Quote:Original Posted By hanztra
absen sore

okaylah..berarti kudu nyari velg cast wheel dulu yah?
kudu nyari buat smash atau shogun yak?

halo gan,
efeknya buat motor apa ya? maklum ane belum tau soal itu
kemudian klo reed valve RC beda sama satria ya? CMIIW,
soalnya bentuk reed valve RC gak kerucut deh..sekali lagi CMIIIW

setau ane porting polish itu menghaluskan / memperbesar volume dari jalur intake yak? *nubie sotoy, mohon diluruskan..


mengenai porting polish untuk 2 tak, silahkan dibaca
buku bagus mengenai two stroke performance tuning dari Graham Bell
http://www.mediafire.com/file/r8k1ht...ham%20Bell.pdf

Nah...masalahnya sy juga belum tahu fisiknya rumah membran RC/Tornado, postingan sy biasanya buat yg dah "korekan" bloknya dan ganti karbu yg lebih besar dari standar... mohon maaf kalo membingungkan

Untuk bengkel yg biasa menangani performance motor 2 tak di Jakarta Timur dan lokasinya dekat dengan Bekasi Barat....
SKW (Singkawang) Motor Sport...yg letaknya di jalan bintara 17, Jakarta Timur (depan kantor Kecamatan)...nama mekaniknya Om Edo...

Coba diliat lagi di halaman-halaman awal...disitu ada Suhu FromYesterday, dimana Tornado-nya dah pake piston RGR, naik stroke, blok korekan, karbu besar, dan lain-lain...dia juga kasih tahu gambar/pic blok korekan itu yg gimana...

WTB Magnet & Spul RC

Agan2.. Mohon info dong, dimana ya ane bisa dapetin MAGNET & SPUL buat Suzuki RC ane..?? Ane cari yg ori bukan Indopart..
Kalo ada yg bekas atw copotan dr motornya jg gpp..
Hub : 081254245123

kampas otomatis crystal selp

para suhu rc, klo kampas sentrifugal otomatisnya selip apa ada cr nyervisnya? kampas kopling msh tebel.
klo ganti br kan mahal, secara suzuki gitu lho,hehe...
trms infonya sblmnya.
Quote:Original Posted By sugi9821
bro, tuh body n knalpot SGP berapaan yah?pengen ganti juga nih. PUnya ane tornado 2001.


body full sgp baru dari speedometer sampai ke spakbor kolongnya termasuk lampu2 beserta rumahnya ditambah soket2nya, sekitar 2 koma bro,,,knalpot standar 350 rb ditambah saringan 30 rb ditambah 75 rb pipa sambungan atas,,,stok barangnya sudah amat langka bro,,,selamat berburu bro,,,btw tornado 2001 picnya di tempel di sini donk bro
Quote:Original Posted By Royler
untuk rider tornado yang ada di bekasi kalo mw modif motor bisa ke Jatiasih. disit ada bengkel modif. dari arah pekayon liat ke arah kanan. kalo dari komsen ke arah kiri. kalo gak salah ada di depan SMAN 3 Bekasi. silahken di cek.



thanks atas inpo nya gan
Quote:Original Posted By hanztra
absen sore

okaylah..berarti kudu nyari velg cast wheel dulu yah?
kudu nyari buat smash atau shogun yak?

halo gan,
efeknya buat motor apa ya? maklum ane belum tau soal itu
kemudian klo reed valve RC beda sama satria ya? CMIIW,
soalnya bentuk reed valve RC gak kerucut deh..sekali lagi CMIIIW

setau ane porting polish itu menghaluskan / memperbesar volume dari jalur intake yak? *nubie sotoy, mohon diluruskan..

100 buat agan anda benar,,,hati2 memperbesar volume intake, salah dikit menyesal seumur hidup ,,,hihihihi
cari pelk nya yg sama gan, paling gak cari shogun 110 kebo, agar dudukan spidometernya sama,
Quote:Original Posted By sunputu
para suhu rc, klo kampas sentrifugal otomatisnya selip apa ada cr nyervisnya? kampas kopling msh tebel.
klo ganti br kan mahal, secara suzuki gitu lho,hehe...
trms infonya sblmnya.


walau saya bukan suhu, saya coba bantu jawab gan
perangkat kopling suzuki rc paling unggul diantara merk lain, tapi paling cepat kemakan komponen otomatisnya,,,kalo plat kampas kopling yg berjumlah beberapa lembar itu memang jarang habisnya gan, bahkan di motor saya masih tebal, tebalnya masih kaya yg baru, tapi cepat habis di rumah ganda sama kampas otomatis ganda,,,cara service nya ajak tuh rumah ganda ke tukang bubut gan, tambah daging biar tebal
Quote:Original Posted By Boyfirmanstones
Agan2.. Mohon info dong, dimana ya ane bisa dapetin MAGNET & SPUL buat Suzuki RC ane..?? Ane cari yg ori bukan Indopart..
Kalo ada yg bekas atw copotan dr motornya jg gpp..
Hub : 081254245123

SGP made in japon mau gan?

sentrifugal crystal

thx penjelasannya bwt agan didi2000.
tp mo nanya lg, yg dibubut itu mangkok sentrifugalnya ya?
trus klo beli br hrs sepaket dg mangkoknya ya? kira2 ad yg tau brp harga sentrifgal crystal asli sgp?
apa bnr klo ganti oli sintetik spt utk mesin 4 tak bikin koplig selip coz terlalu encer? jd lbh baik pake oli mesin merek apa?
thx sebelumnya.


btw crystal ane akhirya OS tertinggi, 100! coz baretnya parah... tp untung msh ada yg jual seher n ring made in japan. smg awet! Oli samping skr pake motul 510. 95rb d denpasar... mahal tp demi si crystal,hehe...
agan sunputu, yg di bubut pinggiran dalamnya gan tapi saya rasa ga bertahan lama dan lagi berbahaya krn besinya lom tentu kualitas sebagus aslinya, jangka waktu yg pendek akibatnya gesekan akan menimbulkan sisa gram besi yg tercampur dgn oli, harga baru mangkok 380 rb gan, kmpas ganda 560 rb gan,,,
pengalaman saya kalo oli ga pengaruh sama slip kopling gan, kalo kurang oli mungkin akan cepat haus komponen koplingnya, kalo agan mau balapan cukup sedikt saja olinya, kalo harian musti 1 liter
wiw os 100!!! TENAGA BESAR NIH harus extra hati2 gan jgn sampai Overheat atau mesin kelewat panas cek karet yg ada di blok silinder gan,,, jgn sampai juga kehabisan oli samping, priksa juga kompa oli sampingnya sekalian gan, olisamping harus ada 2 selang yg melumasi bagian kruk as dan bagian seher, kalo masih lom yakin juga bensin di campur oli sedikit, kalo jebol lagi masih bisa pakai seher besar macam merk hi speed,,,hindari ganti boss silinder gan, sebab kalo sudah sampai ganti boring tenaga asli mesin RC sudah tidak ada lagi,,,seher plus ring japan sudah pasti awet gan apa lagi di lumasi motul 510 MANTAP

Urun saran

Quote:Original Posted By didi2000
agan sunputu, yg di bubut pinggiran dalamnya gan tapi saya rasa ga bertahan lama dan lagi berbahaya krn besinya lom tentu kualitas sebagus aslinya, jangka waktu yg pendek akibatnya gesekan akan menimbulkan sisa gram besi yg tercampur dgn oli, harga baru mangkok 380 rb gan, kmpas ganda 560 rb gan,,,
pengalaman saya kalo oli ga pengaruh sama slip kopling gan, kalo kurang oli mungkin akan cepat haus komponen koplingnya, kalo agan mau balapan cukup sedikt saja olinya, kalo harian musti 1 liter
wiw os 100!!! TENAGA BESAR NIH harus extra hati2 gan jgn sampai Overheat atau mesin kelewat panas cek karet yg ada di blok silinder gan,,, jgn sampai juga kehabisan oli samping, priksa juga kompa oli sampingnya sekalian gan, olisamping harus ada 2 selang yg melumasi bagian kruk as dan bagian seher, kalo masih lom yakin juga bensin di campur oli sedikit, kalo jebol lagi masih bisa pakai seher besar macam merk hi speed,,,hindari ganti boss silinder gan, sebab kalo sudah sampai ganti boring tenaga asli mesin RC sudah tidak ada lagi,,,seher plus ring japan sudah pasti awet gan apa lagi di lumasi motul 510 MANTAP


Quote:Original Posted By sunputu
thx penjelasannya bwt agan didi2000.
tp mo nanya lg, yg dibubut itu mangkok sentrifugalnya ya?
trus klo beli br hrs sepaket dg mangkoknya ya? kira2 ad yg tau brp harga sentrifgal crystal asli sgp?
apa bnr klo ganti oli sintetik spt utk mesin 4 tak bikin koplig selip coz terlalu encer? jd lbh baik pake oli mesin merek apa?
thx sebelumnya.


btw crystal ane akhirya OS tertinggi, 100! coz baretnya parah... tp untung msh ada yg jual seher n ring made in japan. smg awet! Oli samping skr pake motul 510. 95rb d denpasar... mahal tp demi si crystal,hehe...


Halo agan Sunputu,mau urun saran nih,menurut saya di buat kopling manual aja sekalian,selain tarikan jadi responsif,agan pasti kaget nanti dng larinya.Caranya kopling gandanya di lepas,di ganti dng pipa yg diameternya dan panjangnya pas dng as bandul,lalu di kunci dng ring plat dan baut baja.Jadilah kopling manual di kaki alias Primer.Kalo mau repot dikit tapi keren yah di kasih handle di stang,tapi pekerjaan ini membutuhkan ketrampilan seorang ahli,jangan di kerjakan sendiri.Kalo yg kopling primer td boleh2 aja...
Kalo cari part Suzuki ori japan,kayaknya bisa bantu deh,sy kebetulan ada kenalan baik,dealer suku cadang resmi Suzuki (Banyuwangi Motor Sby),kalo agan mau nitip boleh,sy tiap bulan kesana ngirim striping mtr(tp ongkirnya agan tanggung yah)
Demikian gan sekedar saran dr saya...Thanks semua
Quote:Original Posted By Pentol74
Halo agan Sunputu,mau urun saran nih,menurut saya di buat kopling manual aja sekalian,selain tarikan jadi responsif,agan pasti kaget nanti dng larinya.Caranya kopling gandanya di lepas,di ganti dng pipa yg diameternya dan panjangnya pas dng as bandul,lalu di kunci dng ring plat dan baut baja.Jadilah kopling manual di kaki alias Primer.Kalo mau repot dikit tapi keren yah di kasih handle di stang,tapi pekerjaan ini membutuhkan ketrampilan seorang ahli,jangan di kerjakan sendiri.Kalo yg kopling primer td boleh2 aja...
Kalo cari part Suzuki ori japan,kayaknya bisa bantu deh,sy kebetulan ada kenalan baik,dealer suku cadang resmi Suzuki (Banyuwangi Motor Sby),kalo agan mau nitip boleh,sy tiap bulan kesana ngirim striping mtr(tp ongkirnya agan tanggung yah)
Demikian gan sekedar saran dr saya...Thanks semua


kalo kopling manual di kaki keren sih gan, bukan cuma responsif tapi rawan roda depan terbang jadi ga kebayang kalo ketemu dgn kemacetan lalulintas,,,kalo kelupaan kaki di turunin bisa2 nyeruduk kendaraan yg ada di depan cara ini direkomendasi buat Drag

Thumbs up Kopling Manual

Quote:Original Posted By didi2000
agan sunputu, yg di bubut pinggiran dalamnya gan tapi saya rasa ga bertahan lama dan lagi berbahaya krn besinya lom tentu kualitas sebagus aslinya, jangka waktu yg pendek akibatnya gesekan akan menimbulkan sisa gram besi yg tercampur dgn oli, harga baru mangkok 380 rb gan, kmpas ganda 560 rb gan,,,
pengalaman saya kalo oli ga pengaruh sama slip kopling gan, kalo kurang oli mungkin akan cepat haus komponen koplingnya, kalo agan mau balapan cukup sedikt saja olinya, kalo harian musti 1 liter
wiw os 100!!! TENAGA BESAR NIH harus extra hati2 gan jgn sampai Overheat atau mesin kelewat panas cek karet yg ada di blok silinder gan,,, jgn sampai juga kehabisan oli samping, priksa juga kompa oli sampingnya sekalian gan, olisamping harus ada 2 selang yg melumasi bagian kruk as dan bagian seher, kalo masih lom yakin juga bensin di campur oli sedikit, kalo jebol lagi masih bisa pakai seher besar macam merk hi speed,,,hindari ganti boss silinder gan, sebab kalo sudah sampai ganti boring tenaga asli mesin RC sudah tidak ada lagi,,,seher plus ring japan sudah pasti awet gan apa lagi di lumasi motul 510 MANTAP


thx infonya, nanti sy ks tau info ini k mekaniknya. Karna sentrifugal harganya mahal, opsi kopling manual ok jg nih… tp rencana awal sih bikin kopling manual semi otomatis, gara2 sentrifugal udh aus kemakan usia, rencana bubar deh…
Karna akan kopling manual, bye… bye… stater tangan.

Quote:Original Posted By Pentol74
Halo agan Sunputu,mau urun saran nih,menurut saya di buat kopling manual aja sekalian,selain tarikan jadi responsif,agan pasti kaget nanti dng larinya.Caranya kopling gandanya di lepas,di ganti dng pipa yg diameternya dan panjangnya pas dng as bandul,lalu di kunci dng ring plat dan baut baja.Jadilah kopling manual di kaki alias Primer.Kalo mau repot dikit tapi keren yah di kasih handle di stang,tapi pekerjaan ini membutuhkan ketrampilan seorang ahli,jangan di kerjakan sendiri.Kalo yg kopling primer td boleh2 aja...
Kalo cari part Suzuki ori japan,kayaknya bisa bantu deh,sy kebetulan ada kenalan baik,dealer suku cadang resmi Suzuki (Banyuwangi Motor Sby),kalo agan mau nitip boleh,sy tiap bulan kesana ngirim striping mtr(tp ongkirnya agan tanggung yah)
Demikian gan sekedar saran dr saya...Thanks semua


Wah klo kopling manual model d kaki, sptnya repot utk harian… apalg bali udh super macet, tp thx infonya. Tekad udh bulat utk bobol blok mesin buat kopling tangan….

Bacaan 2 Stroke Engine

Bagi yang suka membaca...

The Basic Design of Two Stroke Engines by Gordon P Blair.pdf
http://www.mediafire.com/file/4y0yyc...%20Blai r.pdf

Two Stroke Performance Tuning - A Graham Bell.pdf
http://www.mediafire.com/file/r8k1ht...ham%20Bell.pdf

Two Stroke Tuner's Handbook by Gordon Jennings.pdf
http://www.mediafire.com/file/u2342n...20Jennings.pdf

Spoiler for jetting made easy:
Quote:Original Posted By Pentol74
Halo agan Sunputu,mau urun saran nih,menurut saya di buat kopling manual aja sekalian,selain tarikan jadi responsif,agan pasti kaget nanti dng larinya.Caranya kopling gandanya di lepas,di ganti dng pipa yg diameternya dan panjangnya pas dng as bandul,lalu di kunci dng ring plat dan baut baja.Jadilah kopling manual di kaki alias Primer.Kalo mau repot dikit tapi keren yah di kasih handle di stang,tapi pekerjaan ini membutuhkan ketrampilan seorang ahli,jangan di kerjakan sendiri.Kalo yg kopling primer td boleh2 aja...
Kalo cari part Suzuki ori japan,kayaknya bisa bantu deh,sy kebetulan ada kenalan baik,dealer suku cadang resmi Suzuki (Banyuwangi Motor Sby),kalo agan mau nitip boleh,sy tiap bulan kesana ngirim striping mtr(tp ongkirnya agan tanggung yah)
Demikian gan sekedar saran dr saya...Thanks semua


no hape gan? kekx bakal buth neh beberapa bulan kedepan.
Quote:Original Posted By bayUNSW
Bagi yang suka membaca...

The Basic Design of Two Stroke Engines by Gordon P Blair.pdf
http://www.mediafire.com/file/4y0yyc...%20Blai r.pdf

Two Stroke Performance Tuning - A Graham Bell.pdf
http://www.mediafire.com/file/r8k1ht...ham%20Bell.pdf

Two Stroke Tuner's Handbook by Gordon Jennings.pdf
http://www.mediafire.com/file/u2342n...20Jennings.pdf

Spoiler for jetting made easy:


nice share gan, dah ane unduh juga.

No HP

Quote:Original Posted By Royler
no hape gan? kekx bakal buth neh beberapa bulan kedepan.


Dengan ini saya ijasahkan no hp saya bagi para penghuni room ini utk digunakan secara bijaksana...(hehehehe ini kyk di forum supranatural yah???)
08123597078 a/n: Paulus Samara
Quote:Original Posted By Pentol74
Dengan ini saya ijasahkan no hp saya bagi para penghuni room ini utk digunakan secara bijaksana...(hehehehe ini kyk di forum supranatural yah???)
08123597078 a/n: Paulus Samara


mencoba sebagai pelanggan perdana dg menanyakan harga supernet karbu tornado ori sgp (buat perbandingan coz di bali hrs mesen d jkt, males kadang nunggu lama)

Karbu Tornado

Quote:Original Posted By sunputu
mencoba sebagai pelanggan perdana dg menanyakan harga supernet karbu tornado ori sgp (buat perbandingan coz di bali hrs mesen d jkt, males kadang nunggu lama)


Halo gan,mau ngabari kalo sy sdh telpon ke Banyuwangi mtr utk menanyakan karbu ori Tornado,tapi sayang barangnya kosong gan.I'm so sorry yah...
agan sunputu, toko langganan saya di jkt ada kalbulator ori japan untuk tornado harganya 700 ribuan gan, tapi sayangnya udah saya dp gan,,,hehehe,,,kayanya nih barang tinggal 1 di jkt {ready stok}
Quote:Original Posted By Pentol74
Halo gan,mau ngabari kalo sy sdh telpon ke Banyuwangi mtr utk menanyakan karbu ori Tornado,tapi sayang barangnya kosong gan.I'm so sorry yah...


ya gan gpp... trims infonya..
oya sekalian nanya, klo udh os 100 hrs ubh knalpot ubah volumenya ya
rencana pake karbu tornado utk imbangi cc yg skr sekitar 119cc menurut mekanik.
thx.
Quote:Original Posted By sunputu
ya gan gpp... trims infonya..
oya sekalian nanya, klo udh os 100 hrs ubh knalpot ubah volumenya ya
rencana pake karbu tornado utk imbangi cc yg skr sekitar 119cc menurut mekanik.
thx.


karbu tornado dan crystal sama loh. skalian aja pake karbu F1ZR aka VM20, tar manifolnya pesan ke saya, wkwkwkwkwk

Gak perlu gan

Quote:Original Posted By sunputu
ya gan gpp... trims infonya..
oya sekalian nanya, klo udh os 100 hrs ubh knalpot ubah volumenya ya
rencana pake karbu tornado utk imbangi cc yg skr sekitar 119cc menurut mekanik.
thx.


Kalo menurut saya knalpot volumenya nggak usah di rubah,cm silencernya aja yg di gedein diameternya (misalkan standart 7cm di ubah jd 9cm) lalu lubang buangnya (kalo standart 1,5cm di jadikan 2 cm) lalu setting spuyer lagi.Kalo mau ganti karbu,mmg spt saran om cuprex pake VM20 (punya RX-100) langsung pas nggak ngerubah apa2 cm lubang manifol di perbesar dikit sesuai lubang karbu,lalu sirip di blok di kikir dikit spy nggak nyantol karbunya.Menurut pengalaman memang enak larinya (sy pernah pake VM20 pny RX-100 skrg brgnya msh ada yg ori) kalo skrg sih pake VM24 racing punya yg skep kotak,krn skrg udah pake seker satria os 0.Larinya bayangkan sendiri gan...hahahahaha