KASKUS

Quote:Original Posted By mandormandir
acian|plesteran|bata dan adukan|plesteran|acian

kaya gitu kira kira layer layer dari sebuah tembok
utk proses anti rembes,waterproof kita harus tahu sumber air dari sisi mana dan juga aplikasi pada apa. kalau untuk ruangan tentunya beda dengan kolam,atau kamar mandi. kolam atau atap beton sebaiknya pakai di acian dan di plesteran nya karena hampir setiap saat terisi/tergenang air.

untuk ruangan,pastinya kita tidak ingin rembes sampai ke dalam. dan yang penting juga harus melindungi bata/hebel dari air. dalam hal ini cukup acian bagian tembok luar yang memakai hydrocrete (disarankan 3 lapis). mau lebih lagi,silahkan campurkan di plesteran, bukan di acian bagian dalam karena akan mubazir.



Jadi untuk pemakaian terbaik adalah di:

Acian tembok luar rumah
dan
Plesteran tembok luar rumah

Benarkah demikian? Atau maksudnya dengan "plesteran" adalah luar dan dalam?
Quote:Original Posted By shinc35
Jadi untuk pemakaian terbaik adalah di:

Acian tembok luar rumah
dan
Plesteran tembok luar rumah

Benarkah demikian? Atau maksudnya dengan "plesteran" adalah luar dan dalam?


ya cukup bagian luar kalau tembok luar, atau bagian dalam kamar mandi. karena yang penting adalah darimana sumber air itu berasal.
Quote:Original Posted By mandormandir
ya cukup bagian luar kalau tembok luar, atau bagian dalam kamar mandi. karena yang penting adalah darimana sumber air itu berasal.


Oke, sip. Thanks banget.
Jadi jauh lebih irit dari bayanganku semula.
ada yg pernah pakai atau pernah tau vinelex pro 1000 , share dong..........
halo saya akhirnya jadi pakai damdex, belum tau hasilnya, mudah2an tidak bocor lagi...

sekalian mau tanya tentang cat kolam glotex gan...

jadi dinding eksterior rumah ada yang dikeramik warna putih. tapi berhubung dak beton retak, keramik ada yang ikut retak sebaris. nah rencananya, sehabis dak ditambal pakai damdex+semen, seluruh keramik dinding itu mau saya cat kolam warna putih aja supaya tahan hujan.

apakah betul bisa cat kolam glotex untuk keramik dinding exterior? dengan tujuan membantu mencegah kebocoran dari hujan.

apakah nanti kalo kena hujan-panas-hujan-panas, cat kolamnya bisa awet?
Quote:Original Posted By si_homer
halo saya akhirnya jadi pakai damdex, belum tau hasilnya, mudah2an tidak bocor lagi...

sekalian mau tanya tentang cat kolam glotex gan...

jadi dinding eksterior rumah ada yang dikeramik warna putih. tapi berhubung dak beton retak, keramik ada yang ikut retak sebaris. nah rencananya, sehabis dak ditambal pakai damdex+semen, seluruh keramik dinding itu mau saya cat kolam warna putih aja supaya tahan hujan.

apakah betul bisa cat kolam glotex untuk keramik dinding exterior? dengan tujuan membantu mencegah kebocoran dari hujan.

apakah nanti kalo kena hujan-panas-hujan-panas, cat kolamnya bisa awet?


1. cari penyebab retak nya dak beton, kalau karena structure failure kemungkinan besar akan timbul retak baru tambahan. Ini musti diperbaiki. Finishing apapun akan rusak kalau tidak ada perbaikan struktur.

2. temperatur kolam atau interior lebih stabil dibanding temperatur luar. cat kolam itu tidak akan tahan muai susut dalam waktu lama,apalagi diaplikasikan pada bidang tanpa pori. daya rekatnya akan menurun drastis.

Warna cat eksterior dll

Agan-agan yang baik, semoga bersedia ngebantu jawab ya.

Ortu saya lagi ganti cat rumah, tp suruh tukangnya kayaknya kurang pengalaman gt

1.Luas rumah 500m2, tukang yg kerja 2 org dan ini udh hari ke 4, tp belum ada setengah dinding eksterior dr keseluruhan rumah yg dikerok.Termasuk lama kah?Sy baca di thread lain ktnya utk mempercepat pengelupasan bisa dibantu thinner epoxy, bener kah?

2. setelah selesai dikelupas,trus diamplas, trus di sini saya baca ada yg pake wall sealer tp ada yg nganjurin pake di plamir, ada jg yg engga (krn ktnya kalo pake Dulux ato Mowi, malah akan nglupas). Kondisi dinding rumah sy, ada sebagian kecil yg retak halus. Sebaiknya gmn gan, sebelum dicat warna dindingnya?

3. Untuk cat eksterior rencananya pakai Dulux Weathershield, tapi kemaren sy cek di salah satu cabang (kecil) depo bang, jualnya Dulux oplosan, dan warna yg sy mau semua ga recommended buat exterior.
Warna yg saya mau tuh yg kekuning2an saffron/ginger/kunyit tapi bukan yg ngejreng, kira2 seperti wrn kuning rumah2 di Venice. Mnrt salesnya, wrn kuning tuh bhnnya organic, jd susah cari yg utk exterior, tp mungkin merk lain ada. Kira2 agan ada yg bisa rekomen pakai cat merk apa yg ada wrn spt itu? Sy baca di thread sini Mowilex bagusnya utk cat dinding baru, Kalo Jotun wrnnya lengkap ga? Maunya yg tahan lama.



Maap banget panjang , bingung soalnya. Thanks sebelumnya

warna

sorryy...ngepos lagi, ini warna kuning yg sy maksud (yg ditengah)



thanks
Quote:Original Posted By mayolin
Agan-agan yang baik, semoga bersedia ngebantu jawab ya.

Ortu saya lagi ganti cat rumah, tp suruh tukangnya kayaknya kurang pengalaman gt

1.Luas rumah 500m2, tukang yg kerja 2 org dan ini udh hari ke 4, tp belum ada setengah dinding eksterior dr keseluruhan rumah yg dikerok.Termasuk lama kah?Sy baca di thread lain ktnya utk mempercepat pengelupasan bisa dibantu thinner epoxy, bener kah?

2. setelah selesai dikelupas,trus diamplas, trus di sini saya baca ada yg pake wall sealer tp ada yg nganjurin pake di plamir, ada jg yg engga (krn ktnya kalo pake Dulux ato Mowi, malah akan nglupas). Kondisi dinding rumah sy, ada sebagian kecil yg retak halus. Sebaiknya gmn gan, sebelum dicat warna dindingnya?

3. Untuk cat eksterior rencananya pakai Dulux Weathershield, tapi kemaren sy cek di salah satu cabang (kecil) depo bang, jualnya Dulux oplosan, dan warna yg sy mau semua ga recommended buat exterior.
Warna yg saya mau tuh yg kekuning2an saffron/ginger/kunyit tapi bukan yg ngejreng, kira2 seperti wrn kuning rumah2 di Venice. Mnrt salesnya, wrn kuning tuh bhnnya organic, jd susah cari yg utk exterior, tp mungkin merk lain ada. Kira2 agan ada yg bisa rekomen pakai cat merk apa yg ada wrn spt itu? Sy baca di thread sini Mowilex bagusnya utk cat dinding baru, Kalo Jotun wrnnya lengkap ga? Maunya yg tahan lama.



Maap banget panjang , bingung soalnya. Thanks sebelumnya


Ane cuman mau jawab yang no.2 dan 3 aja gan,

2.Dalam renovasi, kita mungkin perlu mengecat ulang dinding lama. Untuk melakukan proses ini, perlu diperhatikan kondisi cat lama, apakah masih cukup baik atau tidak. Bila kondisi masih baik, kita bisa menimpa car lama dengan cat yang baru. Dinding cukup disikat atau diamplas dan dicuci bersih seperti persiapan pengecatan dinding baru.
Bila kondisi dinding sudah tidak baik, cat lama harus dikelupas terlebih dahulu, baru dinding dilapisi cat bariu. Cara mengetesnya dengan menyiram air bersih ke dinding. Bila air terserap (ditandai dengan perubahan warna) berarti car lama sudaj tidak layak ditimpa. Kondisi terparah adalah cat menggelembung atau bahkan mengelupas di beberapa bagian. Pada kondisi terakhir ini sudaj pasti cat lama harus dibuang terlebih dulu.
Cara membebaskan dinding dari cat lama adalah dengan melakukan pengerokan sampai semua cat lama terkelupas. Setelah itu , sama seperti dinding baru, dinding perlu disikat atau diamplas dan dicuci sampai bersih.Bila da masalah pada dinding lama, sebaiknya diperbaiki dulu, misalnya saja, pada dinding lama tersebut, ada cat yang mengelupas atau menggelembung karena lembab, Maka perlu dicari dulu penyebabnya. Bisa jadi, penyebabnya adalah rembesan air dari pipa yang bocor. Bila ini yang terjadi sebaiknya masalah pipa diselesaikan dahulu, Kalau tidak percuma sajak, karena cat varu ajan menggelenbung juga
Kalau dinding berjamur, sebaiknya diberi anti jamur terlebih dahulu . Untuk dinding retak juga dsebaiknya diberi anti jamur. Untuk dinding rerak, bisa ditambal ddinding harus diamplas supaya rata (untarconstruction.com)

3. sepengalaman ane warna yang agan mau itu sebenernya banyak yang punya, tapi memang mungkin ga 100 % sama, ya mirip2 lah ya.

Ane pernah pake Jotun karena memang variasi warnanya banyak, untuk luar bisa pake Jotun jotashield, kalo mau lebih bagus yang jotashield extreme. selain Jotun cat yang ane rekomendasikan yaitu Kem-Tone dari Dutch Boy warnanya Ok untuk eksterior maupun interior haraganya sih bersaing dengan Jotun dan ICI (dulux dan mowilex).

Ane saranin untuk cat eksterior pilih yang daya tahannya bisa sampai 5 tahun lebih, dan kalo milih warnanya selalu pilih warna 1 grade diatas yang agan maksud karena di eksterior warna akan terlihat lebih muda (karena efek cahaya luar).

Cat yang ane rekomendasikan juga selain Jotun dan Kem-tone, yaitu Royal dari ACE HARDWARE, ni barang Ok punya daya tahan eksterior bisa sampai 15 tahun harga sekitar 275 rb per kaleng (4Lt) kelebihannya bahannya no toxic pure acrylic dan daya sebarnya luas, warnanya juga banyak.
Quote:Original Posted By moolah
Ane cuman mau jawab yang no.2 dan 3 aja gan,

2.Dalam renovasi, kita mungkin perlu mengecat ulang dinding lama. Untuk melakukan proses ini, perlu diperhatikan kondisi cat lama, apakah masih cukup baik atau tidak. Bila kondisi masih baik, kita bisa menimpa car lama dengan cat yang baru. Dinding cukup disikat atau diamplas dan dicuci bersih seperti persiapan pengecatan dinding baru.
Bila kondisi dinding sudah tidak baik, cat lama harus dikelupas terlebih dahulu, baru dinding dilapisi cat bariu. Cara mengetesnya dengan menyiram air bersih ke dinding. Bila air terserap (ditandai dengan perubahan warna) berarti car lama sudaj tidak layak ditimpa. Kondisi terparah adalah cat menggelembung atau bahkan mengelupas di beberapa bagian. Pada kondisi terakhir ini sudaj pasti cat lama harus dibuang terlebih dulu.
Cara membebaskan dinding dari cat lama adalah dengan melakukan pengerokan sampai semua cat lama terkelupas. Setelah itu , sama seperti dinding baru, dinding perlu disikat atau diamplas dan dicuci sampai bersih.Bila da masalah pada dinding lama, sebaiknya diperbaiki dulu, misalnya saja, pada dinding lama tersebut, ada cat yang mengelupas atau menggelembung karena lembab, Maka perlu dicari dulu penyebabnya. Bisa jadi, penyebabnya adalah rembesan air dari pipa yang bocor. Bila ini yang terjadi sebaiknya masalah pipa diselesaikan dahulu, Kalau tidak percuma sajak, karena cat varu ajan menggelenbung juga
Kalau dinding berjamur, sebaiknya diberi anti jamur terlebih dahulu . Untuk dinding retak juga dsebaiknya diberi anti jamur. Untuk dinding rerak, bisa ditambal ddinding harus diamplas supaya rata (untarconstruction.com)

3. sepengalaman ane warna yang agan mau itu sebenernya banyak yang punya, tapi memang mungkin ga 100 % sama, ya mirip2 lah ya.

Ane pernah pake Jotun karena memang variasi warnanya banyak, untuk luar bisa pake Jotun jotashield, kalo mau lebih bagus yang jotashield extreme. selain Jotun cat yang ane rekomendasikan yaitu Kem-Tone dari Dutch Boy warnanya Ok untuk eksterior maupun interior haraganya sih bersaing dengan Jotun dan ICI (dulux dan mowilex).

Ane saranin untuk cat eksterior pilih yang daya tahannya bisa sampai 5 tahun lebih, dan kalo milih warnanya selalu pilih warna 1 grade diatas yang agan maksud karena di eksterior warna akan terlihat lebih muda (karena efek cahaya luar).

Cat yang ane rekomendasikan juga selain Jotun dan Kem-tone, yaitu Royal dari ACE HARDWARE, ni barang Ok punya daya tahan eksterior bisa sampai 15 tahun harga sekitar 275 rb per kaleng (4Lt) kelebihannya bahannya no toxic pure acrylic dan daya sebarnya luas, warnanya juga banyak.


Great Choice
Quote:Original Posted By moolah
Ane cuman mau jawab yang no.2 dan 3 aja gan,

2.Dalam renovasi, kita mungkin perlu mengecat ulang dinding lama. Untuk melakukan proses ini, perlu diperhatikan kondisi cat lama, apakah masih cukup baik atau tidak. Bila kondisi masih baik, kita bisa menimpa car lama dengan cat yang baru. Dinding cukup disikat atau diamplas dan dicuci bersih seperti persiapan pengecatan dinding baru.
Bila kondisi dinding sudah tidak baik, cat lama harus dikelupas terlebih dahulu, baru dinding dilapisi cat bariu. Cara mengetesnya dengan menyiram air bersih ke dinding. Bila air terserap (ditandai dengan perubahan warna) berarti car lama sudaj tidak layak ditimpa. Kondisi terparah adalah cat menggelembung atau bahkan mengelupas di beberapa bagian. Pada kondisi terakhir ini sudaj pasti cat lama harus dibuang terlebih dulu.
Cara membebaskan dinding dari cat lama adalah dengan melakukan pengerokan sampai semua cat lama terkelupas. Setelah itu , sama seperti dinding baru, dinding perlu disikat atau diamplas dan dicuci sampai bersih.Bila da masalah pada dinding lama, sebaiknya diperbaiki dulu, misalnya saja, pada dinding lama tersebut, ada cat yang mengelupas atau menggelembung karena lembab, Maka perlu dicari dulu penyebabnya. Bisa jadi, penyebabnya adalah rembesan air dari pipa yang bocor. Bila ini yang terjadi sebaiknya masalah pipa diselesaikan dahulu, Kalau tidak percuma sajak, karena cat varu ajan menggelenbung juga
Kalau dinding berjamur, sebaiknya diberi anti jamur terlebih dahulu . Untuk dinding retak juga dsebaiknya diberi anti jamur. Untuk dinding rerak, bisa ditambal ddinding harus diamplas supaya rata (untarconstruction.com)

3. sepengalaman ane warna yang agan mau itu sebenernya banyak yang punya, tapi memang mungkin ga 100 % sama, ya mirip2 lah ya.

Ane pernah pake Jotun karena memang variasi warnanya banyak, untuk luar bisa pake Jotun jotashield, kalo mau lebih bagus yang jotashield extreme. selain Jotun cat yang ane rekomendasikan yaitu Kem-Tone dari Dutch Boy warnanya Ok untuk eksterior maupun interior haraganya sih bersaing dengan Jotun dan ICI (dulux dan mowilex).

Ane saranin untuk cat eksterior pilih yang daya tahannya bisa sampai 5 tahun lebih, dan kalo milih warnanya selalu pilih warna 1 grade diatas yang agan maksud karena di eksterior warna akan terlihat lebih muda (karena efek cahaya luar).

Cat yang ane rekomendasikan juga selain Jotun dan Kem-tone, yaitu Royal dari ACE HARDWARE, ni barang Ok punya daya tahan eksterior bisa sampai 15 tahun harga sekitar 275 rb per kaleng (4Lt) kelebihannya bahannya no toxic pure acrylic dan daya sebarnya luas, warnanya juga banyak.


Makasih banyak agan Moolah. Sy akan cek Royal juga ntar.
Kalo kemaren liat di Mitra4 ada Jotashield nama warnanya Monarch, tp ternyata udh ga dijual lagi di Mitra krn wrn kuning basenya mahal, orgnya bilang 2.5 lt jatuhnya seengga2nya 300rb mahal bangets

Trus ada dari Danapaint, harganya lagi diskon jd skitar setengah harga Jota Monarch itu, tp warnanya ga sebagus Monarch itu, dan Danapaint itu bagus tidak?

Kalo yg dari Dulux Weathershield, warnanya ada yg bagus jg tapi pas di cek di komputer ada warning kalo sebenernya ga direkomend buat diluar (pdhl Weathershield ). kalo udh mahal ga tahan lama, rugi nih.
Quote:Original Posted By mayolin
Makasih banyak agan Moolah. Sy akan cek Royal juga ntar.
Kalo kemaren liat di Mitra4 ada Jotashield nama warnanya Monarch, tp ternyata udh ga dijual lagi di Mitra krn wrn kuning basenya mahal, orgnya bilang 2.5 lt jatuhnya seengga2nya 300rb mahal bangets

Trus ada dari Danapaint, harganya lagi diskon jd skitar setengah harga Jota Monarch itu, tp warnanya ga sebagus Monarch itu, dan Danapaint itu bagus tidak?

Kalo yg dari Dulux Weathershield, warnanya ada yg bagus jg tapi pas di cek di komputer ada warning kalo sebenernya ga direkomend buat diluar (pdhl Weathershield ). kalo udh mahal ga tahan lama, rugi nih.


Jotun Jotashield setau ane ga segitu harganya, harga rata-rata (tergantung warna) sekitar 165 - 200 rb an dan ga nyampe 300 rb terlalu mahal gan Danapaint setau ane lumayan baik, ane pernah pake untuk warna besinya cukup baik pake top color, tapi untuk cat dindingnya belum pernah pake,

sedikit informasi, kalo mau cari cat mending langsung ke distributor yang dipilih oleh produsen catnya, karena saya pernah ngobrol dengan salah cat terkemuka di Bandung, tidak semua seller cat memiliki mesin tinting yang baik, so takutnya apabila mesin tinting itu jelek kalo mesennya tidak dalam waktu yang bersamaan maka warnanya pun akan terancam tidak sama.
Quote:Original Posted By moolah
Jotun Jotashield setau ane ga segitu harganya, harga rata-rata (tergantung warna) sekitar 165 - 200 rb an dan ga nyampe 300 rb terlalu mahal gan Danapaint setau ane lumayan baik, ane pernah pake untuk warna besinya cukup baik pake top color, tapi untuk cat dindingnya belum pernah pake,

sedikit informasi, kalo mau cari cat mending langsung ke distributor yang dipilih oleh produsen catnya, karena saya pernah ngobrol dengan salah cat terkemuka di Bandung, tidak semua seller cat memiliki mesin tinting yang baik, so takutnya apabila mesin tinting itu jelek kalo mesennya tidak dalam waktu yang bersamaan maka warnanya pun akan terancam tidak sama.


Maksud saya di Mitra10, bukan Mitra4 :-)
Itu bagus kan ya gan?

Kemaren sudah ke Ace Hardware,ada kuning yg lumayan jg, harganya yg Essence Flat 275rb/ 1 gl, sayang ga ada yg satin-nya.
Kalo yg Royal Satin 373rb/ 1 gl, hampir beda 100rb ya, perdahal bedanya cuma di durabilitynya kalo yg Essence orgnya bilang 12th, kl yg Royal 25th.
Yg Flat keliatannya penampilannya kayak cat "biasa" ya. Jd bingung

Kalo toko cat Gading Sakti di Fatmawati pernah ada yg denger ga agan2 sekalian? Ada temen nyaranin kesitu, tp spt agan @Moolah bilang ga semua mesin tinting bagus, jd mohon petunjuk. Makasih sebelumnya.
Agan mandor, tembok baru rumah ane udah di plaster sebulan yg lalu, udah kering betul saya rasa. Trus kemarin mulai di aci.
Nah meng-acinya ini langsung pake semen putih dicampur sikacim bonding jadi seperti langsung diplamir gitu, tinggal tunggu kering trus akan di amplas.

Kira-kira masih perlu di sealer atau bisa langsung timpa cat setelah di amplas nanti ?
om mandor ane pusing bgt nih sama banyaknya merk yg ada

ane mau tanya beda cat dasar, cat primer, cat sealer itu apa ya?
apakah cat primer= cat sealer?

fungsinya apakah mirip waterproofing, agar lembab acian nda rembes keluar dan jadi noda ngompol di cat?

apabila benar demikian, apakah bisa cat dasar menggunakan damdex? dengan campuran semen:air:damdex 1:1:1 lalu di roll kan di permukaan acian, lalu ditimpa cat latex warna akhir.

apakah damdex lebih baik drpd alkali sealer/primer khusus?

soalnya ane denger2 damdex bagus bgt
Quote:Original Posted By T1pt2p
Agan mandor, tembok baru rumah ane udah di plaster sebulan yg lalu, udah kering betul saya rasa. Trus kemarin mulai di aci.
Nah meng-acinya ini langsung pake semen putih dicampur sikacim bonding jadi seperti langsung diplamir gitu, tinggal tunggu kering trus akan di amplas.

Kira-kira masih perlu di sealer atau bisa langsung timpa cat setelah di amplas nanti ?


cat dasar,sealer punya fungsi memberikan permukaan yang baik untuk pengecatan. permukaan yang baik pastinya rata mulus tanpa lubang,kering,tidak ada residu sehingga cat tidak mudah rusak.

kalau dirasa sudah cukup baik hasil plamirnya,silakan langsung dicat.
Quote:Original Posted By Full House
om mandor ane pusing bgt nih sama banyaknya merk yg ada

ane mau tanya beda cat dasar, cat primer, cat sealer itu apa ya?
apakah cat primer= cat sealer?


agan simpulkan sendiri dari isi postingan2 diatas/tdahulu. jawab saya singkat. sebenarnya tidak perlu cat dasar,sealer,primer utk tembok

Quote:
fungsinya apakah mirip waterproofing, agar lembab acian nda rembes keluar dan jadi noda ngompol di cat?


ya salah satu fungsinya mencegah oksidasi pigmen cat oleh semen yang belum kering sempurna.

Quote:
apabila benar demikian, apakah bisa cat dasar menggunakan damdex? dengan campuran semen:air:damdex 1:1:1 lalu di roll kan di permukaan acian, lalu ditimpa cat latex warna akhir.


dengan aplikasi damdex seperti itu,selain sebagai primer berarti juga sudah mencakup aplikasi anti rembes.
tapi pilihlah cat eksterior kualitas baik,yang memiliki daya rekat yang baik. ga semua cat tembok bisa nempel di permukaan yang porinya rapat.

Quote:
apakah damdex lebih baik drpd alkali sealer/primer khusus?
soalnya ane denger2 damdex bagus bgt

kalau dikerjakan dengan benar,jelas jauh lebih baik dan ekonomis dibanding alkali sealer
mantaf , ijin gabung gan
cat yg paling manteb & udah teruji di rumah ane:

indoor = Catylac

Outdoor = Dulux

di jamin bro...
wah diskusinya bermanfaat neh gan...
thx ya info2nya...