti?
Quote:Original Posted By bowo.noviany
sekarang motor ane standarin dlu pake kiprok aslinya
gan ada yg bisa bikinin kabel n soket buat fullwave New Vega R gak???
kalo bisa pake kiprok kymco
ane dibandung soalnya


kiprok kymco modelnya sama persis kek tiger om? pake soket juga apa langsung kabel? harganya berapaan?
Quote:Original Posted By bowo.noviany
gan disini ada tulisan
"kiprokmu akan lebih sering rusak jika sering kamu bawa jalan siang hari (lampu tidak menyala), karena kiprok bekerja keras mendisipasi daya yang tidak terpakai. Namun jika sistem yang aku sarankan dipakai, maka semakin jarang kamu menyalakan lampu, regulator justru semakin awet, karena dia tidak perlu mengalirkan arus terlalu banyak."

apa bener tuhhh???


sumber infomasi yang lu kasih itu TOLOL bukan main. gimana kalo voltase aki sudah mencapai titik maksimal dan RPM mesin lagi berkitir tinggi ? Tau tidak ouput spul pas RPM tinggi tanpa beban itu berapa Volt ? Bisa di atas 50V dan rangkaian yang tahan tegangan setinggi itu dan menyalurkan ke aki yang 12v itu seberapa mahal rangkaiannya ?

pasang kiprok motor yamaha foce one

Gan mau tanya kalau pasang kiprok motor vorce one kan ada 4
trus saya lupa dari kabel spul ke kiprok kabel dengan tegangan brapa
cara pemasangannya gimana ya??

ada yang bisa bantu g gan.???
Quote:Original Posted By oot.
ini ngomongin gambar apa rencana si om? kan di gambar itu ga pake kiprok tiger

saya lihat gambarnya kok bingung, dibikin simpel bisa sebenernya

1. saia juga bingung om
2. yg ke CDI ga berani rubah, rubah yg berhubungan dgn pengisian aja. masih belum nemu referensi itu kenapa kok pakai arus AC
malam suhu
tanya lagi boleh?
kalo sekering utama putus, referensi pin no.2 kan hilang, tegangan out kiprok kan jadi melonjak tuh? bener ga? masih amankah kalo buat jalan pelan" sebelum dpt sekering pengganti?


kiprok kymco modelnya sama persis kek tiger om? pake soket juga apa langsung kabel? harganya berapaan?


he3..
maksudnya dari skema itu kalo pake kiprok tiger bener nggak yah asumsinya seperti itu ? n bener kata agan.. padahal type DC kan pengapian ninja RR ? cuma di wiring diagram kok make ngambil kabel dari spul segala ya ?

berarti FW di motor agan.. jalur yg masuk CDI dari spul nggak diutak atik ato ada pencerahan kah ? cuma kalo dari spul ke CDI nggak di cut sementara kabel yg masuk kiprok 2 biji tsb di gabung apa nggak korslet ya gan AC spul pengisian ketemu DC aki ?

malem suhu2
Quote:Original Posted By adhy06
Gan mau tanya kalau pasang kiprok motor vorce one kan ada 4
trus saya lupa dari kabel spul ke kiprok kabel dengan tegangan brapa
cara pemasangannya gimana ya??

ada yang bisa bantu g gan.???


force-1 sama ga dengan F1Z-R?
kalo lihat soket kiproknya beda sepertinya.cmiiw

cuma kasih link moga membantu

Quote:Original Posted By wirajadja
he3..
1. maksudnya dari skema itu kalo pake kiprok tiger bener nggak yah asumsinya seperti itu ? n bener kata agan.. padahal type DC kan pengapian ninja RR ?
2. cuma di wiring diagram kok make ngambil kabel dari spul segala ya ?

berarti FW di motor agan..
3. jalur yg masuk CDI dari spul nggak diutak atik ato ada pencerahan kah ?
4. cuma kalo dari spul ke CDI nggak di cut sementara kabel yg masuk kiprok 2 biji tsb di gabung apa nggak korslet ya gan AC spul pengisian ketemu DC aki ?

malem suhu2

1. nggak tahu om soalnya CDI yg asalnya AC dikasih DC
2. belum ketemu kenapa begitu
3. yg ke CDI tidak diganggu gugat
4. om mau ikut yg mana? CDI pake AC ato DC? kalo mo cb kek gambar ya hrs sama kek gambar, kabel dari spul diganti semua. kalo masih ttp AC ya jgn disambung
Quote:Original Posted By bowo.noviany
sekarang motor ane standarin dlu pake kiprok aslinya
gan ada yg bisa bikinin kabel n soket buat fullwave New Vega R gak???
kalo bisa pake kiprok kymco
ane dibandung soalnya


bikin sendiri aja om
cari soket & skun kabel yg cocok ... runut kabelnya satu2 ...

Quote:Original Posted By wirajadja
siang suhu..
btw setelah diamati secara seksama..
betul kata suhu kabel blue white di wiring asli ninja RR selain masuk kiprok, dia masuk spul juga kemudian ke2 nya masuk CDI.. yg membuat ane bingung CDI ninja RR kan type DC, kalo dari wiring diagram ninja RR kok kabel pengisian lagsung masuk CDI n kiprok ya ? padahal kan masih AC ?

Spoiler for "fullwave Ninja RR":


jadi dari skema, kabel dari spul dilepas total ( 3 buah kabel ) yaitu ground, pengisian ama lampu.. di ganti kabel baru yg cuma masuk kiprok yaitu pengisian kabel putih di spul ama kuning ( udah alih fungsi jadi gound floating ) sementara ground yg biasanya ke negatif aki nggak di pake, kabel baru tsb masuk kaki kiprok tigi kaki 4 n 5 sementara kaki 1,2 n 3 kiprok tigi pake kabel baru pula langsung masuk ke aki..

kabel kuning yg udah nggak kepake lagi dari spul dikasih relay buat nyalain ON lampu2.. sementara kabel 2 biji yg digabung tadi setelah diurut di wiring diagram RR CDi langsung ambil dari aki..

cuma ingin memastikan aja sih skema tsb aman kah di aplly ke RR ?


ane musti baca 3~6x tulisan kang wira nih

Quote:Original Posted By oot.
ini ngomongin gambar apa rencana si om? kan di gambar itu ga pake kiprok tiger

saya lihat gambarnya kok bingung, dibikin simpel bisa sebenernya

1. saia juga bingung om
2. yg ke CDI ga berani rubah, rubah yg berhubungan dgn pengisian aja. masih belum nemu referensi itu kenapa kok pakai arus AC



malam suhu

tanya lagi boleh?
kalo sekering utama putus, referensi pin no.2 kan hilang, tegangan out kiprok kan jadi melonjak tuh? bener ga? masih amankah kalo buat jalan pelan" sebelum dpt sekering pengganti?


kiprok kymco modelnya sama persis kek tiger om? pake soket juga apa langsung kabel? harganya berapaan?


aman aja ... ane pernah 6~8x begitu
asal cepet diganti

Quote:Original Posted By SadoMasochism
sumber infomasi yang lu kasih itu TOLOL bukan main. gimana kalo voltase aki sudah mencapai titik maksimal dan RPM mesin lagi berkitir tinggi ? Tau tidak ouput spul pas RPM tinggi tanpa beban itu berapa Volt ? Bisa di atas 50V dan rangkaian yang tahan tegangan setinggi itu dan menyalurkan ke aki yang 12v itu seberapa mahal rangkaiannya ?


narasumber kayaknya ngira isi kiprok cuma diode ama resistor + zener
kalo bener isinya begitu, mustinya harganya <20rb per kiprok
lagian zener, blom pernah ane nemu yg bisa handle ampe 10A

Quote:Original Posted By adhy06
Gan mau tanya kalau pasang kiprok motor vorce one kan ada 4
trus saya lupa dari kabel spul ke kiprok kabel dengan tegangan brapa
cara pemasangannya gimana ya??

ada yang bisa bantu g gan.???


maksudnya gmn yg om?
Quote:Original Posted By Novaera

ane musti baca 3~6x tulisan kang wira nih



aman aja ... ane pernah 6~8x begitu
asal cepet diganti

apalagi saia suhu, bingung bacanya

soalnya saya pernah ukur gas dikit aja dah 25VAC output dari spul
lupa ga ukur out kiprok kalo tanpa aki (sama dgn sekering utama putus)

beli soket kek gini dimana yah suhu? namanya apa? kalo bs sih skunnya aja

Quote:Original Posted By Novaera
bikin sendiri aja om
cari soket & skun kabel yg cocok ... runut kabelnya satu2 ...



ane musti baca 3~6x tulisan kang wira nih



aman aja ... ane pernah 6~8x begitu
asal cepet diganti



narasumber kayaknya ngira isi kiprok cuma diode ama resistor + zener
kalo bener isinya begitu, mustinya harganya <20rb per kiprok
lagian zener, blom pernah ane nemu yg bisa handle ampe 10A



maksudnya gmn yg om?


iyaa gan ane sich udah tauu cara buat kabelnya ... tp ane jadi penasaran pengen nyoba kiprok kymco
para suhu ane mo nanya nih, motor ane dah dirobah jd dc fw sekitar 2bln lalu. selama 2 bulan itu ga ada mslh apa2, lampu hid ane tokcer abis ga pernah drop akinya. cmn sekarang2 ini anehnya lampu ane suka kedip2 en gas nya jd kosong. ada yg tau penyebabnya?
satu lg suhu, klo kiprok tigi yg berjajar tiga yang tengahnya itu sebenernya input atau output?
thxxxx
go go