KASKUS

Quote:Original Posted By big.panda


agan emang dimana???

Quote:Original Posted By yellowbottle
agan dari kampus mana???

salam kenal deh dan mudah-mudahan kita semua anak teknik bisa kerja sama
bikin trobosan hi-tech untuk indonesia



gw di polban. polban ama polman kan sama2 anaknya itb, jadi kampus kita sodaraan
salken gan
Quote:Original Posted By ..dreammaker..


Iya gan ane Pendidikan Teknik Mesin

pendidikan teknik di upi tuh katanya ntar pas lulus dapet ijazah 2 ya? buat jadi guru ama buat apply ke perusahaan2, bener gitu ya gan?

Bengkel Mobil membutuhkan Tenaga Mekanik atau Montir

Bengkel Mobil membutuhkan Tenaga Mekanik atau Montir
Syarat-syarat :
Usia maksimal 27 tahun
Pengalaman sebagai mekanik minimal 2 tahun
Mengerti cara kerja mesin mobil bensin
Pekerja keras dan ulet
Domisili jakarta (akan lebih baik tinggal di sekitr kemayoran)
Pekerja rajin jujur dan ulet
Jasmani sehat

bila anda memenuhi kriteria di atas silahkan kirim lamaran atau langsung datang ke :
MGK KEMAYORAN LT V BLOK A12 NO 2
HUB 02199869497
siang semua

ada yang tau info tentang welding isnpector ga?






Why So Serious

ikutan nimbrung "SOLIDARITY"

* nick/id dikaskus : indrair
* nama asli : indRa iRawan
* nama universitas/politeknik/institut : AKTB
* stambuk : 2004
* ym : indrair

Ane pake Inventor gan, bidang ane SHEET METAL.
Ayo sharing...
malam gaaan

mau gabung kebetulan ane baru masuk tahun ini hehe,boleh gan sharing ilmunya kebetulan ane masih newbie hehe

Halo guys...

Salam dari University of Washington, Seattle buat sesama Mechanics. Smoga Mechanic2 indo terus maju dan berkembang. Pesan dari ane, "always think outside the system". atau arti laennya terus research ke teknologi yang belum ada biar kita makin mantap. Atau at least meningkatkan efisiensi ke current technology... okeh gan?!?
Quote:Original Posted By alimutashima

pendidikan teknik di upi tuh katanya ntar pas lulus dapet ijazah 2 ya? buat jadi guru ama buat apply ke perusahaan2, bener gitu ya gan?


Ga ah gan cuma dapet satu ijazah ko

Quote:Original Posted By indrair
* nick/id dikaskus : indrair
* nama asli : indRa iRawan
* nama universitas/politeknik/institut : AKTB
* stambuk : 2004
* ym : indrair

Ane pake Inventor gan, bidang ane SHEET METAL.
Ayo sharing...


Salam kenal gan ane Habi Mesin UPI Bandung

Quote:Original Posted By LatitudeBzt
malam gaaan

mau gabung kebetulan ane baru masuk tahun ini hehe,boleh gan sharing ilmunya kebetulan ane masih newbie hehe


Malem juga gan, silahkan gan kita sama-sama lagi belajar ko

Quote:Original Posted By UWmech1990
Salam dari University of Washington, Seattle buat sesama Mechanics. Smoga Mechanic2 indo terus maju dan berkembang. Pesan dari ane, "always think outside the system". atau arti laennya terus research ke teknologi yang belum ada biar kita makin mantap. Atau at least meningkatkan efisiensi ke current technology... okeh gan?!?


Salam Solidarity Forever

Siap gan laksanakan :
absen pagi,,

sepi ya dimari,,

ane dah perkenalan di pag sebelah,, tapi gak ada yg quote
permisi selamat pagi, ada yang tau buku referensi statika struktur ga?

saya lagi mabok tentang perhitungan sistem portal nih hehehe

makasih ya

air fuel ratio (AFR)

gan.
numpang tanya nihh....
buat tugas akhir..

ada yang tau gak gan..
AFR itu dipengaruhi oleh apa ?...
dan kenapa..

makasih gan..
penting nihh buat tugas akhir...
hallo
mechanical engineering
minta shre dikit...
saya mau nanya tentang mesin CNC(computerized numerical control)

pasti teknik mesin sudah familiar bgt dgn mesin ini

kebetulan saya lagi bkin tugas akhir bikin turbin blade

menggunakan mesin moriseiki 5 axis ...
dengan operating system cimatron

dengan software fluent dan catia ..

kira kira sofftware apa yang bisa untuk membaca g code untuk cimatron
Quote:Original Posted By big.panda
pake software aja gan ngitungnya ....


itu dia, ini saya lagi ambil kelas statika struktur disuru hitung manual, terimakasih
Quote:Original Posted By galihdotcom
gan.
numpang tanya nihh....
buat tugas akhir..

ada yang tau gak gan..
AFR itu dipengaruhi oleh apa ?...
dan kenapa..

makasih gan..
penting nihh buat tugas akhir...


air fuel ratio kan rasio berat udara:bahan bakar, ane kurang ngerti gan pertanyaannya, diperjelas dong.

nilainya so pasti ditentukan sama berat udara dan berat bahan bakar. Dan kalo misalkan dalam mesin mobil udah ada ECU yang ngatur.
Quote:Original Posted By ronnymetal
permisi selamat pagi, ada yang tau buku referensi statika struktur ga?

saya lagi mabok tentang perhitungan sistem portal nih hehehe

makasih ya


Coba pake buku statika struktur karangan R.C Hibbeler bang
Kami di kampus pake buku itu sih :
Quote:Original Posted By galihdotcom
gan.
numpang tanya nihh....
buat tugas akhir..

ada yang tau gak gan..
AFR itu dipengaruhi oleh apa ?...
dan kenapa..

makasih gan..
penting nihh buat tugas akhir...


Sekilas tentang Air Fuel Ratio (AFR)


Untuk mengetahui apakah campuran bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar mempunyai ratio yang tepat kita
bisa melihat kondisi motor di bagian ruang bakar dan performa saat dinyalakan.

Campuran yang terlalu kurus/miskin, bisa ditandai dengan kondisi sbb:
* Electrode pada busi berwarna putih
* Stasioner / langsam tidak stabil
* Mesin terasa cepat panas
* Mesin sulit distart
* Ngelitik / detonasi

Campuran yang terlalu gemuk/kaya bisa ditandai dengan kondisi sbb:
* Electrode busi berwarna hitam dan basah * Knalpot berasap hitam
* Bahan bakar sangat boros
* Putaran mesin tidak stabil
* Banyak deposit karbon di dalam ruang bakar
* Mesin sulit distart

Campuran yang tepat akan menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga busi berwarna coklat keabu-abuan dan kering, deposit karbon tidak banyak terbentuk, putaran mesin stabil dan mesin mudah distart.

Untuk mendapatkan ratio yang tepat, karburator disetting agar aliran udara yang masuk sesuai dengan bahan bakar yang dikabutkan. Secara teoritis, untuk membakar bensin secara sempurna, ratio udara banding bahan bakar yang tepat adalah 15:1. Namun mesin memerlukan kondisi campuran yang berbeda bergantung pada kondisi kerja, contohnya sbb Start mesin dingin 2~3 : 1 (choke dioperasikan), start mesin yang sudah panas 7~8 : 1, stasioner/langsam 8~10 : 1, kecepatan rendah 10~12 : 1, kecepatan menengah 15~17 : 1, kecepatan tinggi / beban berat 12~13 : 1.

Secara umum, peruntukan ratio yang baik sbb:
* 12~13 : 1 Adalah ratio yang menghasilkan tenaga yang paling besar / maksimum
* 15 : 1 Adalah ratio yang memungkinkan pembakaran bensin secara sempurna
* 16~17 : 1 Adalah ratio untuk pemakaian bensin yang paling irit

Secara umum AFR 14.7 : 1 adalah yang paling sempurna. Tapi darimanakah angka ini didapat? Jawabannya justru berada di lab fisika sewaktu kita duduk di bangku sekolah menengah pertama.. Demikian sekilas tentang ratio campuran bahan bakar, semoga memberikan sedikit gambaran bagi yang awam tentang masalah ini.

Di bawah ini adalah grafik perbandingan Air-Fuel Ratio
Spoiler for AFR:

Spoiler for AFR:


sementara itu dari blog bang, ntar aku cari lagi tambahan dicatatan ku __________

Star 

Salam teknik semua !!

mau tanya, kalau misalnya kita naik mobil, terus jalan ditikungan (anggap aja mendatar), pasti kita mengalami kemiringan tertentu (salah satu suspensi turun/naik), gaya yang mempengaruhi turun/naiknya itu apa yah ? dan bagaimana cara menghitungnya ?

maturthankyou ..
agan helpin ane ...
td ane asistensi perencanaan elemen mesin buat roda gigi lurus
problemnya dlm menentukan modul roda gigi lurus ane punya daya mesin 3,45 kw dan rpm= 1800 berdasar buku perencanaan elemen mesin sularso tabel 6.24 modul gigi di dapat =2
tapi dosen ane mintanya cari modul gigi di cari menggunakan rumus ane bingung cz di sana gak ada rumus buat nentuin tu modul... ada yg bisa bantuin. bonus cendol gan
Quote:Original Posted By bedakgatal
hallo
mechanical engineering
minta shre dikit...
saya mau nanya tentang mesin CNC(computerized numerical control)

pasti teknik mesin sudah familiar bgt dgn mesin ini

kebetulan saya lagi bkin tugas akhir bikin turbin blade

menggunakan mesin moriseiki 5 axis ...
dengan operating system cimatron

dengan software fluent dan catia ..

kira kira sofftware apa yang bisa untuk membaca g code untuk
cimatron




coba deh gan pake MASTERCAM, atau ga UG alias Unigrafik, bukan cuma bisa baca tapi juga buat bikin G code.semoga manfaat
Quote:Original Posted By arie.baigon
agan helpin ane ...
td ane asistensi perencanaan elemen mesin buat roda gigi lurus
problemnya dlm menentukan modul roda gigi lurus ane punya daya mesin 3,45 kw dan rpm= 1800 berdasar buku perencanaan elemen mesin sularso tabel 6.24 modul gigi di dapat =2
tapi dosen ane mintanya cari modul gigi di cari menggunakan rumus ane bingung cz di sana gak ada rumus buat nentuin tu modul... ada yg bisa bantuin. bonus cendol gan


Tips dari aku gan, kalau mau merancang roda gigi coba pake buku Shigley..
Link download ada di depan :

Quote:Original Posted By johntitor2036
Salam teknik semua !!

mau tanya, kalau misalnya kita naik mobil, terus jalan ditikungan (anggap aja mendatar), pasti kita mengalami kemiringan tertentu (salah satu suspensi turun/naik), gaya yang mempengaruhi turun/naiknya itu apa yah ? dan bagaimana cara menghitungnya ?

maturthankyou ..

Agan bukan anak mesin yak , salam kita solidarity forever
Coba menjawab
gaya yang mempengaruhi turun/naik suspensi, Gaya tekan ke bawah..
Quote:Original Posted By arie.baigon
agan helpin ane ...
td ane asistensi perencanaan elemen mesin buat roda gigi lurus
problemnya dlm menentukan modul roda gigi lurus ane punya daya mesin 3,45 kw dan rpm= 1800 berdasar buku perencanaan elemen mesin sularso tabel 6.24 modul gigi di dapat =2
tapi dosen ane mintanya cari modul gigi di cari menggunakan rumus ane bingung cz di sana gak ada rumus buat nentuin tu modul... ada yg bisa bantuin. bonus cendol gan


coba pake ini gan rumus nya m=Dt/z
Keterangan:
\tm = modul
\tDt = diameter jarak bagi
\tZ = jumlah gigi
habis itu pake tabel ini

lalu tentuin pitch nya Dp=z/D"\tKeterangan:
\tDp = diametral puitch
\tD" = diameter jarak bagi
\tz = jumlah gigi
ini penampakan detail straight gear

keterangan:
D = diameter jarak bagi \t
Dk = diameter kepala gigi \t
Df = diameter kaki gigi \t
Hk = tinggi kepala gigi
Hf = tinggi kaki gigi \t
H = tinggi gigi
m = modul gigi
a = jarak antara poros
t = jarak busur antara gigi
b = lebar gigi
K = tebal gigi
Z = jumlah gigi
n = putaran roda gigi

semoga manfaat